3 Cara Reset HP Oppo A71 dengan Mudah!

Posted on

Oppo adalah HP asal China yang sangat populer di tanah air karena Oppo terus berkomitmen untuk meluncurkan HP yang berkualitas bagi konsumennya. Salah satu varian HP yang dikeluarkan oleh Oppo adalah HP Oppo A71.

HP Oppo A71 ini dibekali dengan memori internal sebesar 16 GB, dengan kamera utama 13 MP, dan dengan baterai berukuran 3000 mAh. Dengan spesifikasi seperti ini sudah sangat cukup untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Sebagus apapun HP pasti akan kita temukan masalah padanya seiring dengan semakin tua ponsel tersebut atau semakin sering dan berat penggunaan HP. Jika sudah mengalami kendala fungsi maka biasanya orang akan membawanya ke tukang service HP.

Namun jangan terlalu terburu-buru melakukan hal tersebut sebab anda masih dapat memperbaikinya sendiri dengan melakukan reset. Jika anda masih bingung bagaimana cara melakukanya, dalam artikel ini dijelaskan secara rinci bagaimana cara reset HP Oppo A71 yang dapat anda ikuti.

3 Cara Reset HP Oppo A71 dengan Mudah

Apa Itu Reset?

Reset/ reset factory/ reset pabrik/ mengembalikan ke setelan pabrik berarti proses untuk mengembalikan setting seperti setelan yang dilakukan oleh pabrik. Nantinya semua data yang ada di HP juga akan ikut terhapus. Sehingga ponsel setelah dilakukan reset akan mirip seperti HP yang baru saja dibeli.

Karena reset dapat menghapus semua data maka sebelum reset dilakukan ada baiknya untuk melakukan backup dengan memindahkan data ke flashdisk, hardisk, komputer, atau ke layanan cloud seperti Dropbox dan Google Drive.

Jangan lupa untuk memastikan bahwa HP telah terisi penuh atau minimal 50% agar reset tidak terhambat hanya karena baterai habis saat reset sedang dilakukan. Mati saat reset dilakukan juga akan menyebabkan error serius.

Jika anda sudah siap untuk melakukan reset, anda dapat mengikuti satu dari beberapa cara berikut ini:

Cara Reset HP Oppo A71 dengan Menu Settings

Cara reset HP Oppo A71 yang pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan menu settingan/ pengaturan. Cara ini adalah cara yang paling mudah dilakukan. Berikut beberapa tahap yang perlu anda lakukan:

  1. Buka menu Pengaturan/ Setting.
  2. Setelah itu pilih Additional Settings/ Pengaturan Lainnya.
  3. Selanjutnya Pilih Backup dan Reset.
  4. Pilih Remove All Contents and Settings/ Reset Phone.
  5. Tunggu hingga proses reset selesai dikerjakan. Selanjutnya HP sudah dapat digunakan.

Cara Reset HP Oppo A71 dengan Hard Reset/ Recovery Mode

Cara Reset HP Oppo A71 dengan Hard Reset

Cara reset selanjutnya adalah dengan hard reset/ recovery mode. Ini adalah cara yang biasanya dilakukan saat HP tak dapat merespon sentuhan sama sekali. Reset dengan hard reset ini juga tak perlu membuka lockscreen sehingga pengguna HP Oppo A71 yang lupa PIN dapat menggunakan cara ini. Berikut langkah yang perlu anda lakukan:

  1. Pertama tekan tombol volume turun ( – ) berbarangan dengan tombol power selama beberapa detik hingga muncul logo Oppo. Disini anda telah masuk ke recovery mode dan hanya dapat menggunakan tombol fisik sebagai navigasi.
  2. Selanjutnya pilih Wipe Data.
  3. Konfirmasi dengan memilih Ok.
  4. Proses reset akan dilakukan. Tunggu hingga selesai.

Cara Reset HP Oppo A71 dengan Google Find My Device

Cara Reset Menggunakan Google Find My Device

Cara reset HP Oppo A71 degnan Google Find My Device sungguh unik, anda bahkan tak perlu menyentuh HP Oppo A71 anda saat reset dilakukan. Google Find My Device adalah fitur yang dibuat oleh Google untuk mencari HP yang hilang. Namun tak terbatas itu saja, Google Find My Device disematkan fitur untuk melakukan reset. Tujuannya adalah saat HP hilang maka data kita dapat diamankan dengan menghapusnya dengan fitur ini.

Jika anda ingin melakukan reset HP Oppo A71 maka ikutilah langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama, buka link berikut ini: https://www.google.com/android/find dari perangkat lain.
  2. Login menggunakan akun Google yang sama dengan akun Google HP Oppo A71 anda.
  3. Setelah berhasil login, nantinya akan muncul beberapa perangkat yang terhubung dengan akun Google anda.
  4. Pilih HP Oppo A71 yang anda hendak reset.
  5. Nantinya akan muncul beberapa pilihan. Pilih Hapus data. Untuk merlakukan reset.
  6. Masukan password akun Google anda untuk melakukan konfirmasi.
  7. Tunggu hingga reset selesai dilakukan.

Manfaat Melakukan Reset bagi HP Oppo A71

Sebagian dari anda yang membaca ini pasti hendak melakukan reset HP Oppo A71 lantaran terdapat sejumlah masalah yang dihadapi oleh HP Oppo A71 anda. Namun yang menarik adalah, reset tak hanya dapat mengatasi beragam error yang dialami oleh HP Oppo A71 namun juga dapat bermanfaat bagi ponsel. Apa saja manfaat tersebut? Berikut ulasannya:

  1. Reset HP Oppo A71 dapat Menghilangkan Malware dan Virus

Reset Bisa Membasmi Virus dan Malware

Malware dan Virus seringkali diabaikan oleh sebagian orang lantaran ponsel masa kini telah dibekali dengan aplikasi antivirus bawaan. Kenyataannya perkembangan malware dan virus dapat lebih cepat ketimbang antivirus sehingga malware dan virus dapat saja bersarang sekalipun telah dibekali dengan aplikasi antivirus.

Keberadaan malware dan virus juga tidak terasa bagi pengguna namun sebenarnya dapat membuat masalah fatal bagi HP Oppo A71. Malware dan virus dapat datang dari situs yang kita kunjungi, aplikasi yang kita instal, dan game yang ktia mainkan.

Beruntungnya, dengan melakukan reset maka masalah ini dapat teratasi. Reset bekerja dengan menghapus semua data sehingga malware dan virus juga akan ikut terhapus bersama proses reset.

  1. Reset dapat Menghapus Data yang Tidak Perlu

Meningkatkan Peforma Android

Data yang tidak pelru biasanya datang dari aplikasi yang telah tidak kita gunakan, atau dari aplikasi yang kerap menimbun data di ponsel kita. Sebenarnya hal ini dimaksudkan agar proses kinerja aplikasi menjadi lebih cepat sebab tak perlu mengunduh data dari server sebab data telah tersedia di ponsel.

Namun sayangnya data-data ini semakin lama semakin banyak. Sistem aplikasi tak menghapus data yang tak penting ini sembari terus mengunduh data demi data. Akibatnya banyak problem yang muncul karena data tak perlu ini.

Masalah ini dapat teratasi dengan mudah dengan melakukan reset. Sebelum reset dilakukan, data dipindahkan ke perangkat lain atau ke layanan cloud sehingga semu data tak penting akan hilang untuk selamanya.

  1. HP Oppo A71 Menjadi Lebih Ngebut

Karena data yang tak penting telah terhapus dari HP Oppo A71 maka kinerja HP Oppo A71 akan menjadi lebih baik dan hasilnya HP akan lebih negebut. Tak lagi ada data-data yang menghalangi jalannya aplikasi. Oleh karena itu apabila HP anda mulai terasa lemot, reset dapat menjadi alternatifnya.

Ini pula yang menjadi sebagian orang melakukan reset. Tak hanya memori saja yang berpengaruh langsung pada kinerja, kerberadaan virus yang memakan RAM juga turut terhapus sehingga mempercepat proses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *