Cara Mengetahui Password Email di HP dan Laptop


Pdscustom.com – Email merupakan akun yang penting dalam keseharian. Terutama untuk pengguna yang bekerja atau memiliki tugas kuliah yang menggunakan email sebagai alat mengirim pesan. Jika lupa dengan kata sandi email, kamu dapat mengetahui cara mengetahui password email di HP.

Kesulitan dalam membuka email tentu akan menjadi penghalang kegiatanmu. Dalam artikel ini, kamu akan mengetahui beberapa cara untuk mengetahui password email menggunakan HP.

Cara Mengetahui Password Email di HP Sendiri

Dalam hal pekerjaan dan penggunaan email, terkadang pengguna mungkin mengalami kesulitan mengingat kata sandi. Namun, penting untuk selalu mengutamakan etika dan menghindari tindakan yang dapat melanggar hak cipta.

Berikut adalah beberapa langkah yang bisa kamu coba guna mengatasi masalah lupa sandi dengan cara yang pantas:

  • Klik aplikasi Google Chrome di perangkat ponsel.
  • Klik gambar tiga titik di sudut kanan atas layar dan pilih “”
  • Lakukan scroll ke bawah sampai pengguna menemukan opsi “Kata Sandi.” Pilih opsi ini.
  • Pilih akun email yang terkait (contohnya Gmail) dan tunggu beberapa saat.
  • Ketuk ikon mata yang tersedia untuk menampilkan kata sandi. Pastikan untuk siap memasukkan metode verifikasi seperti PIN, pola kunci, atau sidik jari sesuai pengaturan ponsel.
  • Salin dengan hati-hati kata sandi yang terlihat, lalu gunakan untuk masuk ke akun email.

Itulah cara mengetahui kata sandi email di HP. Namun, ingatlah bahwa langkah ini disarankan hanya jika pengguna tidak menggunakan fitur penyimpanan sandi otomatis dalam ponsel.

Dalam semangat menghormati hak cipta dan privasi, penting untuk mencari izin dari pemilik akun atau mencari solusi alternatif yang lebih etis, misalnya mengatur ulang kata sandi melalui prosedur pemulihan yang telah disediakan oleh penyedia layanan email.

Dengan tetap menjunjung tinggi nilai integritas, kamu bisa mengatasi kendala teknis tanpa harus terlibat dalam tindakan yang meragukan.

Cara Melihat Kata Sandi Email yang Tersimpan di Browser

Setelah mengetahui cara mengetahui password email di HP, pengguna juga dapat melihat kata sandi email di browser laptop. Penting untuk diingat bahwa metode ini hanya efektif apabila pengguna telah mengaktifkan fitur otomatis penyimpanan kata sandi pada Google Chrome.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Buka peramban Google Chrome di komputermu.
  • Pastikan pengguna sudah login atau telah menambahkan akun Gmail ke dalam aplikasi peramban tersebut.
  • Arahkan kursor ke sudut kanan atas lalu klik pada ikon tiga titik. Tindakan ini akan membuka menu pengaturan atau “Customize and Control Google Chrome“.
  • Pilih opsi “Pengaturan” dan tunggu sejenak hingga tab baru terbuka.
  • Pilih “Pengisian otomatis” atau “Autofill,” kemudian klik pada “Sandi” atau “Passwords.”
  • Lakukan guliran ke bawah, dan pengguna akan menemukan daftar beberapa akun yang telah disimpan, beserta kata sandinya.
  • Untuk melihat kata sandi Gmail, pengguna perlu mengetuk ikon “Tampilkan Kata Sandi” yang memiliki simbol mata.
  • Kata sandi Gmail akan terbaca secara otomatis.
  • Gunakan kombinasi tombol Ctrl + V untuk menyalin kata sandi email tersebut.
  • Setelah itu, pengguna bisa mencoba untuk masuk kembali ke akun Gmail.

Namun, tetap penting untuk memperhatikan privasi dan etika. Pastikan kamu hanya mengakses akun yang sah, milikmu sendiri, dan selalu mematuhi syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh penyedia layanan email.

Melihat Kata Sandi yang Tersimpan Melalui Mozilla Firefox

Selain menggunakan peramban Google Chrome, kamu memiliki opsi untuk menemukan kata sandi Gmail yang disimpan melalui Mozilla Firefox. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka peramban Mozilla Firefox.
  • Pilih ‘Menu Aplikasi‘ yang dapat dikenali dengan tiga garis di pojok kanan atas layar.
  • Pilih ‘Login dan Sandi.
  • Masukkan kata “Google” pada kolom pencarian. Pada tahap ini, daftar akun yang pernah melakukan login Gmail melalui Mozilla Firefox akan ditampilkan.
  • Pilih email yang ingin pengguna ketahui passwordnya.
  • Klik ikon mata untuk mengungkapkan kata sandi Gmail.

Pastikan pengguna telah melakukan login Gmail melalui Mozilla Firefox sebelumnya agar metode ini berhasil. Jika belum pernah melakukan login Gmail melalui peramban ini, langkah-langkah di atas tidak akan memberikan hasil yang diinginkan.

Mengakses Kata Sandi Email Melalui Akun Google

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan akun Google untuk melihat password email. Untuk melakukannya, kamu ikuti langkah berikut ini:

1. Buka Halaman Akun Google

Langkah pertama adalah membuka halaman Akun Google melalui peramban web pilihanmu. Kamu dapat mengaksesnya dengan mengunjungi https://myaccount.google.com/ dan memastikan bahwa pengguna telah masuk ke akun Googlemu.

2. Akses Pengaturan Keamanan

Setelah berada di halaman Akun Google, carilah opsi “Keamanan” atau “Security.” Biasanya, opsi ini dapat ditemukan di menu samping kiri halaman atau berupa tab di bagian atas.

3. Pilih “Masuk ke Google”

Di dalam halaman “Keamanan,” carilah opsi yang berjudul “Masuk ke Google” atau “Signing in to Google.” Klik pada opsi ini untuk melanjutkan.

4. Verifikasi Identitas

Saat akan memilih “Masuk ke Google,” kamu mungkin akan diminta untuk memverifikasi identitas. Proses ini dilakukan untuk memastikan bahwa hanya pemilik akun yang memiliki akses ke informasi sensitif seperti kata sandi.

5. Tampilan Informasi Masuk

Setelah proses verifikasi, pengguna akan diarahkan ke halaman dengan informasi tentang akun masukmu. Di sini, kamu akan dapat melihat berbagai detail yang terkait dengan masuk ke akun Googlemu.

6. Temukan Kata Sandi Gmail

Pada halaman “Masuk ke Google,” pengguna akan menemukan bagian yang berkaitan dengan kata sandi. Dalam sebagian besar kasus, terdapat opsi untuk melihat kata sandi yang disimpan untuk akun Gmailmu.

7. Verifikasi Kembali Identitas

Sebagai langkah tambahan demi keamanan, sistem mungkin akan meminta kamu untuk memasukkan kata sandi akun Google sekali lagi sebelum menampilkan kata sandi Gmail.

8. Tampilan Kata Sandi Gmail

Setelah semua tahap verifikasi terpenuhi, kata sandi Gmail yang telah disimpan akan ditampilkan dalam tampilan yang aman. Kamu dapat menyalin kata sandi ini dan menggunakannya sesuai kebutuhan.

Melihat Kata Sandi Email melalui Kode Sumber Halaman Google

Terdapat alternatif terakhir yang bisa diambil, meskipun kami ingin menegaskan bahwa hal ini bukanlah pilihan yang disarankan dan memiliki potensi risiko yang signifikan terhadap privasi dan keamanan data.

Langkah ini melibatkan pengaksesan kode sumber halaman login Gmail dan mencari informasi kata sandi dalam bentuk teks yang tidak terstruktur. Kode sumber sebuah halaman web mengandung instruksi-instruksi yang memengaruhi cara tampilan dan interaksi dengan pengguna.

Dalam konteks ini, upaya untuk menemukan kata sandi dalam kode sumber berarti mengakses informasi yang seharusnya hanya dapat diakses oleh pemilik akun, melanggar privasi yang sangat penting.

Tidak hanya itu, metode ini juga membawa risiko keamanan. Dengan mengakses kode sumber, seseorang dapat dengan mudah memanipulasi halaman web, menciptakan celah keamanan pada akun dan data sensitif pengguna.

Demikian beberapa cara mengetahui password email di HP. Tetaplah berhati-hati dalam menjaga privasi dan keamanan dari akun email dan Google kamu.

Baca Juga :