Beginilah Cara Membagi 2 Layar Laptop Windows dan MacOS


Pdscustom.com -Laptop dilengkapi dengan beragam fitur unggulan yang dapat mempermudah aktivitas pengguna. Diantaranya adalah split screen yang memberikan akses kerja multitasking dengan lebih nyaman. Untuk dapat memanfaatkannya, pengguna tentu harus memahami cara membagi 2 layar laptop.

Dengan menggunakan fitur tersebut, tampilan layar bisa memperlihatkan dua halaman berbeda sekaligus sehingga aksesnya lebih efisien. Tidak perlu lagi membuka aplikasi secara bergantian karena sudah ditampilkan secara bersamaan. Hal ini membuat sistem kerja lebih hemat waktu dan tenaga.

Cara mengaktifkan split screen cukup mudah, bisa melalui keyboard, kursor, hingga mengakses menu tertentu. Secara instan, kamu bisa memiliki tampilan dua atau lebih aplikasi pada satu layar. Hal ini memungkinkan fungsi layar dapat bekerja secara lebih optimal untuk multitasking.

Tutorial Cara Membagi 2 Layar Laptop Windows 10

Cara membagi 2 layar laptop mampu memberikan akses multitasking yang lebih fleksibel karena pengguna dapat dengan mudah mengakses dua atau lebih aplikasi dalam waktu bersamaan.

Fitur ini mampu memberikan pengalaman bekerja yang lebih lincah karena tidak perlu lagi repot berganti layar untuk mengakses setiap aplikasi. Contohnya, ketika ingin membuat desain sambil membuka PDF. Aktivitas tersebut bisa langsung dilakukan bersamaan sehingga pekerjaan bisa cepat selesai.

Memanfaatkan fitur ini merupakan tindakan yang mampu mengoptimalkan penggunaan layar laptop. Area layar laptop bisa dikatakan cukup luas, sehingga bisa dimanfaatkan untuk membuka dua aplikasi sekaligus. Untuk dapat menggunakannya, silahkan ikuti panduan berikut ini.

1. Melalui Shortcut Keyboard

Untuk mengoptimalkan kinerja perangkat, banyak pengguna yang bertanya tentang bagaimana cara membagi 2 layar laptop. Berbagai cara bisa diterapkan untuk meningkatkan produktivitas agar mampu lebih cepat menyelesaikan pekerjaan.

Salah satunya adalah dengan mengoptimalkan layar laptop menjadi dua bagian. Melalui fitur ini, beberapa jendela aplikasi bisa langsung dibuka secara bersamaan dengan praktis. Fitur split screen bisa dengan mudah diaktifkan melakukan kombinasi shortcut keyboard.

Namun tentunya kamu perlu mengetahui kombinasi tombolnya terlebih dahulu untuk bisa mengaktifkannya. Simak panduannya sebagai berikut.

  • Buka jendela aplikasi yang akan di split screen.
  • Tekan kombinasi tombol Windows + Panah Kanan untuk menampilkan jendela ke sisi kanan.
  • Lanjutkan dengan menekan Windows + Panah Kiri untuk tampilan aplikasi ke bagian sisi kiri.
  • Apabila ingin membuat layar menjadi 4 bagian, tekan Windows + Panah Kanan. Dilanjutkan dengan menekan tombol Windows + Panah Bawah untuk dapat memindahkan jendela aplikasi dari kanan ke kanan bawah.
  • Untuk penyesuaian sisi kiri silahkan tekan Windows + Panah Kiri.
  • Lanjutkan dengan menekan tombol Windows + Panah Atas/Bawah untuk menyesuaikan letak jendela pada layar.
  • Gunakan kombinasi tombol Windows + Panah Bawah untuk memperkecil ukuran jendela aplikasi. Sesuaikan posisi layar dengan banyaknya aplikasi yang dibuka secara bersamaan.
  • Untuk mengembalikan ukuran jendela seperti semula atau full, silahkan tekan tombol Windows + Panah Atas.

2. Split Screen dengan Kursor

Cara membagi layar menjadi 2 di laptop paling sederhana adalah menggunakan kursor. Pengguna bahkan tidak perlu mengakses tombol atau menu tertentu. Hanya perlu melakukan penyesuaian pada ukuran jendela aplikasi yang akan dibuka. Berikut langkah-langkahnya.

  • Akses jendela aplikasi yang akan disesuaikan layarnya.
  • Tempatkan kursor pada bagian Title Bar di atas jendela aplikasi.
  • Klik serta tahan tombol mouse kiri.
  • Pindahkan Jendela aplikasi hingga ke bagian sudut kanan atau kiri.
  • Untuk membagi layar menjadi 4, Ketuk dan seret jendela ke setiap sudut layar.
  • Lakukan penyesuaian ukuran jendela agar lebih nyaman untuk dilihat. Ketuk jendela yang ingin diakses. Cara yang sama bisa diterapkan untuk pindah ke jendela aplikasi lainnya.
  • Jika salah satu jendela ingin lebih besar dibanding lainnya, akses garis pembatas di bagian pinggir jendela. Lakukan penyesuaian secara manual sesuai keinginan.

Tata Cara Membagi Layar Laptop Menjadi 2 Bagian di Windows 11

Pada Windows 11 terdapat fitur baru bernama Snap Windows yang memungkinkan pengguna bisa membuka lebih dari dua jendela aplikasi dalam satu layar. Peranan fitur ini sangat penting dalam menunjang produktivitas.

Sebelum itu, pastikan untuk mengaktifkan fitur dengan mengakses menu Settings > System > Multitasking > Aktifkan Snap Windows. Apabila sudah aktif, silahkan langsung memanfaatkan fitur tersedia melalui beberapa cara seperti di bawah ini.

1. Menggunakan Snap Layout

Snap Layout merupakan fitur yang dihadirkan Windows 11 untuk menunjang kebutuhan multitasking pengguna.

Fitur terbaru ini membantu pengguna untuk dapat memaksimalkan kekuatan snapping jendela. Berbagai aktivitas pun bisa dilakukan secara lebih leluasa dan praktis. Seperti inilah cara membagi 2 layar laptop di Windows 11.

  • Buka beberapa jendela aplikasi.
  • Arahkan kursor ke bagian sudut jendela hingga muncul pilihan Snap Layout.
  • Pilih Salah Satu Format jendela yang diinginkan. Apakah dibagi 2,4, dan lainnya.
  • Secara otomatis, Snap Layout akan menempatkan aplikasi pada posisi tata letak yang sudah dipilih. Ruang kosong di bagian samping akan menampilkan aplikasi yang tidak dapat di split screen. Ketuk aplikasi apabila ingin mengubah tata letaknya.
  • Sesuaikan lokasi aplikasi yang ingin diakses. Aplikasi apa saja yang bersebelahan. Jika memilih empat bagian layout bisa mengatur posisi untuk atas dan bawah.

2. Menggunakan Snap Assist

Fungsi utama Snap Assist adalah untuk meningkatkan produktivitas pengguna. Kamu bisa dengan mudah mengubah ukuran tata letak jendela sesuai kebutuhan.

Ukuran jendela yang berdampingan pada setiap sisi dapat diubah ukurannya sehingga tidak ada ruang layar yang terbuang. Perhatikan cara menggunakannya sebagai berikut.

  • Tempatkan kursor pada bagian Title Bar jendela aplikasi.
  • Tekan dan Tahan Tombol Mouse Kiri.
  • Arahkan ke bagian sudut untuk dapat membagi layar. Tentukan Layout tampilan yang diinginkan.
  • Lakukan hal yang sama untuk setiap aplikasi hingga posisinya sesuai dengan yang diinginkan. Bisa juga menggunakan kombinasi tombol untuk menyesuaikan tata letak layout.

Panduan Membagi Layar di MacOS

Tidak hanya Windows, MacOS juga memiliki fitur yang disebut dengan Split View untuk membagi layar menjadi beberapa bagian.

Dengan mengandalkan fitur ini, pengguna bisa menampilkan beberapa aplikasi dalam satu layar sekaligus. Tampilan jendela aplikasi dapat terlihat berdampingan dan bisa diakses bersamaan. Seperti inilah cara mengaktifkannya.

  • Arahkan kursor ke bagian tombol Full Screen yang memiliki warna hijau. Letaknya berada di sudut kiri atas.
  • Ketuk opsi Tile Window to Left of Screen agar dapat membagi layar jadi 2 dan menempatkan jendela aplikasi pada sisi kiri.
  • Pilih opsi Tile Window to Right of Screen untuk membuat layar menjadi 2 dan meletakkan jendela pada bagian sisi kanan.
  • Silahkan Pilih Aplikasi yang ingin diletakkan pada kedua sisi tersebut agar bisa diakses bersamaan.
  • Apabila fitur split view tidak bisa digunakan. Cobalah masuk ke menu Apple >> System Preferences >> Mission Control. Pastikan bagian opsi Displays have separate Spaces telah dipilih.

Cara membagi 2 layar laptop dapat diterapkan dengan cepat dan mudah. Awalnya mungkin akan terasa bingung, namun jika sudah menghafal langkahnya dengan baik, maka fitur bisa diaktifkan secara instan kapan saja sesuai kebutuhan.

Baca Juga :