3 Cara Reset HP Oppo A1k dengan Mudah!

Posted on

Oppo adalah merek ponsel yang konsisten menghasilkan produk unggulan yang menjadi rebutan di pasaran. Salah satu merek HP juga sukses di pasaran adalah HP Oppo A1k. HP ini dibekali dengan baterai dengan kapasitas 4000 mAh, dengan RAM 2 GB, dan dengan penyimpanan internal 32 GB.

Namun pada kesempatan kali ini kami bukan hendak membahas seputar HP Oppo A1k namun akan membahas cara reset HP Oppo A1k. Hal ini karena sebagian pengguna HP Oppo A1k menggalami sejumlah kendala yang dapat diselesaikan dengan melakukan reset.

Jika anda juga mengalami hal yang sama maka anda dapat mengikuti langkah langkah yang akan diberikan disini. Adapun masalah yang dapat diselesaikan dengan reset seperti selalu keluar dari aplikasi secara tiba-tiba, lemot, diserang virus, tak dapat menelfon atau menerima telfon, lupa PIN lockscreen, dan lain sebagainya.

3 Cara Reset HP Oppo A1k dengan Mudah

Apa Itu Reset?

Singkatnya, reset adalah cara yang ditempuh untuk mengembalikan setingan HP ke keadaan semua seperti yang dilakukan oleh pabrik saat produksi. Itulah mengapa disebut reset factory atau reset pabrik. Selain mengembalikan settingan, reset juga akan menyebabkan semua data pada ponsel akan terhapus.

Oleh sebab itu sebelum melakukan reset, lakukanlah backup terlebih dahulu dengan memindahkan file ke perangkat lainnya baik ke komputer, hardisk, flashdisk, maupun perangkat lainnya.

Pastikan pula baterai HP melebihi 50% agar nantinya HP tak mati saat reset dilakukan. Jika HP mati saat reset dialkukan maka akan berpotensi terjadi error.

Jika anda sudah siap, maka anda dapat melakukan reset dengan salah satu dari beberapa cara berikut ini:

Cara Reset HP Oppo A1k dengan Menu Setting

Cara pertama yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan menu setting. Ini adalah cara termudah yang dapat anda ikuti. Ikutilah langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka menu pengaturan atau sertting.
  2. Lalu buka bagian Pengaturan Lanjutan atau Additional Settings.
  3. Scrol hingga ke bawah. Anda akan menemukan pilihan Backup dan Reset.
  4. Pilih Remove All Contents and Settings/ Reset Phone.
  5. Tunggu hingga proses reset selesai dilakukan. Setelah itu HP sudah dapat digunakan kembali.

Cara Reset HP Oppo A1k dengan Hard Reset/ Recovery Mode

Cara reset HP dengan hard reset/ recovery mode dapat dilakukan tanpa perlu masuk ke menu settingan seperti sebelumnya. Bahkan reset dapat dilakukan tanpa perlu membuka lockscreen. Inilah mengapa apabila seseorang lupa PIN lockscreennya maka dapat memilih cara reset yang satu ini. Selain itu HP yang mengalami freezing atau tak merespon sentuhan sama sekali juga dapat menggunakan cara ini. Beruikut langkah-langkahnya:

  1. Pastikan HP dalam keadaan mati lalu tekan tombol vulume turun ( – ) bersamaan dengan tombol power selama beberapa detik hingga muncul logo Oppo. Disini anda telah berhasil masuk ke recovery mode. Pada mode ini tochscreen tak dapat diguankan. Adapun navigasinya menggunakan tombol fisik berupa tombol volume dan tombol power.
  2. Pilih Wipe Data.
  3. Pilih Ok.
  4. Tunggu beberapa saat hingga reset selesai dilakukan.

Cara Reset HP Oppo A1k Melalui Google Find My Device

Cara Reset Menggunakan Google Find My Device

Fungsi utama Google Find My Device adalah untuk mencari HP yang telah hilang. Namun kita dapat memanfaatkan Google Find My Device untuk melakukan reset. Alasan mengapa fitur reset tersemat dalam Google Find My Device adalah karena reset dapat menghapus semua data pada ponsel sehingga apabila ponsel dicuri maka reset dapat dilakukan agar data tak disalah gunakan oleh pencuri.

Jika anda ingin melakukan reset HP Oppo A1k dengan cara ini, ikutilah langkah-langkah berikut ini:

  1. Bukalah link berikut ini: https://www.google.com/android/find dengan menggunakan perangkat lain baik itu komputer, laptop, tablet, atau dari HP lain.
  2. Login menggunakan akun Google yang sama dengan yang terhubung pada HP Oppo A1k yang hendak direset.
  3. Setelah berhasil login maka terdapat tiga piliha. Pilih pilihan terakhir yaitu Hapus data.
  4. Setelah anda piih, masukan password akun Google anda untuk mengkonfirmasi.
  5. Terakhir tinggal tunggu berjalannya proses reset hingga selesai.

Manfaat Melakukan Reset Bagi HP Oppo A1k

Reset adalah opsi yang dipilih oleh sebagian orang karena HP Oppo A1k mereka bermasalah. Namun tidak hanya mengatasi sejumlah masalah saja. Ada manfaat disamping dapat mengatasi masalah-masalah yang dihadapi. Berikut ini beberapa manfaat melakukan reset HP Oppo A1k:

  1. Reset Dapat Menghilangkan Virus dan Malware pada HP Oppo A1k

Reset Bisa Membasmi Virus dan Malware

Virus dan malware yang menjagnkiti HP Oppo A1k akan berdampak sangat buruk mulai dari kerusakan sistem hingga kerusakan hardwarenya. Masalahnya, virus dan malware kadang tak dapat terdeteksi bahkan tak terasa ada perubahan apapun pada ponsel saat baru pertama kali terkena virus dan malware.

Beberapa antivirus tak dapat mengatasi serbuan virus dan malware karena kecepatan mutasi virus dan malware tak diimbangi dengan update antivirus. Hal ini akan sangat mengancam HP dan sudah sebaiknya diwaspadai oleh setiap orang. Virus dan malware dapat berasal dari game yang dimainkan, aplikasi yang diinstal, dan situs yang dikunjungi.

Untungnya, reset dapat menghilangkan segala macam jenis virus dan malware. Pada saat reset dilakukan, semua data ponsel akan terhapus dan proses ini juga akan menghapus virus dan malware yang ada. Itu artinya dengan melakukan reset maka nantinya HP Oppo A1k anda akan menjadi lebih aman dari sebelumnya.

  1. Membuat Memori HP Oppo A1k Menjadi Lega

Meningkatkan Peforma Android

Sebagian orang bahkan melakukan reset dengan tujuan ini. Reset adalah salah satu cara paling efektif untuk menghilangkan sampah dari file yang tak berguna. Dengan semakin lama HP digunakan maka semakin banyak pula file yang sebetulnya tak kita butuhkan masih tersimpan dan mengendap di memori HP yang membebani kinerja HP.

Memori internal pada HP Oppo A1k menopang kinerja aplikasi sehingga saat memori internal pada HP ini ukurannya kian menyempit maka kinerja ponsel juga akan semakin memburuk.

Reset dapat mengatasi problem tersebut. Reset sendiri akan menghapus semua data yang kita miliki tanpa terkecuali tak seperti aplikasi pembersih kebanyakan yang masih menyisakan sebagian data yang dirasa penting walaupun kenyataannya tidak. Setelah reset dilakukan maka akan sangat terasa bagaimana perubahannya.

  1. Reset dapat membuat HP Oppo A1k Menjadi Lebih Negebut

Reset yang dilakukan akan menghapus semua data dan ini akan membuat kinerja ponsel menjadi semakin baik. Tak ada data tak penting yang menghalangi jalannya proses aplikasi yang sedang dibuka. Selain itu tak ada pula virus dan malware yang biasanya memakan RAM sehingga mengganggu jalannya aplikasi. Semua hal ini dapat membantu meningkatkan peforma HP Oppo A1k menjadi lebih kencang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *