Fungsi Speaker pada Komputer, Jenis, dan Cara Mengoptimalkan


Pdscustom.com –  Setiap komponen dalam sebuah perangkat tentu memiliki kegunaan masing-masing. Begitu juga dengan fungsi speaker pada komputer yang menjadi elemen penting dalam bidang teknologi modern. Meskipun sering dianggap sebagai pendukung, namun nyatanya speaker memiliki peranan penting.

Diantaranya mampu memberikan suasana yang menyenangkan, meningkatkan pengalaman saat menggunakan komputer, dan lain sebagainya. Kemampuannya dalam menghasilkan output audio mampu menghadirkan hiburan bagi pengguna.

Tidak hanya itu, speaker juga dapat mendukung aktivitas komunikasi seperti panggilan suara, video, hingga memberikan informasi terkait notifikasi penting. Untuk dapat beraktivitas dengan nyaman, memahami fungsi dari speaker dan cara mengoptimalkannya tentu menjadi hal krusial.

Pengertian Speaker Komputer

Speaker pada komputer merupakan perangkat output yang berfungsi untuk mengeluarkan suara. Hal ini merupakan hasil proses yang dilakukan oleh CPU. Melalui speaker, file audio maupun video bisa diputar dan didengarkan dari komputer.

Speaker mempunyai bentuk yang beragam, mulai dari kotak, bulat, kecil, hingga besar. Kekuatan speaker dalam menghasilkan suara tentu akan berbeda, tergantung dari besar tegangan yang digunakan. Pada speaker terdapat transduser yang merupakan alat pengubah daya.

Peranan komponen ini adalah mengubah daya listrik menjadi gelombang suara. Transduser juga dapat mengubah kekuatan sinyal dari suatu daya.

Dalam speaker, transduser berfungsi memperkuat sinyal dari daya sehingga suara bisa dihasilkan dengan baik untuk kemudian ditangkap oleh indra pendengaran manusia.

Inilah Beberapa Fungsi Speaker pada Komputer

Komponen penting dalam komputer ini berfokus terhadap peningkatan pengalaman bagi pengguna secara keseluruhan. Apa saja fungsinya, berikut uraiannya.

1. Output Audio Multimedia

fungsi speaker pada komputer adalah sebagai output audio. Saat menonton video, mendengarkan musik, atau bermain game, speaker dapat digunakan untuk menghadirkan kualitas hiburan multimedia dengan cara imersif.

Suara yang dihasilkan speaker, mampu memberikan pengalaman yang lebih seru dan menyenangkan. Speaker umumnya dilengkapi dengan fitur surround, yang dapat membuat audio menyebar ke seluruh ruangan.

Hal tersebut akan menciptakan sensasi yang lebih menarik, seperti berada secara langsung di lingkungan dalam media multimedia.

2. Notifikasi

Komponen speaker pada komputer juga memiliki fungsi untuk memberikan peringatan atau notifikasi pada pengguna.

Misalnya ketika menerima email, adanya peringatan dari aplikasi yang digunakan, pesan masuk, dan lainnya. Suara notifikasi membuat pengguna bisa langsung mengetahui informasi yang diberikan.

Pada kondisi tertentu, notifikasi menjadi hal penting dalam memperingatkan pengguna akan hal yang membutuhkan penanganan segera, diantaranya seperti informasi pembaruan sistem dan keamanan.

3. Panggilan Suara dan Komunikasi

Tidak hanya berfungsi untuk mendukung hiburan saja, namun fungsi speaker pada komputer juga berperan dalam komunikasi. Diantaranya untuk melakukan panggilan melalui berbagai aplikasi. Dengan adanya speaker, pengguna bisa dengan lancar mendengar suara lawan bicara.

Kualitas speaker yang bagus dapat memfasilitasi percakapan sehingga bisa dilakukan dengan nyaman dan jelas. Fungsi ini tentunya akan sangat terasa dalam lingkungan bisnis, misalnya untuk menunjang aktivitas rapat virtual yang melibatkan banyak partisipan dari berbagai lokasi.

Melalui dukungan speaker yang berkualitas, peserta rapat bisa berkomunikasi dengan nyaman sehingga kolaborasi dapat dilakukan secara efektif.

Tips Mengoptimalkan Penggunaan Speaker Komputer

Untuk dapat mengoptimalkan penggunaan speaker, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Hal tersebut mampu menambah kualitas dan kenyamanan saat menggunakan speaker sehingga hasilnya pun lebih maksimal. Simak beberapa tipsnya sebagai berikut.

1. Atur Volume yang Sesuai

Saat menggunakan speaker, pastikan untuk memperhatikan volume yang digunakan. Atur volume pada tingkatan yang sesuai, jangan terlalu keras maupun lemah karena bisa mengganggu lingkungan sekitar.

Kurangnya volume juga dapat menurunkan keseruan suasana yang ingin dinikmati. Untuk menjaga kualitas suaranya tetap bagus, cobalah untuk menyesuaikan volume agar lebih enak didengar.

2. Pilih Speaker Sesuai Kebutuhan

Meskipun memiliki fungsi utama yang sama, namun setiap speaker dilengkapi dengan beragam fitur sehingga kualitasnya terasa berbeda. Agar fungsi speaker dapat bekerja secara optimal, pilihlah jenis yang sesuai dengan kebutuhan.

Lakukan pertimbangan dengan baik agar jenis yang dipilih sesuai. Misalnya untuk menikmati hiburan multimedia seru, maka pilihlah speaker dengan suara jernih dan bass bagus.

Sedangkan untuk kebutuhan komunikasi, sebaiknya pilihlah speaker dengan fitur noise cancelling sehingga kualitas suara lebih baik.

3. Update Driver Speaker

Untuk dapat bekerja sebagai sebuah komponen komputer, terdapat driver yang perlu dipasang terlebih dahulu. Hal tersebut dilakukan agar kinerjanya dapat optimal dan mampu berjalan selaras dengan komponen penyusun komputer lainnya.

Untuk menghindari terjadi bug, lakukan update driver speaker secara berkala. Pembaruan dilakukan untuk meningkatkan kualitas fungsi dan kinerjanya serta dapat kompatibel dengan versi perangkat terbaru.

Jenis-Jenis Speaker

Apabila sudah memahami fungsi dan bagaimana cara mengoptimalkan sistem kerjanya agar bisa menghasilkan suara yang berkualitas, selanjutnya adalah memahami jenis-jenisnya.

Terdapat beberapa jenis speaker yang umumnya sering dijumpai sehari-hari. Perbedaannya terletak pada ukuran dan jangkauan frekuensinya. Berikut diantaranya.

1. Woofer

Penghasil audio satu ini dikenal juga dengan sebutan bass speaker atau loudspeaker. Fungsinya adalah menghasilkan suara dengan frekuensi rendah. Perangkat ini dapat menerima frekuensi diantara 40-1.000 Hz.

Namun beberapa diantaranya juga ada yang memiliki kemampuan sekitar 20-2.000 Hz. Diameternya cukup kecil yaitu diantara 4-12 inci. Speaker ini seringkali dijumpai pada perangkat audio aktif maupun sound system ruangan.

Dengan bantuan sistem pengeras suara khusus, jangkauan frekuensinya bisa meluas sehingga 3.000 Hz – 5.000 Hz. Woofer juga sering ditemukan pada sistem home theater yang sangat diandalkan untuk menghasilkan suara didalam ruangan.

2. Jangkauan Penuh

Seperti namanya, speaker ini mampu bekerja pada frekuensi yang lebar. Antara 40 Hz – 2 kHz. Speaker ini akan memproduksi banyak rentang frekuensi yang bisa didengar dalam batasan fisik tertentu. Speaker full range mampu menghasilkan suara tinggi dan rendah secara bersamaan.

Jenis speaker ini bisa ditemukan pada berbagai alat multimedia mulai dari yang harga murah hingga mahal. Umumnya perangkat ini digunakan di luar ruangan karena bisa menghasilkan suara jernih dengan jarak jauh.

3. Midrange

Keunggulan fungsi speaker pada komputer berjenis midrange adalah mampu menghasilkan suara yang dapat terdengar lebih jernih dan fokus. Audio yang dihasilkan oleh jenis speaker ini dari rentang frekuensi 500-5000 Hz.

Umumnya berukuran sekitar 4-6 inci dan digunakan oleh banyak orang untuk menghasilkan suara vokal. Speaker ini merupakan bagian dari pengeras suara tipe 3 way, tetapi tidak bisa menghasilkan suara bernada tinggi.

Fungsinya adalah untuk menyempurnakan kedua tipe pengeras suara lainnya dalam tipe 3 way. Speaker ini bertugas menangkap audio berfrekuensi tinggi sehingga mampu menghasilkan audio vokal yang jernih.

4. Tweeter

Jenis speaker terkecil ini juga dikenal sebagai pengeras audio treble. Fungsinya adalah untuk memproduksi batas atas rentang frekuensi yang dapat didengar. Nama speaker ini berasal dari kata tweet yang mewakili spesies burung bernada tinggi.

Frekuensi suara yang dihasilkan sekitar 3.500 Hz – 20 kHz. Diafragma perangkat ini terbuat dari film atau kain, sutra, aluminium, dan perpaduan khusus lainnya.

5. Subwoofer

Pengeras suara jenis ini menghasilkan frekuensi antara 20 Hz – 200 Hz. Fungsinya sebagai penghasil suara dengan nada rendah. Ukurannya cenderung besar apabila dibandingkan dengan jenis speaker lainnya.

Speaker ini bekerja untuk dapat memproduksi dua atau tiga oktaf nada paling rendah dari pendengaran manusia. Sehingga lebih dikenal sebagai sub bass. Penggunaan speaker ini dapat menambah kemampuan bass sebagai audio utama.

Speaker ini umumnya memiliki diameter sekitar 8-21 inci dan sering dipasang pada komputer maupun sound system mobil.

Fungsi speaker pada komputer dalam berbagai aspek membuat perangkat ini sering digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Dengan mengetahui peranan dan cara mengoptimalkan penggunaannya, kualitas audio yang bisa dinikmati tentu akan semakin berkualitas dan memuaskan.

Baca Juga :