3 Cara Reset HP Oppo F1s Dengan Mudah!

Posted on

Oppo adalah produsen ponsel asal negeri tirai bambu yang sukses merajai ponsel di tanah air dan menjadi salah satu ponsel yang paling banyak di gunakan di Indonesia. Hal ini didukung oleh kemampuan Oppo dalam menghasilkan ponsel yang sangat berkualitas. Misalnya pada beberapa waktu lalu Oppo merilis Oppo F1s yang sukes dipasaran.

Oppo F1s pertama kali dipublikasikan pada tahun 2016 silam dibekali dengan kamera 13 MP pada bagian belakang dan 16 MP pada bagian depan menjadikan HP ini idaman bagi orang yang suka selfie. Selain itu HP Oppo F1s dibekali dengan memori internal sebesar 32 GB dan RAM 3GB.

Pada kesempatan kali ini kita tak membahas seputar HP Oppo F1 namun bagaimana cara melakukan reset untuk HP Oppo F1s. Reset sendiri adalah salah satu cara yang dapat ditempuh untuk mengatasi sejumlah kendala fungsi pada HP Oppo F1s.

Jika anda adalah pengguna HP Oppo F1s yang ingin melakukan reset maka artikel ini untuk anda. Silahkan simak sampai habis karena disini akan dibahas secara lengkap berbagai cara melakukan reset dan langkah-langkahnya.

3 Cara Reset HP Oppo F1s Dengan Mudah

Apa Itu Reset?

Reset atau reset factory adalah mengembalikan ponsel seperti baru pertama kali keluar dari parbik dengan setingan yang sama yang dilakukan oleh pabrik. Inilah mengapa disebut dengan reset factory  atau reset pabrik. Prosedur ini akan membuat banyak masalah pada HP dapat teratasi maka cara inilah yang biasanya ditempuh orang saat HP mengalami masalah.

Namun reset dapat menyebabkan data penting di HP dapat terhapus. Oleh sebab itu sebelum reset dilakukan, lakukanlah bakup dengan memindahkan data penting ke perangkat lain seperti hardisk, flashdisk, komputer, atau layanan cloud seperti Google Drive dan Dropbox.

Agar tak terhambat saat reset sedang berlangsung, pastikan baterai HP memadai. Isilah penuh baterai HP atau setidaknya 50% terisi agar tak mati saat reset yang akan menghambat proses reset nantinya.

Jika anda sudah melakukan hal diatas, reset dapat dilakukan dengan satu dari beberapa cara berikut ini:

Cara Reset HP Oppo F1s dengan Menu Settings/ Pengaturan

Cara pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan menu setting/ pengaturan. Berikut langkah-langkah yang dapat anda lakukan:

  1. Bukalah menu Setting/ Pengaturan
  2. Setelah itu klik bagian Additional Settings atau Pengaturan Lanjutan.
  3. Setelah itu pilih Backup & resest.
  4. Pilih Remove All Contents and Settings/ Reset Phone.
  5. Tunggu hingga proses reset selesai dilakukan.

Cara Reset HP Oppo F1s dengan Hard Reset

Cara Reset HP Oppo F1s dengan Hard Reset

Cara kedua yang dapat dilakukan adalah dengan hard reset. Hard reset ini anda tak perlu masuk ke pengaturan bahkan tak perlu membuka lockscreen HP. Inilah cara yang biasanya ditempuh saat HP lupa PIN atau saat HP mengalami freezing. Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan:

  1. Pertama tekan tombol volume down ( – ) bersamaan dengan menekan tombol power. Tahan selama beberapa detik hingga muncul logo Oppo.
  2. Anda telah masuk ke recovery mode. Navigasi hanya dapat menggunakan tombol fisik saja.
  3. Diantara banyaknya pilihan, pilih Wipe Data.
  4. Konfirmasi dengan klik Ok.
  5. Reset akan segera berjalan. Tunggu hingga proses selesai.

Cara Reset HP Melalui Google Find My Device

Cara Reset Menggunakan Google Find My Device

Cara Terakhir yang dapat dilakukan adalah melakukan reset dengan menggunakan Google Find My Device. Memang Googel Find My Device bukan dirancang khusus untuk melakukan reset namun kita akan memanfaatkan salah satu fiturnya.

Jika cara reset sebelumnya tanpa membuka lockscreen, cara reset kali ini bisa dilakukan bahkan tanpa menyentuh HP Oppo F1s sama sekali. Hal ini karena kita harus menggunakan perangkat lain untuk melakukan reset. Lalu bagaimana caranya? Berikut ulasannya:

  1. Pertama buka link berikut ini: https://www.google.com/android/find dengan menggunakan perangkat lainnya.
  2. Login menggunakan akun yang sama dengan yang terhubung dengan HP Oppo F1s yang hendak direset.
  3. Setelah berhasil login, nantinya akan muncul perangkat apa saja yang terhubung dengan akun Google anda.
  4. Pilih HP Oppo F1s.
  5. Selanjutnya akan muncul tiga pilihan. Pilih yang Hapus semua data.
  6. Konfirmasi dengan mengisi passord Google.
  7. Reset mulai berjalan. Tunggu hingga proses reset selesai dilkaukan.

Manfaat Melakukan Reset HP Oppo F1s

Alasan mengapa seseorang melakukan reset adalah karena HP nya mengalami masalah dan dengan melakukan reset ini diharapkan masalah tersebut dapat hilang. Namun tak terbatas pada itu saja, ternyata reset membawa sejumlah manfaat positif bagi HP. Berikut kami telah merangkum beberapa manfaat melakukan reset HP:

  1. Reset HP Oppo F1s dapat Menghapus Virus yang Bersarang

Manfaat reset yang pertama adalah reset dapat menghapus virus yang bersarang pada HP Oppo F1s. jadi HP Oppo F1s akan menjadi semakin aman setelah reset dilakukan. Virus sendiri adalah momok yang menakutkan bagi HP.

Namun sayangnya jarang orang menyadari akan bahayanya. Kerberadaan virus biasannya dimulai dari penginstalan aplikasi, game yang dimainkan, dan situs yang dikunjungi. Masalah yang diakibatkan oleh virus bisa cukup fatal bahkan kerusakan permanen pada HP. Untungnya dengan reset, virus dapat terhapus bersamaan dengan data pada HP.

  1. Reset Dapat Membuat HP Oppo F1s Semakin Lega

Meningkatkan Peforma Android

Saat pertama kali HP Oppo F1s digunakan, akan terasa peformanya yang tinggi. Namun hal itu akan menurun seiring dengan semakin seringnya HP Oppo F1s digunakan. Hal ini dapat terjadi karena banyaknya data yang tertimbun di dalam memori yang membebani HP.

Memori internal HP sangat diandalakan oleh HP Oppo F1s untuk menjalanakan sistemnya. Disinilah tempat sistem beroperasi. Namun karena banyaknya data, memori akan semakin sempit dan terus menyempit seiring penggunaan.

Aplikasi pembersih terkadang tak terlalu dapat diandalkan. Malah, aplikasi seperti ini ikut memakan memeori internal HP. Untungnya, dengan melakukan reset kita dapat menghapus semua data tanpa terkecuali sehingga memori internal lebih lega.

  1. Reset Dapat Membuat HP Oppo F1s Semakin Nebut

Efek memori internal yang telah menjadi lega dan juga virus yang tak membebani kinerja, HP Oppo F1s akan semakin ngebut. Kecepatannya bahakan menyamai saat pertama kali HP dibeli. Karena memang, reset berarti mengembalikan ke keadaan seperti semula pertama kali dibeli.

Dengan peforma yang telah meningkat tajam, anda dapat lebih leluasa memainkan game yang sebelumnya tak dapat dimainkan.

Kesimpulan

Reset atau reset factory adalah mengembalikan kondisi HP seperti pertama kali keluar dari pabrik dengan menghapus semua data dan mengembalikan settingannya. Terdapat beberapa cara melakukan reset yaitu dengan menggunakan pengaturan, dengan hard reset, atau dengan Google Find My Device.

Ada banyak manfaat melakukan reset selain dapat memperbaiki HP Oppo F1s yang rusak seperti menghilangkan malware, menghapus data tak penting, dan membuat HP Oppo F1s menjadi lebih mengebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *