10 Cara Mengatasi Gagal Registrasi Paket Indosat, Dijamin Efektif

Posted on

Tidak sedikit pengguna Indosat yang mengalami kesulitan ketika hendak membeli paket internet. Pada dasarnya, hal ini bisa diatasi dengan beberapa cara mengatasi gagal registrasi paket Indosat yang akan dibahas kali ini.

10 Cara Mengatasi Gagal Registrasi Paket Indosat

Cara Mengatasi Gagal Registrasi Paket Indosat

Paket internet Indosat memang termasuk yang paling beragam. Pelanggan bisa membelinya melalui aplikasi maupun kode USSD. Mungkin kamu mengalami kendala gagal beli paket Indosat padahal pulsanya cukup, berikut beberapa solusinya.

1.     Memeriksa Kode USSD yang Digunakan

Ada berbagai macam kode USSD yang biasanya digunakan untuk mengaktifkan paket Indosat. Penggunaan kode tersebut memang dianggap lebih praktis karena biasanya langsung aktif. Contohnya pada kode *123*100*2# untuk membeli paket internet murah Indosat.

Jika gagal mengaktifkan paket Indosat menggunakan kode USSD, sebaiknya periksa kembali kombinasi kode tersebut. Gagal mengaktifkan paket biasanya ditandai dengan notifikasi “Kode MMI Tidak Valid” dan sejenisnya.

Oleh karena itu, sebaiknya coba kode USSD yang memang sudah banyak terbukti berhasil mengaktifkan paket Indosat. Contohnya kumpulan kode paket internet murah Indosat berikut ini.

Rutin Isi Pulsa

*123*100*2#Kuota murah mulai Rp8.900
*123*112#Paket freedom mulai Rp9.900
*123*60#Internet murah mulai Rp6.600
*123*2#Paket freedom 30 hari
*123*222#Internet murah extra booster

 

2.     Mengubah Jaringan ke Mode Otomatis

Ubah Jaringan 4G ke Otomatis

Tidak sedikit pengguna smartphone yang mengatur jaringan menjadi mode 4G Only. Hal tersebut biasanya dilakukan agar HP bisa langsung terkoneksi ke internet dengan mudah. Namun, tak jarang pengaturan tersebut membuat registrasi paket internet gagal dilakukan.

Oleh sebab itu, sebaiknya buka kunci pengaturan jaringan menjadi mode otomatis terlebih dahulu. Jika paket internet sudah aktif, maka kamu bisa setting kembali menjadi 4G Only. Untuk lebih jelasnya, berikut langkah-langkah mengubah jaringan menjadi mode otomatis.

  • Buka menu Pengaturan di HP lalu pilih Koneksi.
  • Selanjutnya pilih opsi Jaringan Seluler.
  • Pada bagian Mode Jaringan SIM 1 dan Mode Jaringan SIM 2 ubah menjadi
  • Jika sudah, silahkan coba aktifkan paket internet Indosat sesuai kebutuhan.

3.     Menonaktifkan Paket Internet Lain

Mungkin kamu tidak menyadari bahwa paket internet lain masih aktif sehingga ketika hendak membeli paket baru malah gagal. Biasanya hal ini ditandai dengan adanya notifikasi “Maaf registrasi paket gagal dilakukan, Anda masih memiliki paket internet…”.

Oleh karena itu, sebaiknya nonaktifkan terlebih dahulu paket sebelumnya. Bagi yang belum tahu caranya, berikut langkah-langkah mudahnya.

  • Buka menu Pesan yang ada di HP.
  • Pilih Pesan Baru lalu ketikkan UNREG.
  • Selanjutnya kirim ke nomor 363.
  • Tunggu sampai pihak operator memberikan pesan balasan berisi keterangan bahwa kamu sudah tidak berlangganan paket tersebut.
  • Selanjutnya, silahkan membeli paket Indosat sesuai kebutuhan misalnya melalui *363#.

4.     Memeriksa Keaktifan Kartu

Masa Aktif Nomor Sudah Habis

Normalnya, pembelian paket Indosat bisa dilakukan apabila nomor masih aktif. Jika ternyata sudah hangus, berbagai macam transaksi memang gagal dilakukan. Termasuk apabila ingin membeli paket internet di Indosat, baik melalui aplikasi maupun kode USSD.

Kemungkinan besar nomor yang sudah lewat masa tenggangnya atau sudah hangus tidak bisa membeli paket internet. Kamu mungkin tidak menyadari bahwa nomor sudah dinonaktifkan pihak Indosat.

Untuk memastikannya, silahkan pastikan keaktifan kartu dengan menekan *123# pada menu panggilan. Pilih menu Informasi Kartu dan tunggu sampai muncul keterangan nomor dan masa aktifnya.

Jika nomor ternyata memasuki masa tenggang, sebaiknya langsung isi ulang. Jika ternyata sudah berstatus nonaktif, biasanya panggilan apapun tidak bisa dilakukan. Kamu bisa mendatangi gerai Indosat terdekat untuk informasi lebih lanjut mengenai pengaktifan kembali nomor yang hangus.

5.     Memastikan Nomor Indosat Sudah Diregistrasi

Registrasi Nomor Terlebih Dahulu

Seperti yang telah diketahui, registrasi kartu saat ini membutuhkan informasi nomor KTP dan KK. Tanpa mencantumkan informasi tersebut, kamu akan kesulitan ketika menggunakan nomor yang sudah dibeli. Termasuk ketika hendak mengaktifkan paket internet Indosat.

Jika merasa belum melakukan registrasi, sebaiknya lakukan langkah-langkah berikut ini.

  • Buka aplikasi Pesan di smartphone lalu pilih Pesan Baru.
  • Ketikkan NIK#NomorKK#.
  • Setelah itu, kirim ke nomor 4444.
  • Tunggu sampai terdapat pesan balasan bahwa nomor sudah berhasil diregistrasi.
  • Kamu juga bisa mengunjungi laman https://myim3.indosatooredoo.com/registration. Lalu isikan informasi yang diperlukan di kolom yang tersedia.

6.     Mengaktifkan Paket Internet dengan Voucher

Cara mengatasi gagal registrasi paket Indosat selanjutnya adalah mengaktifkan paket tersebut dengan metode lain. Salah satunya adalah dengan membeli voucher di counter HP terdekat.

Mungkin sebelumnya kamu jarang menggunakan voucher, padahal ini bisa menjadi solusi jika pembelian dengan metode lain gagal. Jika belum memahami cara mengaktifkan paket internet dengan voucher, berikut langkah-langkahnya.

  • Langkah pertama, silahkan buka menu Dial atau Panggilan yang ada di HP.
  • Selanjutnya masukkan kode voucher Indosat dengan mengetik *556* lalu diikuti 14 digit voucher dan diakhiri simbol #.
  • Tunggu beberapa saat sampai mendapatkan notifikasi paket internet berhasil diaktifkan.
  • Jika terdapat notifikasi “Kode tidak valid” silahkan coba sekali lagi karena kemungkinan kode yang dimasukkan keliru.

7.     Update Aplikasi Indosat Ooredoo

Indosat Ooredoo

Solusi ini bisa dilakukan jika kamu gagal mengaktifkan paket internet melalui aplikasi. Seperti yang telah diketahui, adanya aplikasi Indosat Ooredoo untuk Android dan iPhone memang mempermudah pelanggan Indosat.

Terutama untuk melakukan transaksi beli kuota/pulsa atau sekedar mengecek saldo. Jika gagal registrasi paket Indosat melalui aplikasinya, mungkin kamu belum memperbarui versi aplikasi tersebut.

Oleh karena itu, sebaiknya segera update versi Indosat Ooredoo melalui langkah-langkah sebagai berikut.

  • Langkah pertama, buka aplikasi Playstore di HP Android.
  • Selanjutnya cari aplikasi Indosat Ooredoo lalu pilih
  • Tunggu sampai proses pembaruan selesai dilakukan.
  • Setelah itu, buka aplikasi tersebut dan lakukan pembelian paket internet seperti biasanya.
  • Selesai.

8.     Memastikan Jaringan Indosat Tidak sedang Gangguan

Sebagai salah satu provider besar, Indosat juga beberapa kali mengalami gangguan. Hal ini menyebabkan berbagai macam transaksi gagal dilakukan, misalnya pembelian paket internet.

Oleh karena itu, sebaiknya tunggu beberapa saat sampai masalah jaringan Indosat kembali stabil. Apabila kamu masih memiliki koneksi internet, silahkan cek melalui media sosial.

Biasanya CS Indosat akan menyampaikan pemberitahuan secara online jika terdapat gangguan, misalnya melalui Twitter

9.     Menghubungi Customer Service Indosat

Customer Service Indosat

Cara mengatasi gagal registrasi paket Indosat ini bisa dilakukan jika solusi-solusi lainnya tidak membuahkan hasil. Seperti provider lainnya yang ada di tanah air, Indosat juga mempermudah pelanggannya menyampai keluhan melalui CS.

Kamu bisa menghubungi CS Indosat dengan mudah di berbagai media sosial, misalnya sebagai berikut.

10.  Mendatangi Gerai Indosat Terdekat

Gerai Indosat Terdekat

Mengunjungi gerai provider yang digunakan bisa menjadi solusi jitu menghadapi permasalahan seputar kartu. Terlebih jika gerai tersebut berada tidak jauh dari kota kamu. Termasuk jika seringkali mengalami kegagalan membeli paket internet Indosat.

Terlebih jika tidak terdapat tanggapan setelah follow up kendala ini melalui CS secara online. Oleh karena itu, mendatangi gerai Indosat terdekat bisa menjadi solusi terbaik. Kamu bisa mencarinya di Google maps mengenai informasi gerai terdekat yang bisa dijangkau dengan mudah.

Beberapa cara mengatasi gagal registrasi paket Indosat di atas bisa dicoba satu per satu. Sebaiknya, kenali penyebabnya terlebih dahulu ketika gagal beli paket internet. Jangan lupa follow up kendala tersebut jika ternyata pulsa sudah terpotong tapi paket internet belum masuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published.