Kenapa Tidak Bisa Beli Paket Indosat Padahal Pulsa Cukup

Posted on

Ada beberapa alasan kenapa tidak bisa beli paket Indosat padahal pulsa cukup. Kamu harus tahu alasan-alasan tersebut, agar bisa segera mengatasi masalah yang pelik ini. Tidak bisa beli paket Indosat artinya akan boros pulsa, karena akan terus tersedot jika tidak dipaketkan.

Alasan Kenapa Tidak Bisa Beli Paket Indosat Padahal Pulsa Cukup

Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa kamu tidak bisa beli paket Indosat padahal pulsa masih cukup:

1. Server Indosat Error

Server Indosat Error

Alasan yang paling sering terjadi ketika kamu tidak bisa beli paket padahal pulsa masih banyak adalah server Indosat yang bermasalah. Karena server mereka bermasalah, maka tidak bisa memproses permintaanmu untuk daftar paket internet dan semacamnya.

Ketika hal ini terjadi, maka akan muncul pesan error bahwa sementara ini Indosat tidak bisa memproses permintaanmu. Mereka akan menyuruhmu melakukan pendaftaran paket setelah sesaat lagi, jika server mereka sudah kembali seperti semula.

Jadi, karena tidak ada yang bisa kamu lakukan, kamu harus menunggu dengan sabar sampai server mereka normal kembali. Jika memiliki nomor provider lainnya terpasang di HP, disarankan untuk beli paket di nomor tersebut.

2. Masa Aktif Nomor Sudah Habis

Masa Aktif Nomor Sudah Habis

Pulsa masih cukup namun tidak bisa beli paket juga disebabkan karena masa aktif nomor Indosat yang sudah habis. Karena nomor tersebut sudah tidak aktif lagi, maka tidak bisa digunakan untuk apapun, termasuk membeli paket Indosat.

Jadi, jika masih ingin menggunakan nomor Indosat tersebut, pastikan untuk selalu membuatnya dalam keadaan aktif agar bisa digunakan. Caranya adalah dengan rajin isi pulsa, agar masa aktif bertambah terus dan kartu bisa digunakan untuk beli paket.

3. Terdaftar di Paket Lain

Terkadang, dua paket yang berbeda tidak bisa dibeli secara bersamaan. Ini adalah salah satu alasan kamu tidak bisa beli paket padahal pulsa masih cukup. Jadi, cek kembali paket yang kamu miliki, jangan-jangan memang masih aktif.

Tiga hal di atas inilah alasan utama kenapa pelanggan tidak bisa beli paket Indosat padahal pulsa masih cukup. Tentunya, masih ada beberapa alasan minor lainnya yang tidak perlu disebutkan. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Agar lebih paham, kamu bisa pelajari ulasannya di bawah ini.

Mengatasi Kenapa Tidak Bisa Beli Paket Indosat Padahal Pulsa Cukup

Sebenarnya, mengatasi masalah seperti ini sangat mudah, jadi kamu tidak perlu panik jika sedang mengalaminya. Berikut ini adalah beberapa solusi yang bisa kamu coba:

1. Rutin Isi Pulsa

Rutin Isi Pulsa

Salah satu alasan kenapa tidak bisa beli paket padahal pulsa masih adalah karena kartu yang berada dalam masa tenggang atau tidak aktif lagi. Jadi, agar nomor Indosat selalu aktif dan bisa digunakan untuk membeli paket, maka harus rutin isi pulsa.

Seperti yang kamu tahu, membeli pulsa adalah salah satu cara untuk memperpanjang masa aktif. Semakin banyak pulsa yang kamu beli, semakin panjang pula masa aktif kartu yang kamu dapatkan. Masalahnya adalah, ketika kamu memiliki kartu ganda, tidak hanya Indosat saja.

Jadi, terkadang lupa isi kartu Indosat, karena sedang menggunakan provider lainnya. Imbasnya, nomor Indosat tersebut tidak aktif lagi, karena jarang diisi pulsa. Solusinya adalah, dengan rutin isi pulsa, meski hanya Rp5.000, agar nomor tersebut selalu aktif dan bisa digunakan.

2. Ubah Jaringan 4G ke Otomatis

Ubah Jaringan 4G ke Otomatis

Ketika kamu ingin membeli paket Indosat, salah satu caranya adalah dengan menggunakan kode dial. Terkadang, saat menghubungi kode dial, muncul pesan error, yaitu kode MMI tidak valid. Biasanya, hal ini terjadi karena kamu mengunci jaringan ke hanya 4G saja.

Jadi, ketika kamu ingin beli paket dan muncul pesan error seperti ini, maka ubahlah mode jaringan yang awalnya 4G Only ke otomatis. Setelah disetel ke otomatis, pesan error seperti ini tidak akan muncul lagi, dan kamu bisa beli paket dengan kode dial dengan lancar.

Berikut cara mengaturnya:

  • Masuk ke Pengaturan HP.
  • Buka menu Pengaturan Jaringan.
  • Pilih Mode Jaringan, ubah 4G Only ke otomatis.

Setelah beli paket, kamu bisa mengembalikan mode jaringan ke 4G only, agar kencang digunakan untuk berinternet.

3. Batalkan Paket Lain yang Terdaftar

Terdaftar di paket lain adalah salah satu alasan kenapa tidak bisa beli paket Indosat padahal pulsa cukup. Jika ini memang masalahnya, kamu harus segera menonaktifkan paket lainnya, agar kamu bisa beli paket baru yang kamu inginkan.

Biasanya, ketika ini terjadi, akan muncul notifikasi seperti “Maaf registrasi paket gagal, Anda masih aktif terdaftar di paket internet lain”. Lalu, bagaimana solusinya? Tentunya kamu harus unreg dari paket terdahulu, pastikan paket tersebut benar-benar habis atau tinggal sedikit.

Berikut caranya:

  • Buka SMS.
  • Ketik UNREG.
  • Kirim ke 363.

4. Registrasi Nomor Terlebih Dahulu

Registrasi Nomor Terlebih Dahulu

Sekarang ini, jika ingin daftar kartu SIM, harus menggunakan NIK dan nomor KK. Banyak pelanggan yang memandang jika hal ini ribet, makanya mereka malas untuk melakukannya. Padahal, nomor yang belum diregistrasi adalah salah satu alasan tidak bisa beli paket meskipun pulsa cukup.

Jadi, jika kamu merasa bahwa belum registrasi nomor Indosat, maka harus segera melakukannya. Tidak perlu takut, cara registrasi nomor Indosat mudah kok, kamu hanya harus menyiapkan dokumen seperti KTP dan KK saja.

Pastikan NIK dan nomor KK belum mencapai limit, maksudnya belum didaftarkan ke nomor HP sampai 3 kali. Jika sudah, kamu harus menghapus salah satu nomor yang tidak digunakan, agar bisa mendaftarkan nomor baru.

Berikut cara registrasi nomor Indosat dengan NIK dan nomor KK:

  • Buka SMS di HP.
  • Ketik NIK#NomorKK#.
  • Pastikan sudah benar, lalu kirim ke 4444.
  • Selesai, nanti akan ada notifikasi bahwa registrasi kartu berhasil.

5. Gunakan Voucher

Gunakan Voucher

Jika kamu kesusahan untuk daftar paket Indosat secara manual, coba sesekali menggunakan voucher. Ada banyak voucher Indosat yang tersedia di konter, pilih salah satu dengan harga dan kapasitas yang kamu inginkan.

Menggunakan voucher pun sangat mudah, kamu tinggal mengerok kode di dalam voucher tersebut, lalu mendaftarkannya sendiri lewat kode dial. Jika sukses, paket akan langsung ditambahkan ke nomor Indosat tersebut, dan langsung bisa digunakan.

6. Hubungi CS Indosat

Jika ternyata masalahnya lebih besar daripada yang kamu kira, maka bisa menghubungi Call Center Indosat. Kamu bisa menghubungi mereka untuk berkonsultasi dan meminta solusi atas masalah yang sedang kamu alami. Kamu juga bisa bertanya kepada media sosial Indosat di Twitter, FB, IG dan lainnya.

Jika rumahmu dekat dengan gerai Indosat, maka bisa mengunjunginya. Di sana kamu bisa berkonsultasi langsung dengan petugas dan mendapatkan jawaban dan solusi yang memuaskan.

Mengatasi kenapa tidak bisa beli paket Indosat padahal pulsa cukup sangat mudah, coba cara di atas satu per satu. Jika sudah mentok, bisa menghubungi Call Center atau media sosial Indosat untuk bertanya atau datang langsung ke gerai Indosat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.