5+ Langkah Cara Cek Ongkir JTR 10 Kg dan Syarat Pengirimannya!!

Posted on

Apakah kamu sedang berselancar dan mencari tahu informasi tentang cara cek ongkir JTR 10 kg? Memang, layanan JTR menjadi salah satu layanan pengiriman yang banyak dipilih terutama untuk seseorang yang hendak mengirimkan paket dengan dimensi besar dan bobot yang cukup berat dengan harga layanan yang cenderung terjangkau.

Nah, untuk memudahkan kamu mengirim paket berukuran besar tersebut menggunakan JTR, kita akan membahas seluk beluk tentang jasa pengiriman ini. Tentu, termasuk bagaimana cara untuk mengecek ongkir JTR sesuai dengan tujuan yang kamu inginkan.

Penasaran? Simak ulasannya!

Sekilas Tentang JTR

Sekilas Tentang JTR

Beberapa kalangan mungkin masih asing dengan layanan pengiriman JTR. Memang, JTR sendiri termasuk salah satu layanan pengiriman barang yang baru muncul beberapa waktu terakhir. Meskipun, layanan pengiriman ini sebenarnya dimiliki oleh perusahaan pengiriman barang yang terkemuka.

Ya, JTR merupakan unit layanan yang dimiliki oleh JNE. JTR sendiri merupakan kependekan dari JNE Trucking yang disediakan untuk melakukan pengiriman paket dalam jumlah yang besar. Nantinya, paket tersebut akan dikirimkan melalui armada truk baik melalui jalur darat dan juga jalur laut.

Kelebihan Layanan JTR yang Perlu Diketahui

Bisa dikatakan bahwa saat ini ada cukup banyak layanan pengiriman paket yang tersedia. Adanya banyak layanan pengiriman tentu akan memudahkan kamu untuk memilih mana layanan pengiriman yang tepat dan juga aman untuk mengirim paket ke tujuan.

Nah, terkait hal ini, layanan JTR memiliki beberapa kelebihan yang bisa dijadikan alasan kenapa kamu memilih layanan ini dibandingkan dengan layanan pengiriman lainnya. Adapun beberapa kelebihan dari layanan ini diantaranya adalah:

1. Tarif yang cenderung lebih terjangkau

Salah satu pertimbangan dalam memilih jasa pengiriman paket adalah tarif pengiriman yang dibebankan. Nah, JTR memiliki kelebihan berupa tarif pengiriman yang lebih murah.

Dibandingkan dengan layanan JNE lainnya, seperti layanan YES, REG atau OKE, detail tarif pengiriman JTR memang lebih terjangkau. Terlebih, untuk pengiriman paket dalam ukuran yang besar.

2. Lebih mudah dilacak

JTR sendiri sebenarnya hanya merupakan salah satu dari layanan kargo yang ada di Indonesia. Nah, dibandingkan dengan berbagai layanan kargo lainnya, JTR memiliki kelebihan berupa kemudahan dalam pelacakan.

Seperti yang diketahui, pelacakan merupakan hal yang penting untuk mengecek proses pengiriman paket tersebut. Nah, JTR memiliki kelebihan kemudahan pelacakan karena menggunakan sistem yang sama dengan sistem yang digunakan oleh JNE.

3. Jangkauan yang lebih luas

Hal lain yang menjadi kelebihan dari JTR dibandingkan layanan kargo lainnya adalah jangkauan yang dimiliki. Umumnya, layanan kargo cenderung memiliki keterbatasan jangkauan dan hanya bisa melayani pengiriman di beberapa kota besar saja.

Nah, terkait hal ini, JTR memiliki jangkauan yang cukup luas meliputi Sumatera, Jawa dan juga Bali. Dengan jangkauan yang lebih luas, tentu saja kamu bisa melakukan pengiriman paket dengan volume besar dengan lebih mudah.

Beberapa hal di atas adalah ragam kelebihan JTR dibandingkan layanan kargo lainnya. Berbekal kelebihan di atas, memilih JTR sebagai opsi pengiriman paket adalah pilihan yang tepat.

Syarat dan Ketentuan Pengiriman Melalui JTR

Syarat dan Ketentuan Pengiriman Melalui JTR

Sebelum membahas tentang cara cek ongkir JTR 10 kg, kamu juga perlu mengetahui tentang syarat dan juga ketentuan untuk menggunakan layanan pengiriman JTR. Pasalnya, opsi pengiriman ini berbeda dengan layanan lain yang disediakan oleh JNE, seperti YES, REG dan juga OKE.

Adapun beberapa syarat dan ketentuan dari pengiriman menggunakan layanan JTR adalah:

  • Berat minimal dari paket yang hendak dikirimkan adalah 10 kg. Apabila nantinya paket yang hendak dikirim memiliki berat kurang dari 10 kg, maka perhitungan berat akan dibulatkan menjadi 10 kg
  • JTR bisa digunakan untuk mengirimkan beragam barang seperti furniture, kendaraan dan beragam barang berat lainnya
  • Pengiriman JTR bersifat nasional dengan jangkauan yang cukup luas
  • Dalam proses pengiriman menggunakan JTR, tidak ada garansi uang kembali apabila terjadi keterlambatan dalam pengiriman
  • Paket yang hendak dikirim menggunakan layanan JTR wajib diantar ke gerai JNE terdekat atau tidak tersedia layanan pick up
  • Estimasi waktu pengiriman menggunakan layanan JTR adalah 3 hingga 8 hari kerja sesuai dengan tujuan pengiriman

Beberapa hal di atas adalah ragam syarat dan juga ketentuan pengiriman JTR yang perlu diketahui. Perlu diingat bahwa layanan pengiriman JTR adalah opsi pengiriman kargo. Oleh karenanya, layanan ini tidak tersedia untuk pengiriman paket seperti biasa.

Cara Cek Ongkir JTR 10 Kg

Seperti yang disinggung sebelumnya, JTR adalah salah satu layanan pengiriman kargo yang sangat menarik. Pasalnya, selain memiliki jangkauan yang luas serta kemudahan dalam pelacakan kiriman, layanan pengiriman JTR juga menawarkan biaya pengiriman yang cenderung terjangkau.

Nah, pertanyaannya, bagaimana cara untuk cek ongkir JTR 10 kg tersebut?

Untuk melakukan pengecekan ongkir atau biaya pengiriman menggunakan JTR, ada beberapa langkah mudah yang perlu kamu lakukan, yaitu:

  • Pertama, ukur terlebih dahulu dimensi dari paket yang hendak kamu kirimkan. Dalam hal ini, ukur detail panjang, lebar dan juga tinggi. Hal ini penting karena detail informasi tersebut nantinya akan dijadikan dasar perhitungan tarif pengiriman JTR
  • Selanjutnya, masuk ke laman website resmi JNE. Kamu bisa mencari tahu alamat website resmi JNE melalui Google
  • Nah, di halaman website JNE tersebut, pilih opsi tarif kiriman yang sudah disediakan oleh sistem
  • Lalu, masukkan informasi mengenai detail alamat pengiriman mulai dari alamat asal kamu dan juga alamat tujuan pengiriman paket tersebut
  • Setelah itu, masukkan detail informasi mengenai paket yang hendak dikirim terutama hasil pengukuran fisik paket tadi dan juga berat paket tersebut
  • Apabila semua data yang diperlukan sudah terisi, maka isi kolom captcha untuk melakukan verifikasi dan klik opsi check yang tersedia
  • Tunggu beberapa saat dan nantinya sistem website akan memberikan informasi tentang tarif pengiriman yang harus dibayarkan. Cek detail informasi tarif tersebut dan cari tarif dengan layanan pengiriman JTR
  • Selesai

Hanya dengan beberapa langkah mudah di atas, kamu sudah berhasil mengetahui gambaran tarif pengiriman menggunakan JTR. Tentu, tarif yang kamu dapatkan dari website tersebut bisa dijadikan patokan untuk pembayaran. Hanya saja, bisa jadi ada perbedaan tarif ketika dilakukan pengecekan di gerai JNE meskipun tidak signifikan.

Ya, perbedaan harga layanan tersebut sebenarnya merupakan hal yang wajar. Bisa jadi, adanya perbedaan pengukuran volume atau berat menjadi dasar perbedaan tersebut. Selain itu, perbedaan tarif bisa juga dikarenakan adanya tambahan biaya lain seperti asuransi.

Perlu diketahui bahwa memang ada banyak website atau aplikasi yang menyediakan layanan untuk mengecek biaya pengiriman paket JTR. Namun, tentu, menggunakan layanan resmi dari JNE lebih disarankan untuk mendapatkan hasil yang lebih valid.

Cara Melakukan Pelacakan Pengiriman JTR

Cara Melakukan Pelacakan Pengiriman JTR

Seperti dibahas di awal, salah satu kelebihan dari layanan pengiriman JTR adalah kemudahan dalam pelacakan. Dengan pelacakan yang lebih mudah, tentu kekhawatiran akan paket yang salah alamat atau tidak terkirim pun nantinya tidak akan terjadi.

Nah, untuk melakukan pelacakan pada paket yang dikirimkan dengan menggunakan layanan pengiriman JTR, ada beberapa langkah mudah yang perlu kamu lakukan, yaitu:

  • Masuk ke laman website resmi dari JNE dan pilih menu lacak kiriman
  • Setelah itu, masukkan resi yang kamu dapatkan dari proses pengiriman tersebut
  • Jika sudah, klik opsi lacak dan sistem akan memberikan informasi mengenai proses pengiriman paket tersebut
  • Selesai

Sama seperti pengecekan tarif pengiriman JTR, kamu sebenarnya juga bisa melakukan pengecekan dan pelacakan resi pengiriman JTR melalui website atau aplikasi lainnya. Hanya saja, perlu diketahui bahwa resi pengiriman JTR biasanya baru bisa dilacak setelah 24 jam dari waktu pengiriman yang dilakukan. Oleh karenanya, kamu memang harus sedikit lebih sabar sebelum melakukan pelacakan.

Berbekal jangkauan yang luas dan tarif yang cukup terjangkau, tentu JTR bisa menjadi salah satu opsi pengiriman kargo yang tepat untuk digunakan. Terutama, untuk kamu yang memang kerap mengirim paket dengan ukuran besar untuk keperluan bisnis.

Nah, demikian beberapa ulasan tentang cara cek ongkir JTR 10 kg dan juga beberapa informasi penting lainnya terkait opsi pengiriman JTR. Tertarik untuk menggunakan layanan pengiriman kargo dari JNE ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *