Apa Itu Check Out dan Ragam 7 Istilah Lain Dalam Belanja Online!!

Posted on

Apakah kamu sedang berselancar di dunia maya dan mencari tahu apa itu check out? Tentu, kamu yang kerap berbelanja secara online di berbagai marketplace pasti sudah sangat familiar dengan istilah check out, bukan?

Ya, tulisan check out di marketplace biasanya akan ditemukan di halaman pembayaran ataupun juga again bawah keranjang. Istilah ini merupakan bagian dari cara berbelanja online di marketplace sebelum nantinya barang yang sudah dipesan dikirim ke alamat yang dimasukkan.

Namun, apa yang sebenarnya dimaksud dengan check out saat belanja online tersebut? Nah, kita akan membahas beberapa hal mendasar tentang check out serta beberapa istilah umum lainnya dalam belanja online yang perlu kamu ketahui. Simak ulasannya!

Sekilas Tentang Check Out

Apa Itu Check Out

Dalam pengertian singkat, check out adalah periksa. Sementara berkaitan dengan belanja online, apa yang dimaksud dengan check out adalah proses yang dilakukan oleh pembeli untuk menyelesaikan pembelian yang ia lakukan.

Saat melakukan check out, kamu –sebagai seorang buyer, bisa melakukan pemeriksaan ulang pada pesanan yang dilakukan, termasuk detail alamat pengiriman, nomor HP yang bisa dihubungi dan lainnya. Nantinya, apabila informasi tersebut sudah sesuai, maka kamu bisa melanjutkannya ke halaman pembayaran dan melakukan transaksi yang diinginkan.

Di Indonesia, rata-rata marketplace menggunakan istilah check out dalam proses transaksi yang dilakukan. Beberapa marketplace yang dimaksud diantaranya adalah Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak dan lainnya.

Penyebab Masalah Tidak Bisa Check Out Saat Berbelanja

Dari ulasan tentang apa itu check out sebagaimana di atas, bisa dikatakan bahwa istilah ini cukup penting dalam sebuah transaksi belanja online. Nah, kamu perlu tahu bahwa ada beberapa kondisi di mana kamu tidak bisa melakukan check out di marketplace.

Apabila hal ini terjadi, ada beberapa hal yang disinyalir menjadi penyebabnya. Adapun beberapa penyebab dari masalah tidak bisa check out saat berbelanja online di marketplace diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Adanya pelanggaran ketentuan saat belanja online

Salah satu biang dari masalah kenapa kamu tidak bisa melakukan check out saat berbelanja online adalah adanya pelanggaran ketentuan yang kamu lakukan. Perlu diketahui bahwa sistem marketplace nantinya akan melakukan pemindaian pada proses transaksi tersebut.

Nah, apabila dalam proses tersebut ditemukan adanya pelanggaran kebijakan, maka check out tidak akan bisa dilakukan. Terkait hal ini, kamu bisa membaca kebijakan marketplace untuk menemukan pelanggaran yang dilakukan. Atau, kamu juga bisa menghubungi call center marketplace tersebut untuk mendapatkan solusi.

  1. Akun marketplace dibatasi

Hal lain yang juga menjadi sebab kenapa kamu tidak bisa melakukan check out saat berbelanja di marketplace adalah adanya pembatasan pada akun marketplace yang kamu gunakan. Umumnya, masalah ini terjadi karena akun kamu melakukan beberapa pelanggaran.

Apabila kamu mendapatkan pembatasan pada penggunaan akun tersebut, maka kamu harus melakukan banding. Dengan banding tersebut nantinya sistem akan memulihkan akun marketplace yang digunakan. Nah, setelah akun dipulihkan, maka kamu bisa berbelanja dan melakukan check out seperti biasa.

  1. Adanya masalah pada server marketplace

Meskipun tergolong jarang, adanya masalah pada server marketplace juga bisa menjadi sebab kenapa kamu tidak bisa melakukan check out pada pesanan yang hendak dibeli. Apabila terjadi kerusakan pada server marketplace, kamu perlu menunggu perbaikan yang dilakukan.

Umumnya, proses perbaikan pada kerusakan server marketplace tersebut akan berlangsung dengan cepat. Namun, tetap saja kamu perlu melakukan pengecekan secara berkala.

  1. Ada barang yang tidak mendukung pengiriman yang dipilih

Satu lagi penyebab kenapa kamu tidak bisa melakukan check out saat berbelanja di marketplace adalah adanya barang yang tidak mendukung pengiriman yang sudah kamu pilih. Contoh kasus, misalnya kamu membeli beberapa produk dari beberapa toko yang berbeda. Setelahnya, kamu menggabungkan pesanan tersebut dalam satu tagihan untuk memudahkan pembayaran.

Nah, terkadang, dari berbagai barang yang kamu inginkan tersebut ada barang dari seller yang tidak mendukung opsi pengiriman yang sudah kamu pilih. Apabila hal ini terjadi, tentu check out pada marketplace tersebut tidak bisa dilakukan. Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah memisahkan barang tersebut dan memastikan adanya dukungan layanan pengiriman.

Beberapa hal di atas adalah apa yang kerap menjadi penyebab kenapa kamu tidak bisa melakukan check out saat bertransaksi online di marketplace. Sebagai tambahan, bisa jadi, kamu juga tidak bisa melakukan check out dikarenakan file cache yang terlalu banyak. Apabila hal ini terjadi, tentu kamu perlu menghapus file cache tersebut agar marketplace bisa digunakan kembali dengan normal.

Tips Berbelanja Online di Marketplace Sebelum Check Out

Tips Berbelanja Online di Marketplace Sebelum Check Out

Seperti dibahas dalam ulasan apa itu check out, bisa dikatakan bahwa check out adalah tahap akhir dari proses belanja online di marketplace. Terkait transaksi online di marketplace, ada beberapa tips mendasar yang perlu kamu ketahui saat berbelanja agar tidak salah beli dan menyesal kemudian.

Beberapa tips yang dimaksud diantaranya adalah:

  1. Pilih marketplace yang terpercaya

Saat hendak berbelanja di marketplace, ada baiknya jika kamu memilih marketplace yang sudah terpercaya. Ini adalah poin yang cukup penting karena akan berpengaruh pada bagaimana proses transaksi yang akan kamu lakukan nantinya.

Nah, terkait marketplace, upayakan untuk memilih marketplace yang sudah terpercaya. Dengan memilih marketplace yang terpercaya, maka risiko terjadinya penipuan akan cenderung lebih rendah.

  1. Memeriksa deskripsi produk dengan cermat

Salah satu masalah yang kerap terjadi dalam transaksi online adalah kesalahan pembelian karena tidak membaca deskripsi produk dengan cermat. Bisa jadi, produk yang diinginkan ternyata berbeda saat datang ke alamat pengiriman.

Oleh karenanya, sebelum kamu memilih produk dan melakukan check out, pastikan kamu membaca deskripsi produk dengan cermat. Selain itu, deskripsi produk yang dicantumkan juga menjadi gambaran bahwa seller tersebut terpercaya.

  1. Memperhatikan ulasan dan testimoni

Tips lain yang perlu diperhatikan untuk berbelanja online di marketplace adalah memperhatikan ulasan serta testimoni untuk produk tersebut. Poin ini juga penting diperhatikan sebagai pertimbangan dalam memilih produk yang tepat.

Ya, ulasan dan testimoni adalah gambaran dari bagaimana mutu dari produk tersebut. Tentu, produk dengan ulasan serta testimoni yang baik adalah produk yang tepat untuk dipilih.

Beberapa hal di atas adalah ragam tips mendasar yang perlu diperhatikan untuk memilih produk yang tepat saat berbelanja di marketplace sebelum melakukan check out. Untuk tambahan, ada baiknya jika kamu tidak tergiur dengan harga yang terlampau murah karena bisa jadi harga yang murah tersebut merupakan tanda bahwa produk yang tersedia memiliki kualitas yang buruk.

Ragam Istilah Lain Dalam Belanja Online

Ragam Istilah Lain Dalam Belanja Online

Dalam belanja online, selain check out, ada beberapa istilah lain yang kerap muncul. Tentu, pemahaman tentang beragam istilah tersebut juga penting agar nantinya kamu mendapatkan kemudahan saat hendak melakukan transaksi.

Adapun beberapa istilah lain dalam belanja online tersebut diantaranya adalah:

  1. Pre order

Pre order kerap disingkat menjadi PO. Arti dari istilah ini adalah melakukan pemesanan produk ketika kondisi barang belum tersedia. Biasanya, strategi ini digunakan oleh penjual untuk memberikan jaminan bahwa pembeli tidak akan kehabisan barang yang diinginkan.

  1. Cash on delivery

Cash on delivery disingkat menjadi COD. Istilah ini adalah opsi pembayaran atau transaksi yang dilakukan apabila barang yang dipesan sudah sampai di alamat yang dikirimkan.

  1. Ready stock

Ready stock merupakan istilah yang digunakan untuk menunjukkan bahwa produk atau barang yang dimiliki oleh penjual sudah tersedia. Dengan status barang yang ready stock, maka proses transaksi umumnya akan langsung diproses ketika pembeli melakukan pemesanan.

  1. Direct message

Istilah direct message adalah penamaan untuk menyebut sebuah diskusi atau percakapan antara penjual dan pembeli yang dilakukan secara private. Percakapan ini dilakukan menggunakan menu pesan yang disediakan pada marketplace tersebut.

  1. Down payment

Down payment adalah istilah yang dimaksudkan untuk menunjukkan uang muka yang perlu dibayarkan untuk melakukan transaksi. Biasanya, produk PO dengan harga yang cukup mahal mengharuskan adanya down payment atau DP terlebih dahulu

  1. Invoice

Invoice adalah istilah dalam belanja online yang digunakan untuk menunjukkan jumlah tagihan yang dibuat oleh seller kepada buyer. Dalam hal ini, sistem marketplace secara otomatis akan membuat invoice tersebut dan buyer nantinya bisa mengunduh invoice tersebut sebagai laporan.

  1. Flash Sale

Flash sale merupakan istilah yang digunakan untuk menunjukkan periode penjualan produk dalam waktu tertentu. Umumnya, flash sale menjadi waktu yang ditunggu karena biasanya banyak diskon yang diberikan

Selain beberapa istilah tersebut, tentu masih ada banyak istilah lain dalam belanja online di marketplace, termasuk buy 1 get 1 ataupun WTS. Nah, demikian ulasan tentang apa itu check out, tips berbelanja di marketplace dan juga ragam istilah umum yang ada pada proses transaksi di marketplace. Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *