4+ Fungsi dan Kelebihan Lampu Bardi di 2022!!

Posted on

Saat ini ada banyak orang yang memakai lampu bardi, karena jenis lampu yang satu ini memiliki beragam kelebihan yang sangat menguntungkan. Salah satu kelebihan dari produk lampu pintar adalah cara menyalakan dan mematikannya sangat praktis. Lalu, sebenarnya apa fungsi lampu pintar ini?

Fungsi Lampu Bardi

Fungsi Lampu Bardi

Produk lampu pintar yang satu ini diciptakan oleh sebuah merek ternama, yaitu Bardi. Pada dasarnya, Bardi adalah salah satu merek lokal yang baru didirikan pada tahun 2019 dan selalu berhasil menciptakan produk-produk teknologi otomasi rumah di Indonesia yang sangat canggih. Salah satu produk unggulan dari Bardi adalah smart light bulb, dan fungsi dari jenis lampu ini adalah:

1.      Mengatur Suasana Rumah

Suasana rumah dapat berubah ketika kamu memakai lampu dengan jenis yang berbeda di setiap ruangan. Dalam hal ini, smart light bulb atau lampu pintar dari Bardi juga dapat digunakan untuk mengatur suasana rumah secara lebih cepat dan mudah. Tingkat kecerahan dan warna lampu ini dapat diubah dengan mudah, sehingga kamu bisa menyesuaikannya dengan suasana rumah yang sedang kamu inginkan.

2.      Multifungsi

Pada dasarnya, lampu pintar dari Bardi ini memiliki kegunaan yang sangat multifungsi. Ada beberapa orang yang memakai lampu ini hanya sebagai lampu biasa, tapi ada juga beberapa orang lainnya yang memakai lampu ini untuk keperluan dekorasi rumahnya. Hal ini terjadi bukan tanpa alasan mengingat warna dan kecerahan lampu pintar sendiri dapat diubah dengan mudah oleh para penggunanya.

Lampu putih pada smart light bulb dari Bardi ini memiliki tingkat kecerahan yang cukup tinggi, sehingga warna lampu tersebut akan cocok untuk dipakai belajar maupun bekerja. Sementara untuk lampu warna-warninya akan lebih cocok untuk dipakai sebagai dekorasi rumah yang menarik.

3.      Dekorasi Rumah dan Pesta

Lampu pintar yang satu ini tidak hanya bisa digunakan untuk dekorasi rumah saja, tapi juga bisa digunakan untuk dekorasi pesta yang sederhana namun tetap menarik. Sebab, Bardi menyediakan beragam jenis warna menarik yang dapat diatur sendiri oleh para penggunanya. Jadi, kamu bisa mengatur warna-warna tersebut sesuai dengan suasana pesta yang akan diadakan.

Biasanya, orang-orang akan lebih memilih warna putih dan kuning suram untuk dipakai tidur. Namun, jika kamu ingin memakai lampu ini untuk pesta, maka warna merah, biru, hingga ungu bisa menjadi pilihan yang paling tepat.

2 Jenis Produk Lampu Pintar Bardi

Jenis Produk Lampu Pintar Bardi

Lampu pintar dari Bardi juga sering disebut dengan nama Bardi Smart Light Bulb. Pada dasarnya, Bardi menyediakan 2 jenis produk ini dengan karakteristik yang cukup berbeda. Untuk itu, kamu perlu mengenali kedua jenis Bardi Smart Light Bulb ini dengan baik, yaitu:

1.      Bardi Smart Light Bulb 9W

Bardi Smart Light Bulb 9W

tokopedia buttonlazada buttonblibli button

Produk lampu pintar pertama yang akan kami bahas adalah Bardi Smart Light Bulb 9W. Sesuai dengan namanya, maximum power dari produk lampu pintar ini adalah 9 watt (9W). Nantinya, Bardi Smart Light Bulb 9W akan memiliki tingkat kecerahan cahaya maksimal yang mencapai 900 lumens dan bisa diredupkan sampai 50 lumens.

Tidak hanya itu, Bardi Smart Light Bulb 9W juga dibanderol harga yang lebih murah dibanding jenis lainnya. Jadi, tidak heran jika produk lampu pintar yang satu ini lebih sering dipilih oleh beberapa orang.

2.      Bardi Smart Light Bulb 12W

Bardi Smart Light Bulb 12W

tokopedia buttonlazada buttonblibli button

Jenis produk yang kedua adalah Bardi Smart Light Bulb 12W. Hanya dengan melihat dari namanya saja, kamu pasti sudah tahu perbedaan terbesar antara kedua jenis produk ini terletak pada bagian mananya. Ya, perbedaan terbesar antara kedua jenis lampu pintar dari Bardi ini terletak pada bagian besaran daya listriknya.

Jika besaran daya listrik Bardi Smart Light Bulb 9W adalah 9 watt, untuk Bardi Smart Light Bulb 12W adalah 12 watt. Dalam hal ini, besaran daya listrik pada sebuah lampu dapat berpengaruh terhadap intensitas cahaya yang dapat dihasilkan. Jadi, kamu harus memperhatikan hal ini dengan sebaik mungkin.

Selain itu, ada perbedaan lain antara kedua jenis produk lampu pintar dari Bardi ini, yaitu Bardi Smart Light Bulb 12W memiliki tingkat kecerahan maksimal hingga 1300 lumens dan dapat diredupkan hingga 110 lumens. Bahkan, harga dari produk ini juga tidak terlalu berbeda dari produk yang pertama.

Beragam Jenis Fitur pada Lampu Pintar Bardi

Beragam Jenis Fitur pada Lampu Pintar Bardi

Bardi tidak pernah gagal dalam menciptakan produk-produk berbasis teknologi otomasi rumah yang berkualitas, karena merek ini selalu mencoba untuk memenuhi kebutuhan para konsumennya. Hal ini bisa dilihat dari fitur-fitur yang ada pada lampu pintar Bardi. Berikut adalah beberapa fitur yang ada pada produk tersebut:

1.      Pengaturan On/Off yang Mudah

Salah satu alasan mengapa lampu pintar Bardi semakin sering dipilih oleh orang-orang Indonesia adalah, karena jenis lampu pintar yang satu ini dapat dinyalakan dan dimatikan secara mudah serta praktis. Hanya dengan mengandalkan aplikasi dan pengaturan otomatis pada smartphone milikmu, kamu sudah bisa menyalakan dan mematikan lampu ini.

2.      Warna Lampu yang Beragam

Tidak hanya memiliki satu fitur unggulan saja, tapi produk ini juga memiliki fitur unggulan yang tidak kalah bermanfaat lainnya. Fitur kedua dari lampu pintar Bardi terletak pada bagian warna lampunya. Warna lampu pintar ini dapat diubah sesuai dengan kebutuhan masing-masing penggunanya.

Sebagai contoh, ketika kamu ingin mengubah suasana rumah menjadi tenang, maka kamu bisa mengubah warnanya menjadi kuning suram. Kemudian, jika kamu ingin mengubah suasana rumah menjadi lebih menyenangkan, maka kamu bisa mengubah warna lampunya menjadi merah atau warna-warna terang seperti ini lainnya.

3.      Tingkat Kecerahan yang Fleksibel

Tingkat kecerahan lampu ini tergolong lebih fleksibel jika dibandingkan dengan produk lampu lainnya. Sebab, tingkat kecerahan pada lampu pintar Bardi dapat diatur sendiri oleh para penggunanya, dengan menggunakan aplikasi khusus dan jaringan internet yang stabil. Dengan begitu, kamu bisa mengatur tingkat kecerahan lampu tersebut sesuai dengan suasana rumah yang diinginkan.

4.      Fitting E27

Pada dasarnya, fitting dengan tipe E27 adalah jenis fitting yang paling sering digunakan di Indonesia. Fitting E27 berbeda dengan jenis-jenis fitting yang lainnya seperti fitting E12, E14, dan E40. Umumnya, lampu yang didukung dengan fitting E27 ini akan digunakan di dalam rumah, sehingga jenis fitting yang satu ini akan sangat cocok untuk lampu pintar Bardi.

Cara Pakai Lampu Pintar Bardi dengan Baik dan Benar

Cara Pakai Lampu Pintar Bardi dengan Baik dan Benar

Setelah mengetahui apa saja fitur yang ada dalam produk ini, sekarang kamu perlu mengetahui tentang bagaimana cara menggunakan lampu ini yang baik dan benar. Untuk membantu kalian dalam mengetahui tentang hal itu, berikut kami sampaikan informasinya lengkap:

1.      Unduh dan Pasang Aplikasi Bardi Smart Home

Bardi Smart Home
Bardi Smart Home
Developer: bardi official
Price: Free
  • Bardi Smart Home Screenshot
  • Bardi Smart Home Screenshot
  • Bardi Smart Home Screenshot
  • Bardi Smart Home Screenshot

Sebelum mengatur lampu pintar pada ruangan dalam rumahmu, kamu perlu mengunduh dan memasang aplikasi Bardi Smart Home terlebih dahulu. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa mengikuti beberapa tahapan yang ada di bawah ini:

  • Langkah pertama yang harus dilakukan dalam hal ini adalah memastikan bahwa ruangan yang akan dipasangi lampu sudah terjangkau dengan sinyal WiFi atau koneksi internet yang stabil.
  • Jika sudah, sekarang kamu perlu download dan install aplikasi Bardi Smart Home ke perangkat yang sering kamu gunakan.
  • Sambil menunggu proses download dan install berhasil dilakukan, pasang lampu pintar tersebut di ruangan yang diinginkan.
  • Setelah itu, buka aplikasi Bardi Smart Home dan lakukan tahapan registrasi dengan memasukkan data-data yang dibutuhkan.
  • Jika sudah melakukan beberapa tahapan yang ada di atas, maka sekarang kamu bisa mulai mengatur lampu pintar tersebut.

2.      Atur Lampu Pintar Bardi Sesuai dengan Kebutuhan

Setelah melakukan beberapa tahapan yang ada di atas, kamu bisa mulai mengatur tingkat kecerahan, warna lampu, dan beberapa hal seperti ini lainnya dengan melakukan cara seperti berikut ini:

  • Sesampainya di halaman utama aplikasi, tambahkan perangkat dengan masuk ke menu “Tambah Perangkat”.
  • Setelah itu, pilih salah satu jenis perangkat yang sesuai dengan tipe lampu pintar yang hendak dipasang.
  • Ikuti instruksi yang muncul di layar perangkat, lalu nyalakan dan matikan lampu sebanyak 3 kali atau 5 kali (tergantung tipe lampu sampai lampu benar-benar berkedip), untuk menghubungkannya ke koneksi WiFi atau internet.
  • Tunggu selama beberapa saat sampai aplikasi dapat mendeteksi lampu dan melakukan tahapan konfirmasi.
  • Nantinya, tanda lampu bisa berfungsi dengan baik adalah lampu akan menyala secara normal dan tidak berkedip.
  • Setelah proses pairing ini berhasil dilakukan, kamu bisa mulai mengatur fitur dari lampu pintar tersebut. Atur tingkat kecerahan, warna lampu, dan jadwal lampu dinyalakan serta dimatikan sesuai dengan keinginanmu sendiri.

Penyebab Lampu Pintar Bardi Offline dan Cara Mengatasinya

Penyebab Lampu Pintar Bardi Offline dan Cara Mengatasinya

Salah satu jenis permasalahan yang sering dialami oleh para pengguna lampu pintar Bardi adalah lampu yang digunakannya tersebut tidak bisa menyala atau offline. Meskipun permasalahan ini sering dialami oleh beberapa pengguna, tapi masih ada beberapa orang yang belum tahu apa penyebabnya. Untuk itu, di sini kami akan menjelaskannya secara lengkap:

1.      Perangkat dalam Keadaan Mati

Lampu pintar Bardi tidak akan bisa menyala jika perangkat atau sumber listrik yang menghubungkannya dalam keadaan mati. Untuk mengatasi permasalahan ini, kamu bisa memastikan bahwa saklar lampu dalam keadaan menyala dan sumber listrik tidak sedang dalam gangguan. Dengan begitu, lampu pintar Bardi dapat kembali menyala.

2.      Jaringan WiFi atau Internet Terganggu

Pada dasarnya, lampu pintar Bardi akan sangat mengandalkan jaringan WiFi atau jenis koneksi internet seperti ini lainnya. Jadi, jika jaringan WiFi atau internet yang kamu gunakan mengalami gangguan, maka hal ini juga bisa membuat lampu pintar Bardi di rumahmu menjadi offline atau tidak menyala.

Untuk mengatasi permasalahan ini, sementara kamu bisa menggunakan jaringan internet lainnya. Selain itu, jika permasalahan ini muncul karena jarak router WiFi terlalu jauh dari perangkat, maka kamu bisa memperkecil jarak antara router WiFi dengan perangkat lampumu. Dengan begitu, permasalahan ini bisa teratasi dengan mudah dan cepat.

3.      Lampu Tidak Sengaja Ter-Reset

Penyebab lain dari lampu pintar Bardi yang offline atau tidak bisa menyala adalah lampu tidak sengaja ter-reset. Dalam arti lainnya adalah pengguna secara tidak sengaja mengatur ulang lampu tersebut menjadi pengaturan pabrik. Jadi, jangan heran kalau lampu pintar Bardi di rumahmu tiba-tiba mati.

Pada dasarnya, untuk mengatasi permasalahan ini kamu hanya perlu melakukan pairing ulang dengan melakukan cara yang ada di atas. Jadi, lakukan tahapan-tahapan di atas dari awal untuk mengatasi permasalahan ini.

4.      Server Down

Penyebab terakhir dari kondisi lampu pintar Bardi tidak bisa menyala adalah server sedang down. Kondisi ini bisa terjadi ketika server aplikasi Bardi Smart Home mengalami gangguan atau down. Berbeda dengan permasalahan-permasalahan sebelumnya, untuk mengatasi situasi ini kamu hanya perlu menunggu sampai server aplikasi bisa berfungsi dengan baik lagi.

Perbedaan Lampu Pintar Bardi dengan Produk Lampu Pintar Lainnya

Perbedaan Lampu Pintar Bardi dengan Produk Lampu Pintar Lainnya - 2

Ada beberapa hal yang membuat lampu pintar Bardi lebih banyak digunakan oleh orang-orang Indonesia. Beberapa hal ini nantinya juga bisa menjadi perbedaan antara lampu pintar Bardi dengan produk lampu pintar yang lainnya. Sebagai informasi tambahan, di sini kami juga akan membagikan informasi tentang perbedaan lampu pintar Bardi dengan produk lampu pintar lainnya, yaitu:

1.      Segi Desain

Bardi mengusung konsep sederhana dan minimalis. Jadi, produk lampu pintar yang satu ini akan lebih cocok untuk dipasang di sebuah rumah yang juga mengusung konsep sederhana serta minimalis. Tidak hanya itu, jika dilihat dari segi konstruksinya pun lampu pintar Bardi memiliki ketahanan dan ketebalan yang lebih pas, sehingga ini bisa menjadi keunggulan tersendiri bagi lampu pintar Bardi.

2.      Segi Konektivitas

Jika membahas tentang kecepatan konektivitas lampu pintar Bardi, maka kami bisa mengatakan bahwa kecepatan konektivitasnya adalah yang paling terbaik. Ya, jika dibandingkan dengan produk-produk lampu pintar yang lainnya, lampu pintar Bardi adalah yang paling cepat tersambung.

Lampu pintar Bardi hanya membutuhkan waktu 20 detik untuk menyambungkan lampu ke jaringan internet. Tentu ini bisa menjadi keuntungan tersendiri bagi orang-orang yang menggunakannya.

3.      Segi Voice Control

Bardi menciptakan produk lampu pintarnya tersebut dengan fitur-fitur canggih yang ada di dalamnya. Dalam hal ini, lampu pintar Bardi dapat diatur dengan menggunakan Google Assistant. Sesuai dengan pengalaman banyak orang, lampu pintar Bardi baik versi 9W maupun 12W tergolong sangat responsif dan hanya membutuhkan waktu 1 detik saja untuk menyala serta padam.

4.      Segi Warna Lampu

Perbedaan terakhir antara lampu pintar Bardi dengan produk lampu pintar yang lainnya terletak pada bagian warnanya. Bardi dengan sengaja menyediakan begitu banyak jenis warna yang bisa dipilih sendiri oleh para penggunanya. Jadi, bisa dibilang lampu pintar Bardi lebih unggul dalam hal ini.

Selain itu, warna putih pada lampu ini juga tidak terlalu terang, sehingga tidak akan menyilaukan mata banyak orang. Sementara untuk warna terang pada lampu ini juga memiliki tingkat kecerahan yang pas dan tidak membuat mata sakit. Dengan begitu, kami bisa mengatakan bahwa lampu ini cocok untuk digunakan bersantai, tidur, belajar, maupun bekerja.

Kelebihan Lampu Pintar Bardi

Kelebihan Lampu Pintar Bardi

Selain memiliki fungsi yang sangat bermanfaat, lampu pintar Bardi juga memiliki beragam kelebihan yang sangat menguntungkan. Untuk itu, kamu harus menyimak penjelasan ini dengan sebaik mungkin:

1.      Harga Terjangkau

Untuk bisa membeli produk lampu pintar yang satu ini, kamu tidak harus mengumpulkan uang yang terlalu banyak, karena harganya sendiri tergolong cukup terjangkau. Jika dibandingkan dengan produk-produk lampu pintar seperti ini lainnya, maka lampu pintar Bardi memiliki harga yang lebih terjangkau. Jadi, lampu ini tidak hanya bisa dibeli oleh orang-orang dewasa saja, tapi juga bisa dibeli dan digunakan oleh para pelajar.

2.      Ada Beragam Tone Lampu Warna-Warni yang Bisa Dipakai

Karena lampu pintar Bardi telah dilengkapi dengan beragam jenis tone lampu warna-warni yang menarik, jadi lampu ini juga bisa digunakan untuk acara-acara spesial tertentu. Nantinya, keberagaman pilihan warna pada lampu ini dapat memberikan kesan dan suasana yang berbeda terhadap acara spesial tersebut.

Selain itu, keberadaan jenis-jenis tone lampu warna-warni ini juga bisa menjadi pilihan yang tepat bagi orang-orang yang suka bereksperimen dengan dekorasi rumahnya. Mulai dari warna merah, hijau, kuning, ungu, hingga beberapa jenis warna menarik seperti ini lainnya bisa diatur sendiri oleh para penggunanya.

3.      Didukung dengan Garansi selama 1 Tahun

Barang-barang elektronik memang rentan rusak, sehingga biasanya barang-barang seperti ini akan dilengkapi dengan garansi yang menguntungkan bagi para pemiliknya. Hal ini juga berlaku untuk lampu pintar Bardi. Lampu pintar Bardi telah didukung dengan garansi selama 1 tahun yang dapat memberikan keuntungan tersendiri bagi para pemilik dan penggunanya.

4.      Proses Instalasi Bisa Dilakukan dengan Mudah

Jika alasanmu enggan menggunakan lampu ini adalah karena takut proses instalasinya sulit untuk dilakukan, maka kamu bisa segera menghilangkan kekhawatiran tersebut. Sebab, proses instalasi lampu pintar Bardi tergolong sangat mudah, selagi kamu sudah terhubung dengan jaringan internet yang stabil.

Nantinya, kamu hanya perlu memasang lampu ke fitting dan mengunduh serta memasang aplikasi Bardi Smart Home ke perangkat smartphone yang sering kamu gunakan. Jika sudah, lakukan beberapa tahapan instalasi yang sudah kami sebutkan di atas, dan lampu pintar Bardi sudah berhasil dipasang.

5.      Hemat Energi dan Biaya Listrik

Pada dasarnya, lampu LED lebih hemat energi jika dibandingkan dengan produk-produk lampu biasa. Jadi, tidak heran jika salah satu kelebihan dari lampu pintar Bardi adalah hemat energi dan biaya listrik yang harus dikeluarkan. Jika dilihat secara jangka panjang, maka lampu LED bisa tahan hingga lebih dari 20.000 jam.

6.      Mampu Meningkatkan Kualitas Tidur

Masih ada beberapa orang yang belum tahu bahwa lampu pintar Bardi juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas tidur bagi masing-masing orang. Sebab, warna lampu ini bisa diatur sendiri oleh para pemilik dan penggunanya. Jadi, kamu bisa menyesuaikan warna lampu tersebut dengan suasana rumah yang kamu inginkan.

Ketika malam sudah tiba dan kamu hendak tidur, maka kamu bisa mengubah warna serta tingkat kecerahan lampu ini menjadi lebih redup. Sebab, lampu yang terlalu terang akan membuat kualitas tidur kalian berkurang. Oleh karena itu, kamu perlu mengatur warna lampu pada saat akan tidur.

7.      Praktis dan Simple

Untuk menyalakan dan mematikan lampu ini, kamu hanya perlu mengontrolnya melalui perangkat smartphone. Jadi, untuk melakukan hal ini kamu tidak perlu menghampiri saklarnya langsung, dan kamu hanya perlu menekan tombol yang ada di aplikasi Bardi Smart Home.

Lampu Bardi memiliki beragam keunggulan yang dapat menjadi keuntungan bagi para pemilik dan penggunanya. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika jenis lampu ini semakin sering digunakan oleh orang-orang Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.