5+ Penyebab Kuota Malam Indosat Tidak Bisa Digunakan 2022 dan Cara Mengatasinya!!

Posted on

Apakah kamu pernah mengalami kuota malam Indosat tidak bisa digunakan? Sebenarnya, hal seperti ini dialami oleh beberapa orang. Kuota malam tiba-tiba tidak dapat digunakan, padahal paket data sudah diaktifkan.

Alasan Kuota Malam Indosat Tidak Bisa Digunakan

Alasan Kuota Malam Indosat Tidak Bisa Digunakan

Tidak dapat dipungkiri, kuota malam sekarang ini menjadi pilihan bagi banyak orang. Tentu saja penyebabnya adalah harganya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan kuota regular.

Tapi, bila sudah melakukan pembelian, dan tidak bisa digunakan, tentu akan sangat merugikan bukan? Berikut beberapa penyebab kuota malam Indosat tidak bisa digunakan antara lain:

  • Terjadi Error di Sistem Ponsel

Penyebab kuota malam tidak bisa digunakan bukan hanya berasal dari error provider, tetapi dari ponsel yang kamu gunakan.

Jika sistem ponsel sedang eror, kamu hanya akan melihat icon muncul pada jendela toolbar, tetapi kamu tidak dapat mengakses internet. Mungkin juga tidak bisa sekedar menerima chat dari media sosial yang masuk.

  • Terserang Virus

Penyebab lain kuota malam Indosat tidak dapat digunakan juga bisa disebabkan karena ponsel sudah terserang virus serta malware sehingga kamu tidak bisa mengakses internet.

  • Pengaturan Jaringan Otomatis yang Aktif

Bila pengaturan jaringan otomatis aktif, kuota malam mungkin tidak dapat digunakan. Hal ini disebabkan karena umumnya kuota malam memiliki jaringan 4G, sedangkan jika pengaturan jaringan otomatis aktif, jaringan yang digunakan bisa jadi bukan 4G.

  • Gangguan Operator

Dari berbagai penyebab di atas, penyebab yang umum terjadi adalah adanya gangguan operator Indosat. Contohnya saja seperti sedang mati lampu atau cuaca sedang buruk sehingga jaringan di malam hari juga ikut buruk.

  • Slot SIM Bermasalah

Selain gangguan operator, jika slot SIM yang kamu gunakan untuk memasang nomor Indosatmu bermasalah, kuota malam juga tidak bisa digunakan. Oleh sebab itu kamu bisa melakukan pengecekan slot SIM terlebih dahulu ketika kuota tidak dapat digunakan.

  • Masa Aktif Kuota Habis

Bila kamu sudah melakukan pengecekan dan berbagai masalah di atas tidak terjadi, penyebab lain kuota malam tidak bisa digunakan adalah kuota malam yang habis.

Terkadang, terlalu asik internetan di malam hari juga dapat membuat orang lupa melakukan pengecekan paket internet. Jadi tanpa disadari, penggunaan paket malam sudah melebihi batas atau kuota habis.

Agar lebih mudah memonitor sisa kuota, kamu bisa menginstal aplikasi myIm3. Sehingga, kamu bisa terus menerus melihat sisa kuota malam yang tersedia.

Cara Mengatasi Kuota Malam Tidak Dapat Digunakan

Kegunaan Pulsa Onnet Indosat
gsmtrik.com

Setelah mengetahui alasan kuota malam Indosat tidak bisa digunakan, kamu dapat mengatasinya dengan beberapa cara di bawah ini, seperti:

  • Mengaktifkan Mode Airplane

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kuota malam tidak dapat digunakan adalah menggunakan mode airplane sementara waktu. Kamu dapat menggunakan mode pesawat ini di smartphonemu dalam waktu beberapa detik.

Kemudian, kamu bisa kembali mematikannya sehingga jaringan internet Indosat akan melakukan refresh serta mencari koneksi yang jauh lebih baik. Cara ini mungkin terdengar sepele, tetapi nyatanya cara ini ampuh untuk mengatasi masalahmu.

  • Lakukan Pengaturan Ulang APN

Langkah lain yang bisa kamu lakukan adalah mereset atau setting ulang APN operator yang kamu gunakan. Umumnya, saat pengaturan APN ini mengalami pengubahan, koneksi internet akan mengalami perubahan.

Baik perubahan menjadi semakin cepat, stabil atau malah menghilang. Oleh sebab itu, pastikan melakukan reset APN dengan tepat sehingga jaringan internet di smartphone bisa aktif dengan normal.

Umumnya, APN ini akan secara otomatis tersetting ketika pertama kali kamu memasukkan kartu SIM Indosat di smartphone. Tetapi, tidak ada salahnya melakukan pengecekan kembali pengaturan APN.

  • Lepas Kartu SIM Sementara Waktu

Langkah ketiga untuk mengatasi kuota malam Indosat yang tidak bisa digunakan adalah melepas kartu SIM sebentar. Kamu bisa melepasnya selama beberapa saat dan memasang kembali di perangkat smartphone.

Kemudian, bersihkan lempengan kuning yang berada di kartu SIM. Lempengan kuning inilah yang digunakan untuk keperluan SMS, telepon serta internet.

Setelah melakukan langkah ini, data seluler dapat kembali digunakan dengan normal termasuk kuota malam.

  • Telepon Call Center

Langkah lainnya adalah menghubungi call center Indosat. Call center nantinya akan memberimu solusi dari masalah jaringan yang sedang kamu hadapi. Tetapi, untuk menghubungi call center tersebut, pastikan kamu memiliki pulsa yang cukup.

Hal ini disebabkan karena panggilan ini akan memakan pulsa. Kamu bisa menghubungi call center Indosat di nomor 021 30003000.

  • Reboot Handphone

Kamu dapat mencoba melakukan reboot smartphone sembari mengaktifkan Airplane mode. Sesudah smartphone hidup, kamu dapat mematikan mode airplane tersebut. Cara ini nantinya akan memperbaiki jaringan internet.

Itu dia penyebab kuota malam Indosat tidak bisa digunakan beserta dengan langkah untuk mengatasinya. Kamu bisa mencoba langkah di atas ketika mengalami masalah ini satu demi satu. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.