8+ Cara Memperkuat Sinyal Telkomsel 2022 – 100% SUKSESS!!

Posted on

Jika kamu merupakan pengguna Telkomsel yang mengalami kendala seperti jaringan sinyal yang lemah, sebenarnya kamu tidak perlu cemas. Ada berbagai macam cara memperkuat sinyal Telkomsel yang bisa kamu lakukan.

Cara Memperkuat Sinyal Telkomsel

Cara Memperkuat Sinyal Telkomsel

Kondisi sinyal Telkomsel yang lemah tentu saja akan mengganggu aktivitas serta membuatmu menjadi sulit melakukan komunikasi dengan teman-tema secara online. Berikut langkah yang bisa kamu lakukan untuk memperkuat sinyal Telkomsel:

  • Cek Kuota Internet

Untuk memperkuat atau mengatasi sinyal Telkomsel yang lemah, kamu bisa mengecek kuota Telkomsel terlebih dahulu. Sinyal Telkomsel yang lemah juga bisa dikarenakan kuota yang sudah habis atau telah masuk masa limit.

Pengecekan kuota internet bisa dengan mengakses MyTelkomsel. Berikut langkahnya:

  • Pastikan aplikasi sudah terpasang
  • Lakukan registrasi kemudian login
  • Untuk mengecek sisa kuota, kamu bisa pilih cek kuota
  • Sisa kuota serta masa aktif akan muncul di layar aplikasi.
  • Muat Ulang

Cara agar sinyal 4G Telkomsel kuat yang pertama adalah muat ulang atau restart. Kamu bisa melakukan restart handphone, hal ini akan membantu handphone untuk menghentikan error yang menjadi akar masalah sinyal Telkomsel menjadi lemah.

  • Matikan Data Seluler

Bukan hanya melakukan muat ulang smartphone. Kamu dapat mencoba untuk mematikan data seluler selama beberapa waktu. Kemudian, kamu bisa kembali menghidupkan layanan data seluler.

Langkah ini dilakukan agar smartphone bisa mencari kembali jaringan yang jauh lebih baik. Alternatif lainnya yang bisa dilakukan ialah mengaktifkan mode pesawat serta mematikannya kembali.

  • Mencoba Berpindah Lokasi

Jangan salah, lokasi juga dapat menjadi penyebab sinyal Telkomsel yang kamu miliki menjadi lemah. Contohnya saja, sekarang ini kamu sedang berada di dalam gedung bertingkat. Biasanya di dalam gedung bertingkat, sinyal akan lebih sulit diperoleh.

Cara memperkuat sinyal Telkomsel, kamu dapat berpindah lokasi di area yang lebih terbuka sehingga jaringan sinyal akan menjadi lebih kuat.

  • Mengecek Pengaturan Jaringan

Kamu juga harus mengecek pengaturan jaringan sinyal di smartphonemu. Pastikan sudah mengaktifkan jaringan seluler serta tidak terdapat masalah lain yang berkaitan dengan pengaturan jaringan.

  • Perbarui Jaringan

Bila smartphone yang kamu gunakan belum menggunakan jaringan 4G, kamu bisa memperbarui jaringan. Atur dari menu Pengaturan Jaringan di ponsel.

  • Cek Ulang Situs Website yang Diakses

Bila berbagai cara di atas sudah kamu lakukan dan tidak membuahkan hasil, kamu bisa mengecek situs website. Apakah masalah jaringan ini hanya muncul ketika mengakses salah satu situs website.

Pastikan bila tidak terdapat masalah di aplikasi. Kamu bisa melakukan pengecekan dengan cara mengunjungi situs website yang lainnya.

  • Atur APN Telkomsel

APN mempunyai peran sebagai penyambung jaringan data di handphone. Bila kamu mengalami kendala sinyal, kamu harus mengecek pengaturan APN. Pastikan APN ponselmu sudah terkonfigurasi dengan benar.

Pengaturan APN harus dikonfigurasi ke internet dengan password dan username yang dikosongkan. Untuk mengatur APN dari Android kamu bisa ke menu pengaturan, kemudian mobile network setting, lanjutkan ke acces point name da nisi pengaturan APN yang baru.

  • Hubungi Customer Service Telkomsel

Bila kamu masih mengalami kendala jaringan, kamu bisa menghubungi customer service Telkomsel. Untuk menghubungi customer service Telkomsel dari call center, kamu bisa tekan 188.

Kemudian kamu juga bisa menghubungi di situs website resmi Telkomsel, Facebook Telkomsel, Twitter @Telkomsel, hingga aplikasi My Telkomsel. Namun, bila menghubungi customer service Telkomsel dari media social, pastikan sudah menghubungi dari media social resmi.

Penyebab Sinyal Telkomsel Buruk

nomor pusat SMS Indosat - sinyal buruk

Setelah mengetahui cara memperkuat sinyal Telkomsel, berikutnya adalah mencari tahu penyebab sinyal menjadi buruk. Ada beberapa hal yang menyebabkan sinyal Telkomsel buruk, seperti:

  • Cuaca yang Sedang Buruk

Telkomsel memang merupakan salah satu provider yang memiliki jaringan yang kuat, tetapi jika cuaca sedang buruk, tentu saja sinyal akan berubah menjadi lemah.

  • Sedang Ada di Parkiran

Selain cuaca yang buruk, bila kamu sedang berada di parkiran, koneksi internet juga bisa berubah menjadi lemot.

  • Jaringan yang Sibuk

Ketika waktu prime time, sinyal Telkomsel yang kamu miliki bisa berubah menjadi buruk. Hal ini disebabkan karena banyaknya orang yang menggunakan koneksi internet secara bersama-sama sehingga jaringan terbagi-bagi dan berubah menjadi lemot.

Konsep ini mirip dengan pengguna WiFi. Jika penggunanya terlalu banyak, tentu saja internet menjadi lemot.

  • Adanya Aplikasi yang Mengganggu

Sejumlah aplikasi yang aktif secara terus menerus juga bisa menjadi alasan koneksi internet yang kamu miliki menjadi lambat. Aplikasi seperti Instagram, kemudian aplikasi messenger hingga Spotify yang menyala bersamaan bisa membuat internet lambat.

Langkah mengatasinya cukup dengan mematikan koneksi seluler pada aplikasi yang tidak berguna atau tidak digunakan di menu pengaturan.

  • Sedang Ada Perbaikan

Perbaikan atau maintenance tentu akan mempengaruhi kecepatan koneksi internet. Bila hal ini terjadi, kamu harus menunggu sampai selesai.

Ada beberapa cara memperkuat sinyal Telkomsel yang bisa kamu lakukan sendiri. Bila masalah tersebut tetap tidak dapat diatasi, kamu dapat mengunjungi gerai Telkomsel terdekat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.