2 Cara Menonaktifkan SMS Banking BNI

Posted on

SMS Banking BNI memang sangat membantu, namun karena beberapa hal, nasabah ingin menonaktifkan layanan ini. Kabar baiknya, cara menonaktifkan SMS Banking BNI sangat mudah, bahkan tidak harus datang ke kantor cabang BNI. Bagaimana caranya? Cek penjelasannya di bawah ini!

Cara Menonaktifkan SMS Banking BNI

Cara Menonaktifkan SMS Banking BNI

SMS Banking BNI memiliki sejuta manfaat, namun jika kamu ingin menghentikan layanan tersebut, maka bisa kehilangan akses ke rekening BNI lewat SMS. Namun, jika memang ingin menonaktifkan layanan tersebut, cek cara-caranya di bawah ini:

1. Menonaktifkan SMS Banking BNI dengan Call Center

Sama dengan cara mengaktifkan SMS Banking BNI yang mudah, cara menonaktifkannya juga tidak kalah mudah. Kamu bahkan tidak harus datang langsung ke kantor cabang BNI terdekat, karena cukup menghubungi Call Center BNI.

Layanan ini sangat direkomendasikan, terutama untuk kamu yang tidak sempat keluar rumah untuk datang ke kantor cabang BNI secara langsung. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pastikan isi pulsa masih banyak, setidaknya 000.
  • Jika sudah, sekarang panggil Call Center BNI, yaitu di nomor 1-500-046.
  • Setelahnya tunggu hingga sambungan telepon tersambung.
  • Setelah tersambung, katakan kepada petugas bahwa kamu ingin menonaktifkan layanan SMS Banking BNI.
  • Selanjutnya berikan informasi apa saja yang mereka minta dengan lengkap dan benar.
  • Setelah petugas mengonfirmasi permintaanmu, tunggu sampai mendapatkan SMS yang memberitahu bahwa proses menonaktifkan SMS Banking BNI berhasil.

2. Datang Langsung ke Kantor Cabang

Jika ada masalah dengan cara pertama di atas, mau tidak mau kamu harus datang langsung ke kantor cabang BNI untuk menonaktifkan SMS Banking BNI. Sekarang ini, kantor cabang BNI sudah hampir tersedia di setiap daerah.

Proses ini termasuk efektif dan cepat, karena langsung ditangani oleh CS. Namun, yang lama adalah menunggu, apalagi jika antreannya sedang banyak. Karena itu, sebisa mungkin datang agak awal, agar bisa mendapatkan antrean pertama.

Berikut cara menonaktifkan SMS Banking BNI di kantor cabang BNI terdekat:

  • Datang ke kantor cabang BNI terdekat di kotamu.
  • Kemudian ambil nomor antrean untuk customer service.
  • Setelahnya tunggu sampai nomor antreanmu dipanggil oleh petugas.
  • Setelah dipanggil dan berada di hadapan customer service, katakan tujuanmu, yaitu ingin menonaktifkan layanan SMS Banking BNI.
  • Selanjutnya isi data dan formulir yang diberikan oleh customer service.
  • Isi formulir tersebut dengan data yang lengkap dan jelas lalu serahkan kepada petugas.
  • Setelahnya petugas akan memproses permintaanmu, jika sudah berarti SMS Banking BNI telah berhasil dinonaktifkan.

Cara Menonaktifkan SMS Banking BNI Lainnya

Cara Menonaktifkan SMS Banking BNI Lainnya

Kemudian muncul pertanyaan, selain dua cara di atas, adakah cara lain untuk menghentikan layanan SMS Banking BNI? Sayangnya, selain dua cara di atas, tidak ada cara lainnya untuk menonaktifkan SMS Banking BNI, entah melalui ATM atau aplikasi BNI Mobile Banking.

Masalah menonaktifkan SMS Banking memang bukan hal yang remeh, jadi harus berhubungan dengan pihak bank langsung. Bank BNI ingin memastikan, bahwa benar pemilik rekening yang aslilah yang ingin menghentikan layanan SMS Banking ini.

Dengan datang langsung ke kantor cabang, nasabah dan pihak sama-sama mendapatkan kejelasan. Proses penonaktifan pun bisa berjalan dengan transparan, penting untuk menghindari segala potensi kesalahpahaman yang mungkin terjadi di masa depan.

Manfaat SMS Banking BNI

Manfaat SMS Banking BNI

Sebenarnya, SMS Banking BNI sangat bermanfaat, memudahkan nasabah untuk melakukan transaksi perbankan hanya dengan HP saja. Khususnya bagi nasabah yang tidak memiliki smartphone, yang tidak bisa download aplikasi Mobile Banking BNI.

SMS Banking BNI adalah fasilitas layanan perbankan yang memudahkan nasabah melakukan transaksi, mulai dari isi ulang pulsa, transfer, bayar tagihan dan lain sebagainya. Berikut beberapa manfaat dari SMS Banking BNI selengkapnya:

  • Cek saldo BNI
  • Mutasi rekening BNI
  • Informasi Kartu Kredit BNI
  • Informasi Listrik
  • Informasi ganti PIN
  • Transfer rekening BNI
  • Transfer antar bank
  • Pembayaran kartu kredit BNI
  • Pembayaran tagihan listrik PLN
  • Pembayaran tagihan BPJS Kesehatan
  • Pembayaran PBB
  • Isi ulang pulsa
  • dll

Alasan Menonaktifkan SMS Banking BNI

Alasan Menonaktifkan SMS Banking BNI

Pasti ada alasan kenapa nasabah ingin menonaktifkan layanan SMS Banking BNI. Sebenarnya, layanan ini sangat membantu, namun beberapa orang lebih pilih menonaktifkannya. Biasanya, nasabah menonaktifkan layanan ini karena beberapa hal, seperti:

1. Tarif SMS Mahal

Alasan pertama kenapa nasabah ingin menonaktifkan layanan SMS Banking BNI adalah biaya layanan yang mahal. Jangan salah, setiap kamu transaksi menggunakan SMS Banking BNI, maka akan memotong pulsa yang kamu miliki.

Sebenarnya, berapa sih biaya SMS Banking BNI? Kami mencontohkan dengan kartu Telkomsel, yaitu Rp250 untuk kirim SMS ke 3346 dan Rp600 untuk menerima, jadi totalnya hingga Rp850. Untuk bertransaksi, tidak hanya butuh satu kali SMS saja, namun berkali-kali, jadi totalnya lebih banyak.

Apalagi, biaya untuk transaksi finansial jumlahnya lebih banyak (dua kali lipat) dibandingkan dengan transaksi non finansial, yaitu hingga Rp1.320. Jadi, karena tarifnya yang mahal tersebut, nasabah BNI ingin menonaktifkan layanan ini dan menggunakan layanan lainnya yang sejenis.

2. Tidak Bisa Digunakan Ketika Tidak Punya Pulsa

Tidak Bisa Digunakan Ketika Tidak Punya Pulsa

Alasan lain kenapa nasabah ingin menonaktifkan layanan SMS Banking BNI adalah keharusan untuk mengisi pulsa. Pasalnya, tanpa pulsa di kartu provider, tidak akan bisa menggunakan layanan ini. kerepotan semacam inilah yang tidak mau dialami oleh nasabah BNI.

Membeli pulsa memang sudah menjadi kebutuhan, namun biasanya pengguna langsung memaketkan pulsa tersebut, entah dengan membeli paket internet, SMS atau telepon. Karena itu, jarang ada sisa pulsa di kartu HP, makanya tidak bisa menerima notifikasi dari SMS Banking BNI ataupun mengirimkannya.

3. Ada Layanan yang Lebih Baik

Adanya layanan sejenis yang lebih baik juga membuat nasabah BNI ingin menonaktifkan layanan SMS Banking BNI. Layanan tersebut adalah Internet Banking BNI atau Mobile Banking BNI, yang membutuhkan internet agar bisa berfungsi.

Dibandingkan dengan SMS, kebanyakan nasabah lebih memilih menggunakan internet atau mobile banking. Pasalnya, mereka tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan untuk transaksi. Cukup gunakan internet saja untuk mengakses layanan tersebut.

Selain itu, internet dan mobile banking juga memiliki fitur dan manfaat yang lebih banyak, khususnya Mobile Banking BNI. Hanya dengan aplikasi tersebut di dalam genggaman, nasabah bisa bertransaksi apa saja dengan nyaman, cepat dan mudah.

Apa yang Terjadi Jika SMS Banking Dinonaktifkan?

Apa yang Terjadi Jika SMS Banking Dinonaktifkan

Ketika kamu menonaktifkan SMS Banking BNI, maka kamu akan kehilangan kendali atas rekening bank tersebut dengan nomor HP. Jadi, tidak bisa lagi melakukan transaksi dengan SMS, mulai dari cek saldo, isi ulang pulsa, bayar tagihan dan lain sebagainya.

Jadi, sebelum menonaktifkan SMS Banking BNI, pertimbangkan sekali lagi apakah kamu benar-benar ingin melakukannya. Jika memang sudah yakin, silakan melakukan cara menonaktifkan layanan SMS Banking BNI di bawah ini.

Cara menonaktifkan SMS Banking BNI sangat mudah, kamu bisa menghubungi nomor call center BNI. Selain itu, kamu juga bisa datang langsung ke kantor BNI terdekat dari rumahmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.