Cara Setting Nomor Pusat SMS Indosat yang Benar

Posted on

Pernah mengirimkan SMS dengan kartu Indosat namun tidak terkirim? Jika ini terjadi, masalahnya bisa terletak di nomor pusat SMS Indosat yang salah atau belum diatur. Jadi, kamu harus mengeceknya dan mengaturnya terlebih dahulu agar bisa mengirimkan SMS kembali.

Nomor Pusat SMS Indosat yang Salah

Nomor Pusat SMS Indosat

Mungkin sudah jarang yang menggunakan layanan SMS, mengingat banyaknya aplikasi pesan instan yang menggunakan internet seperti WhatsApp. Imbas adanya WhatsApp dan sejenisnya, layanan SMS semakin ditinggalkan, karena lebih memilih cara berkomunikasi yang simpel dan mudah.

Orang-orang berpendapat, bahwa menggunakan SMS sangat boros. Biasanya, butuh SMS beberapa kali terlebih dahulu untuk mendapatkan bonus SMS gratis, sesama atau antar operator. Jadi, orang-orang lebih suka menggunakan WhatsApp dan sejenisnya, yang hanya butuh data internet.

Namun begitu, beberapa orang tetap menggunakan layanan SMS ini. Biasanya, mereka adalah orang-orang tua, yang tidak terlalu paham penggunaan aplikasi seperti WhatsApp. Selain itu, SMS juga bisa menjadi opsi jika kebetulan sedang tidak memiliki data internet.

Terkadang, mengirimkan SMS pun ada kendalanya, misalnya saja SMS yang tidak terkirim padahal pulsa masih dan sinyal penuh. Jika kamu pengguna Indosat dan mengalami hal seperti ini, bisa cek nomor pusat SMS untuk Indosat, jangan-jangan memang salah.

Nomor pusat SMS untuk Indosat memang harus benar, agar SMS bisa terkirim ke nomor tujuan dengan benar. Lalu, berapakah nomor pusat SMS untuk Indosat yang benar, mengingat banyaknya kartu Indosat di luar sana, mulai dari Mentari, Matrix dst.

Nomor Pusat SMS Indosat

Android dan iPhone memang sudah marak digunakan di mana-mana, namun pengguna telepon genggam yang masih sederhana juga banyak. Mereka mengandalkan telepon dan SMS untuk bisa berkomunikasi dengan teman, keluarga, kolega dan lain sebagainya.

Jadi, ketika ada gangguan di SMS, misalnya saja tidak terkirim, tentu akan menjadi masalah yang besar. Menggunakan layanan SMS lebih disukai daripada menggunakan telepon. Memang, SMS lebih murah dibandingkan dengan telepon, apalagi jika dilakukan dalam durasi yang lama.

Nah, salah satu masalah yang sering terjadi bagi pengguna Indosat yang tidak bisa kirim SMS adalah nomor pusat SMS Indosat yang salah. Jadi, nomor pusat SMS IM3 adalah +62855000000, sedangkan nomor pusat SMS Mentari dan Matrix adalah +62816124.

Nomor pusat di HP dengan nomor pusat Indosat yang berbeda memang bisa menyebabkan SMS tidak terkirim. Tidak hanya waktu mengirim saja, si penerima juga tidak akan bisa menerima SMS tersebut. Tidak peduli apakah masih ada pulsa di dalamnya dan kartu masih dalam keadaan aktif.

Cara Mengatur Nomor Pusat SMS Indosat

Cara Mengatur Nomor Pusat SMS Indosat

Tahu nomor pusat pesan Indosat yang benar saja tidak cukup, karena kamu juga harus bisa mengaturnya terlebih dahulu, agar SMS bisa berfungsi dengan normal kembali. Bagaimana caranya? Sangat mudah, silakan cek tutorialnya di bawah ini:

  • Buka menu SMS di HP.
  • Kemudian klik titik tiga, dan masuk ke Pengaturan SMS.
  • Selanjutnya buka menu SMSCC atau nomor pusat SMS.
  • Silakan cek apakah nomor pusat pesan Indosat sudah cocok seperti nomor di atas.
  • Jika memang salah, silakan ganti nomor pusat pesan dengan yang benar.
  • Cek sekali lagi untuk memastikan kebenarannya.
  • Jika sudah benar, silakan simpan pengaturan terbaru tersebut.
  • Terakhir, coba kirim SMS, pasti sudah bisa terkirim seperti semula.

Selain cara pertama di atas, kamu juga bisa menggunakan cara yang kedua, yaitu langsung melalui menu telepon. Simak langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Pertama, buka menu telepon di HP.
  • Setelah terbuka, masukkan kode berikut *#*#4636#*#* dan tekan OK atau Panggil.
  • Jika sudah muncul hasilnya, klik Informasi Telepon.
  • Selanjutnya masuk ke menu pengaturan pusat pesan Indosat atau SMSC.
  • Lihat pada nomor pusat pesan Indosat di dalamnya, jika ada yang salah silakan ganti dengan yang benar, yaitu +62855000000 untuk IM3 dan +62816124 untuk Mentari dan Matrix.
  • Jika sudah, sekarang klik Perbarui.
  • Terakhir restart atau mulai ulang telepon untuk menyimpan peraturan terbaru tersebut.

Penyebab SMS Indosat Tidak Terkirim Lainnya

Selain karena nomor pusat SMS Indosat yang salah, ada sebab lain mengapa SMS tidak bisa terkirim atau diterima oleh nomor tujuan. Umumnya, alasan-alasan tersebut adalah:

1. Pulsa Habis

Pulsa Habis

Jika kamu mengirimkan pesan atau SMS namun tidak terkirim, jangan-jangan karena memang tidak punya pulsa atau pulsa tidak cukup. Jadi, sebelum cek apakah nomor pusat pesan Indosat sudah benar atau belum, kamu terlebih dahulu cek sisa pulsa terlebih dahulu.

Ya, untuk SMS memang membutuhkan pulsa, per SMS sendiri dipatok dengan harga yang variatif, bisa berbeda-beda antar provider. Jadi, sebelum mengirimkan SMS, pastikan nomor Indosat kamu masih memiliki sisa pulsa di dalamnya.

Jika tidak ingin repot dan ingin harga yang lebih murah, bisa membeli paket khusus untuk SMS. Jadi, kamu akan mendapatkan SMS gratis sesuai dengan paket yang kamu beli. Dengan begini, selama kuota SMS masih tersedia, SMS tersebut akan tetap terkirim.

2. Masa Aktif Habis

Masa Aktif Habis

Penyebab lain kenapa SMS tidak terkirim adalah karena masa aktif yang habis. Karena masa aktif telah habis, nomor Indosat tersebut tidak bisa digunakan untuk mengirimkan SMS atau melakukan panggilan telepon, tidak peduli jika pulsa masih.

Jadi, silakan cek apakah nomor Indosat masih aktif atau memang sudah berada di masa tenggang atau bahkan sudah tidak aktif lagi. Biasanya, karena jarang digunakan, nomor Indosat lupa untuk diisi pulsa, sehingga menjadi tidak aktif.

Untuk memastikan bahwa nomor Indosat aktif terus, isilah pulsa dengan rutin, bahkan jika hanya Rp5.000. Dengan begini, maka aktif kartu akan terus terjaga, dan kamu bisa menggunakan nomor tersebut untuk SMS atau melakukan panggilan.

3. Sinyal Buruk

nomor pusat SMS Indosat - sinyal buruk

Penyebab lain kenapa SMS tidak terkirim berikutnya adalah sinyal yang buruk. Kamu butuh sinyal yang baik untuk mengirimkan SMS, melakukan panggilan telepon hingga berselancar di internet. Tanpa sinyal yang baik, kamu tidak bisa melakukan itu semua.

Jadi, cek kembali sinyal di HP jika SMS tidak terkirim. Jika sinyal di tempatmu berada sedang buruk atau tidak stabil, silakan coba mengirimkan SMS di tempat lain. Dengan begini, SMS tersebut akan berhasil terkirim ke nomor tujuan.

Namun, jika memang tidak sedang berada di wilayah terpencil, sinyal yang tidak stabil pun sebenarnya cukup jika hanya untuk mengirim SMS dan menelepon. Beda jika untuk berinternet, yang harus menggunakan sinyal stabil dan lancar.

Jika semua masalah di atas sudah teratasi namun tetap tidak bisa melakukan SMS, silakan menghubungi Call Center Indosat, yaitu 185, 186 atau +622130003000. Jika HP yang bermasalah, maka mau tidak mau harus membawa HP tersebut ke reparasi.

—————-

Nomor pusat SMS Indosat yang salah bisa menyebabkan SMS tidak terkirim. Jika kamu mengalami masalah ini, segera setting dengan yang benar, yaitu +62855000000 untuk IM3 dan +62816124 untuk Mentari dan Matrix.

Leave a Reply

Your email address will not be published.