Cara Menghapus Akun Google di HP Xiaomi untuk Semua Tipe

Posted on

Kadang, ada kalanya kita perlu menghapus akun Google di HP sebab tak ingin menerima pemberitahuan email dari banyak akun Google. Kalian memang dapat menggunakan lebih dari 1 akun Google di HP. Tapi jika terlalu banyak akun Google di 1 HP, pasti akan cukup mengganggu. Itulah kenapa mungkin kalian ingin menghapus 1 atau beberapa akun Google yang ada di HP kalian. Di sini, kita akan fokus pada cara menghapus akun Google di HP Xiaomi.

Cara Menghapus Akun Google di Menu Settings

Di menu Pengaturan atau Settings, kalian bisa menghapus akun Google yang ditautkan di HP Xiaomi kalian. Berikut Langkah-langkahnya:

  1. Pertama, buka menu Pengaturan atau Settings di HP Xiaomi kalian.
  2. Setelah itu, scroll ke bawah hingga menemukan menu Akun & Sinkronisasi atau Accounts & Sync.
  3. Setelah memilih menu tersebut, sekarang pilih Google.
  4. Kemudian, tekan tombol Lebih atau More yang berada di tengah bawah.
  5. Terakhir, pilih Hapus akun atau Remove account.

Jika sudah, ikuti pentunjuk yang tertera pada layar HP Xiaomi untuk menghapus akun Google kalian. Sesudah akun Google terhapus dari HP Xiaomi kalian, seluruh data dari akun Google tersebut akan ikut dihapus, termasuk kontak nomor HP, email, kontak email, dll. Begitu juga dengan aplikasi yang kalian login menggunakan akun Google tadi, akan otomatis ter-log out juga.

Cara Menghapus Akun Google di Gmail

Ketika menambahkan akun Google di HP Xiaomi, akun Google yang baru akan secara otomatis ditambahkan di Gmail. Jika kalian ingin menghapus akun Google di Gmail, berikut Langkah-langkah yang harus kalian ikuti:

  1. Mulai langkahnya dengan membuka aplikasi Gmail.
  2. Setelah masuk ke Gmail, tekan tombol Menu yang berada di sudut kiri atas.
  3. Kemudian, pilih Settings.
  4. Di halaman Settings, klik tombol Menu yang berada di sutut kanan atas.
  5. Lalu, pilih opsi Manage accounts.
  6. Setelah itu, lanjutnya dengan memilih Google.
  7. Langkah selanjutnya, tekan salah satu akun Google yang akan kalian hapus.
  8. Sekarang, tekan tombol More yang berada di tengah bawah.
  9. Terakhir, pilih Remove account.

Jika kalian menggunakan lebih dari 1 akun Google di aplikasi Gmail, kalian bisa menghapus semuanya dengan mengulangi Langkah yang sama seperti di atas.

Cara Menghapus Akun Google dengan Factory Reset atau Hard Reset

Kalian juga dapat menghapus akun Google di HP Xiaomi dengan menggunakan fitur Factory Reset atau Hard Reset. Dengan cara atau metode ini, bukan hanya akun Google yang terhapus dari HP Xiaomi tapi juga seluruh data yang tersimpan dalam HP Xiaomi kalian.

Perlu diingat, Factory Reset atau Hard Reset bukan menghapus akun Google, tapi menghapus akun Google dari HP smartphone kalian saja. Dengan begitu, kalian tidak bisa mengakses akun Google yang sudah terhapus tadi dari HP Xiaomi kalian.

Setelah mengetahui cara menghapus akun Google di HP Xiaomi melalui aplikasi Gmail, kalian bisa coba metode Factory Reset atau Hard Reset dengan Langkah-langkah berikut ini:

  1. Langsung saja buka atau masuk ke menu Pengaturan atau Settings.
  2. Setelah itu, pilih Tentang Telepone atau About Phone.
  3. Kemudian, pilih Kembali ke Pabrik atau Factory Reset.
  4. Lalu, pilih Akunatau Account untuk menghapus akun Google.
  5. Atau pilih Hapus semua data atau Erase all data untuk menghapus seluruh data termasuk foto-foto yang tersimpan di Gallery.

Cara ingin membuat akun Google tidak dapat diakses dan digunakan di HP Xiaomi tersebut. Kalian juga bisa menghapus akun Google supaya tak dapat diakses & digunakan di perangkat HP lain dengan cara penghapusan akun Google lewat menu Manage Account yang akan dijelaskan di bawah ini.

Cara Menghapus Akun Google dari Menu Manage Account

Untuk menghapus akun Google serta seluruh data yang ada di dalamnya, cara di atas tidak efektif. karena akun Google dibutuhkan untuk menggunakan HP smartphone, kalian harus ingat bahwa menghapus akun Google di HP Xiaomi artinya kalian butuh email atau akaun Google baru untuk bisa menggunakan HP smartphone tersebut.

Menghapus akun Google juga akan menghilangkan seluruh data sepert nomor HP, kontak email, akun, dokumen, dan juga email yang tersimpan di dalam akun Google tersebut. Bukan itu saja, data & cache di apk Google lain juga akan ikut terhapus, termasuk Maps, YouTube, Google Docs, dll,

Cara menghapus akun Google dengan car aini sangat mudah, cukup ikuti Langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pertama-tama, bukalah menu Pengaturan atau Settings di HP Xiaomi kalian.
  2. Setelah masuk ke menu tersebut, cari & pilih menu Google.
  3. Kemudian, pastikan bahwa kalian telah memilih akun Google yang akan dihapus.
  4. Setelah itu, tekan tombol Atur Akun Google Anda atau Manages your Google Account.
  5. Lalu, pilih Data & Privasi atau Data & Privacy.
  6. Langkah selanjutnya, cari opsi Hapus / Hapus data anda atau Delete / Delete your data.
  7. Terkahir, pilih Hapus Layanan Google atau Delete a Google Service.

Bukan hanya cara di atas, ada juga cara lain yaitu dengan Langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka atau masuk ke situs https://myaccount.google.com/ melalui browser HP Xiaomi kalian.
  2. Setelah itu, lakukan login dengan menggunakan akun Google yang mau kalian hapus.
  3. Kemudian, scroll ke bawah dan pilih opsi Data & Privacy.
  4. Selanjutnya, pilih Delete your Google Account yang berada di bawah More options.
  5. Kalian tinggal ikuti saja petunjuk yang ditampilkan pada layar HP Xiaomi untuk menghapus akun Google kalian.

Jika sudah, masukkan password atau kata kunci dari akun Google kalian dan ikuti petunjuk setelahnya untuk menghapus seluruh layanan Google yang digunakan akun Google kalian. Cara-cara di atas sebenarnya adalah cara yang umum. Artinya, kalian bisa mempraktekkannya di HP smartphone merk lain seperti Realme, Vivo, Oppo, Samsung, dll.

Kesimpulannya, ternyata cukup mudah untuk menghapus akun Google dari sebuah HP smartphone, termasuk merk Xiaomi. Langkah-langkahnya juga tidak memerlukan waktu lama. Karena cara-cara ini sangat penting, kalian sebagai pengguna HP Xiaomi harus memahaminya dengan baik.

Jika kalian hendak berniat menjual atau menukar HP Xiaomi kalian dengan HP baru, jangan lupa untuk menghapus akun Google dari HP kalian tersebut. Dengan begitu, data-data dan privasi kalian tidak akan tersebar ke orang lain. Karena semua sudah dijelaskan secara gamblang, silahkan lakukan salah satu dari cara menghapus akun Google di HP Xiaomi di atas dengan benar. Cara-cara di atas dijamin bekerja 100% pada semua tipe HP Xiaomi dan berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published.