Cara Menghapus Akun Google di HP Vivo dengan Mudah

Posted on

Banyak pengguna smartphone menambahkan dan menyimpan akun Google di HP mereka. Tapi, ada kalanya mereka ingin menghapus akun Google dari HP yang dipakainya. Jika kalian salah satunya, tak perlu pusing karena kita akan membahasnya di sini. Tapi, kita akan fokus pada pembahasan cara menghapus akun Google di HP Vivo.

Langkah-langkah Menghapus Akun Google di HP Vivo

Untuk menghapus akun Google pada HP Vivo, kalian bisa ikuti Langkah-langkah berikut ini:

  1. Masuk ke menu Pengaturan

Langkah pertama bisa kalian mulai dengan masuk ke menu Settings atau Pengaturan. Jika kalian pengguna HP Vivo, pasti tidak akan kesulitan menemukan menu tersebut.

  1. Pilih menu Akun & Sinkronisasi

Di dalam menu Settings atau Pengaturan, kalian akan melihat beberapa menu lanjutan untuk kalian pilih. Silahkan scroll ke bawah tersu sampai menemukan menu Accounts & Sync atau Akun & Sinkronisasi. Pilihlah menu tersebut.

  1. Pilih akun

Setelah masuk ke menu Accounts & Sync atau Akun & Sinkronisasi, kalian akan menemukan daftar akun Google yang sudah pernah digunakan pada HP kalian. Jika kalian pernah menggunakan lebih dari 1 akun Google, semuanya akan terlihat di sini. Jika hanya 1 akun Google yang pernah dipakai, maka yang terlihat juga hanya 1 akun tersebut saja. Sekarang sentuh atau klik akun yang ingin kalian hapus dari HP Vivo yang kalian gunakan.

  1. Hapus akun

Setelah memilih akun dengan cara meng-klik akun tersebut, kalian akan diberi tahu fitur & aplikasi yang telah terhubung atau telah disinkronkan dengan akun tersebut. Silahkan lihat di bagian paling bawah. kalian akan melihat 2 tombol pilihan yaitu Hapus akun dan Sinkronkan sekarang. Karena di sini kalian ingin menghapus akun Google, maka pilihlah tombol yang pertama yaitu Hapus akun.

  1. Pop-up konfirmasi penghapusan akun

Dengan menekan tombol Hapus akun, akan muncul pop-up berisi konfirmasi penghapusan akun Google di HP Vivo kalian. Intinya, pop-up ini memberitahukan bahwa jika kalian menghapus akun Google, data-data dan informasi seperti email, konta, maupun data lainnya yang berkaitan dengan akan ikut terhapus juga.

Di sini, ada 2 pilihan yaitu Batal dan Oke. Kalau masih ragu, kalian bisa membatalkannya atau mengecek Kembali data-data yang mungkin perting dan belum terbackup dengan menekan tombol pertama. Jika sudah yakin ingin menghapusnya, maka pilihlah tombol kedua.

  1. Proses penghapusan akun Google

Dengan menekan tombol Oke, akun Google yang kalian pilih tadi segera dihapus dari ponsel Vivo kalian.

Apakah Menghapus Akun Google di HP Vivo Permanen?

Dengan cara di atas, kalian sudah berhasil menghapus akun Google yang kalian gunakan di HP Vivo kalian. Namun perlu diketahui, penghapusan akun Google ini tidak bersifat permanen. Artinya, akun Google yang kalian hapus tadi masih tetap bisa dipakai lagi, termasuk pada HP & perangkat lain.

Cara mengapus akun Google di HP Vivo di atas hanya berlaku untuk akun di dalam HP tersebut. Meski demikian, seluruh data yang ada dalam HP yang tersinkronisasi dengan akun Google tersebut juga tentu saja ikut terhapus.

Jadi, jika ada informasi maupun data penting, alangkah baiknya kalian pindahkan dulu ke memori internal atau ke perangkat lain seperti PC atau laptop. Data-data penting yang perlu kalian backup adalah seperti data pekerjaan, data keuangan, atau data penting lainnya baik yang bersifat pribadi atau berkaitan dengan bisnis & pekerjaan.

Begitu juga dengan kontak telepon, tentu saja kalian juga tidak mau kehilangan kontak-kontak yang sudah kalian simpan selama ini. Jadi, kalian bisa melakukan backup terlebih dahulu sebelum menghapus akun Google di HP Vivo yang kalian pakai.

Bagaimana Cara Menambahkan Akun Google Baru?

Setelah tahu cara menghapusnya, kalian juga harus tahu cara menambahkan akun Google yang baru. Masih lanjutan dari menu terakhir saat penghapusan akun, kalian akan mendapati pilihan untuk penambahan akun Google baru.

Silahkan tekan Tambahkan akun jika memang mau memasukkan akun Google baru. Setelah itu, kalian masukkan nama akun beserta kata sandinya. Jika HP Vivo tersebut tidak ingin kalian pakai lagi karena mau dijual, misalnya, maka kalian tidak perlu menambahkan akun Google baru dan cukup biarkan saja setelah akun Google berhasil dihapus.

Menghapus Akun Google di HP Vivo dengan Factory Reset

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, menghapus akun Google juga akan menghapus data-data yang terkait dengan akun tersebut, terlebih jika hanya ada 1 akun Google yang kalian pakai di HP tersebut. Sebenarnya, kalau tujuan kalian adalah ingin data-data terkait juga terhapus, cara di atas sudah cukup.

Tapi, kalian mungkin ingin mengantisipasi adanya beberapa aplikasi atau data yang belum ikut terhapus walaupun terkait dengan akun tersebut. Untuk itu, kalian bisa menggunakan opsi Factory Reset.

Pilihan ini adalah sebuah pengaturan di mana sebuah HP akan dikembalikan ke settingan awal pada saat HP tersebut baru pertama kali dipakai. Dengan memilih opsi Factory Reset, seluruh data yang ada dalam HP Vivo kalian akan terhapus juga.

Opsi ini bisa kalian pilih jika tujuan kalian adalah ingin menukarnya dengan ponsel baru atau menjualnya. Jadi, kalian bisa pastikan tidak ada data-data kalian yang masih tersisa di HP tersebut.

Tujuan Menghapus Akun Google di HP Vivo

Akun Google punya cara kerja unik & dapat dikatakan bagus sekali. Dalam hal ini, akun Google akan mensinkronisasi terhadap seluruh data yang dipakai atau terdapat disebuah HP dengan aplikasi yang dipunyai Google.

Aplikasi tersebut contohnya adalah seperti Maps, Google Drive, YouTube, Gmail, dll. Itulah kenapa jika ingin menjual atau menukar HP tersebut, sebaiknya akun Google kalian lebih dulu dihapus. Tujuanya jelas, supaya data-data yang terkait dengan akun Google itu tak bisa dilihat atau diakses orang lain, terutama jika ada data-data penting berkaitan dengan keuangan atau hal-hal pribadi.

Dengan cara yang sudah dijelaskan di atas, kalian bisa menghapus seluruh atau beberapa akun Google yang ada di HP Vivo kalian. Itulah cara yang dapat kalian lakukan untuk menghapus akun Google pada HP Vivo. Yang pasti, cara di atas bisa diterapkan untuk semua tipe HP Vivo termasuk Vivo Y12, Vivo V5, Vivo Y53, Vivo Y511, Vivo Y91C, Vivo Y55, Vivo 1601, dll.

Mengetahui dan memahami cara menghapus akun Google di HP Vivo sangat penting karena kalian memang perlu melakukan penghapusan akun Google di HP Vivo kalian ketika hendak menjual HP tersebut atau menukarnya dengan HP lain. Selain menghapus akun Google, data-data & informasi yang dikaitkan ke HP tersebut juga sebaiknya dihapus guna mengantisipasi penyalahgunaan data & informasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *