Begini 3 Cara Aktivasi Windows 11 di Laptop dan PC!!

Posted on

Berikut adalah informasi mengenai cara aktivasi Windows 11 yang mungkin sedang kamu cari. Windows 11 adalah sistem operasi milik Microsoft yang merupakan pembaruan dari versi sebelumnya yaitu Windows 10. Tidak berbeda jauh dengan versi sebelumnya, setiap perubahan pada sistem operasi ini terdapat beberapa fitur baru yang menarik.

Salah satunya adalah tampilan posisi Start Menu dan juga Taskbar yang posisinya berada di tengah bawah, mirip seperti sistem operasi Mac OS. Selain itu, Windows 11 ini dirilis setelah versi sebelumnya yaitu Windows 11 dan terus akan berlaku hingga Oktober 2025. Tidak hanya itu saja, pada sudut jendela di File Explorer dan Start Menu juga selaras dengan konsep fluent design dengan efek round.

Tentunya, pembaharuan visual ini berbeda dengan versi Windows 10 yang memiliki kesan lebih tegas. Beberapa icon menu baru juga tampak lebih menarik, fresh, dan juga impresif daripada versi sebelumnya. Sangat menarik bukan?

Cara Aktivasi Windows 11: Jika Tidak Melakukan Aktivasi

Cara Aktivasi Windows 11

Melakukan Aktivasi lisensi Windows ini sebenarnya harus dilakukan bersamaan dengan proses instalasi Windows 11. Akan tetapi, jika langkah tersebut terlewat, maka aktivasi dapat dilakukan langsung pada sistem. Lalu, apa yang terjadi jika Windows 11 tidak diaktivasi?

  • Muncul watermark test mode pada layar desktop di sebelah kanan bawah
  • Setting personalize sistem menjadi terbatas
  • Tidak bisa melakukan update sistem karena telah dikunci oleh Microsoft.

Apakah Bisa Mengaktivasi Windows 11  Secara Gratis?

Saat mengaktivasi Windows 11, biasanya kamu akan membutuhkan product key Windows ataupun serial number yang original guna melakukan proses aktivasi lanjutan. Lalu apa itu product key Windows? Product Key adalah kumpulan 25 digit kode unik yang fungsinya untuk mengaktivasi sistem operasi dan membedakan komputer satu dengan yang lainnya.

Tidak mengherankan jika harga lisensi maupun product key cukup mahal karena tidak ada yang menyamainya. Dapat kamu ketahui juga, jika karena harganya yang mahal, membuat semua orang tidak bisa membeli product key Windows. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena tidak memiliki product key, karena seperti pepatah masih banyak jalan menuju Roma.

Apakah Mengaktivasi Windows 11 Dapat Menggunakan Crack?

Walaupun kamu tidak memiliki product key atau serial number Windows 11, jangan khawatir karena kami masih dapat melakukan aktivasi tanpa melalui software crack ataupun aktivator yang banyak memiliki Malware. Malware ini sangat berbahaya untuk komputer karena dapat membuat semua data menjadi hilang atau rusak.

Oleh karena itu, kamu tidak perlu melakukan aktivasi Windows 11 menggunakan software crack atau aktivator lagi dan tidak perlu susah-susah mendownloadnya selain itu, kamu juga tidak perlu repot untuk mematikan mematikan Windows Defender maupun Windows Security di Windows 11. Maka dari itu, proses aktivasi Windows 11 bisa dilakukan dengan mudah, cepat, dan tanpa ribet.

Apakah Windows 11 Memerlukan Banyak Ruang di Komputer daripada Windows 10?

windows 10 vs windows 11

Walaupun Windows 11 adalah versi terbaru pada sistem operasi Windows, namun OS ini tidak memerlukan banyak ruang di komputer ataupun laptop kamu. Baik OS Windows 11 maupun Windows 10, sama-sama membutuhkan jumlah ruang disk di komputer.

Namun, yang perlu kamu ketahui adalah selama proses upgrade OS ini, komputer kamu harus memiliki ruang disk ekstra. Windows kemudian akan membersihkan ruang disk ekstra yang ada di komputer kamu ini sekitar 10 hari setelah upgrade Windows benar-benar selesai.

Lalu, bagaimana dengan data-data lainnya yang ada di ruang disk? Apakah Akan hilang?

Secara umumnya, semua file maupun data Anda yang ada di komputer akan ditransfer. Namun, alangkah baiknya kamu membuat cadangan file sebelum instalasi. Sebelum melakukan instalasi atau bahkan aktivasi Windows pelajari selengkapnya terlebih dahulu tentang OneDrive PC folder Backup.

Persiapan Aktivasi Windows 11

Sebelum melakukan Aktivasi Windows terdapat beberapa hal yang kamu siapkan. Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

  • Lisensi

Harga lisensi memang tidak murah, bahkan sampai 1-2 juta rupiah. Lalu bagaimana solusinya? Kamu bisa membeli lisensi OEM melalui marketplace yang cukup digunakan untuk keperluan personal harian. Harganya juga cukup terjangkau, yaitu 10-20 ribu saja. Walaupun OEM, lisensi ini lebih baik daripada menggunakan aplikasi atau activator, karena terdapat banyak Malware.

  • Akses Internet

Saat kamu akan melakukan aktivasi, komputer atau laptop harus terhubung dengan server Microsoft melalui koneksi internet. Tidak harus memiliki kecepatan yang maksimal, cukup stabil dan tidak mudah ter-disconnect.

Cara 1: Mengaktivasi Windows 11 dengan Lisensi Permanen

Mengaktivasi Windows 11

Proses mengaktivasi Windows 11 menggunakan lisensi sangat mudah, cara ini juga bisa kamu lakukan untuk jenis sistem operasi Windows versi lainnya. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Mempersiapkan Lisensi

Langkah pertama saat kamu ingin mengaktivasi Windows adalah mempersiapkan Lisensi yang sesuai, apakah Home, Pro, Workstation, atau Education. Jika kamu adalah pengguna personal, kamu dapat memilih jenis lisensi Home atau Pro. Untuk mengetahui jenis lisensi komputer atau laptop kamu sekarang, dapat mengikuti langkah-langkah berikut.

Klik Folder File Explorer > This PC, lalu klik kanan > klik Properties > Setelah muncul jendela baru, gulir ke bawah temukan sub menu ‘Windows Specification' > Lihatlah pada bagian ‘Edition'.

  • Membuka Menu Setting di Komputer

Setelah mengetahui jenis lisensi yang kamu gunakan, langkah selanjutnya adalah membuka menu ‘Setting'. Cara paling mudah adalah dengan melakukan pencarian pada kolom pencarian di ‘Taskbar' lalu ketikan ‘Settings', lalu klik saja.

  •  Pilihlah Menu ‘Update & Security'

Setelah melakukan klik pada menu ‘Settings' kemudian akan muncul jendela baru yang menampilkan beberapa menu pengaturan komputer. Pilihlah menu ‘Update & Security'.

  • Cari dan Klik Menu Activation

Setelah masuk ke menu Update & Security, periksalah pada bagian menu yang ada di sebelah kiri. Kemudian klik opsi menu ‘Activation'.

  • Memasukkan Lisensi Windows 11

Pada laman menu ‘Activation' pada bagian paling bawah sendiri terdapat opsi menu ‘Change Product Key' dengan simbol kunci, lalu klik opsi menu tersebut. Lalu setelah muncul jendela baru, isikan product key lisensi yang sudah kamu dapatkan saat membeli lisensi OEM. Kemudian klik ‘Next'.

Setelah itu, ikuti panduan dari sistem Windows 11. Jika sudah selesai, kamu cukup mengkonfirmasi dengan mengklik menu ‘Activate'. Lalu, tunggu proses aktivasinya hingga selesai dan muncul pemberitahuan bahwa aktivasi telah sukses. Namun, jika gagal cobalah periksa kembali serial number dan koneksi internet.

Cara 2: Mengaktivasi Windows 11 dengan CMD

Mengaktivasi Windows 11 dengan CMD

Cara kedua mengaktivasi Windows 11 dapat dilakukan tanpa lisensi maupun software crack, sebagai penggantinya kamu bisa menggunakan CMD. Yang perlu kamu ketahui, cara ini juga memerlukan koneksi internet yang stabil. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Sambungkan PC atau laptop ke koneksi internet yang stabil.
  • Bukalah CMD di Windows 11, kamu bisa mencarinya langsung melalui menu ‘Search' pada menu ‘Start', lalu klik menu ‘Run as administrator'.
  • Setelah jendela CMD terbuka, kemudian pasangkan Key Windows 11 terlebih dahulu.
  • Jika kamu ingin menggunakan Windows 11 Pro, kamu bisa mengetikkan kode berikut: slmgr /ipk W269N-WFGWX-YVC9B-4J6C9-T83GX, kemudian klik Enter.
  • Atau, jika kamu ingin menggunakan Windows 11 dengan lisensi Enterprise, bisa mengetik kode berikut: slmgr /ipk NPPR9-FWDCX-D2C8J-H872K-2YT43, kemudian klik Enter.
  • Jika pemasangan key Windows 11 berhasil, maka akan muncul notifikasi Installed product key successful, kemudian klik ‘OK' untuk menutup jendelanya.
  • Kemudian, lakukan setting KMS server dengan mengetik kode berikut: slmgr /skms s8.uk.to lalu klik Enter.
  • Jika KMS server telah berhasil terhubung, akan muncul notifikasi jika Key Management Service set successfully, kemudian klik OK untuk menutupnya.
  • Kemudian, kamu bisa mengaktifkan Windows 11 dengan mengetik kode slmgr /ato, kemudian klik Enter.
  • Setelah muncul keterangan Product activated successfully, lalu klik OK untuk menutupnya karena  aktivasinya sudah selesai.
  • Jika ternyata gagal kemudian muncul error 0x80070005, maka cobalah ulangi lagi langkah ke 9 hingga berhasil.
  • Setelah proses aktivasi selesai, kamu dapat jendela CMD.

Cara Mengecek Aktivasi Lisensi Windows 11

Setelah melakukan aktivasi Windows 11 menggunakan lisensi ataupun tanpa menggunakan lisensi, kamu dapat memeriksa kembali apakah lisensi tersebut sudah aktif atau belum. Lalu bagaimana cara mengeceknya? Kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya seperti berikut ini:

  • Pertama, klik ikon ‘Search' pada Windows pada menu ‘Start'. Kemudian ketikan ‘Command Prompt' atau CMD. Setelah ketemu, lalu klik kanan, dan pilihlah opsi menu ‘Run as Administrator'. Lalu tunggu beberapa saat.
  • Setelah selesai, maka Windows 11 akan menampilkan informasi lisensi dengan memunculkan notifikasi yang berisikan informasi lisensi.

Apakah Aktivasi Windows 11 ini Permanen?

Setelah melakukan aktivasi Windows 11 menggunakan cara di atas, maka Windows 11 kamu akan teraktivasi minimal hingga lima bulan ke depan. Kamu bisa mengecek status aktivasi dan kapan expirednya Windows 11 kamu melalui CMD. Cara singkatnya adalah, kamu bisa membuka CMD, lalu ketikan kode: slmgr /xpr lalu klik Enter. Maka setelah itu akan muncul informasi mengenai tanggal expired-nya juga.

Akan tetapi ketika sudah mendekati masa expirednya, kamu tidak perlu khawatir. Hal ini karena kamu hanya perlu melakukan aktivasi ulang saja menggunakan salah satu cara yang sudah dijelaskan di atas untuk memperpanjang status aktivasi  11. Dengan demikian, kamu sudah tidak ada perlu mengkhawatirkan apapun lagi. Karena Windows 11 permanen atau tidak, status aktivasinya dapat tetap bisa diperpanjang sampai kapanpun.

Kesimpulan

Demikian informasi mengenai Cara Aktivasi Windows 11 di Laptop dan PC. Kamu tidak dapat memilih salah satu diantara dua cara di atas untuk melakukan aktivasi Windows 11 milikmu. Dengan demikian, kamu juga bisa dengan sangat mudah mengaktifkan Windows 11 sehingga kamu dapat menggunakan semua fitur-fitur baru menariknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.