Cara Reset Xiaomi Redmi 5

Posted on

Xiaomi adalah vendor smartphone yang sangat berani menawarkan harga ponsel yang sangat rendah namun memiliki spesifikasi yang terbilang tinggi. Karena hal tersebutlah Xiaomi sangat diandalkan dan diburu segala kalangan. Xiaomi berhasil merajai ponsel dunia dan menjadi produsen yang paling banyak menjual smartphone.

Namun meskipun smartphone Xiaomi ini sangat unggul namun bukan berarti tak mempunyai kendala sama sekali. Sama seperti smartphone pada umumnya, Xiaomi juga bisa dilanda sejumlah masalah.

Salah satu cara mengatasi masalah yang muncul di HP Xiaomi adalah dengan melakukan reset ke setelan pabrik atau reset factory. Jika anda penasaran bagaimana cara melakukan reset HP Xiaomi, simak terus artikel ini.

Cara Reset Xiaomi Redmi 5
Cara Reset Xiaomi Redmi 5

Sekilas Tentang Redmi 5

Xiaomi Redmi 5 menjadi incaran banyak kalangan sebab bagaimana tidak, dengan prosessor Snapdragon 450, Xiaomi Redmi 5 hanya dijual dibawah 2 jutaan. Padahal biasanya smartphone seperti ini dijual dengan harga 2 hingga 4 jutaan. Karena itulah smartphone Xiaomi Redmi 5 ini kerap disebut sebut “perusak pasar”.

Xiaomi Redmi 5 mempunyai banyak sekali keunggulan mulai dari dapur pacu, keamanan, dan kamera. Semua ini dapat memberikan pengalaman pengguna yang sangat memuaskan.

Dari segi desain, Xiaomi Redmi 5 memiliki besell yang sangat tipis sehingga enak digunakan untuk menonton video dan film. Xiaomi Redmi 5 terlihat lebar namun masih nayman untuk dipegang.

Hal yang menonjol dari Xiaomi Redmi 5 adalah fitur keamanannya yang sudah memiliki fitur sidik jari. Sensor ini terbilang cukup sensitif saat digunakan. Dengan sedikit sentuhan sudah dapat membuka ponsel seketika.

Apa Itu Reset

tutorial reset xiaomi redmi 5
tutorial reset xiaomi redmi 5

Reset ke setelan pabrik atau factory reset atau biasa disebut hanya reset saja adalah mengembalikan keadaan sistem ponsel sama seperti ketika keluar dari pabrik. Nantinya setelah melakukan reset atau factory reset maka ponsel akan kembali ke setingan awal serta semua data yang tersimpan dapat terhapus.

Reset biasanya dilakukan ketika terjadi error pada ponsel seperti freezing, aplikasi yang sering keluar tiba-tiba, tak dapat menelfon atau menerima terlfon, dan lain sebagainya.

Karena data yang tak dibutuhkan terhapus serta pengaturan kembali ke pengaturan awal maka akan banyak masalah pada ponsel yang dapat diatasi.

Jangan Lupa Backup Data Sebelum Reset HP Xiaomi Redmi 5

Jangan Lupa Backup Data Sebelum Reset HP Xiaomi Redmi 5
Jangan Lupa Backup Data Sebelum Reset HP Xiaomi Redmi 5

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa dengan melakukan reset pada Xiaomi Redmi 5 maka semua data yang ada di dalam Xiaomi Redmi 5 akan terhapus. Oleh sebab itu maka sebaiknya jangan lupa untuk melakukan backup terhadap data HP Xiaomi anda.

Backup dapat dilakukan dengan memindahkan data dari HP Xiaomi Redmi 5 ke perangkat lain baik itu komputer, hardisk, atau ke layanan cloud seperti Dropbox dan Google Drive. Berikut ini beberapa data yang tak boleh anda lewatkan untuk dibackup:

  1. File penting yang anda miliki yang terdiri dari video, foto, dokumen, dan file lainnya.
  • Backup riwayat chat.
  • Melakukan backup data aplikasi agar data tak hilang.

Hati-hati Terjadi Bootloop

Hati-hati Terjadi Bootloop
Hati-hati Terjadi Bootloop

Bootloop adalah hal yang dikhawatrikan saat melakukan reset. Maka pastikan lakukan reset dengan benar agar tak terjadi bootloop. Jika HP sudah mengalami bootloop maka sistem akan rusak dan mengalami sejumlah masalah baik hardware maupun sistem yang lebih besar.

Oleh sebab itu lakukanlah cara berikut ini dengan tepat agar HP Xiaomi Redmi 5 anda tak mengalami bootloop.

Pastikan saat melakukan reset, kondisi HP dalam keadaan penuh atau setidaknya minimal 50% terisi. Hal ini perlu agar nantinya proses reset dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala.

Cara Melakukan Reset Xiaomi Redmi 5 Melalui Setingan

Cara Pertama yang dapat dialkukan adalah dengan melalui menu setting. Cara ini adalah cara yang sangat mudah yang sudah disedikan oleh Xiaomi Redmi 5. Namun sebelum itu pastikan anda sudah melakukan backup. Jika sudah maka lakukanlah langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi setting pada HP Xiaomi Redmi 5 anda.
  • Pilih additional setting.
  • Setelah itu pilih menu Backup and Reset.
  • Kemudian klik Factory Reset.
  • Selanjutnya klik Reset Phone.
  • Konfirmasi dengan cara menekan Delete.
  • Terakhir, poses reset akan dimulai. Tunggu hingga selesai.

HP Xiaomi Redmi 5 nantinya akan mati lalu kemudian hidup. Saat hidup kembali, tampilan awalnya akan persis seperti HP yang pertama kali dinyalakan.

Cara Reset HP Xiaomi Redmi 5 Melalui Recovery Mode

Cara kedua yang dapat dilakukan adalah dengan melalui recovery mode. Cara ini juga disebut dengan hard reset. Biasanya recovery mode atau hard reset dilakukan saat kode pembuka ponsel tak dapat terbuka karena lupa.

Saat sudah masuk ke recovery mode maka untuk mengatur pilihan adalah dengan menekan tombol volume dan power.

Adapun caranya sebagai berikut:

  • Pertama matikanlah HP Xiaomi Redmi 5 anda.
  • Tekan tombol power dan volume + dengan bersamaan sampai muncul logo Xiaomi yang menandakan telah masuk recovery mode.
  • Pilih opsi Bahasa Inggris.
  • Pilih Wipe Data/ Factory Reset kemudian pilih Yes.
  • Tunggu sampai proses selesai dilakukan.

Manfaat Melakukan Reset bagi HP Xiaomi Redmi 5

Dengan melakukan reset pada HP Xiaomi Redmi 5 maka anda bisa memperoleh beberapa manfaat sekaligus. Beriku diantaranya:

Reset Bisa Membasmi Virus dan Malware

Reset Bisa Membasmi Virus dan Malware
Reset Bisa Membasmi Virus dan Malware

Virus dan malware adalah program yang dapat merusak ponsel baik bagian sistem maupun hardwarenya. Karena itulah keberadaan virus dan malware sangat berbahaya. Meskipun menggunakan aplikasi antivirus, virus dan malware kerap tak dapat dihilangkan begitu saja terutama bagi antivirus gratis.

Namun itu semua virus dan malware yang mungkin terdapat dalam Xiaomi Redmi 5 anda dapat diatasi dengan reset. Karena ketika reset semua data akan terhapus, demikian virus dan malware akan ikut terhapus.

HP Xiaomi Redmi 5 Menjadi Ngebut

Salah satu hal yang paling mencolok antar HP yang belum dan sudah direset adalah kecepatannya. HP Xiaomi Redmi 5 yang telah dilakukan reset akan menjadi lebih cepat ketimbang yang tidak.

Hal ini dikarenakan semua data ponsel telah terhapus maka HP Xiaomi Redmi 5 tak lagi terbebani oleh data yang menumpuk yang sebetulnya tak dibutuhkan.

Semakin lama kita menggunakan ponsel maka akan semakin banyak data yang dikumpukan oleh ponsel. Namun sayangnya seringkali data yang dikumpulkan tak penting dan aplikasi pembersih tak menghapusnya karena menganggap itu adalah data yang penting.

Saat melakukan reset, semua data HP anda baik yang penting atau yang tidak akan terhapus begitu saja. Dan ini akan menjadikan ponsel sangat ringan. HP Xiaomi Redmi 5 Anda akan mulai mengumpulkan data anda dari 0 lagi.

Kesimpulan

Sebagai salah satu perusahaan ponsel terbaik di dunia, Xiaomi menghadirkan ponsel yang sangat mumpuni, salah satunya adalah Xiaomi Redmi 5. Meskipun Xiaomi Redmi 5 mempunyai keunggulan yang sangat banyak di berbagai sisi namun bukan berarti Xiaomi Redmi 5 tak mempunyai masalah. Masalah kerap muncul seiring dengan waktu sebagaimana HP lainnya.

Cara mengatasi masalah HP paling ampuh adalah dengan melakukan reset. Ada 2 jenis reset yaitu reset dengan setting dan reset melalui recovery mode.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *