Cara Reset Printer Epson T13

Posted on

Jika saat ini anda mempunyai kendala printer yang ditandai dengan adanya kedipan pada lampu indikator maka pastikan anda membaca tuntas artikel kali ini sebab dalam artikel ini akan dijelaskan secara tuntas bagaimana cara reset printer Epson T13.

Epson T13 adalah salah satu jenis printer berjenis all in one yang dapat digunakan untuk melakukan print, copy, dan scan dokumen dengan menggunakan satu printer saja. Printer jenis ini sangat cocok untuk digunakan di lingkungan perkantoran ataupun untuk rumahan.

Printer ini mempunyai banyak peminat lantaran dengan fitur dan harganya yang terjangkau sehingga tak heran banyak orang yang menjatuhkan pilihan pada printer Epson T13.

Meskipun printer ini terbilang awet namun tak dipungkiri jika printer T13 juga dapat mengalami error sehingga tak dapat merespon perintah dan tak dapat digunakan untuk mencetak dokumen. Jika anda mengalami hal ini maka melakukan reset adalah salah satu opsi yang bisa dicoba.

Cara Reset Printer Epson T13

Sekilas Tentang Printer Epson T13

Printer Epson T13 adalah jenis printer yang sangat populer sekitar tahun 2015-an dan memiliki harga yang cukup tinggi. Namun kini printer ini bisa didapatkan hanya dengan harga 500 ribuan saja.

Saat ini printer Epson T13 sudah dikurangi produksinya dan Epson memfokuskan pada produksi jenis printer terbaru. Namun printer ini mudah kita temukan di situs jual beli seperti Facebook Marketplace dan OLX.

Dari segi spesifikasi, Epson T13 ini cukup standar dengen kecepatan cetak 28 ppm untuk cetak menggunakan tinta hitam dan kecepatan cetak 15 ppm untuk yang warna.

Salah satu fitur yang diunggulkan oleh Printer T13 adalah teknologi Ultra Durabite Ink yang sangat awet, mempunyai kualitas yang lebih baik, dan tangguh.

Kapan Printer Epson T13 Harus Direset?

Seberapa awet printer yang kita pakai sangat tergantung bagaimana kita merawat dan memperlakukan terhadap perangkat printer kita. Apabila printer yang kita gunakan dirawat dengan baik serta melakukan print dengan benar maka akan semakin panjang masa pakainya.

Hal yang sama tentunya berlaku sebaliknya jika seandainya printer T13 kita rawat dengan benar maka akan menjadi semakin awet dan tak mudah rusak.

Namun tak dapat dipungkiri sebaik apapun kita merawat printer kita akan ada saja masalah yang dapat muncul. Error Epson T13 ditandai dengan kedipan pada lampu indikator. Indikator ini menjadi indikasi adanya masalah baik itu software maupun hardware.

Namun biasanya lampu indikator yang berkedip lebih sering disebabkan oleh waste ink full atau counter pembuangan tinta yang penuh. Hal seperti itu terjadi maka sebaiknya lakukan reset ulang.

Ini adalah sistem yang  memang sudah ada dalam sistem Epson. Apabila printer Epson telah mencapai jumlah cetak skian ribu lembar ataupun telah mencapai waktu penggunaan tertentu maka akan muncul peringatan untuk melakukann reset dengan tanda kedipan pada lampu indikator.

Setting yang dilakukan adalah melakukan reset ulang dan penghitungan berulang dari 0 kembali. Karena hal itu printer menjadi seperti baru sama seperti baru beli di toko dan printer akan bekerja normal seperti sedia kala.

2 Cara Reset Printer T13 secara Manual

Printer Epson dan Canon biasanya dalam jumlah cetak tertentu harus dilakukan reset. Ini dilakukan agar kualitas pencetakan dapat senantiasa bekerja dengan baik.

Untuk dapat melakukan reset printer T13, anda butuh panduan bagaimana cara melakukan reset printer Epson T13. Jika salah dalam melakukan reset maka yang dikhawatirkan adalah nantinya akan menjadi masalah yang lebih besar nantinya.

Oleh karena itu disini akan dijelaskan dengan lengkap cara reset printer Epson T13 yang mudah untuk diikuti. Sehingga apabila terjadi error kembali, anda dapat mengatasinya sendiri.

Jika printer T13 anda mengalami masalah maka sebaiknya  jangan buru-buru membawanya ke teknisi sebab dengan sedikit panduan sudah dapat menyelesaikan masalah printer anda.

Dengan memperbaiki sendiri printer T13 anda maka nantinya printer akan dapat bekerja normal seperti sedia kala. Anda telah menghemat biaya perbaikan dan juga menambah pengetahuan anda terhadap cara memperbaiki printer T13.

Terdapat dua cara reset printer Epson T13 yaitu dengan cara manual dan juga dengan bantuan software. Berikut cara melakukannya:

Reset Epson T13 Secara Manual

Reset printer dengan manual berarti reset printer dilakukan tanpa bantuan software ataupun aplikasi. Reset dilakukan dengan cara menekan kombinasi tombol tertentu pada printer. Tombol yang ditekan mempunyai cara tekan dan durasi tertentu.

Sebenarnya cara reset printer T13 telah ada di dalam buku manual yang didapatkan saat pertama kali membeli printer. Untuk memastikan cara reset printer T13 anda dapat membuka kemblai buku manualnya.

Namun untuk seri T13 ini kada kemungkinan tak bisa dilakukan sekali reset saja sebab terkadang diperlukan reset berulang antara 2 hingga 5 kali. Dalam proses tersebut waktu yang dihabiskan untuk melakukan reset antara 30 menit hingga 1 jam.

Adapun cara reset Epson T13 adalah sebagai berikut:

  1. Pertama  buka tutup printer.
  2. Tekan tombol resume sebanyak satu kali.
  3. Setelah itu tunggulah catridge mulai bergerak ke bagian tengah kemudian berhenti.
  4. Tekan tombol reset pada tank infus pada bagian atas catridge (bagian ini tersambung dengan chip caridge) terkadang catrige tidak dapat dideteksi (ditampilkan pada layar).
  5. Tekan kembali tombol resume sebanyak jumlah caridge yang tidak dapat dideteksi. Saat menekan yang terakhir ini harus dilakukan agak lama hingga warna lampu indikaot menjadi hijau (normal).

Apabila printer telah berbunyi dan lampu indikator sudah berubah menjadi berwarna hijau maka itu artinya printer sudah kembali normal dan siap untuk digunakan.

Reset Epson T13 dengan Software

Selain melakukan reset dengan menggunakan cara manual, reset Epson T13 juga bisa dilakukan dengan cara menggunakan software yang bernama Epson Adjusment program yang secara khusus diprogram untuk mengatur ulang atau reset printer Epson ke pengaturan dasarnya.

Oleh sebab itu sebelum mengikuti panduan cara reset Epson T13 ini, anda harus sudah menginstal Epson Adjusmet Program ke komputer, PC, atau laptop anda.

Cara ini dapat anda terapkan apabila cara reset printer Epson T13 sebelumnya gagal atau error sehingga masalah tak dapat diatasi.

Berikut ini langkah-langkah melakukan reset printer dengan Epson Adjusment Program:

  1. Pertama buka aplikasi Epson Adjusment Program.
  2. Pada jendela baru ini pilih Accept.
  3. Pilih select, kemudian pada bagian port pilih T13. Setelah itu klik Ok.
  4. Nantinya kita akan kembali ke jendela pertama . Pilih Pacticular Adjusment Mode.
  5. Setelah itu pilih Small ink counter reset. Lalu pilih Ok.
  6. Setelah itu akan muncul jendela baru, pilih semua warna CMYK.
  7. Proses reset printer T13 tahap pertama selesai dilakukan. Selanutnya ke tahap berikutnya.
  8. Buka Resetter Epson kembali. Pilih accept.
  9. Pilih select.
  10. Pilih port T13.
  11. Pilih particular adjusment mode.
  12. Pilih waste ink pad counter.
  13. Ceklis bagian main pad counter, FL Box counter, lalu klik check. Klik ok.
  14. Ceklis bagia Main pad counter, FL box counter, lalu klik inisialization. Klik ok.
  15. Klik ink harging. Setelah itu matikan primnter. tunggu 10 detik lalu hidupkan.
  16. Selesai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *