Cara Reset Printer Epson L310

Posted on

Printer Epson dikenal sebagai merek yang awet dan bagus. Inilah alasan mengapa printer Epson sangat diminati di Indonesia.  Salah satu printer keuaran Epson adalah printer L310. Printer Epson L310 sangat dapat diandalkan untuk kebutuhan kantor ataupun untuk kebutuhan rumahan.

Meskipun dikenal awet, namun bukan berarti printer Epson tak akan mengalami kendala. Printer Epson L310 dapat saja mengalami kendala yang menyebabkannya tak dapat berfungsi sama sekali.

Jika printer L310 maka akan muncul kedipan sebagai tanda adanya kendala baik bagian software maupun softwarenya. Jika sudah seperti itu maka anda harus segera memperbaikinya agar nantinya printer Epson dapat digunakan kembali.

Cara Reset Printer Epson L310

Sekilas Tentang Epson L310

Printet Epson L310 adalah jenis printer yang didukung oleh teknologi printhead Micro Piezo yang dapat mencetak dengan kecepatan yang luar biasa yaitu 33 ppm (draft) dan 9.2 ipm (ISO). Salah satu hal terbaik dari printer L310 ini adalah letak cartrigenya yang berada di sebelah kanan printer yang terinegrasi dengan baik. Hal itu membuat printer ini tidak buduh dibuka dan ditutup untuk sekedar mengisi tintanya.

Dengan bodi yang cukup tipis, ramping, dan cenderung agak melebar printer ini hanya memiliki bobot 2 Kg. Ini membuat desainnya sungguh menarik jika diletakan pada tempat kerja. Printer ini difokuskan untuk pengguna yang membutuhkan cetak dalam jumlah yang tinggi. Kecepatannya bahkan sampai 3x lipat lebih tinggi dibandingkan dengan seri Epson L generasi sebelumnya. Dalam satu botol tinta, printer ini dapat mencetak hingga 4000 lembar. Jika dikombinasikan dengan 3 botol tinta maka printer ini dapat mencetak 65000 lembar. Harga per botol printer hanya 100 ribuan saja untuk yang ukuran 70 ml. Itu artinya biaya cetaknya hanya Rp. 20,- untuk kertas hitam putih dan Rp. 35,- untuk yang berwarna.

Printer ini memberikan garansi kepada penggunanya selama 1 tahun atau 30.000 lembar cetak. Printer Epson L310 telah meraih penghargaan Best Innovative Award tahun 2012 karena inovasinya dalam mengembangkan printer yang hebat.

Penyebab Epson L310 Berkedip

Printer Epson L310 dapat menjadi berkedip apabila terdapat masalah baik dari sisi perangkat kerasnya atau hardware maupun perangkat lunaknya atau software. Karena cakupan masalahnya yang luas membuat sebagian orang bingung apa masalah yang sebenarnya terjadi pada printer Epson L310 mereka.

Dalam kebanyakan kasus, kedipan pada printer disebabkan oleh error waste ink full yang menyebabkan over ink pad counter. Setiap printer mempunyai batas jumlah cetak tertentu. Setelah mencapai jumlah cetak tersebut maka printer harus dilakukan reset agar kembali penghitungan dari nol kembali.

Hal ini dilakukan agar hasil cetak dalam keadaan bagus dan kembali fresh setelah periode penggunaan tertentu. Oleh sebab itu, masalah ini bukanlah masalah yang serius, anda dapat mengatasinya dengan mudah.

Cara Reset Printer Epson L310

Cara reset printer Epson L310 terbilang sangat mudah sekali untuk dilakukan. Namun meskipun demikian reset printer Epson L310 tak boleh dilakukan secara sembarangan sebab jika salah maka dapat menyebabkan maalah yang lebih serius nantinya.

Oleh sebab itu dalam artikel ini anda akan dipandu bagaimana cara reset printer L310. Dengan mengetahui cara reset printer L310 maka anda dapat melakukan reset jika printer Epson L310 anda perlu direset nantinya.

Selain itu anda tak perlu mengeluarkan dana untuk tukang servis atau teknisi untuk memperbaiki printer Epson anda.

Terdapat dua cara yang dapat dilakukan untuk melakukan reset printer Epson L310 yaitu secara manual dan dengan bantuan aplikasi Epson Adjusment Program.

Sebaiknya cobalah dengan cara manual terlebih dahulu. Jika cara manual ternyata gagal, anda dapat mencoba dengan menggunakan software.

Cara Reset Printer Epson Secara Manual

Cara reset printer Epson secara manual artinya tanpa membuthkan aplikasi apapun. Reset dilakukan dengan cara menekan tombol tertentu dengan cara tertentu dan dengan durasi tertentu.

Sebenarnya cara reset Epson yang dijelaskan disini sudah ada dalam manual book yang didapatkan saat pembelian printer Epson ini. Apabila anda masih mempunyai manual book nya silahkan dibuka untuk memastikan caranya.

Adapun cara rset printer secara manual bisa dilakukan dengan cara berikut ini:

  1. Pertama, cabut terlebih dahulu kabel power yang tersambung ke printer selama 5 menit.
  2. Setelah itu anda dapat menyambungkan kembali kabel power yang sebelumnya dicabut.
  3. Nyalakan printer lalu tekan tombol resume dan tahan selama 5 detik.
  4. Lakukan kembali namun dengan durasi 3 detik.
  5. Selanjutnnya printer akan melakukann reset. Tunggu hingga proses selesai.
  6. Jika sudah selesai maka lampu indikator akan berhenti berkedip dan printer sudah dapat melakukan print seperti biasanya.

Apabila anda sudah melakukan cara diatas maka kemungkinan printer akan berhasil direset. Jika sudah tereset ke kembali pengaruan awal maka printer seolah seperti baru pertama kali dipakai. Printer akan kembali seperti sedia kala, dapat mencetak dokumen dengan normal.

Namun apabila cara reset ini tidak membuahkan hasil, selanjutnnya anda dapat melakukan reset printer Epson L310 dengan cara dibawah.

Cara Reset Printer Epson L310 dengan Software

Cara lainnya untuk melakukan reset Espon L310 adalah dengan menggunakan software

  1. Pertama, download terlebih dahulu aplikasi Epson Adjusment Program lalu instal pada laptop, PC, atau komputer anda.
  2. Buka aplikasi lalu klik Select.
  3. Pada bagian model name, pilih L310, lalu tekan Ok.
  4. Selanjutnya klik Particular Adjusment Mode.
  5. Pilih waste ink pad counter.
  6. Centang bagian main pad counter.
  7. Klik initialize.
  8. Tunggu hingga proses reset selesai dilakukan.

Tips Mencegah Error pada Printer Epson L310

Berikut ini cara mencegah error pada printer Epson L310:

  1. Gunakan Secara Rutin

Agar senantiasa awet, printer Epson L310 harus selalu digunakan secara rutin. Hal ini terjadi karena dalam printer terdapat banyak pelumas yang melumasi bagian dalam printer. Setiap kali printer digunakan maka gerakan mekanik pada printer akan bergerak sekaligus melumasi bagian spare pack tersebut. Ini akan menjaga agar printer senantiasa awet.

Sebalinya apabila printer jarang digunakan maka printer akan sering tersendat. Ini terjadi karena bagian printer yang tak terlumasi menjadi keras sehingga rentan untuk patah atau rusak. Bagian yang seringkali akan bermasalah jika printer Epson L310 jarang digunakan adalah bagian Cartidge dan Head Printer.

  1. Jangan Paksakan Printer

Sebagaimana alat elektronik apapun, printer Epson L310 juga tak boleh dipaksaan dalam penggunaannya. Setiap printer pasti mempunyai masa jeda dalam mencetak. Jadi apabila hendak mencetak dalam jumlah besar maka sebaiknya lakukan secara bengangsur-angsur dengan jeda.

Sebaiknya lakukanlah pencetakan sebanyak maksimal 25 lembar dalam sekali cetak. Setelah itu jeda selama 3 menit baru kemudian lakukan print kembali. Hal ini dilakukan agar printer tidak menjadi panas.

Jika terlalu dipaksakan maka printer akan mengalami kerusakan pada bagian gear dan head printer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *