Cara Mengubah Kuota Belajar Tri Jadi Kuota Reguler

Mengubah kuota belajar tri menjadi kuota reguler merupakan salah satu cara untuk mendapatkan kuota gratis. Dengan volume yang mencapai 30 Gb, tentunya sudah bisa untuk mengakomodir kebutuhan sosmed ataupun streaming untuk satu bulan. Di tengah kondisi ekonomi yang serba sulit, kamu bisa memafaatkan bantuan dari kemendikbud tersebut. Namun tentunya jangan untuk disalahgunkan ya. Mau tau seperti apa caranya? berikut ulasan lengkapnya

Di tengah pandemi covid 19 yang juga belum berakhir, memaksa sejumlah sektor untuk beraktivitas secara jarak jauh. Salah satunya adalah di sektor pendidikan dimana sistem pembelajaran dilakukan secara daring. Sistem inipun banyak dikeluhkan oleh para orang tua, karena dengan sistem online otomatis membutuhkan gadget dan kuota internet.

Proses belajar yang dilakukan secara live meet, tentu saja membutuhkan akses kuota internet yang banyak. Menanggapi hal tersebut, pemerintah melalui kemendikbud meluncurkan kuota gratis kepada para pelajar. Besaran kuota yang diberikanpun bervariasi dari 20 Gb sampai 50 Gb. Kuota gratis yang disebut sebagai kuota belajar/ edukasi ini bisa diperoleh baik pengguna operator telkomsel, XL, indosat maupun Tri.

Apa Itu Kuota Belajar Kemendikbud?

Kuota belajar adalah kuota internet gratis yang khusus diberikan untuk siswa, mahasiswa, guru dan juga dosen. Tujuan utamanya adalah agar bisa meringankan dalam proses belajar mengajar yang dilakukan secara daring.

Kuota edukasi tersebut merupakan kerjasama antara Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan atau yang disingkat Kemendikbud dengan sejumlah operator seluler. Besaran kuota yang diberikan juga bervariasi tergantung jenjang pendidikanya. Misalnya untuk Paud mendapatkan subsidi 20 Gb/bulan, Pendidikan Dasar dan menengah mendapatkan 35 Gb/ bulan, Guru mendapatkan 42 Gb/ bulan. Sedangkan untuk mahasiswa dan dosen mendapatkan subsidi 50 Gb/ bulan.

Dan perlu diketahui, kuota ini hanya khusus untuk mengakses beberapa situs atau aplikasi yang mendukung sistem pembelajaran saja. Beberapa diantaranya Google Classroom Ruang Guru, Bahaso, Ayoblajar, Zoom, dan lain sebagainya. Lalu bagaimana jika untuk mengakses aplikasi lain seperti IG atau FB? Kamu butuh trik khusus untuk mengubah kuota edukasi kemendikbud menjadi kuota reguler. Caranya ada dibawah.

Cara Mendapatkan Kuota Belajar Tri 30 Gb

Para pengguna tri memang dimanjakan dengan beberapa kuota gratis. Selain kuota belajar 3 alwaysOn, Tri juga memberikan kuota 30 Gb yang bisa dibeli secara cuma cuma yakni seharga Rp 1 saja. Ini merupakan salah satu upaya Tri dalam mendukung program belajar online yang diselenggarakan kemendikbud.

Besaran 30 Gb tersebut hanya khusus untuk pelajar, mahasiswa, guru dan juga dosen. Bisa beraku selama 24 jam selama 30 hari. Jadi hanya nomor yang terdaftar di sekolah atau kampus saja yang berhak mendapatkanya. Lalu bagaimana cara mendapatkanya? ikuti petunjuknya berikut

  1. Para pengguna tri bakalan mendapatkan SMS penawaran dari 111 perihal kuota belajar 30 gb tersebut. Balaslah sesuai dengan kode yang diminta
  2. Setelah menerima notifikasi silahkan buka aplikasi bima+. BUka menu recomended for you. Kemudian pilih kuota SFH 30 Gb dengan pembelian cuma Rp 1 saja menggunakan pulsa.

Adapun pembagian dari kuota tersebut adalah 10 gb untuk seluruh aplikasi dan 30 Gb untuk aplikasi zenius, ruang guru, google classroom dan juga edmodo.

Cara mengubah Kuota Belajar Tri Menjadi Regular

Jika kamu ingin mengubah kuota 30 gb tri tersebut menjadi kuota utama dan bisa diakses kapan saja dan untuk aplikasi apa saja maka bisa melakukan trik berikut. Bahan yang diperlukan adalah sebuah aplikasi bernama HTTP Custom dan sebuah config.

  • Unduh http custom apk versi terbaru dan file confignya melalui link download
  • Kami berikan 3 config, pilih salah satu jika tidak work kamu bisa ganti dengan yang lain.
  • Buka http custom dan laukan pengaturan seperti gambar dibawah

    cara mengubah kuota belajar tri jadi reguler dengan http custom
    cara mengubah kuota belajar tri jadi reguler dengan http custom
  • Untuk memasukan config, tap tanda plus di pojok kanan bawah

    masukan config
    masukan config
  • Pilih salah satu file config yang sudah kalian download tadi

    pilih salah satu
    pilih salah satu
  • Di halaman utama, tap Connect

    mengubah kuota belajar kemendikbud
    mengubah kuota belajar kemendikbud
  • Jika tidak berhasil connect, silahkan matikan data seluler sebentar dan sambungkan lagi.
  • Jika tidak work, silahkan ganti dengan config yang lain.

Itulah tadi cara mengubah kuota belajar tri menjadi kuota reguler. Satu hal lagi yang perlu diketahui, kuota ini akan bisa digunakan setelah kuota utama kalian habis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *