3 Cara Reset HP Oppo A5s dengan Mudah!

Posted on

Oppo adalah merek ponsel yang cukup digandrungi oleh masyarakat karena terus menelurkan ponsel berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau bagi kalangan masyarakat. Salah satu ponsel yang pernah dilekuarkan oleh Oppo adalah Oppo Oppo A5s yang memiliki spesifikasi yang cukup bagus.

Dirilis pada 2019 silam, HP Oppo A5s dilengkapi dengan memori internal sebesar 32 GB, RAM 3 GB, dual kamera 13 MP, dan dengan baterai berkapasitas 4230 mAh. Dengan spesifikasi seperti ini, HP Oppo A5s sudah sangat baik untuk menunjang aktivitas sehari-hari para penggunannya.

Namun sebagaimana kebanyakan ponsel, sebagus apapun suatu ponsel pada akahirnya dapat mengalami masalah-masalah tertentu seiring dengan semakin seringnya HP digunakan. Semakin sering dan semakin tua suatu HP maka semakin cepat juga penurunan peforma yang dialami.

3 Cara Reset HP Oppo A5s dengan Mudah

Jika sudah seperti itu maka biasanya HP akan mengalami sejumlah masalah. Jika HP Oppo Oppo A5s anda mengalami masalah maka anda datang di tempat yang tepat sebab di sini kita akan membahas salah satu cara untuk menangani masalah pada HP Oppo Oppo A5s.

Cara penanganan masalah disini dengan cara reset. Reset sendiri dapat mengatasi banyak sekali problem yang dialami pada HP Oppo Oppo A5s mulai dari lemot, freezing, lupa PIN loockscreen, hingga menghilangkan virus.

Apa Itu Reset?

Reset berasal dari kata resetting atau menyetel ulang. Reset sebenarnya adalah kependekan dari reset factory atau dalam bahasa Indonesianya berarti menyetel ulang ke setelan pabrik. Jadi dengan melakukan reset maka nantinya settingan akan kembali ke settingan awal persis yang pabrik lakukan pada ponsel. Selain itu semua data akan terhapus sehingga banyak masalah yang dapat teratasi dengan cara ini.

Karena reset dapat menghapus semua data yang ada di HP Oppo Oppo A5s maka lakukan pencadangan data atau backup dengan memindahkan data ke perangkat lain terlebih dahulu baik itu hardisk, flashdisk, komputer atau ke layanan cloud sepeti Google Drive dan Dorpbox.

Selain itu pastikan bahwa baterai ada diatas 50% agar nantinya HP tak mati saat reset berlangsung yang akan mengkibatkan error yang serius nantinya.

Jika persiapan diatas telah dilakukan, maka anda dapat melakukan reset HP Oppo Oppo A5s dengan cara berikut ini:

1. Cara Reset HP Oppo Oppo A5s dengan Hard Reset

Cara Reset HP Oppo A12 Melalui Hard Reset

Cara reset HP yang pertama adalah dengan hard reset. Cara ini biasa dilakukan saat HP Oppo Oppo A5s mengalam freezing atau saat lupa PIN pembuka HP. Adapun langkah-langkah yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Pertama matikan terlebih dahulu HP Oppo Oppo A5s anda lalu tekan tombol vulume bawah ( – ) dan tombol power secara bersamaan hingga muncul logo Oppo. Disni anda telah masuk ke recovery mode. Navigasi hanya dapat dilakukan dengan menggunakan tombol fisik volume dan power.
  2. Setelah itu pilih Wipe data kemudian pilih Ok.
  3. Tunggu hingga proses reset selesai berjalan.
  4. Setelah selesai HP Oppo A5s sudah dapat diguanakan.

2. Cara Reset HP Oppo Oppo A5s dengan Menggunakan Google Find My Device

Cara Reset Menggunakan Google Find My Device

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan Google Find My Device dari Google. Ini sebenarnya adalah fitur untuk mencari HP yang hilang namun dapat juga digunakan untuk melakukan reset. Penambahan fitur reset pada Google Find My Device adalah untuk memastikan bahwa data HP tetap aman tak diakses oleh orang lain. Adapun langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, buka Google Find My Device dengan link berikut ini: https://google.com/find melalui perangkat lain.
  2. Login menggunakan akun yang sama dengan akun yang terhubung di HP Oppo Oppo A5s anda.
  3. Nantinya akan tampil perangkat yang terhubung dengan akun. Pilih HP Oppo Oppo A5s.
  4. Terdapat tiga pilihan, pilih Hapus.
  5. Tunggu hingga proses reset selesai dilakukan.

3. Cara HP Oppo Oppo A5s dengan Menu Setting

Cara ini adalah cara yang paling sering digunakan. Cara ini sangat mudah karena hanya dengan setting di bagian pengaturan saja. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, buka setting.
  2. Setelah itu pilih Additional Setting.
  3. Kemudian pilih Backup dan Reset.
  4. Terakhir pilih Remove All Contents and Settings/ Reset Phone.
  5. Tunggu hingga proses reset selesai dilakukan.

Manfaat Melakukan Reset Bagi HP Oppo Oppo A5s

Reset biasanya dilakukan oleh seseorang adalah untuk mengatasi masalah error pada HP namun disamping itu reset juga memiliki manfaat lainnya yang dapat diperoleh. Berikut beberapa manfaat melakukan reset bagi HP Oppo Oppo A5s:

  1. Reset dapat Menghilangkan Malware dan Virus di HP

Malware dan virus merupakan program komputer yang dapat merusak HP Oppo Oppo A5s baik pada bagian software maupun pada bagian hardware. Keberadaan malware seringkali tak terdeteksi oleh aplikasi antivirus karena perkembangan virus dan malware melampaui perkembangan antivirus. Jika HP Oppo Oppo A5s terkena virus maka akan lebih rentan mengalami peretasan, pencurian data, dan mengalami kerusakan.

Virus dapat datang dari aplikasi yang diinstal dan juga dari situs yang dikunjungi. Beberapa virus sangat sulit terdeteksi bahkan tak disadari selama bertahun-tahun. Jika sudah begini maka salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan reset.

Reset sendiri sebagaimana yang telah dijelaskan dapat menghapus semua data. Tak hanya itu, reset juga dapat menghapus virus karena pada dasarnya virus adalah sekumpulan data yang berisi program komputer.

Dengan reset maka virus dan malware akan dapat hilang dan dengan demikian HP akan menjadi lebih aman.

  1. Memperbesar Memori Internal

Meningkatkan Peforma Android

Salah satu masalah yang seringkali dihadapi oleh pengguna HP Oppo Oppo A5s yang telah cukup lama menggunakanannya adalah memori internal yang cepat sekali penuh. Sekalipun telah dibersihkan, namun tetap saja memori internal menunjukan telah penuh.

Memori internal memang menopang sebagian besar sistem pada HP Oppo Oppo A5s dan menjadi yang paling diandalkan dalam menjalankan sistem. Data terus saja dikumpulkan dari setiap aplikasi yang ini seiring dengan waktu akan membebani HP Oppo Oppo A5s.

reset dapat mengatasi hal ini dengan sangat efektif. Karena semua data penting dipindahkan sebelum reset dilakukan maka tak ada lagi data yang tak penting setelah reset dilakukan pada ponsel. Sebagian orang bahkan melakukan reset dengan tujuan ini.

  1. Meningkatkan Performa

Reset secara signifikan dapat meningkatkan peforma HP Oppo A5s dengan sangat drastis. Hal ini berkaitan dengan penjelasan sebelumnya. Jika virus bersarang di HP maka HP akan menylitkan kinerja HP dan juga memori internal yang selalu penuh akan menghambat proses kerja ponsel. Inilah yang menghambat peforma HP. Jadi dengan melakukan reset HP Oppo A5s akan meningkat tajam peformanya seperti pertama kali dibeli.

Leave a Reply

Your email address will not be published.