3 Cara Reset HP Oppo A12 dengan Mudah

Posted on

HP asal China terus merebut pasar tanah air yang sangat potensial bagi produsen ponsel. Salah satu merek ponsel yang turut bertarung merebut hati masyarakat adalah Oppo. Oppo adalah salah satu merek HP yang sangat sukses di Indonesia karena menawarkan HP dengan harga yang terjangkau namun dengan spesifikasi yang sangat mumpuni.

Salah satu varian HP yang dikeluarkan oleh Oppo adalah HP Oppo Oppo A12 yang memiliki ukuran layar sebesar 6.22” yang dibekali dengan kamera sebesar 13MP. Memori internal yang tersemat memiliki ukuran 32GB dan RAM sebesar 3 GB.

3 Cara Reset HP Oppo A12 dengan Mudah

HP ini mempunyai segudang kelebihan yang sangat unggul dibandingkan dengan pesaingnya. Dengan spesifikasi seperti ini HP Oppo A12 akan memiliki daya tahan yang tinggi pula. Namun tergantung dari bagaimana penggunaannya.

Namun kali ini kita tak membahas seputar HP Oppo Oppo A12 namun kita hanya akan membahas seputar reset HP Oppo Oppo A12 yang sering ditanyakan oleh sebagian pengguna HP Oppo Oppo A12.

Reset HP Oppo Oppo A12 sendiri dapat mengatasi cukup banyak permasalahan pada HP Oppo Oppo A12 seperti HP yang mulai lemot, lupa PIN lockscreen, tak dapat memanggil dan menerima panggilan, sering keluar dari aplikasi sendiri, dan lain sebagainya.

Jika anda membutuhkan panduan bagaimana cara melakukan reset HP Oppo Oppo A12, simak artikel ini sampai habis.

Apa Itu Reset?

Sederhananya reset adalah mengembalikan ponsel ke setelan awal dan menghapus semua data pada ponsel sehingga setelah reset selesai dilakukan maka kondisi HP seperti baru pertama kali keluar dari pabrik. Itulah mengapa disebut reset pabrik/ reset factory.

Maka anda sebaiknya memindahkan data yang ada di HP terlebih dahulu ke media lain seperti flashdisk, hardisk, komputer atau layanan cloud seperti Google dan Dropbox. Jangan lupa backup aplikasi agar data pada aplikasi tak hilang seperti WhatsApp, game dan catatan.

Sebelum melakukan reset, pastikan jika baterai HP mencukupi. Sebaiknya isi hingga minimal mencapai 50% sebelum reset dilakukan. Mati karena kehabisan baterai saat reset dilakukan akan menghambat proses reset.

Jika sudah siap melakukan reset, anda dapat memilih beberapa cara melakukan reset berikut ini:

Cara Reset HP Oppo A12 Melalui Menu Setting/ Pengaturan

Cara pertama yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan pengaturan/ settings. Cara ini adalah cara termudah yang bisa dilakukan. Sebagaimana yang anda ketahui, Oppo menyediakan fitur reset pada bagian setting/ pengaturan dan kita hanya perlu melakukan konfirugasi disana. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berkut:

  1. Buka Setting/ Pengaturan.
  2. Pilih Additional Settings/ Pengaturan Lainnya.
  3. Setelah itu pilih Backup dan Reset.
  4. Setelah itu pilih Remove All Contents and Settings/ Reset Phone.
  5. Tunggu hingga proses reset selesai dilakukan.

Cara Reset HP Oppo A12 Melalui Hard Reset

Cara Reset HP Oppo A12 Melalui Hard Reset

Cara kedua yang dapat anda lakukan adalah dengan menggunakan hard reset atau juga kerap disebut dengan recovery mode. Cara ini biasanya dilakukan saat HP mengalami freezing atau tak dapat merespon perintah dan sentuhan. Selain itu juga diguankan saat lockscreen tak dapat dibuka karena PIN terlupa. Jika ingin melakukan cara ini, lakukan langkah berikut ini:

  1. Pertama, matikan ponsel terlebih dahulu lalu tekan tombol ( – ) bersamaan dengan tombol power selama beberapa detik hingga muncul logo Oppo. Disini anda telah memasuki recovery mode dan disini anda hanya dapat menggunakan tombol fisik untuk melakukan navigasi.
  2. Pilih Wipe Data.
  3. Setelah itu lakukan konfirmasi dengan memilih Ok.
  4. Selanjutnya tunggu hingga proses selesai.

Cara Reset HP Oppo A12 Melalui Google Find My Device

Cara Reset Menggunakan Google Find My Device

Cara reset yang terakhir adalah reset HP Oppo A12 dengan menggunakan Google Find My Device dari Google. Ini bukanlah aplikasi yang diperuntukan untuk melakukan reset namun secara khusus dirancang untuk menemukan HP yang hilang.

Namun dalam Google Find My Device ini terdapat fitur yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan reset. Maksud Google menyematkan fitur reset adalah untuk melindungi data pengguna karena dikhawatirkan data akan disalah gunakan oleh pencuri.

Adapun langkah-langkah yang dapat anda lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Pertama buka link berikut ini: https://www.google.com/android/find dengan menggunakan perangkat lain entah dengan komputer, laptop, atau HP lainnya.
  2. Login menggunakan akun Google yang terhubung dengan HP Oppo A12 yang hendak direset.
  3. Nantinya akan muncul perangkat yang terhubung dengan akun Google tersebut. Pilih HP Oppo A12 yang hendak direset.
  4. Nantinya akan muncul 3 pilihan. Pilih Hapus data untuk melakukan reset.
  5. Lakukan konfirmasi dengan mengisi password akun Google.
  6. Tunggu hingga proses selesai dilakukan.

3 Manfaat Melakukan Reset bagi HP Oppo Oppo A12

Disamping dapat mengatasi banyak masalah, reset juga memiliki manfaat lain disampingnya. Tak hanya satu, melainkan banyak manfaat yang dapat diperoleh. Namun pada kesempatan kali ini, kita hanya akan membahas 3 manfaat melakukan reset bagi HP Oppo A12.

  1. Reset HP Oppo A12 dapat Menghapus Malware dan Virus

Reset Bisa Membasmi Virus dan Malware

Tak hanya data pribadi saja yang terhapus, malware dan virus juga akan ikut terhapus selama proses reset. Ini tentunya sangat bagus bagi HP Oppo A12 karena akan menjadi lebih aman dari sebelumnya. Sebagaimana yang kita tahu, malware dan virus sangat berbahaya bagi HP karena dapat merusak baik sistem maupun hardware HP.

Malware dan virus dapat masuk ke HP kita melalui sistus yang kita kunjungi, file yang kita unduh, dan aplikasi yang kita instal. Untungnya reset dapat menghapus virus dengan sangat baik sehingga HP menjadi lebih aman setelah reset dilakukan.

  1. Reset Membuat Memori HP Oppo A12 Menjadi Lebih Lega

Meningkatkan Peforma Android

HP Oppo A12 yang anda gunakan seiring dengan waktu akan ada banyak data yang tertimbun dalam memori. Ini akan menimbulkan banyak masalah. Jadi untungnya dengan melakukan reset adalah nantinya semua data akan terhapus.

Sehingga membuat memori internal menjadi lebih lega. Memori internal sendiri menopang proses sistem Android dan aplikasi sehingga saat memori internal ini terisi oleh data yang tak digunakan terlalu banyak maka akan timbul banyak masalah.

  1. Reset Membuat HP Oppo A12 Menjadi Lebih Kencang

Setelah reset dilakukan, hal yang paling terasa adalah peforma HP Oppo A12 yang menjadi lebih kencang. HP Oppo A12 akan menjadi seperti HP yang baru dibeli. Hal ini karena semua data tak lagi membebani memori dan virus serta malware telah terhapus.

Kesimpulan

Reset adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki error pada HP Oppo A12. Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk reset antara lain menggunakan menu setting, hard reset, dan melalui Google Find My Device.

Leave a Reply

Your email address will not be published.