3 Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus Permanen!!

Menghapus chat WA kadang menjadi rutinitas untuk bisa mengosongkan sebagian ruang penyimpanan yang ada pada smartphone. Namun beberapa kondisi sangat disayangkan untuk menghapus chat tersebut. Oleh sebab itu, cara mengembalikan chat WA yang terhapus permanen banyak dicari.

Pasalnya, chat-chat penting yang ada di WA bisa saja terhapus otomatis atau tidak sengaja terhapus. Namun tenang saja karena untuk mengembalikannya bisa menggunakan cara yang cepat. Penasaran bukan dengan bagaimana langkah yang bisa dilakukan? Simak artikel ini ya.

Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus Permanen

Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus Permanen

Jika sudah terlihat kata permanen maka sedikit tidak percaya bahwa chat tersebut bisa dikembalikan. Teknologi saat ini sangat canggih sehingga bisa melakukan hal-hal yang diinginkan seperti ini. Dan kamu bisa menggunakan cara yang akan diberikan di bawah ini untuk mendapatkan chat kembali:

1.     Menggunakan File Manager

Cara yang bisa dilakukan untuk bisa mengembalikan chat WA yang sudah terhapus adalah dengan aplikasi file manager. Saat ini, ponsel sudah disediakan menu ini sehingga bisa membantu pengguna untuk bisa melihat penyimpanan internal maupun eksternal.

Karena chat pada WhatsApp ini tersimpan pada aplikasi ini dalam bentuk back up file. Untuk bisa memulihkan chat dengan cara ini bisa melalui perangkat komputer dan lainnya, dengan langkah:

  1.   Pertama, kamu bisa membuka penyimpanan lokal atau microSD pada menu File Manager.
  2. Setelah itu, pilih WhatsApp à Cari folder Database WA.
  3. Nantinya akan ditemukan file cadangan dengan nama msgstore-YYYY-MM-DD.1.db.crypt12.
  4. Ubah namanya menjadi msgstore.db.crypt12. Jangan sampai mengubah nomor ekstensi dari crypt dan kamu bisa melihat cadangan pesan lebih lama dengan nomor yang lebih kecil seperti crypt9 atau crypt10.
  5. Setelah itu, uninstall WhatsApp dan pasang ulang aplikasi (instal) melalui Google Play Store.
  6. Saat sudah masuk aplikasi maka klik Pulihkan, tunggulah sampai prosesnya selesai dan chat WhatsApp yang terhapus tadi bisa kembali lagi.

2.     Melalui Google Drive

Agar bisa melakukan cara mengembalikan chat WA yang terhapus permanen maka kamu juga bisa menggunakan Google Drive. Untuk aplikasi ini memberikan fitur yaitu untuk cadangan lokal pada saat online melalui perangkat ponsel.

Dengan adanya fitur cadangan ini maka bisa membuat pesan WA yang sudah terhapus akan pulih. Untuk caranya cukup mudah, seperti di bawah ini:

  1. Pertama, hidupkan smartphone kamu terlebih dahulu.
  2. Kemudian, tautkan pada perangkat akun Google yang merupakan akun yang menyimpan cadangan WhatsApp kamu.
  3. Setelah itu, pilih untuk Pulihkan pada saat ada notifikasi untuk memulihkan media dan chat pada Google Drive.
  4. Pada saat proses pemulihan sudah selesai, maka bisa klik Lanjut.
  5. Kamu tinggal menunggu beberapa saat sampai proses instalasi selesai dan aplikasi siap digunakan.
  6. Pada saat membuka WhatsApp maka pemulihan file untuk chat dan media akan berjalan secara otomatis.

3.     Melalui iTunes

Selanjutnya, untuk cara mengembalikan chat WA yang terhapus permanen adalah menggunakan iTunes. Tentunya cara ini hanya berlaku untuk pengguna gadget apple atau iOS saja. Karena chat yang terhapus tersebut sebenarnya sudah dibackup pada iTunes.

Dengan adanya iTunes maka chat kamu kemungkinan besar ada di sana. Agar bisa mendapatkan chat yang sudah terhapus di iTunes maka bisa mengikuti langkah di bawah ini:

  1. Buka aplikasi iTunes yang sudah terpasang pada perangkat kamu.
  2. Setelah itu, kamu harus memastikan bahwa data WhatsApp sudah tersinkron secara otomatis pada akun iTunes yang dimiliki.
  3. Kemudian, jika berada di halaman awal bisa klik Summary à klik tombol Restore Backup.
  4. Kamu bisa melanjutkan dengan klik file backup yang ingin dikembalikan, sebenarnya di sana tersedia banyak file namun kamu tetap bisa mengembalikan yang terbaru.
  5. Contoh dari file yang bisa dipilih adalah Text Message à Klik Mengembalikan.
  6. Proses pada iTunes akan berlangsung dan tunggu sampai pesan kembali pada smartphone iPhone kamu.

Sebenarnya, untuk cara-cara di atas merupakan cara mengembalikan chat WA yang terhapus permanen tanpa aplikasi. Karena kamu cukup menggunakan pengaturan dan dengan proses install uninstall pada perangkat smartphone saja.

Cukup mudah bukan caranya? Bahkan kamu tidak perlu meminta bantuan profesional agar bisa mengembalikan chat WA yang sudah terhapus.

Tips Agar Chat WhatsApp Tersimpan dengan Baik

Tips Agar Chat WhatsApp Tersimpan dengan Baik

Memang sangat mendebarkan jika chat penting yang ada di WhatsApp tiba-tiba hilang dan tidak ada jejaknya. Pastinya jika dibutuhkan sebagai bukti atau semacamnya bisa sangat merugikan saat hilang. Oleh sebab itu, saat merasa pesan tersebut sangat penting maka kamu bisa mengamankannya.

Untuk cara mengamankan chat WhatsApp sebenarnya mudah saja. Dengan begitu, kamu bisa melihat chat tersebut kapan saja sehingga saat tidak sengaja terhapus pun masih bisa mendapatkan salinannya. Untuk tips agar chat WA kamu aman yaitu:

1.     Backup Otomatis Dihidupkan

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan membackup pesan WhatsApp yang sudah masuk ke dalam ponsel kamu. Sebenarnya, untuk backup ini bisa dilakukan secara otomatis atau bisa dilakukan secara manual.

Hal tersebut dikarenakan pihak WhatsApp memberikan kemudahan dalam menjaga privasi penggunanya. Biasanya backup WhatsApp akan dilakukan cadangan secara otomatis oleh WhatsApp yang biasa dilakukan pada dini hari seperti pukul 02.00 atau pukul 03.00.

Akan tetapi, jika kamu tetap ingin melakukan cadangan secara manual juga bisa. Cadangan yang kamu lakukan ini bisa dilakukan kapan saja saat mau. Pastinya melalui menu Pengaturan pada WhatsApp. Jika kesusahan maka bisa mengikuti langkah di bawah ini:

  1. Pertama, buka aplikasi WhatsApp yang biasa kamu gunakan dan pastikan sudah masuk untuk akun kamu.
  2. Setelah itu, pada halaman awal kamu bisa klik tanda titik tiga yang berada di bagian kanan atas.
  3. Akan muncul beberapa pilihan, klik Setelan.
  4. Menu Setelan akan terbuka, lanjutkan dengan klik Chat.
  5. Di bagian bawah, kamu bisa memilih Cadangan chat.
  6. Saat sudah masuk ke dalam cadangan chat maka untuk melakukan backup secara manual bisa klik Cadangkan yang berwarna hijau.
  7. Tunggu sampai proses Cadangkan pesan berhasil.

Untuk cadangan pesan yang dilakukan backup pada Setelan WhatsApp ini maka kamu akan menemukannya pada file manager. Pada file manager ini, tepatnya folder WhatsApp, backup dari pesan akan berbentuk file yang nantinya bisa digunakan untuk pemulihan.

Pencadangan yang dilakukan dengan cara ini pastinya akan mencadangkan seluruh WhatsApp yang ada. Dan tidak bisa dipilih satu per satu seperti pada chat orang tertentu. 

2.     Ekspor Chat

Selanjutnya, jika ingin menyimpan chat dalam bentuk file .txt yang rapi maka bisa memilih menu Ekspor Chat. Pilihan dari ekspor chat ini kamu bisa memilih satu kontak saja yang sudah melakukan chatting dengan kamu.

Nah, untuk caranya sendiri terdapat 2 langkah, yaitu:

  1. Pertama, kamu bisa menggunakan menu Setelan à pilih Chat à klik Riwayat Chat à klik Ekspor Chat à Setelah itu, baru kamu bisa memilih kontak yang ingin diekspor chatnya à Lalu, bisa memilih tanpa media atau sertakan media à Tunggu sampai prosesnya selesai.
  2. Kedua, kamu bisa melakukan pemilihan chat terlebih dahulu, setelah itu dilanjutkan dengan klik tanda titik tiga yang ada dalam chat kontak terpilih à klik Lainnya à pilih Ekspor chat à Lalu, pilih tanpa media atau sertakan media à tunggu sampai prosesnya selesai.

Setelah kamu memilih langkah yang akan digunakan untuk ekspor media maka file .txt dari chat kamu dengan orang tertentu akan berada pada file manager à folder WhatsApp à Media à Dokumen. Atau berbeda-beda setiap tipe smartphone yang dimiliki.

3.     Screenshot atau Screen Recorder

Langkah selanjutnya adalah dengan menggunakan layanan dari screenshot atau screen recorder. Berbeda dengan sebelumnya, saat menyimpan chat dengan cara ini maka akan tersimpan sebagai foto atau video yang terdapat di dalam galeri.

Akan tetapi, tetap saja langkah ini bisa digunakan untuk menyimpan chat penting sehingga kamu bisa mendapatkan salinan dari chat tersebut dan tidak takut terhapus. Bahkan, saat ini banyak chat yang disimpan sebagai kenang-kenangan atau bahkan digunakan untuk hal yang lebih serius.

Meskipun begitu, saat chat WhatsApp yang dimiliki tersebut hilang maka tetap saja bisa menggunakan cara mengembalikan chat WA yang terhapus permanen. Langkah di atas bisa dilakukan dengan hati-hati dan sesuai prosedurnya sehingga bisa mendapatkan chat yang diinginkan.

Leave a Comment