2 Cara Reset HP Xiaomi 4A dengan Mudah!

Posted on

HP Xiaomi adalah salah satu hp yang paling sering digunakan di seluruh dunia.  Xiaomi sukses meluncurkan produk yang sangat murah dengan spesifikasi yang sangat mumpuni. Kehadiran smartphone terbaru yang diusung selalu disambut baik di tanah air.

Tak mengherankan jika Xiaomi menjadi salah satu merek HP terlaris di Indonesia. HP Xiaomi sangat dapat diandalkan untuk beragam tugas sehari-hari.

Meskipun demikian bukan berati HP Xioami bebas dari masalah dan error. Sebagaimana segala macam merek HP lainnya yang dapat mengalami erorr, Xiaomi pun begitu. Salah satu cara untuk menangani masalah yang muncul di HP Xiaomi adalah dengan melakukan reset pabrik.

Sekilas Tentang HP Xiaomi 4A

HP Xiaomi 4A

Xiaomi membuat ponel yang tak hanya murah, namun memiliki spesifikasi yang tinggi. Dengan demikian, Xiaomi 4A menjadi salah satu ponsel yang sangat unggul dan dalam waktu singkat menarik hati masyarakat Indonesia.

Dari desain kita dapat melihat bahwa Xiaomi 4A ini menggunakan desain standar yang biasa digunakan dalam ponsel Xiaomi. Hal yang mencolok dari Xiaomi 4A adalah material luarnya yang menggunakan polikarbonat bukan logam.

Kamera utama Xiaomi 4A menggunakan kamera yang memiliki resolusi 13 MP sedangkan untuk kamera bagian depannya menggunakan 5 MP. Kamera Xiaomi 4A dilengkapi dengan modus panorama, manual, HTT, Scene, dan beauty.

Yang Perlu Diperhatikan Saat Reset HP Xiaomi 4A

pencadangan data ke Google Drive

Sebelum melakukan reset maka sebaiknya anda harus melakukan backup atau pencadangan data terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar anda tak kehilangan sejumlah data penting selama prosese reset dilakukan.

Oleh sebab itu sebelum melakukan reset HP Xiaomi 4A sebaiknya lakukanlah hal berikut ini:

  1. Lakukan pencadangan file penting yang meliputi kontak, video, foto, dan juga dokumen penting. Anda dapat memindahkan seluruh file tersebut sementara di komputer, hardisk, atau di cloud storage seperti Dropbox atau Google Drive.
  2. Cadangkan atau backup juga riwayat chat anda.
  3. Terakhir, cadangkan pula data di aplikasi anda secara manual satu per satu agar tak hilang begitu saja.

Hal lainnya yang harus diperhatikan adalah dalam melakukan reset  ini tak bisa kita lakukan dengan ceroboh sebab jika terjadi kesalahan maka akibat yang ditimbulkan bisa cukup fatal. Resiko masalah yang muncul saat reset HP Xiaomi 4A adalah munculnnya bootloop.

Bootloop adalah kondisi dimana HP Xiaomi 4A gagal melakukan booting. Jika dibiarkan maka ponsel akan menjadi rusak.

Oleh sebab itu anda harus mengikuti langkah-langkah yang tepat agar tak terjadi masalah yang tidak diinginkan.

Adapun cara reset HP Xiaomi 4A yang dijelaskan disini ada dua cara yaitu dengan cara melalui menu setting atau pengaturan dan melalui recovery mode atau hard reset.

Cara Reset HP Xiaomi 4A Melalui Menu Setting

Cara Reset HP Xiaomi 6A Melalui Menu Setting

Pertama pastikan bahwa anda telah melakukan pencadangan data atau backup data. Jika sudah maka anda dapat melakukan tutorial dibawah ini:

  1. Pertama, buka aplikasi setting atau pengaturan pada HP Xiaomi 4A.
  2. Pilih Additional Setting atau Pengaturan Tambahan.
  3. Setelah itu pilih Factory Reset (Kembali ke Setelan Pabrik).
  4. Selanjutnya pilih reset Phone. Konfirmasi dengan memilih hapus.
  5. Kemudian proses reset pabrikpun dimulai. Tunggu sampai proses selesai dilakukan.

Setelah proses selesai dilakukan maka selanjutnya tampilan awal HP Xiaomi 4A akan persis seperti ketika pertama kali dinyalakan.

Reset HP Xiaomi 4A dengan Recovery Mode

Selain dengan cara pertama seperti yang telah dijelaskan diatas, selanjutnya adalah dengan melakukan recovery mode. Recovery mode ini dilakukan harus dalam keadaan HP Xiaomi 4A terisi setidaknya 50%. Hal ini dilakukan agar tak ada kendala yang terjadi selama proses berlangsung.

  1. Matikan terlebih dahulu HP Xiaomi 4A anda.
  2. Setelah itu tekan tombol power dibarengi dengan volume up atau tombol untuk menaikan volume suara secara bersamaan hingga muncul logo Xiaomi 4A.
  3. Pilih “Bahasa Inggris”.
  4. Pilih hard reset (Wipe Data) dengan cara pilih Wipe Data/ Factory Reset setelah itu lakukan konfirmasi dengan memilih Yes.
  5. Tunggu hingga proses selesai dilakukan. Jika sudah selesai maka lakukan reboot.

Reset dengn Revocery Mode adalah solusi yang bisa dilakukan jika kita lupa pola smartphone atau masalah lainnya. Selain itu reset mode dilakukan saat kita hendak menjual HP kita. Dengan menghapus data kita maka akan sangat bagus sebelum kita menjualnya kepada orang lain.

Manfaat Melakukan Reset HP Xiaomi 4A

Dengan melakukan reset HP Xiaomi 4A maka kita akan mendapatkan sejumlah manfaat. Berikut ini beberapa manfaat yang dapat diperoleh dengan melakukan reset HP Xiaomi 4A:

1. Menghilangkan Malware dan Virus

Malware dan virus pada Xiaomi 4A adalah salah satu penyebab utama kerusakan. Malware dan virus secara perlahan dapat menggerogoti peforma smarphone. Secara perlahan Xiaomi 4A yang terdapat maware dan virus dapat menyebabkan kerusakan komponen dalam Xiaomi 4A.

Salah satu manfaat utama melakukan reset HP Xiaomi 4A adalah menghilangkan malware dan virus yang bersarang di perangkat Xiaomi 4A. Karena proses reset adalah dengan menghapus semua data maka malware dan virus juga akan dapat terhapus..

2. Membersihkan Ruang Penyimpanan Internal

Salah satu manfaat melakukan reset HP Xiaomi 4A adalah ruang penyimpanan akan menjadi lebih luas. Sekalipun penyimpanan dapat ditambahkan dengan SD Card namun penyimpanan adalah yang paling berperan dalam kinerja HP Xiaomi 4A sehingga ruang penyimpanan yang luas akan dapat membantu meningkatkan peforma smarphone.

3. Membuat Peforma HP Kembali Lancar

Meningkatkan Peforma Android

Saat kita menggunakan smarphone maka secara perlahan akan bayak aplikasi yang menyimpan data kita. Semakin lama aplikasi digunakan maka akan semakin banyak pula data yang nantinya akan tersimpan.

Masalahnya seringkali data yang tersimpan bukanlah data yang terlalu penting sehingga keberadaannya justru seperti sampah yang tak dibuang. Aplikasi pembersih pada Xiaomi 4A juga kurang dapat diandalkan sebab aplikasi semacam ini terkadang tak menghapus semua data karena khawatir data akan dibutuhkan nanti atau dirasa cukup penting.

Oleh sebab itu maka dengan melakukan reset anda akan menghapus semua data yang ada di smartphone anda baik data yang penting ataupun yang tidak (tentunya data penting telah dibackup sebelumnya) sehingga proses pembersihkan menjadi lebih mudah.

Dengan memori yang kembali melompong maka peforma Xiaomi 4A akan meningkat sangat tajam setelah dilakukan reset.

Kesimpulan

Jika Xiaomi 4A anda mengalami masalah maka salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan melakukann reset HP Xiaomi 4A anda. Untuk dapat melakukan reset ada 2 cara utama yang dapat dilakukan. Pertama dengan melakukan konfirugasi pada bagian setting atau pengaturan.

Dan yang kedua dengan recovery mode atau hard mode. Dengan melakukan reset maka anda sudah dapat mengatasi segala macam masalah yang ada di HP Xiaomi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.