2 Cara Reset HP Xiaomi Redmi 4X dengan Mudah!

Posted on

Xiaomi adalah ponsel yang menargetkan kalangan kelas menengah kebawah. Ponsel ini sangat laris dipasaran karena mereka berani menawarkan ponsel dengan harga yang sangat murah dengan spesifikasi ponsel yang terbilang tinggi. Karena itulah ponsel Xiaomi memiliki banyak pengguna dan penggemar di tanah air.

Meskipun dikenal sebagai ponsel yang bagus namun bukan berarti ponsel Xiaomi terbebas sepenuhnya dari segala macam masalah yang bisa saja muncul. Salah satu cara mengatasi masalah yang kerap dialami oleh ponsel Xiaomi adalah melakukan reset atau factory reset atau reset pabrik yaitu mengembalikan kondisi ponsel seperti baru pertama kali keluar dari pabrik.

Sekilas Tentang Xiaomi Redmi 4X

Xiaomi Redmi 4X

Xiaomi Redmi 4X menawarkan sepesifikasi yang lebih tinggi dari pendahulunya Xiaomi Redmi 4A. Dari desainnya cukup menarik dengan menggunakan body yang terlihat bekelas dengan menggunakan material yang sama dengan Xiaomi Redmi 4A yaitu polycarbonate berwarna metal.

Dari segi harga, Xiaomi Redmi 4X terbilang sangat murah dengan spesifikasi yang terbilang sangat tinggi dikelasnya. Dengan RAM 3GB, memori internal 32GB, dan layar menggunakan panel IPS beresolusi 720p pastinya sangat menarik untuk dimiliki.

Untuk bagian kameranya, Xiaomi Redmi 4X menggunakan sensor kamera dengan ukuran 13 MP pada bagian belakang sebagai kamera utama. Untuk kamera depannya, Xiaomi Redmi 4X menggunakan kamera dengan ukuran 5 MP.

Apa Itu Reset Pabrik/ Factory Reset

Factory reset/ reset pabrik adalah proses menjadikan smartphone kembali ke pengaturan awal yang sama seperti saat smartphone pertama kali keluar dari pabrik. Dengan melakukan factory reset/ reset pabrik nantinya semua data yang ada di smartphone akan dihapus serta semua pengaturan yang telah diubah akan dikut berubah ke setelan awal. Semua data yang telah terhapus selama proses reset tak dapat dikembalikan lagi.

Reset biasanya dilakukan untuk mengatasi masalah yang berkaitan dengan sitem operasi. Reset juga dilakukan saat smartphone mengalami penurunan peforma. Selain itu reset juga dilakukan saat pola atau pin pembuka smartphone milik kita lupa.

Biasanya sebelum transaksi jual beli HP bekas, HP sudah direset sebelum dijual agar tak ada data yang ikut berpindah tangan.

Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Reset Xiaomi Redmi 4X

pencadangan data ke Google Drive

Sebelum anda melakukan reset pabrik maka ada baiknya jika anda melakukan beberapa persiapan penting terlebih dahulu. Persiapan tersebut adalah melakukan pencadangan data penting yang ada di ponsel.

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa reset dilakukan dengan menghapus seluruh data yang ada di ponsel dan mengembalikannya ke setelan pabrik. Maka sebaiknya amankan terlebih dahulu data yang ada di ponsel sebelum melakukan reset pencadangan atau backup dapat dilakukan dengan memindahkan file ke flashdisk, komputer, atau hardisk. Beberapa data yang sebainya dilakukan backup atau pencadangan diantaranya:

  • File penting yang meliputi kontak, video, foto, dokumen, dan beberapa file lainnya.
  • Melakukan backup riwayat chat dari aplikasi chat seperti WhatsApp.
  • Melakukan pencadangan data aplikasi agar data yang ada di aplikasi tak hilang.

Hal yang harus diwaspadai saat melakukan reset adalah, dalam proses melakukan reset janganlah melakukannya secara ceroboh sebab dapat mengakibatkan hal yang sangat fatal. Resiko yang dapat muncul adalah bootloop. Bootloop adalah kondisi dimana ponsel gagal melakukan booting. Jika ini terjadi maka resiko yang ditanggung adalah kerusakan sistem pada HP Xiaomi 6A yang bisa saja terjadi.

Oleh karena itu, lakukanlah langkah-langkah yang dijelaskan dalam artikel ini secara cermat agar proses reset dapat berjalan lancar tanpa ada kendala yang berarti.

Cara Reset Xiaomi Redmi 4X Melalui Settingan

Cara Reset HP Xiaomi 6A Melalui Menu Setting

Cara melakukan reset HP Xiaomi yang pertama adalah dengan melalui setting. Sebelum melakukan panduan dibawah ini pastikan bahwa semua data sudah dibackup atau dicadangkan. Adapun cara melakukan setting adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi setting pada ponsel anda.
  • Pilih additional setting.
  • Pilih submenu Backup and Reset.
  • Pilh factory reset.
  • Pilih rReset Phone. Lalu konfirmasi dengan memilih delete.
  • Reset dimulai dan tunggu hingga proses selesai dilakukan.

Setelah proses selsesai dilakukan maka ponsel akan melakukan reboot secara otomatis dan tampilan ponsel Xiaomi 6A akan kembali seperti sedia kala seperti pertama kali menyalakan ponsel baru.

Cara Reset Xiaomi Redmi 4X Melalui Recovery Mode

Selain dengan cara sebelumnya, cara lainnya adalah dengan recovery mode atau dikenal juga dengan sebutan hard reset. Namun sebelum melakukan tutorial ini pastikan bahwa baterai HP Xiaomi 6A anda dalam keadaan penuh atau setidaknnya minimal 50%. Tujuannya adalah agar proses reset dapat berjalan lancar tanpa adanya kendala yang berarti.

  • Pertama, matikan terlebih dahulu ponsel Xiaomi Redmi 4X anda.
  • Setelah itu tekan tombol power dan volume + secara bersamaan hingga muncul logo Xiaomi. Disin anda telah masuk ke menu Mi recovery.
  • Pilih opsi Bahasa Inggris.
  • Setelah itu pilih Wipe Data/ Factory Reset kemudian konfirmasi dengan memilih Yes.
  • Tunggu hingga proses selesai.
  • Jika sudah selesai maka lakukan reboot.

Cara diatas dapat dilakukan jika anda lupa pola atau pin pembuka ponsel.

Manfaat Melakukan Reset

Terdapat sejumlah manfaat sekaligus yang dapat anda peroleh dengan melakukan reset diantaranya adalah sebagai berikut:

Reset dapat menghapus Malware dan Virus

Reset Bisa Membasmi Virus dan Malware

Manfaat besar yang dapat diperoleh dengan melakukan reset HP Redmi 4X adalah malware dan virus akan dapat dibasmi hingga ke akarnya yang bersarang di ponsel anda. Hal ini dapat terjadi karena malware dan virus akan ikut terhapus saat reset dilakukan.

Malware dan virus sendiri sangat berbahaya bagi ponsel karena dapat merusak file penting yang kita miliki, mengecoh fungsi ponsel dan juga bisa merusak hardwarenya. Malware dan virus terkadang sulit hilang dan bersembunyi di dalam dokumen yang tak terdeteksi oleh aplikasi anti virus. Virus dapat muncul di HP Redmi 4X anda terutama jika anda sering mengunduh file .apk di internet.

Reset Meningkatkan Peforma HP

Meningkatkan Peforma Android

Semakin lama HP digunakan maka peformannya akan makin menurun. Hal ini disebabkan oleh banyaknya data yang disimpan oleh aplikasi terpasang. Saat reset dilakukan maka nantinya semua file akan hilang termasuk file sampah yang tak berguna. Karena banyaknya data yang tak berguna hilang dari HP maka peforma HP akan dapat kembali lancar seperti sedia kala.

Kesimpulan

Xiaomi Redmi 4X adalah smartphone yang unggul dari berbagai segi. Namun bukan berarti tak akan ada masalah menghadang. Seiring dengan waktu pasti akan bermunculan sejumlah masalah pada HP Xiaomi Redmi 4X salah satunya adalah dengan melakukan reset. Reset dapat dilakukan melalui settingan dan juga melalui Recovery Mode.

Dengan melakukan reset maka anda akan memperoleh sejumlah manfaat sekaligus seperti menghilangkan malware dan virus serta meningkatkan peforma HP Xiaomi 4X anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.