2 Cara Reset Printer Canon MP287 dengan Mudah!

Posted on

Pernahkah anda mengalami suatu masalah dimana printer Canon MP287 anda sama sekali tidak dapat melakukan fungsinnya seperti melakukan pencetakan dokumen atau scan dan disertai dengan lampu indikator berkedip?

Jika anda mengalaminya, jangan khawatir sebab masalah ini sangatlah umum dihadapi oleh pengguna printer Canon MP287. Yang diperlukan hanyalah melakukan setting yang terbilang cukup mudah dan sederhana untuk dilakukan agar printer Canon MP287 anda kembali normal.

Oleh sebab itu baca terus artikel ini sampai habis untuk mengetahui secara detail cara mengatasi masalah ini.

Sekilas Tentang Printer Canon MP287

Printer Canon MP287

Printer ini Canon MP287 cukup populer di Indonesia sebab menawarkan fitur yang sangat baik dan lengkap dengan harga dibawah 1 jutaan. Dengan harga 900 ribuan anda sudah dapat memboyong printer multifungsi alias all in one yang dapat digunakan untuk print, copy, dan scan.

Dengan resolusi sebesar 1.200 x 2.400 dpl menjadikan hasil pemindaian atau scaning sangat rapi, detail, dan tak akan pecah.

Printer ini mempunyai kecepatan cetak 8,4 lembar dalam satu menit untuk hitam putih. Sedangkan untuk yang berwarna, printer Canon MP287 ini sanggup mencetak sebanyak 4,8 lembar dalam semenit.

Printer ini memiliki sistem hibird dimana dapat menggabungkan pigmen dan tinta celup. Dengan sistem ini maka warna yang dapat dihasilkan akan sangat bagus.

Kapan Printer Canon MP287 harus Harus Dilakukan Reset?

Apabila printer mogok bekerja dengan LED menyala atau disebut juga dengan blanking maka itu artinya printer telah mencapai batas maksimal print. Printer seperti Canon ini mempunyai jumlah batas yang telah ditentukan agar masa pakai printer agar tetap panjang.

Jumlah cetak printer akan dibatasi dan jumlahnya terhitung dan tersimpan dalam chip EEPROM pada mainboard. Meskipun sistem ini akan membuat pemiliknya merasa kerepotan namun sesungguhnya ini adalah cara yang dilakukan vendor untuk membuat agar printer Canon MP287 senantiasa terjaga dengan baik.

Sistem semacam ini akan senantiasa menjaga agar tinta yang telah diluar daya tampung tidak meluber yang akan mengakibatkan masalah yang jauh lebih besar nantinya bagi printer.

Banyak orang yang menghadapi permasalahan seperti ini membawanya ke tukang service untuk diperbaiki. Padahal jika seseorang tau bagaimana cara mengatasi hal ini sebetulnya dapat dikerjakan dengan mudah, sederhana, dan juga cepat.

Dengan mengerjakannya sendiri akan banyak menghemat biaya, waktu, dan juga dapat menambah wawasan anda tentang bagaimana melakukan reset printer Canon MP287.

Nantinya anda dapat memperbaiki masalah yang sama atau membantu orang lain mengatasi masalahnya.

Cara Pertama Reset Printer Canon MP287 Tahap Pertama

Cara Pertama Reset Printer Canon MP287

Dalam artikel ini akan dibagi menjadi dua tahap yang pertama dengan melakukan penyetelan melalui tombol fisik baru setelah itu dengan menggunakan software.

Berikut ini cara reset printer Canon MP287 tahap pertama:

  1. Pertama matikan terlebih dahulu printer anda dengan menekan tombol power jika seandainya printer dalam keadaan hidup.
  2. Jika sudah dalam keadaan mati, tekan tombol stop atau reset bersamaan dengan tombol power.
  3. Setelah itu lepaskan tombol stop atau reset yang sebelumnya ditekan namun masih menekan tombol power.
  4. Dalam keadaan tombol power yang masih tertekan, tekan kembali tombol stop atau reset secara berulang sebanyak 6 kali. Setelah itu lepaskan secara bersamaan dengan tombol power.
  5. Jika anda mengikuti cara diatas dengan tepat maka selanjutnnya printer Canon MP287 akan masuk ke service mode. Setelah itu akan muncul lampu LED yang berhenti berkedip.

Cara Reset Printer Canon MP237 Tahap Kedua

Cara Reset Printer Canon IP2770 Tahap 2 - Service Tool v3400

Setelah printer anda berhasil masuk ke tahap service mode maka selanjutnya anda dapat melakukan reset printer Canon MP287 anda dengan menggunakan software khusus yang memang dirancang oleh Canon untuk melakukan reset printer Canon MP287.

Pastikanlah bahwa software yang anda gunakan adalah software resmi yang dibuat oleh Canon yang diunduh di website Canon. Biasanya saat membeli printer Canon MP287 anda akan mendapatkan aplikasi ini.

  1. Tahap pertama pastikan anda telah mengintsal aplikasi yang disebutkan diatas.
  2. Tahap pertama adalah memasukan kertas kedalam printer Canon MP287 karena nantinya akan ada proses printing yang dilakukan dalam proses reset dalam rangka memastikan bahwa printer telah berfungsi dengan baik.
  3. Pastikan juga printer telah terhubung dengan komputer yang telah terinstall aplikasi service tool printer Canon MP287.
  4. Pada bagian Tab Clear Ink Counter klik main.
  5. Pada bagian Absolber Counter klik main juga.
  6. Dan setelah itu klik bagian EPROM. Setelah diklik maka printer akan melakukan print.
  7. Setelah itu printer harus dimatikan dan dihidupkan kembali.
  8. Printer telah direset dan kembali seperti semula.

Cara Menjaga Agar Printer Senantiasa Awet

Keawetan printer Canon MP287 tergantung dari bagaimana printer Canon MP287 digunakan dan dirawat. Oleh sebab itu agar printer Canon MP287 harus senantiasa dijaga. Bagi anda yang masih bingung bagaimana cara merawat printer yang benar, berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan:

  1. Sering-seringlah Menggunakan Printer Canon MP287 Anda

Cara paling sederhana untuk menjaga agar printer Canon MP287 senantiasa awet adalah dengan sering-sering menggunakannya. Hal ini karena banyaknya suku cadang yang ada dalam printer yang dapat berfungsi optimal apabila dalam keadaan terlumasi.

Jadi saat suku cadang tersebut tak terolesi oleh pelumas maka printer akan cepat rusak, patah pada suku cadang, aus pada bagian gear, dan lain sebagainya.

Dengan sering-sering menggunakan printer maka bagian-bagian ini akan senantiasa terlumasi dan kinerja akan senantiasa awet.

Salah satu masalah yang dapat dicegah dengan sering-sering menggunakan printer adalah cartridge dan head printer yang mengalami penurunan peforma.

  1. Gunakan Tinta Printer yang Tepat pada Printer Canon MP287

Tinta tertentu terkadang hanya dapat digunakan untuk printer tertentu saja. Jadi pastikanlah inta yang anda gunakan untuk printer Canon MP287 adalah jenis yang sesuai agar tak mengalami masalah yang terlalu banyak.

Bagaimanapun jenis tinta yang digunakan ikut andil dalam menentukan apakah printer nantinya akan awet atau tidak. Adapun kerusakan yang dapat terjadi yang disebabkan oleh kesalahan dalam menggunakan tinta adalah pada bagian caridge atau head printer.

Untuk memastikan jenis tinta yang akan diguankan untuk menggantikan tinta original maka anda dapat menanyakan dan berkonsultasi dengan teknisi printer.

  1. Rutin Mengganti Selang Infus Printer Canon MP287

Seberapa lama penggunaan selang infus tergantung pada jenis tinta yang digunakan. Apabila tinta yang digunakan untuk mencetak adalah jenis yang kental maka penggantian akan lebih sering ketimbang printer yang menggunakan tinta yang encer.

Sebagian orang justru menganggap tinta printer tak perlu diganti selama masih dapat diguankan untuk mengalirkan tinta. Padahal tidak demikian. Infus printer harus diganti secara rutin sebelum terjadi kerusakan atau sumbat.

  1. Matikan Printer Canon MP287 Jika Tak Digunakan

Printerpun membutuhkan waktu untuk istirahat. Oleh karena itu sebaiknya matikan saja apabila tak digunakan. Dengan jeda istirahat akan membuat printer dapat bekerja dengan normal dan optimal ketika dihidupkan saat dibutuhkan.

Saat mematikan printer, jangan cabut kabel adaptor begitu saja, sebaiknya tekan tombol on/off dan pastikan semua lampu printer mati sebelum mencabut kabel adaptor.

Leave a Reply

Your email address will not be published.