2 Cara Reset HP Vivo Lupa Pola dengan Mudah!

Posted on

Salah satu merek smartphone yang tengah digandrungi banyak orang adalah Vivo sebab Vivo adalah merek smartphone yang mempunyai sangat banyak keunggulan dibandingkan dengan pesaingnya.

Hal inilah yang menjadikan Vivo diburu banyak orang dan menjadi salah satu ponsel yang paling laris di tanah air.

Vivo sebagaimana smartphone pada umumnya dibekali dengan sandi pembuka untuk membuka HP. Ini memungkinkan HP menjadi lebih aman. Jika HP diambil oleh orang lain, tanpa mengetahui pola pembuka HP maka yang memegang HP tak akan dapat mengakses data yang ada di HP. Ini adalah fitur keamanan yang disediakan oleh HP Vivo.

Dengan adanya kuncian pada HP Vivo maka HP akan menjadi lebih aman. Bayangkan jika HP anda tanpa kuncian maka pastinya saldo dompet digital anda seperti LinkAja, GoPay, OVO, Dana dan lainnya bisa hilang ditangan orang lain.

HP Vivo

Namun dalam kesempatan kali ini kita tak membahas tentang smartphone ini melainkan membahas suatu masalah yang sebagian pengguna Vivo hadapi yaitu lupa pola kuncian pembuka HP Vivo.

Ini adalah kesalahan yang sangat fatal sebab saat kita lupa pola pembuka HP Vivo kita akan kesulitan untuk membukanya. Namun bukan berarti HP tak dapat digunakan kembali sebab anda dapat melakukan reset HP Vivo anda.

Namun sebelum anda melakukan reset, kami ada rekomendasi kepada anda bagaimana cara mengatasi HP Vivo lupa password tanpa reset dan dengan reset.

Membuka HP Vivo yang Terkunci Karena Lupa Pola dengan Akun Google

Verifikasi Akun Google

Salah satu cara untuk membuka pola HP Vivo adalah dengan menggunakan akun Google. Cara ini sangatlah mudah dan sederhana sekali. Ini adalah fitur yang memang secara khusus disediakan bagi mereka yang lupa pola.

Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama klik Lupa Pola. Tulisan ini akan muncul saat kita salah memasukan pola sekali atau beberapa kali.
  2. Selanjutnya pilih jawab pertanyaan.
  3. Selanjutnya klik Jawab Keamanan Google.
  4. Klik Buka Kunci.
  5. Setelah itu anda akan dibawa ke halaman yang berisi pertanyaan-pertanyaan yang harus anda jawab dengan benar. Pastikanlah semua yang anda isi benar dan persis hingga ke bagian kecilnya seperti besar kecil huruf karena ini juga sangat memengaruhi.
  6. Jika sudah berhasil menjawab dengan tepat maka selanjutnya akan muncul opsi pilihan untuk membuat pola baru atau tak memberikan pola.

Cara Reset HP Vivo Karena Lupa Pola

Cara Reset HP Vivo Karena Lupa Pola

Cara selanjutnya adalah dengan melakukan reset. Reset seperti ini disebut juga hard reset atau reset paksa. Disebut demikian karena nantinya anda akan kehilangan seluruh data yang tersimpan di HP anda.

Karena pola HP Vivo anda tak dapat dibuka maka tak ada jalan lain untuk melakukan backup. Jika anda memilih cara ini maka siap-siap data anda akan terhapus.

Jika anda melakukan reset HP Vivo anda karena lupa pola bisa dilakukan dengan cara berikut ini:

  1. Pertama tekan tombol power dan volume up (+) secara bersamaan sampai muncul logo Vivo. Jika sudah muncul logo Vivo maka itu artinya anda sudah masuk ke recovery mode. Dalam recovery mode ini, menu hanya bisa digerakan dengan menggunakan tombol power dan tombol volume.
  2. Pilih clear cache lalu pilih return.
  3. Selanjutnya pilih restore all setting. Lalu pilih return lagi.
  4. Pilih Clear All Data lalu tunggu hingga proses selesai dilakukan.
  5. Jika sudah, klik Back di bagian pojok kanan atas.
  6. Pilih restart. Tunggu hingga proses reset selesai dilakukan

Setelah dilakukan reset semua data akan terhapus termasuk juga data pola HP Vivo anda sehingga saat HP hidup kembali maka kondisinya tanpa kuncian. Selain itu reset juga akan membuat HP kembali seperti pertama kali keluar dari parbik. Itulah alasannya mengapa reset disebut juga reset pabrik.

HP yang digunakan dalam tutorial ini adalah Vivo Y12 . Sebagian HP Vivo cara diatas tak dapat digunakan. Namun secara umum caranya sama. Sebagian HP Vivo bahkan perlu koneksi dengan laptop atau PC untuk dapat melakukannya.

Hubungi Layanan Vivo

Salah satu solusi lain yang dapat dilakukan adalah dengan menghubungi layanan Vivo. Ini adalah cara yang aman untuk dilakukan. Selain itu tanggapan dari Vivo terbilang cepat. Mereka dapat melakukan reset pola HP Vivo anda.

Apakah Mengunci HP Vivo dengan Pola Itu Perlu?

Apakah Mengunci HP Vivo dengan Pola Itu Perlu

Jika anda pernah mengalami atau beru saja mengalami tak dapat membuka HP karena lupa pola lalu melakukan reset HP Vivo anda sehingga seluruh data menjadi hilang, pastinya anda akan mengalami kekecewaan dengan diri sendiri.

Atas apa yang terjadi anda bisa memutuskan untuk tak lagi mengunci HP Vivo anda dengan pola agar tak mengalami kehilangan data seperti sebelumnya. Selain itu tidak perlu repot-repot membuka pola sebelum membuka HP. Dengan menghilangkan kuncian pada pola maka anda telah menghapus satu tahap dalam membuka HP.

Namun sebetulnya ini bukanlah pilihan yang bijak. Bagaimanapun anda harus mengunci HP anda untuk melindungi data anda. Kini saat kita bicara data itu tak hanya mencakup file dokumen, foto, dan video saja namun lebih dari itu.

Jika orang yang tak bertanggung jawab dapat mengakses HP Vivo dan data anda karena tak diberikan pola maka bisa saja pihak tak bertanggung jawab tersebut mengakses data yang lebih penting seperti akun Google anda. Akun Google anda terhubung dengan nyaris apapun dengan diri anda.

Bahkan resiko pencurian data dapat menjadi lebih berbahaya ketimbang kehilangan data ponsel karena proses reset. Jadi tak ada pilihan lain selain tetap memasang kunci pada HP.

Jika anda tak dapat mengingat pola kuncian HP Vivo maka anda dapat menggunakan PIN yang dapat anda ubah di pengaturan.

Alih-alih menghilangkan polanya maka sebaiknya gantilah dengan pola yang lebih sederhana dan mudah untuk diingat. Selain itu jika anda sudah mendapatkan pola baru, sering-seringlah membukanya. Jika perlu latihan selama beberapa lama agar anda semakin terbiasa dan menjadi otomatis membuka pola atau PIN saat membuka HP Vivo anda.

Kesimpulan

HP Vivo sama seperti semua smartphone, dibekali dengan pengunci saat pertama kali menyalakan HP kuncian yang umum digunakan adalah pola. Ini memungkinkan kita untuk menjaga agar data kita tak jatuh ke tangan yang salah.

Namun sayangnya justru terkadang pengguna Vivo itu sendirilah yang melupakan polanya. Jika sudah seperti itu maka jangan khawatir sebab Vivo tetap menyediakan cara untuk dapat mengakses ponsel tanpa pola yaitu dengan menggunakan akun Google dan juga dengan menghubungi layanan Vivo.

Jika cara ditas tak dapat dilakukan maka satu-satunya cara adalah dengan reset HP Vivo anda. Namun reset dapat menyebabkan seluruh data menjadi hilang. Semoga panduan cara reset HP Vivo karena lupa pola ini dapat bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.