5+ Cara Mengatasi WhatsApp yang Kadaluarsa Tanpa Update

Posted on

Dengan sering munculnya pesan kadaluarsa, pemakaian WhatsApp akan menjadi terganggu bukan? Bahkan ada yang tidak dapat dipakai sama sekali. Jangan khawatir, karena di artikel ini sudah kami rangkum cara mengatasi WhatsApp yang kadaluarsa tanpa update.

Cara Mengatasi WhatsApp yang Kadaluarsa Tanpa Update

Untuk mengatasi WhatsApp yang kadaluarsa tanpa update lewat Play Store, ada beberapa metode yang mungkin bisa kamu gunakan, berikut dibawah ini pembahasan lengkapnya:

1. Setting Waktu dan Lokasi HP Otomatis

Setting Waktu dan Lokasi HP Otomatis

Cara mengatasi WhatsApp yang kadaluarsa tanpa update pertama adalah dengan mengatur lokasi serta waktu secara otomatis di ponsel yang kamu gunakan.

Seperti yang kita ketahui, ada sebagian aplikasi yang umumnya memanfaatkan zona waktu dan tanggal pada smartphone, supaya bisa berjalan maksimal.

Terutama untuk menerima atau mengirim pesan. Waktu dan tanggal secara bawaan biasanya sudah otomatis menyesuaikan dengan provider yang dipakai. Namun tidak ada salahnya kamu memastikan, bahkan mengatur kembali.

  1. Pertama buka terlebih dahulu menu Pengaturan pada smartphone kamu.
  2. Kemudian pilih Sistem. Lalu pilih Tanggal dan Waktu.
  3. Setelah itu, aktifkan fitur Tanggal dan Waktu otomatis.
  4. Dan aktifkan juga Zona Waktu Otomatis.
  5. Selesai. Setiap ponsel Android mempunyai cara yang berbeda-beda.

2. Mengatur Tanggal dan Waktu Secara Manual

Mengatur Tanggal dan Waktu Secara Manual

Cara mengatasi WhatsApp yang kadaluarsa tanpa update selanjutnya adalah dengan mengatur tanggal serta waktu secara manual. Seperti yang kamu tahu sendiri jika WhatsApp yang sudah expired, penggunanya harus memperbarui aplikasinya.

Namun disini kamu bisa mencoba trik sederhana dengan cara memanipulasi tanggal serta waktu pada smartphone.  Kamu bisa mengganti tanggal ke kondisi di mana kamu bisa membuka aplikasi WhatsApp.

Contohnya jika WhatsApp kamu kadaluarsa pada tanggal 20 April 2022 maka bisa mengatur ulang tanggalnya menjadi 15 April 2022. Untuk langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Langkah pertama buka terlebih dahulu menu pengaturan di HP kamu.
  2. Kemudian pilih sistem. Lalu pilih tanggal dan waktu.
  3. Setelah itu nonaktifkan fitur tanggal dan waktu otomatis.
  4. Selanjutnya atur waktu di mana WhatsApp masih normal.
  5. Misalnya tanggal 15 April WhatsApp masih normal, maka kamu bisa mengatur ke tanggal tersebut. Selesai.

3. Bersihkan Data Aplikasi

Bersihkan Data Aplikasi 

Cara mengatasi WhatsApp kadaluarsa tanpa PlayStore berikutnya yaitu dengan membersihkan data aplikasi pada menu kelola APK di Smartphone kamu. Menghapus data aplikasi dapat kamu lakukan secara keseluruhan baik itu data cache atau History pemakaian platform WhatsApp.

Walaupun ukuran data dari aplikasi WhatsApp Tidak besar. Namun efek dalam pemakaian menjadi tidak normal. Salah satu contohnya mengalami kadaluarsa. Maka dari itu kamu bisa menghapus data aplikasi. Kemudian melakukan restart ponsel baik iPhone atau Android.

4. Memakai WhatsApp Bisnis

Memakai WhatsApp Bisnis 

Cara mengatasi WhatsApp yang kadaluarsa tanpa update selanjutnya adalah dengan menggunakan WhatsApp bisnis. Silahkan kamu instal aplikasi WA bisnis apabila mengalami wa kadaluarsa.

Dengan menggunakan aplikasi WhatsApp bisnis, maka pemakaian aplikasi dapat kamu olah seperti pada umumnya tanpa harus menghapus aplikasi atau mengganti nomor WhatsApp.

Dengan begitu akan membantu kamu karena adanya WhatsApp bisnis dapat dipakai dalam satu perangkat baik itu iPhone atau Android.

5. Perbarui WhatsApp

Perbarui WhatsApp 

Buat kamu yang sudah mengganti tanggal, akan tetapi tidak memberikan dampak apapun. Mau tidak mau berarti kamu harus melakukan update aplikasinya.

Dengan mengupdate aplikasinya maka seluruh masalah error di WhatsApp akan langsung hilang. Termasuk pesan kadaluarsa yang selalu muncul.

Berikut dibawah ini langkah-langkah update aplikasi WhatsApp di Google Play Store:

  1. Pertama buka terlebih dahulu aplikasi Google Play Store di HP Android kamu.
  2. Pada kolom pencarian, silahkan cari aplikasi WhatsApp.
  3. Kemudian buka. Lalu lakukan perbarui WhatsApp dengan cara menekan tombol update.
  4. Tunggu beberapa saat hingga prosesnya selesai.
  5. Jika sudah, kamu bisa mengecek kembali WhatsApp-nya. Apakah masalah yang kamu alami sudah hilang atau belum.
  6. Pastikan juga kamu mengecek tanggal HP.  Apakah sudah sesuai dengan semestinya atau belum.
  7. Jika belum, kamu bisa melakukannya untuk mengaturnya. Selesai.

Dampak WhatsApp Kadaluarsa

Dampak WhatsApp Kadaluarsa 

Setelah kamu tahu cara mengatasi WhatsApp yang kadaluarsa tanpa update. Tidak ada salahnya kamu juga harus mengetahui beberapa dampak jika aplikasi WhatsApp mengalami kadaluarsa.

Dengan sering munculnya pesan kadaluarsa, pemakaian WhatsApp akan menjadi terganggu bukan, bahkan ada yang tidak dapat dipakai sama sekali.

Pastinya hal seperti ini sangat merepotkan. Terlebih lagi jika kamu termasuk tipe orang yang memerlukan akses WhatsApp setiap saat.

Berikut dibawah ini contoh dampaknya:

  • Jika kamu seorang pebisnis online, apabila terdapat gangguan yang membuat WhatsApp tidak dapat diakses, bayangkan saja seberapa banyak calon pelanggan yang hilang terbuang begitu saja.
  • Aplikasi WhatsApp yang sudah kadaluarsa mungkin saja jika didiamkan akan memunculkan error-error yang lain.
  • Kamu tidak bisa menerima pesan penting WhatsApp dari keluarga, teman atau klien.
  • Bagi kamu yang termasuk tipe orang membutuhkan akses WhatsApp setiap saat, sebaiknya segera mengupdate aplikasi tersebut. Sehingga pemakaian WhatsApp bisa berjalan dengan baik tanpa adanya gangguan lagi, termasuk kadaluarsa.

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Kirim Pesan

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Kirim Pesan

Berikut dibawah ini ada beberapa cara untuk mengatasi WA tidak dapat mengirim pesan:

1. Update Aplikasi

Cara pertama yang bisa kamu coba lakukan adalah dengan mengupdate aplikasinya lewat layanan Google Play Store atau App Store.

Seperti yang kita tahu sendiri, jika sebuah aplikasi yang membutuhkan pembaruan, maka dalam pemakaiannya akan memunculkan problem.

Dan salah satu contohnya dalam aplikasi WhatsApp adalah tidak bisa mengirim pesan ke teman atau saudara, baik itu pesan yang sifatnya pribadi atau untuk group.

2. Cek Jaringan

Cara selanjutnya yang bisa kamu coba lakukan, ketika aplikasi WhatsApp tidak bisa digunakan untuk mengirim pesan adalah dengan memeriksa jaringan internet.

Jika kamu memakai paket data, silahkan periksa paketannya. Siapa tahu kuota datanya sudah habis. Atau bisa juga dengan mengaktifkan mode pesawat selama beberapa menit.

Namun kalau kamu memakai WiFi, maka bisa mengganti kata sandinya. Atau bisa juga dengan mereset modem yang dipakai. Intinya mengecek jaringan itu penting dilakukan, jika mengalami masalah seperti ini, apalagi sinyalnya stabil.

3. Restart HP

Jika kedua cara diata masih belum bisa untuk mengatasi masalah WA tidak bisa mengirim pesan. Maka kamu bisa melakukan restart ponsel. Pastikan kamu juga mematikan koneksi internetnya terlebih dahulu.

Sesudah melakukan restart, pastikan kamu tidak langsung membuka aplikasi WhatsApp atau apapun dan menghidupkan koneksi internet.

Akan tetap, diamkan terlebih dahulu beberapa menit. Tujuannya agar ponsel kamu kembali normal dan aplikasi WhatsApp sudah normal, sehingga kamu bisa mengirim pesan seperti biasanya.

Begitulah kira-kira panduan diatas mengenai cara mengatasi WhatsApp yang kadaluarsa tanpa update. Jika semua cara sudah dilakukan dan belum berhasil, maka cara pamungkas yang bisa kamu gunakan supaya aplikasi WA normal tanpa mengalami masalah error atau lainnya adalah dengan mengupdate aplikasi WhatsApp ke versi terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published.