2 Cara Reset HP Samsung J2 Prime dengan Mudah!

Posted on

Samsung saat ini dikenal sebagai vendor yang menguasai kelas menengah ke atas dan salah satu produknya adalah Samsung J2 Prime. Masyarakat menyukainya karena harganya yang terbilang cukup terjangkau.

HP ini terbilang sangat andal untuk mengerjakan berbagai hal sesuai kebutuhan. Namun seiring dengan semakin lamanya penggunaan HP Samsung J2 ini maka sudah sewajarnya mengalami penurunan peforma. Jika sudah seperti itu maka salah satu opsi yang dapat dipilih adalah membeli HP baru, memperbaikinya, atau melakukan reset.

Reset adalah pilihan yang sangat logis karena tak perlu mengeluarkan budget apapun. Yang dibutuhkan hanyalah pengetahuan bagaimana cara melakukan reset. Setelah itu segala permasalahan pada HP Samsung J2 anda dapat teratasi.

Oleh sebab itu kami akan menjelaskan secara lengkap cara melakukan reset pada HP Samsung J2.

Sekilas Tentang HP Samsung J2

Samsung J2 Prime

Dari segi desain, HP Samsung J2 terlihat cukup elegan, dengan empat pilihan yang dapat dipilih sesuai dengan selera yaitu gold, pink, silver, dan black.

Body luarnya menggunakan bahan dasar metal. Meskipun demikian tak licin saat dipegang. Dari segi desain terlihat cukup mewah.

Kapasitas baterai HP Samsung J2 mencapai 2600 mAh. Terdapat fitur Ultra Power Saving Mode yang dapat menjadikan baterai menjadi tahan lama dan efisien. Baterainya dapat dilepas untuk diganti saat kondisinya sudah kurang bagus.

Apa Itu Reset Pabrik?

Apa itu reset

Reset Pabrik adalah mengembalikan sistem ponsel seperti setingan dari pabrik. Itulah sebabnya disebut dengan reset pabrik atau factory reset. Reset dilakukan dengan mengembalikan seluruh pengaturan ke pengaturan awal dan menghapus semua data yang ada di dalam ponsel.

Setelah melakukan reset, maka nantinya sistem ponsel akan persis seperti baru. Hal ini membuat banyak perubahan positif pada ponsel. Tak heran reset dilakukan untuk mengatasi banyak masalah pada ponsel.

Misalnya jika ponsel mengalami freezing atau keadaan tak dapat dikontrol sama sekali atau apilkasi yang sering keluar secara tiba-tiba maka reset pabrik menjadi salah satu cara mengatasi yang paling ampuh.

Hal Penting untuk Dilakukan Sebelum Reset HP Samsung J2

pencadangan data ke Google Drive

Salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan sebelum melakukan reset HP Samsung J2 adalah melakukan backup terhadap data yang anda miliki. Sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya bahwa reset dilakukan dengan menghapus data yang ada di HP anda.

Oleh sebab itu maka ingatlah untuk memindahkan semua data ponsel yang menurut anda penting ke perangkat lain baik itu komputer, flashdisk, hardisk, atau di layanan cloud seperti Dropbox dan Google Drive. Data yang sebaiknya anda backup diantaranya file penting baik dokumen, foto, video, atau file lainnya. Riwayat chat anda, dan backup semua aplikasi penting agar tak hilang.

Selama reset pada HP Samsung J2, maka sebaiknya lakukan langkah-langkah dibawah dengan tepat sebab jika tidak akan dikhawatirkan terkena bootloop. Bootlop adalah keadaan sistem mengalami masalah dan ini dapat mengakibatkan masalah yang lebih besar lagi.

Selain itu sebelum melakukan reseet, pastikan baterai HP Samsung J2 anda dalam keadaan penuh atau setidaknya minimal 50% terisi.

Cara Reset HP Samsung J2 dengan Settingan

Cara Reset HP Samsung A01 dengan Setingan

‘Cara pertama yang dilakukan adalah dengan menu setting yang sangat mudah untuk dilakukan. Adapun tahapannya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, buka aplikasi setting pada HP anda.
  2. Lalu klik Mencari di bagian pojok kanan atas.
  3. Ketikan Reset. Pilih Reset Data Pabrik.
  4. Pilih Reset Perangkat.
  5. Proses reset akan dilakukan.

Nantinya HP Samsung J2 akan mati lalu kemudian hidup kembali dan anda akan melihat tampilannya seperti HP yang pertama kali dinyalakan.

Cara Reset HP Samsung J2 Melalui Recovery Mode

Cara Reset HP Samsung A01 dengan Recovery Mode

Berbeda dengan cara pertama, cara ini kerap dilakukan saat HP tengah error dan tak dapat membuka bagian settingan. Cara reset ini sering diterapkan saat kuncian HP tak dapat terbuka karena lupa.

Caranya juga sangat mudah. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pastikan HP Samsung J2 anda dalam keadaan mati.
  2. Lalu tekan tombol volume atas, tombol home dan tombol power secara bersamaan. Nantinya akan muncul logo Android berbentuk robot. Ini menunjukan bahwa anda telah masuk ke recovery mode.
  3. Pilih Wipe Data/ Factory Reset lalu pilih Yes.
  4. Tunggu sampai proses selesai.

Manfaat Reset Bagi HP Samsung J2

Melakukan reset untuk HP Samsung J2 ternyata mempunyai banyak manfaat yang dapat diperoleh sekaligus. Inilah alasan mengapa anda sebaiknya melakukan reset untuk HP anda. Berikut ini beberapa manfaat melakukan reset untuk HP Samsung J2:

Dapat Menghapus Virus dan Malware

Virus dan malware adalah masalah yang cukup fatal yang dapat menyerang HP Samsung J2. Virus dan malware dapat menyerang sistem dan bahkan dapat merusak bagian hardwarenya secara bertahap.

Oleh karena itu, virus dan malware adalah momok menakutkan bagi pengguna HP Samsung J2. Sekalipun telah terpasang dengan antivirus, seringkali mutasi virus dan malware jauh lebih cepat ketimbang update antivirus terutama antivirus versi gratis. Terkadang keberadaan virus dan malware tak terdeteksi oleh antivitus dan kita pun tak merasakan adanya bahaya yang mengintai dari malware dan virus ini.

Nah, dengan melakukan reset, maka nantinya ponsel anda akan kembali ke setelan awal dan menghapus semua data yang ada di ponsel termasuk virus dan malware termasuk yang akan ikut terhapus.

Dengan dengan terhapusnya malware dan virus maka nantinya peforma ponsel akan jauh lebih meningkat tajam dari sebelumnya.

Meningkatkan Peforma HP Samsung J2 Secara Drastis

Meningkatkan Peforma Android

Selain karena penghapusan virus, peningkatan peforma HP Samsung J2 setelah dilakukan reset adalah karena data yang tak penting akan terhapus selama proses reset dilakukan.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa saat kita menggunakan ponsel maka akan ada data yang tersimpan di HP. Semakin lama kita menggunakan HP maka semakin banyak data yang tersimpan. Itu juga berarti semakin menurun peforma HP dan semakin lambat HP yang kita gunakan.

Aplikasi pembersih ponsel terkadang tak menghapus data ini sebab dianggap masih cukup penting atau tak dalam jangkauan aplikasi penghapus ponsel.

Disinilah peran reset berada. Karena semua data akan terhapus maka segala data yang telah dikumpulkan oleh HP Samsung J2 selama bertahun-tahun akan dihapus dan HP Samsung J2 akan kembali seperti baru kembali.

Kesimpulan

Untuk melakukan reset HP Samsung J2, ada dua cara yang dapat dilakukan yaitu dengan menggunakan menu setting dan melalui recovery mode.

Melakukan reset terhadap HP Samsung J2 akan memperoleh banyak manfaat sekaligus seperti menghilangkan virus dan malware, serta dapat meningkatkan perofma HP Samsung J2 anda.

Namun meskipun banyak manfaatnya, sebaiknya jangan lakukan reset terlalu sering karena akan berakibat buruk bagi ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published.