3 Cara Reset HP Samsung A10s dengan Mudah!

Posted on

Jika anda saat ini sedang hendak memilih ponsel maka salah satu opsi terbaiknya adalah ponsel Samsung sebab Samsung menjadi salah satu perusahaan ponsel yang terus merilis HP berkualitas tinggi bahkan setara dengan Apple.

Salah satunya adalah Samsung A10s. Yang unik dari ponsel ini adalah alih-alih Samsung menerbitkn ponsel yang sama sekali baru untuk menangkis gempuran ponsel asal Tiongkok, mereka justru melakukan update seri lama dengan menambahkan S dibelakangnya, salah satunya adalah HP Samsung A10s ini.

Sekalipun HP Samsung A10s ini memiliki kualitas unggulan, tak dapat dipungkiri bahwa terkadang ponsel ini juga kerap mengalami masalah sebgaiamana ponsel merek lain pun demikian. Salah satu cara penanganannya adalah dengan melakukan reset.

Jika anda cukup asing dengan reset, ingin mengetahui bagaimana cara melakukan reset, manfaat dan resikonya maka anda datang di artikel yang tepat sebab di dalam artikel ini akan dijelaskan secara rinci tentang reset HP Samsung A10s.

Sekilas Tentang HP Samsung A10s

Sekilas Tentang HP Samsung A10s

Body yang digunakan tak banyak mengalami perubahan. Perubahan yang paling besar ada pada bagian kameranya yang menjadi dual camera dan juga terdapat fitur keamanan fingerprint di belakangnya.

Untuk performanya bisa dibilang cukup gahar sebab telah dibekali dengan Chipset Mediatek Helio P22 sebagai otaknya yang mempunyai kecepatan 2.0 GHz yang memberikan kenyamanan ekstra saat menggunakannya. Untuk memorinya HP Samsung A10s mempunyai ukuran 32 GB dan ramnya sebesar 2 GB.

Baterai HP Samsung A10s ini sangatlah besar sebab kapasitasnya adalah 4Samsung A10s mAh yang sanggup bertahan lama. Namun sungguh disayangkan HP Samsung A10s ini belum dibekali dengan fitur pengisian cepat.

Kameranya ada dua buah yaitu yang berukuran 13 MP dan 2 MP pada bagian belakang. Untuk bagian depannya HP Samsung A10s dibekali kamera berukuran 2 MP. Keunggulan HP Samsung A10s adalah mampu memotret sekalipun di tempat yang minim cahaya.

Ini adalah HP entry level yang cocok untuk pecinta fotografi sebab mendukung dari segala sisi.

Apa Itu Reset?

3 Cara Reset HP Samsung A10s dengan Mudah

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara reset HP Samsung A10s, ada baiknya kita mengetahui lebih jauh mengenai reset.

Reset sendiri adalah proses penghapusan seluruh data di ponsel dan mengembalikan setingannnya ke setelan yang dibuat oleh pabrik. Oleh sebab itu reset juga disebut reset factory atau reset pabrik.

Karena yang dilakukan adalah mengembalikan ke setelan pabrik maka ini akan membuat HP yang sebelumnya error karena perubahan pengaturan pasca pemakaian akan dapat diatasi.

Selain itu karena reset membuat seluruh data yang telah tersimpan menjadi terhapus maka hal itu akan sangat berdampak besar pada peforma HP.

Tak mengherankan reset menjadi salah satu cara utama untuk mengatasi berbagai macam problematika yang dihadapi oleh HP.

Beberapa masalah yang dapat diatasi dengan reset adalah HP tak dapat melakukan panggilan atau menerima panggilan. Selain itu reset juga dapat dilakukan saat peforma HP mulai menurun.

Backup Sebelum Reset HP Samsung A10s

pencadangan data ke Google Drive

Perlu diingat bahwa sebelum reset dilakukan maka lakukanlah backup terhadap data yang anda miliki. Jangan sampai reset tak hanya error pada HP Samsung A10s anda beserta dengan data di dalamnya.

Oleh sebab itu maka lakukanlah backup data penting seperti foto, video, dokumen, dan file lainnya. Selain file, backup juga history chat anda ke Google Drive. Jangan lupa juga backup semua data dari yang anda miliki agar setelah anda menginstal ulang aplikasi data anda tetap ada.

Pindahkanlah data anda ke tempat lain seperti laptop, hardisk, flashdisk, atau ke layanan cloud seperti Google Drive atau Dropbox.

Cara Reset HP Samsung A10s dengan Setingan

Cara Reset HP Samsung A01 dengan Setingan

Cara melakukan reset yang pertama adalah dengan menu setingan. Samsung menyediakan tombol untuk melakukan reset di bagian setingan. Kita hanya perlu membuka setingan dan mengkliknya. Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama buka Settings.
  2. Setelah itu klik General management.
  3. Kemudian klik Reset.
  4. Pilih Factory Data Reset.
  5. Klik Reset yang ada di bagian bawahnya.
  6. Setelah itu klik Delete All.
  7. Masukan sandi akun Samsung lalu pilih Ok.

Cara Hard Reset Samsung A10

Cara Reset HP Samsung A10 dengan Recovery Mode

Penggunaan hard reset biasanya untuk mengatasi masalah error pada HP Samsung A10s yang tergolong cukup berat hingga tak dapat mengakses beranda atau lupa password pembuka HP. Jika sudah seperti ini maka solusinya adalah melakukan reset paksa atau istilahnya hard reset.

Tentu saja jika anda belum melakukan backup terhadap data anda maka anda akan kehilangan  semua data yang tersimpan dengan cara ini.

Adapun cara melakukan hard reset adalah sebagai berikut:

  1. Pertama pastikan HP Samsung A10s anda dalam keadaan mati.
  2. Tekan tombol volume atas dan Power secara bersamaan selama beberapa detik hingga muncul logo Samsung pada layar. Setelah muncul logo Samsung itu berarti anda telah berhasil masuk ke Recovery Mode.
  3. Pilih Wipe Data/ Factory Reset.
  4. Klik OK untuk mengkonfirmasi.
  5. Pilih Reboot System Now.

Setelah itu HP Samsung A10s akan mulai melakukan restart.

Cara Reset HP Samsung A10s dengan Fitur Find My Mobile

Cara Reset HP Samsung A10s dengan Fitur Find My Mobile

Salah satu fitur yang dihadirkan oleh Samsung adalah Find My Mobile. Fitur ini dapat digunakan untuk mencari lokasi HP yang hilang. Namun lebih dari itu fitur ini juga dapat digunakan untuk fungsi lain seperti mengunci HP, menyalakan ringtone, dan menghapus data/ reset.

Menghapus data/ reset menggunakan opsi Erasi yang dapat menghapus seluruh data pada HP. Untuk dapat melakukannya, anda dapat melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Masuk ke www.findmymobile.samsung.com.
  2. Isi dengan akun dan sandi.
  3. Setelah itu pilih Perangkat yang ada di dalam menu sebelah kiri.
  4. Klik pilihan Hapus Data.
  5. Setelah itu klik Hapus.

Kesimpulan

Samsung adalah HP yang bisa diandalkan karena mempunyai kualitas yang sangat bagus. Salah satunya perangkat yang dilekeluarkannya adalah HP Samsung A10s. HP ini dapat menunjang aktivitas sehari-hari yang mempunyai banyak keunggulan. Sekalipun demikian, tetap saja HP Samsung A10s dapat mengalami error dan menghadapi sejumlah masalah.

Salah satu cara menanganinya adalah dengan melakukan reset. Reset adalah menyetel ulang HP dan menghapus data yang ada di dalamnya sehingga keadaaannya akan sama seperti keadaan seperti baru.

HP Samsung A10s terdapat 3 cara untuk reset. Pertama adalah dengan menu setting, kedua dengan hard reset, dan yang ketiga dengan dengan fitur Find My Mobile.

Reset memiliki banyak manfaat selain memperbaiki masalah yang ada pada HP yaitu dapat meningkatkan peforma dan menghilangkan virus yang mungkin bersarang pada ponsel. Namun meskipun demikian, reset HP Samsung A10s tak boleh dilakukan terlalu sering.

Leave a Reply

Your email address will not be published.