4 Penyebab Paket Youtube Indosat Lemot dan Cara Mengatasinya 2022

Posted on

Indosat memiliki beberapa paket menarik dimana salah satunya mengandung Youtube unlimited. Sayangnya, beberapa orang merasa paket Youtube Indosat lemot sehingga mengganggu pengalaman mereka. Ketahui apa saja penyebab dan cara memperbaikinya.

Penyebab Paket Youtube Indosat Lemot

Youtube Indosat lemot

Beberapa penyebab berikut ini mungkin menjadi salah satu faktor kenapa paket Youtube milikmu berjalan lambat:

  • Tidak dalam Jangkauan Sinyal yang Bagus

Kemungkinan pertama adalah lokasimu tidak berada pada jangkauan sinyal yang baik dari Indosat. Seperti yang diketahui ada beberapa daerah terutama daerah yang jauh dari pusat kota memiliki sinyal yang tidak terlalu baik.

Apabila kamu menggunakan Youtube dengan paket unlimited di daerah-daerah tersebut, maka besar kemungkinan kamu akan mengalami Youtube yang lemot dari Indosat. Apalagi mengingat aktivitas menonton Youtube merupakan aktivitas streaming yang membutuhkan koneksi internet stabil.

Kamu bisa mengeceknya dari internet apakah daerahmu merupakan daerah yang dicakup dengan baik oleh sinyal Indosat atau tidak.

  • Aplikasi Update Otomatis

Kemungkinan penyebab Youtube Indosat lemot berikutnya adalah ada satu atau mungkin lebih aplikasi yang sedang update otomatis. Seperti yang kita tahu banyak aplikasi Android atau iOS yang memiliki fitur update otomatis dan ini berjalan di latar belakang.

Jika ini terjadi, maka bandwidth internet akan terbagi yang membuat internetmu menjadi lemot. Tentu saja ini akan berpengaruh pada penggunaan streaming Youtube menjadi tak selancar biasanya.

Jadi pastikan terlebih dahulu apakah ada aplikasi yang sedang update otomatis di latar belakang sebelum menggunakan Youtube.

  • Pengaruh VPN

internet vpn
Gambar oleh Dan Nelson dari Pixabay

Buat kamu yang sering menggunakan VPN, aplikasi ini juga bisa menjadi salah satu penyebab kenapa Youtube dengan paket unlimited Indosat menjadi lemot. Kebanyakan VPN membatasi atau mungkin memiliki performa internet yang kurang baik.

Umumnya, penggunaan dengan VPN hanya bagus untuk berselancar di internet tanpa membutuhkan koneksi yang terlalu stabil.

  • Pembatasan Kecepatan dari Provider

Sudah menjadi rahasia umum jika sebuah paket unlimited pasti memiliki batasan kecepatan. Ini kemungkinan juga terjadi pada paket unlimited Youtube dari Indosat. Untuk hal ini tidak ada yang bisa dilakukan karena semua jadi kebijakan dari provider.

Cara Mengatasi Youtube Indosat Lemot

Indosat Ooredoo

  • Pastikan dalam Jangkauan Sinyal yang Baik

Cara pertama yang harus kamu lakukan adalah memastikan kamu ada dalam jangkauan sinyal Indosat yang baik. Jika tidak, maka solusi lain tidak akan bisa berjalan akibat sinyal yang terlalu rendah.

Caranya kamu bisa berpindah dahulu ke tempat yang memiliki jangkauan sinyal baik. Biasanya untuk di daerah, tempat yang lebih tinggi memiliki sinyal yang lebih bagus.

  • Matikan Auto Update Aplikasi

Untuk memaksimalkan kecepatan internet dari sebuah smartphone, kami menyarankan untuk mematikan auto update dari semua aplikasi. Cara ini untuk memastikan Youtube Indosat lemot akibat terbaginya bandwith internet dengan aplikasi yang sedang mengunduh update.

Tenang saja kamu masih bisa memperbarui versi setiap aplikasi secara manual melalui Google Play Store asal kamu rajin memeriksa pembaruan di sana.

Dengan demikian, kecepatan internet bisa dimaksimalkan pada aktivitas yang memang sedang dilakukan dalam hal ini menonton Youtube.

  • Setting APN

Setting APN Indosat kamu adalah salah satu cara mengatasi Youtube Indosat yang lemot. Cara ini sebenarnya bisa diterapkan untuk semua operator. Tapi di tutorial kali ini, kami akan bagikan settingan untuk Indosat saja, begini caranya:

  • Masuk ke Setting smartphone
  • Masuk ke opsi Network atau Jaringan
  • Ketuk More Network
  • Pilih opsi Mobile Network
  • Kemudian pilih Access Point Name (APN)
  • Ketuk ikon Plus (+) yang berada di sudut kanan atas
  • Isi konfigurasi dengan konfigurasi APN dari Indosat
  • Ketuk Simpan atau Save

Beberapa smartphone bisa saja memiliki cara atau pengaturan yang berbeda. Jika kamu tidak bisa menemukan pengaturan di atas, kamu bisa memulainya dari pengaturan SIM Card atau pengaturan dual SIM.

Untuk konfigurasi APN Indosat sendiri tidak terlalu rumit seperti provider lain. Kamu hanya perlu memasukkan name “Indosat” (tanpa tanda petik) dan APN ”Indosatgprs” (tanpa tanda petik).

Perlu diingat bahwa cara mengatasi Youtube Indosat lemot dengan APN tidak menjamin keberhasilan 100%. Karena biasanya APN pada beberapa smartphone sudah benar konfigurasinya seperti cara di atas.

  • Menurunkan Kualitas Video Youtube

Jika cara-cara di atas sudah dilakukan namun tidak memberikan hasil yang signifikan, maka cara terakhir adalah menurunkan kualitas video Youtube yang ditonton. Semakin kecil kualitas video yang ditonton, semakin kecil pula kebutuhan internet untuk stream video tersebut.

Dengan demikian video Youtube bisa berjalan dengan lebih lancar daripada menggunakan kualitas video yang terlalu tinggi.

Pada dasarnya kecepatan dari sebuah paket unlimited memang sudah dibatasi untuk suatu alasan. Jadi paket unlimited Youtube Indosat lemot merupakan hal yang wajar. Tapi kamu bisa memaksimalkan kecepatannya dengan cara-cara yang sudah kami bagikan di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.