Spesifikasi dan Review Huawei Nova Y90 2022

Posted on

Belum lama ini Huawei secara resmi merilis smartphone terbarunya yang merupakan seri turunan dari Y series. Namanya apalagi kalau bukan Huawei Nova Y90. Menarik untuk mengulik spesifikasi seperti apa yang diberikan Huawei pada produknya kali ini, untuk itu simak review selengkapnya di bawah ini.

Spesifikasi Huawei Nova Y90

Huawei Nova Y90

KeluaranJuni 2022
Platform
RAM8 GB
ChipsetQualcomm SM6225 Snapdragon 680 4G dengan ukuran 6 nm
PenyimpananInternal 128 GB
CPUOcta – Core (4 x 2,4 GHz Kryo 265 Gold dan 4 x 1,9 GHz Kryo 265 Silver
Sistem OperasiEMUI 12
Kamera Belakang
Single Camera50 MP, PDAF, f/1.8 wide

2 MP f/2.4 (depth)

2 MP f/2.4 (macro) 

Video1080p 30 fps
FiturPanorama, HDR, LED Flash
Kamera Depan
Single Camera8 MP, f / 2.0
Video1080p 30 fps
FiturLED Flash
Bodi
Dimensi163,3 x 74,7 x 8,4 mm (6,43 x 2,94 x 0,33 in)
Berat6,88 oz (195 gram)
WarnaPearl White, Crystal Blue, Midnight Black, Emerald Green
LayarIPS LCD 90 Hz 6,7 inch 108,7 cm2
Resolusi1080 x 2388 px 391 ppi density
BateraiLi – Po 5000 mAh non removable
Konektivitas
Jaringan2G, 3G, 4G
SIMGSM, HSPA, LTE

Review Huawei Nova Y90

Spesifikasi Huawei Nova Y90

Setelah mengetahui spesifikasi lengkap dari Huawei Nova Y90, selanjutnya mari kita review lini per lini dari smartphone besutan Huawei ini. Kita mulai dari performa, ya!

  • Performa Chipset dan CPU

Sebagai smartphone yang hadir untuk kelas menengah ke atas, sudah pasti Huawei memberikan chipset dan CPU yang cukup powerful. Kombinasi Snapdragon 680 dan CPU Octa Core berkecepatan tinggi pada smartphone ini mampu melahap proses berat dengan cepat.

Salah satu contohnya adalah ketika kamu ingin bermain game berat kekinian, seperti PUBG : Mobile atau Genshin Impact. Game-game seperti ini bisa berjalan dengan cukup mulus sebagai bukti tingginya performa dari dapur pacu Huawei Nova Y90 ini.

Selain untuk bermain game, tentu saja performa cepat ini juga berguna untuk menjalankan proses berat lain seperti mengedit video atau foto.

  • Kamera

Huawei Nova Y90 review kita lanjutkan ke sisi kamera. Secara teknis kamera smartphone ini tidaklah mengecewakan. Namun jika kamu adalah orang yang sangat detail dalam memperhatikan kamera, maka kamu bisa melihat bahwa kamera smartphone ini masih bisa disaingi oleh smartphone lain di kelasnya. 

Tapi bukan berarti hasil foto atau video dari Nova Y90 buruk. Hasil jepretan smartphone ini masih tergolong cukup baik, apalagi di outdoor dengan keadaan pencahayaan yang cukup, kamu bisa menghasilkan foto yang sangat jelas dan tajam.

Begitu juga dengan kamera depan yang memiliki resolusi cukup tinggi dibandingkan dengan smartphone lain di kelas yang sama. Ini merupakan kabar baik buat kamu yang suka selfi karena foto yang dihasilkan sudah cukup bagus.

Sedangkan untuk sisi video, seharusnya 1080p dengan 30 fps sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar merekam video menggunakan smartphone.

  • Display

Seperti yang telah dituliskan pada tabel spesifikasi, di bagian layar smartphone ini menggunakan resolusi 1080 x 2388 pixels dengan ukuran total 6,7 inch. Sebagai informasi, rasio layar ini adalah 89,1 % dari total bagian depan dari smartphone.

Ini arrtinya kamu akan mendapatkan smartphone dengan bezel yang tipis dan tentunya membuatnya tampak lebih keren dan minimalis. Begitu juga dengan teknologi IPS yang sudah disematkan pada layar HP ini tentunya membuat penggunanya nyaman saat bermain game ataupun penggunaan reguler lain.

  • Memori

Di sisi memori, Huawei Nova Y90 menggunakan memori internal 128 GB. Kapasitas ini seharusnya sudah cukup untuk kebutuhan saat ini. Kecuali jika kamu memiliki kebutuhan penyimpanan yang ekstra besar.

Sedangkan untuk mendukung kinerja dapur pacu, kamu akan mendapatkan kapasitas RAM yang cukup besar, yaitu 8 GB. Kapasitas RAM ini sama seperti laptop kelas menengah sehingga untuk ukuran smartphone seharusnya lebih dari cukup untuk menangani proses berat.

Apalagi untuk aplikasi-aplikasi yang berjalan di atas sistem operasi Android umumnya tidak terlalu memakan banyak RAM kecuali game berat. Itu pun seharusnya masih bisa ditampung oleh 8 GB RAM yang digunakan oleh Nova Y90 sehingga dari sisi RAM seharusnya tidak ada masalah.

  • Baterai

Baterai adalah komponen yang cukup penting pada sebuah smartphone. Di sisi ini, beruntung Huawei membekali produknya kali ini dengan kapasitas baterai yang cukup besar. 5000 mAh dengan teknologi Li – Po membuat smartphone ini bisa memiliki jumlah lifetime yang cukup lama.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengisi baterai ini dengan cukup cepat karena sudah menggunakan teknologi quick charge. Namun tentu saja untuk bisa memaksimalkan fitur ini, kamu harus menggunakan charger dengan daya yang sesuai.

Kelebihan Huawei Nova Y90

Kelebihan Huawei Nova Y90

  • Performa Tinggi

Setelah melihat Huawei Nova Y90 spek dan review di atas, dapat disimpulkan bahwa kelebihan pertama dari smartphone ini adalah performa yang tinggi. Ya, dengan dukungan chipset dan CPU berkelas, kamu bisa mendapatkan performa maksimal dari smartphone ini.

Tidak perlu lagi khawatir tidak bisa menjalankan suatu tugas atau aplikasi, karena dengan teknologi aplikasi yang ada saat ini seharusnya semua masih bisa dijalankan oleh Nova Y90.

  • Kapasitas Baterai Besar

Buat kamu yang suka bepergian, smartphone produksi Huawei ini sangat cocok karena baterainya tidak mudah habis. Dengan kapasitas 5000 mAh, kamu bisa menggunakan smartphone ini seharian tanpa harus charge berkali-kali.

Apalagi ditunjang dengan adanya fitur quick charge yang membuatmu lebih cepat dalam mengisi daya dan membuat Nova Y90 siap dipakai lebih cepat.

  • Kamera Berkualitas

Kabar baik bagi para pecinta fotografi smartphone, karena dengan smartphone ini kamu bebas berkarya dengan hasil maksimal berkat kamera berkualitas tinggi.

Kekurangan Huawei Nova Y90

Kekurangan Huawei Nova Y90

  • Memori Internal

Meskipun memori internal smartphone ini cukup lapang, namun ini bisa menjadi kekurangan tersendiri. Karena dengan harga yang hampir sama, smartphone lain yang menjadi pesaing Y90 memiliki kapasitas yang lebih besar dan bervariasi.

  • Desain

Secara keseluruhan sebenarnya desain dari Nova Y90 ini cukup bagus. Akan tetapi desain dari kamera dengan aksen hitam yang cukup besar mungkin sedikit mengganggu. Walaupun kembali lagi untuk masalah desain setiap orang pasti memiliki preferensi masing-masing.

  • Layar

Penggunaan IPS LCD pada layar sebenarnya bukan sesuatu yang buruk. Namun lagi-lagi ini bisa menjadi celah ketika dibandingkan dengan smartphone pesaing mengingat banyak dari mereka yang menggunakan teknologi di atasnya.

Harga Huawei Nova Y90

Pada awal perilisannya dan hingga kini, smartphone besutan Huawei ini dijual dengan kisaran harga 10 jutaan atau 9,99 juta rupiah.

Secara umum Huawei Nova Y90 sudah cukup baik untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan juga untuk kebutuhan berat. Hanya saja jika kamu suka membandingkan, mungkin saja bisa menemukan produk lain yang lebih baik dari produk ini.

tokopedia buttonlazada buttonblibli button

Video Promosi Official Huawei Nova Y90

Leave a Reply

Your email address will not be published.