Syarat dan Cara Daftar Shopee Food Merchant dengan Mudah

Posted on

Jika anda mempunyai usaha kuliner, maka melakukan promosi adalah hal yang wajib agar bisa meningkatkan penjualan. Dari sekian banyaknya promosi, mendaftar sebagai merchant Shopee Food merupakan opsi terbaik.

Adapun cara daftar Shopee Food Merchant sebenarnya tidaklah sulit dilakukan tetapi juga tidak boleh disepelekan begitu saja.

Seperti sudah diketahui, ShopeeFood sendiri merupakan salah satu layanan dari Shopee dimana bisa digunakan untuk konsumen menggunakan layanan pesan antar makanan dan minuman.

Nah, bagi para pebisnis, jelas dapat digunakan sebagai peluang promosi terbaik untuk menghadirkan profit lumayan.

Mengenal Merchant Shopee Food

Mengenal Merchant Shopee Food

Memiliki bisnis yang mampu bersaing di tengah persaingan cukup ketat memang menjadi keinginan bagi semua orang. Terlebih lagi usaha tersebut bergerak di bidang Food and beverages atau makanan dan minuman.

Disinilah, anda memang dituntut untuk mampu melakukan promosi dengan baik sehingga bisnis dapat dikenal dengan mudah. Salah satu cara yang bisa dipilih untuk mendukung kegiatan promosi adalah dengan gabung menjadi merchant di ShopeeFood.

Tentu saja, dengan begitu terdapat banyak keuntungan dimana akan diperoleh pebisnis yakni akan lebih dikenal oleh banyak orang. Tetapi apa sebenarnya maksud dari Merchant ShopeeFood? Untuk memahaminya lebih lanjut, kami sudah menyiapkan penjelasannya berikut ini.

Jadi bisa dibilang Merchant di layanan Shopee ini adalah bentuk individu ataupun kelompok yang mempunyai peran buat menyediakan atau menjual makanan dan minuman dengan toko fisik ataupun toko online.

Adapun perbedaannya dengan toko ataupun restoran lainnya hanya terletak pada sistem pemesanannya dan juga pembayarannya. Dimana, Shopee inipun memiliki peran cukup penting untuk proses pemesanan ataupun pembayaran tersebut.

Syarat Untuk Bergabung Menjadi Merchant

Sampai disini anda sudah paham bukan yang dimaksud dengan merchant diatas? untuk melakukan pendaftaran sendiri sebenarnya tidaklah sulit dilakukan. Baik secara individu ataupun sudah berbentuk badan hukum.

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum memutuskan buat bergabung diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Syarat Merchant Individu
  2. KTP atau KITAS yang masih berlaku
  3. Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak atau SPPKP
  4. NPWPD atau nomor pokok wajib pajak daerah
  5. Foto outlet atau toko
  6. Foto tabungan
  7. Syarat Merchant Badan Hukum
  8. KTP atau KITAS yang masih berlaku
  9. SIUP atau TDUP aktif
  10. NPWP
  11. Surat keterangan domisili bagi mitra yang berada di luar Jakarta
  12. TDP atau NIB (Nomor Induk Usaha)
  13. Akta Pendirian Usaha
  14. NPWPD
  15. Foto outlet atau restoran
  16. Serta foto buku tabungan.

Cara Daftar Shopee Food Merchant dengan Mudah

Apabila berkas diatas sudah anda kumpulkan dengan baik, maka langkah berikutnya anda bisa langsung melakukan proses pendaftaran. Pastikan menyediakan perangkat pendukung serta jaringan internet memadai sehingga prosesnya lebih maksimal.

Untuk tahapannya, calon merchant dapat segera mengikuti panduan daftar Shopee Food Merchant dibawah ini.

Masuk ke Link Pendaftaran

Jika syarat diatas sudah disiapkan, maka langkah berikutnya, calon pendaftar bisa langsung mengakses pendaftaran. Setelah berhasil mengakses, maka akan langsung dialihkan ke halaman untuk proses pengisian formulir.

Isikan Email dan Nomor HP

Pendaftar akan diminta buat memasukkan email dan nomor HP. Pastikan apabila email ataupun nomor masih aktif alias bisa dihubungi. Nantinya dapat digunakan buat berkomunikasi dengan customer service dari Shopee. Apabila sudah, bisa dilanjutkan dengan klik pilihan berikutnya.

Nantinya, akan ditampilkan pertanyaan seputar Shopeepay. Apabila telah terdaftar di Shopeepay, bisa langsung klik Ya. Tetapi apabila belum, tinggal klik tidak saja. Maka akan langsung dialihkan ke halaman lain sesuai dengan instruksi.

Detail Informasi Lokasi dan Alamat Bisnis

Di tahap berikutnya, akan diminta buat mengisi detail informasi yang berkaitan dengan lokasi ataupun alamat bisnis. Pastikan diisi dengan tepat dan sesuai. Jangan sampai ada data keliru ketika menambahkan info bisnis. Sebab nantinya, hanya akan mempersulit pihak dari driver saja.

Apabila bagian form alamat dari usaha tidak dapat ditemukan secara otomatis, maka jangan khawatir dahulu. Sebab pengguna bisa langsung klik lainnya. Di menu itulah, pendaftar dapat memasukkan alamat dan lokasinya secara manual.

Informasi Pribadi dan Jenis Bisnis

Masih ada lagi detail informasi yang harus diisi yakni info pribadi ataupun jenis pribadi. Informasi pribadi sendiri biasanya bersangkutan dengan nama lengkap dari bisnis kuliner dimana anda miliki.

Sesudah menentukan nama dari bisnis, maka akan diminta buat menentukan jenis usahanya. Apakah berbentuk perorangan ataukah mempunyai badan usaha.

Tentukan Kategori Usaha

Nantinya pendaftar juga akan diminta untuk menentukan kategori usaha yang dijalankan tersebut. Jangan lupa, isikan daftar semua outlet apabila tersedia. Sebagai contohnya apabila mempunyai 2 outlet, maka bisa mengisi sebanyak 2 outlet dan demikian seterusnya.

Bentuk Bisnis

Pendaftar juga harus menentukan bentuk bisnis yang sedang dijalani tersebut. apakah berbentuk rumahan, catering ataukah restoran. Namun, apabila bisnis tidak berasal dari kedua kategori tersebut maka pendaftar dapat memilih skala mikro atau pedagang kaki lima.

Pastikan apabila pilihannya benar-benar tepat dan mewakili usaha anda.

Mengupload Gambar Outlet

Sudah melengkapi formulir diatas? selanjutnya, anda bisa mengunggah gambar outlet atau restoran yang dimiliki. Tetapi perlu diingat, dalam tahap tersebut sebaiknya harus dilakukan dengan cermat.

Cobalah mengupload foto usaha dari depan hingga bagian produksi. Untuk bagian produksi hanya berlaku buat usaha catering ataupun badan hukum.

Konfirmasi Pendaftaran

Langkah terakhir, anda bisa segera melakukan konfirmasi pendaftarannya. Nantinya, pihak dari Shopeefood akan menanyakan sejumlah pertanyaan seperti dari mana mendapatkan informasi seputar mitra merchant Shopee.

Untuk mengakhiri sesi tersebut, maka klik ya dan kirim. Jika diterima maka tim Shopee akan langsung menghubungi via nomor hp yang sudah didaftarkan.

Keuntungan Gabung Merchant di ShopeeFood

Bergabung dengan Shopeefood sebagai merchant memang bisa menjadi salah satu langkah yang tepat. Terlebih lagi apabila usaha yang anda miliki mikro ataupun skala rumahan, tentu ingin dikenal lebih banyak orang bukan?

Terdapat beberapa keuntungan dimana bisa diperoleh diantaranya adalah sebagai berikut

Memperoleh Dukungan Promo dari ShopeeFood

Keuntungan pertama yang bisa didapatkan yakni adanya dukungan promo dari pihak Shopee buat para merchant. Bagi para pengguna ShopeeFood, pastinya sudah tidak asing lagi apabila layanan tersebut sering menawarkan beragam promo.

Jadi dengan menjadi bagiannya adalah solusi paling tepat.

Untuk Mempromosikan Bisnis

Dengan bergabung menjadi merchant ternyata secara tidak langsung juga dapat digunakan untuk mempromosikan bisnis. Terlebih lagi persaingan dalam dunia usaha memang cukup ketat, jadi apabila tidak mempunyai strategi tepat, jelas akan tertinggal begitu saja.

Terlebih lagi dengan menjadi merchant inilah sudah pasti terintegrasi dengan aplikasi Shopee. Mengingat Shopee sendiri menjadi aplikasi favorit bagi para anak muda.

Untuk mengembangkan usaha kuliner anda, bergabung dengan aplikasi pesan antar menjadi merchant adalah pilihan paling tepat. Cara daftar Shopee Food merchant diatas dapat dijadikan sebagai panduan terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *