Cara Menghapus Sistem di iPhone Mudah Tanpa Aplikasi

Posted on

Jika Anda pernah mengotak-atik ponsel sampai ke bagian Penyimpanan iOS dari aplikasi Pengaturan di iPhone atau iPad Anda, Anda mungkin memperhatikan bahwa bagian Penyimpanan Sistem terkadang cukup besar dan dapat menghabiskan banyak ruang penyimpanan. Lalu, adakah cara menghapus sistem di iPhone agar ruang penyimpanan tidak penuh?

Untuk perangkat dengan ruang penyimpanan yang sangat besar, ini mungkin tidak terlalu penting, tetapi jika “sistem” Anda menggunakan memori 16 GB pada perangkat 32 GB, pasti akan ada beban penyimpanan yang akan menimpa total kapasitas perangkat, yang berpotensi mencegah penggunaan lain.

Ini karena Anda tidak dapat mengunduh aplikasi, game, media, atau item lain ke perangkat Anda. Ini tentu membuat banyak orang berusaha untuk mengurangi sebagian besar memori “sistem” perangkat iOS. Jangan khawatir karena ada cara untuk menghapus sistem pada penyimpanan di iOS Anda.

Apa Itu Penyimpanan “Sistem”?

Bagian “Sistem” dari penyimpanan iPhone atau iPad Anda mungkin secara harfiah merupakan perangkat lunak sistem. Ini termasuk iOS itu sendiri, sistem operasi utama yang berjalan di iPhone atau iPad Anda, termasuk semua fungsi sistem, aplikasi sistem, cache, file sementara, dan komponen sistem lainnya seperti dasar-dasar lain dari sistem operasi iOS.

Ukuran penyimpanan yang sering kali acak dan sangat bervariasi di bagian sistem penyimpanan iOS mirip dengan bagian lain dari penyimpanan perangkat iOS. Bagian ini masih terdaftar di bagian Penyimpanan pada aplikasi Pengaturan, tetapi sistem sekarang tampaknya berada di bagian “Lainnya”.

Opsi lain untuk mengurangi penyimpanan sistem iOS secara permanen bahkan lebih dramatis yaitu setel ulang perangkat Anda, lalu instal ulang iOS dan pulihkan dari cadangan. Jelas ini adalah upaya yang cukup besar dan tidak boleh menjadi pilihan yang pertama bagi siapa pun. Demikian pula, memulihkan iOS biasanya mengurangi kapasitas “lainnya” di iPhone atau iPad Anda.

Memeriksa Ukuran Penyimpanan “Sistem” di iOS

Sebelum mulai menghapus sistem, Anda tentu ingin mengetahui berapa banyak penyimpanan “sistem” yang Anda miliki saat ini sebelum Anda mencoba untuk menghapusnya dan terdiri dari apa saja. Ini memberikan informasi untuk Anda yang bingung ingin menghapus apa saja dan memeriksa berapa banyak sisa Sistem jika data tersebut dihapus. Anda dapat memeriksa ukuran penyimpanan sistem Anda dengan melakukan hal berikut:

  • Buka aplikasi Pengaturan di iPhone Anda, lalu buka Umum.
  • Pilih penyimpanan iPhone Anda.
  • Tunggu hingga penggunaan penyimpanan dihitung, lalu gulir ke bagian bawah layar penyimpanan untuk menemukan sistem dan total konsumsi kapasitas penyimpanan.
  • Sebuah “sistem” dapat memiliki ukuran yang berbeda, terkadang lebih dari 7 GB, tetapi seringkali dengan mudah mencapai 10 GB, 15 GB, 25 GB atau bahkan lebih, bahkan pada jenis perangkat yang sama. Tampaknya acak, tetapi penggunaan penyimpanan yang signifikan membuat “sistem” lebih seperti penyimpanan “lain”, yang telah lama membuat frustrasi beberapa pengguna saat menggunakan penyimpanan perangkat di iOS.
  • Besarnya “sistem” ini juga tentunya bergantung pada ada seberapa banyak aplikasi dan data yang ada di perangkat Anda. Sekarang setelah Anda mengetahui seberapa besar memori sistem sejak awal, kemudian Anda bisa memulai cara menghapus sistem di iPhone untuk mengurangi penyimpanan.

Cara Shrink the “System” Storage di iPhone atau iPad

Untuk menggunakan trik ini guna mengurangi penyimpanan “sistem” iPhone atau produk iOS Anda, Anda memerlukan perangkat iOS, komputer dengan iTunes yang terpasang, dan kabel USB yang menghubungkan perangkat ke komputer Anda. Setelah Anda memiliki semua ini, sisanya Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka iTunes di komputer Anda. Ini bisa berupa PC Mac atau Windows.
  • Sambungkan kabel USB ke komputer Anda, lalu sambungkan iPhone atau iPad Anda ke kabel USB.
  • Jika Anda belum pernah terhubung ke komputer sebelumnya Anda harus “mempercayainya” saat pop-up muncul, masukkan kode sandi perangkat Anda untuk membuka kunci iPhone Anda.
  • Biarkan iTunes terbuka selama beberapa menit dengan iPhone atau iPad Anda terhubung ke komputer Anda. Tidak perlu sinkron, biarkan saja.
  • Luncurkan aplikasi Pengaturan, lalu buka Umum dan buka bagian Penyimpanan perangkat Anda dan gulir ke bawah untuk melihat Sistem.
  • Sistem harus sering dihitung ulang dan diperkecil ukurannya (tetapi tidak selalu).
  • Putuskan sambungan iPhone atau iPad Anda dari komputer dan kabel USB dan nikmati ruang penyimpanan gratis baru Anda.

Ketika Anda menghubungkan iPhone atau iPad ke komputer Anda dan membuka iTunes, Anda dapat melakukan semacam pemeliharaan atau pembersihan dengan membuat halaman cache dan file sementara dari partisi sistem iOS untuk mempersiapkan cadangan. Setelah pencadangan di iTunes selesai, Anda dapat mengosongkan sejumlah besar ruang penyimpanan di perangkat Anda.

Untuk cara menghapus sistem di iPhone ini tentu tidak akan menghapus semuanya dan untuk kapasitasnya juga bergantung pada berapa banyak cache atau sampah dari sistem yang bisa dihapus jadi setiap perangkat tentunya akan berbeda-beda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *