Sinyal Telkomsel Hilang Apa Sebabnya?

Posted on

Telkomsel adalah provider telekomunikasi terbesar di tanah air dengan jaringan kuat yang menyebar di seluruh pelosok di Indonesia. Walaupun memiliki pengguna yang sangat banyak dan terkenal dengan sinyal kuatnya, bukan berarti Telkomsel bebas gangguan.

Salah satu contohnya adalah sinyal Telkomsel hilang. Sebenarnya, kasus ini sangat wajar terjadi sebab jaringan tak selamanya stabil. Masalah ini juga bisa terjadi pada provider apa saja. Jadi, alangkah baiknya kalian sebagai pengguna Telkomsel tahu apa penyebab sinyal hilang dan cara mengatasinya.

Kenapa Sinyal Telkomsel Hilang?

Provider sebesar Telkomsel tentu pernah mengalami masalah sinyal. Hilangnya sinyal Telkomsel pada HP bisa terjadi karena beberapa kemungkinan faktor:

  1. Kartu SIM tidak terpasang dengan benar

Salah satu faktor yang bisa menyebabkan sinyal hilang adalah kartu SIM yang tidak terpasang dengan pas. Hal ini membuat HP tak bisa membaca kartu SIM sehingga sinyal tidak muncul.

  1. HP rusak

Selain tidak sempurnanya pemasangan SIM card, hilangnya sinyal Telkomsel juga bisa terjadi karena adanya kerusakan pada perangkat HP yang digunakan. Ada banyak penyebab kerusakan HP seperti retak, terbentur, jatuh ke air, atau kerusakan lainnya. Kalau hal ini terjadi, bagian-bagian dalam HP mungkin juga ikut rusak, termasuk tempat penyimpanan kartu SIM. Tentu saja, hal ini membuat sinyal tak muncul pada HP yang rusak tersebut.

  1. Faktor cuaca

Perubahan cuaca yang cukup sering terjadi di Indonesia juga bisa jadi faktor penyebab sinyal Telkomsel menjadi hilang. Cuaca ekstrim seperti angin kencang dan hujan deras membuat jaringan provider mana saja tidak stabil atau bahkan hilang, termasuk provider Telkomsel. Itulah kenapa sebaiknya kita menghindari memakai HP apabila terjadi hujan deras, lebih lagi jika ada kilat & petir.

  1. Mati listrik

Listrik mati juga bisa membuat jaringan Telkomsel mengalami gangguan. Pasalnya, kondisi tower juga mati sehingga berpengaruh pada jaringan provider. Meski tak semua sinyal akan hilang, tapi kasus seperti ini sangat sering terjadi di beberapa tempat atau lokasi, khususnya daerah pelosok.

Bagaimana Cara Mengatasi Sinyal Telkomsel Hilang?

Meski termasuk provider dengan jaringan terkuat, sinyal Telkomsel juga bisa terganggu bahkan hilang karena beberapa faktor seperti yang sudah dijelaskan di atas. Jika hal ini terjadi pada HP kalian, ada beberapa cara yang bisa dilakukan sebagai solusinya:

  1. Mematikan dan mengaktifkan data selular

Jika sinyal Telkomsel tiba-tiba hilang, kalian bisa coba mematikan dulu data selular pada HP yang digunakan. Tunggu beberapa saat kemudian hidupkan Kembali. Dengan begitu, sinyal internet bisa tertangkap oleh HP kalian sehingga bisa mengakses internet lagi tanpa gangguan. Jika sinyal tetap tidak muncul juga, ada kemungkinan traffic jaringan sedang sibuk yang membuat jaringan internet sedikit terganggu.

  1. Mengaktifkan dan mematikan mode pesawat

Alternatif lain untuk mengatasi sinyal Telkomsel yang hilang adalah dengan mengaktifkan mode pesawat (Airplane Mode) kemudian mematikannya lagi. Meski termasuk fitur yang jarang dipakai, tapi mode pesawat bisa mengaktifkan & mematikan Kembali mode pesawat bisa membuat sinyal stabil.

Selain digunakan saat dalam perjalanan menggunakan pesawat terbang, fungsi lain dari mode pesawat memang membuat jaringan atau sinyal internet lebih stabil. Kalau sinyal atau kecepatan internet tiba-tiba melemah, kalian bisa coba lakukan cara ini.

  1. Restart HP dan cari lokasi terbaik

Jika sinyal Telkomsel hilang, jangan panik! Coba restart HP terlebih dahulu. Kalau beruntung, sinyal akan Kembali lagi. Tapi jika masih tetap tidak ada sinyal, cobalah berpindah tempat dan cari lokasi yang bisa menangkap sinyal lebih baik. Misalnya, jika kalian berada di dalam rumah, kalian bisa coba keluar rumah dulu agar HP dapat menangkap sinyal lebih baik.

  1. Metode kode dial

Mengatasi sinyal hilang pada provider Telkomsel juga bisa dilakukan dengan metode dial. Tentu saja, kalian harus tahu kode dial yang harus digunakan, yaitu *363*212#. Dengan metode ini, hasilnya akan sangat signifikan. Selain simple, kode dial USSD ini juga sangat mudah diingat.

Tujuannya adalah membuat sinyal jadi semakin kuat dibanding sebelumny. Kode dial ini bisa kalian pakai untuk mematikan sementara sinyal provider Telkomsel. Untuk menghidupkan Kembali sinyalnya, gunakan kode dial yang sama. Dengan begitu, jaringan Telkomsel yang tadinya bermasalah diharapkan bisa normal Kembali.

  1. Menghubungi Call Center atau mengunjungi GraPari Telkomsel

Kalau berbagai cara di atas sudah dilakukan tapi tidak berhasil juga, solusi lain adalah menghubungi Call Center Telkomsel. Jika tidak jauh dari rumah dan punya waktu luang, kalian juga bisa datang langsung ke GraPari Telkomsel terdekat.

GraPari sendiri adalah tempat pelayanan untuk pelanggan Telkomsel. Tempat ini dibuat sebagai solusi bagi para pengguna yang mau berkonsultasi tentang produk Telkomsel seperti Wi-Fi atau kartu SIM, maupun menyampaikan keluhat seperti sinyal yang hilang.

Dengan adanya GraPari, kalian bisa lebih mudah berkomunikasi dengan pihak Telkomsel. Jika tak punya cukup waktu luang atau jarak tempuh terlalu jauh, alternatif lainnya adalah dengan menghubungi pihak provider lewat Call Center. Call Center Telkomsel sendiri bisa dihubungi kapan saja selama 24 jam non-stop. Customer service (CS) Telkomsel akan memberi tanggapan yang cepat pada keluhan kalian, termasuk sinyal yang hilang.

  1. Mengganti status kartu SIM

Ada cara lain untuk menstabilkan jaringan Telkomsel, yaitu dengan mengganti status kartu SIM. Meski jaringan 4G sudah tersebar luas di berbagai pelosok dan kebanyakan HP juga sudah support jaringan ini, tapi beberapa kartu SIM Telkomsel yang lama masih belum terdaftar di jaringan 4G. Untuk itu, kalian harus menukarkan kartu SIM lama dengan kartu SIM baru supaya bisa support 4G.

Penukaran kartu SIM dengan jaringan 4G ini tidak dipungut biaya sepeserpun oleh Telkomsel. Tak hanya mendapat kartu SIM gratis, kalian juga akan memperoleh kuota 10GB secara Cuma-Cuma.

Kapan Sinyal Telkomsel yang Hilang Kembali Normal?

Jika sinyal Telkomsel tiba-tiba menghilang, biasanya tak butuh waktu lama untuk normal Kembali. Apalagi kalau kalian langsung mengatasi penyebabnya, jaringan pun akan langsung dapat digunakan lagi secara normal.

Kenapa SIM card Telkomsel Tidak Terbaca?

Kadang, bukan hanya sinyal saja yang hilang, tapi juga kartu SIM Telkomsel tidak terbaca. Jika masalahnya seperti ini, besar kemungkinan SIMcard-nyatidak terpasang di HP dengan benar.

Sebaiknya, lepas dan pasang ulang kartu SIM tersebut. Jika masih tetap belum bisa terbaca juga, kalian bisa membersihkan SIMcard ataupun tempat penyimpanan kartu SIM pada HP. Bisa jadi, ada debu atau kotoran yang membuat kartu SIM terhalang & tidak dapat terbaca oleh HP.

Mengatasi masalah sinyal Telkomsel hilang memang susa-susah gampang, tergantung penyebabnya. Jadi, cari tahu dulu penyebabnya agar masalah sinyal hilang bisa segera teratasi. Jika tak kunjung menemukan jalan keluar, menghubungi CS Telkomsel akan sangat membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *