Cara Mudah Cek Nomor Token Listrik

Posted on

Walau sekarang pelanggan PLN sudah dapat membeli token listrik online, namun masih saja banyak orang memilih membeli pulsa listrik di kios maupun minimarket yang mana token-nya tercetak pada struk fisik.

Lain halnya dengan pembelian token listrik online dengan struk digital sehingga tersimpan aman. Struk token listrik fisik memang sangat rentan hilang sehingga pelanggan tak bisa mengisi token yang hilang tersebut. Namun, kalian tak perlu khawatir karena kalian bisa cek nomor token listrik meski struk telah hilang.

Kalau kalian kehilangan struk token listrik, tak perlu khawatir. Kalian masih bisa mengetahui nomor token yang hilang dengan beberapa usaha di bawah ini. Namun, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, yaitu nomor meter (IDPEL) dan tanggal & waktu pembelian token.

Cek Nomor Token Listrik dengan Print Ulang Struk

Cara paling simple adalah dengan mendatangi tempat kalian membeli pulsa listrik & memintanya untuk mencetak ulang struk yang hilang. Dengan begitu, kalian bisa mengetahui nomor token dan memasukkannya ke meteran listrik. Mungkin, ini adalah solusi terbaik. Namun, hal ini juga tergantung dengan situasi dan kasus yang kalian alami.

Cek Nomor Token Listrik dengan Menelpon PLN

Jika tidak memungkinkan untuk mendatangi kios tempat membeli pulsa listrik tadi, kalian bisa mencari alternatif lain yaitu dengan menghubungi Call Center PLN. Sebelum menelpon, pastikan kalian mencatat nomor meteran listrik rumah kalian terlebih dahulu untuk diinfokan ke PLN nantinya. Kemudian, cari tahu kode area kalian.

Pasalnya, tiap wilayah/area punya kode area PLN sendiri-sendiri. Beri tahu ke Call Center PLN bahwa kalian ingin mengetahui nomor token listrik yang hilang, maka PLN akan menginformasikannya.

Cek Nomor Token Listrik Melalui PLN Mobile

Sekarang, PLN punya aplikasi yang Bernama PLN Mobile. Kalian bisa mengunduhnya di Play Store. Aplikasi ini merekam semua transaksi. Jadi, kalian bisa menggunakannya untuk mengecek nomor token juga. Yang perlu dilakukan adalah:

  1. Download aplikasinya di Play Store.
  2. Install di HP kalian.
  3. Setelah masuk aplikasi, pilih menu Informasi, lalu akan muncul pilihan Informasi Tagihan dan Token Listrik.
  4. Kemudian, muncul pop up ‘Masukkan ID Pelanggan atau Nomor Meter Anda, jadi silahkan isi IDPEL dengan benar.
  5. Pop up mengenai Pembelian Token Terakhir & 20 digit nomor token yang kalian cari akan ditampilkan.
  6. Langkah terakhir, kalian tinggal isikan nomor token tersebut ke meteran kWh listrik kalian.

Cek Nomor Token Listrik Via Website PLN

Dengan mengakses situs PLN, kalian bisa menemukan tampilan data entry lengkap. Meski banyak yang gagal dengan cara ini, tapi tak ada salahnya untuk mencoba.

  1. Masuk ke web PLN. Tampilan berbagai menu informasi akan terlihat di halaman utama.
  2. Pilih opsi Identitas Pelanggan, dan pilih IDPEL atau NOMOR METER. Jika kalian menggunakan listrik prabayar, pilih IDPEL. Jika menggunakan listrik pascabayar, silahkan pilih NOMOR METER.
  3. Setelah itu, masukkan IDPEL / nomor meter dengan benar.
  4. Lalu, klik Cari.
  5. Informasi lengkap akan ditampilkan, termasuk 20 digit nomor token yang terakhir kalian beli.

Cek Nomor Token Listrik Lewat Email

Cek nomor token listrik memang kadang tak mudah. Jika cara-cara di atas belum berhasil juga, kalian bisa mencoba menghubungi PLN lewat email. Silahkan kirimkan email ke pln123@pln.co.id untuk bertanya mengenai nomor token terakhir yang kalian beli. Petugas PLN akan mengecek & membalas email pelanggan segera selama berada di jam kerja. Untuk pengiriman email ke PLN, isilah subyek email ‘Cek History Pembelian Token’.

Cek Nomor Token dengan Mendatangi Kantor PLN Terdekat

Ada cara konvensional yang bisa dicoba untuk mengadukan masalah nomor token listrik yang hilang. Cara seperti ini cocok untuk kalian yang punya waktu luang atau dekat dengan lokasi kantor PLN. Di sini, kalian bisa langsung datang ke kantor PLN terdekat untuk mengadukan masalah kehilangan nomor token listrik.

Sebelum datang ke kantor PLN terdekat, pastikan kalian menyiapkan beberapa dokumen yang mungkin akan dibutuhkan nantinya seperti KTP, IDPEL atau nomor meter, tanggal beli token, serta waktu pembelian.

Penting diingat, pastikan kalian mengunjungi kantor PLN di jam kerja. Jadi, kalian harus tahu jam operasional kantor PLN. Pelayanan di kantor PLN dimulai dari pukul 07.30 pagi hingga 16.00 sore pada hari Senin sampai Jumat. Untuk hari Sabtu dan Minggu, kantor PLN tidak membuka pelayanan.

Cek Nomor Token Secara Manual

Listrik Token juga dikenal dengan nama Listrik Pintar. Pasalnya, ada beberapa kode khusus yang bisa kalian gunakan untuk mendapatkan informasi tentang listrik prabayar kalian melalui kWh meter rumah kalian. Salah satunya adalah untuk mengetahui token listrik yang terakhir kalian beli.

Jika kalian habis membeli pulsa listrik dan token listrik hilang, tak perlu panik karena kalian bisa mengecek token yang hilang tersebut sendiri lewat meter kWh di rumah kalian.

Ada beberapa kode meteran listrik prabayar yang harus kalian tahu. Misalnya adalah kode untuk restart meter kalau ada error PERIKSA atau GAGAL, kode untuk mengetahui total kWh lisrik yang sudah lalu, kode untuk melihat batas kWh, kode untuk mengecek ID meter listrik prabayar, kode untuk mematikan lampu LED, dan masih banyak lagi kode-kode lainnya.

Tak mudah untuk menghapalkan kode-kode tersebut. Apalagi tiap merk meteran listrik memiliki kode yang berbeda-beda. Melalui kode-kode tersebut, kalian juga bisa mengecek nomor token yang terakhir kalian beli. Kami akan berikan kodenya untuk beberapa merk meteran listrik yang umum digunakan oleh mayarakat Indonesia.

Untuk meteran listrik merk ITRON, kalian bisa menggunakan kode 54 Enter untuk mengetahui kode token terakhir. Lain halnya dengan meteran listrik merk HEXING, kalian bisa mengecek kode token terakhir dengan menekan kode 852 Accept. Bagaimana dengan meteran listrik merk CONLOG? Cukup dengan dial #11# dan toke terakhir akan ditampilkan pada meteran listrik. Pada meteran listrik merk GLOMET, nomor token terakhir bisa dicek dengan kode 54 Enter, sama dengan merk ITRON.

Agar tidak bingung dan panik ketika terjadi masalah, penting bagi kalian semua para pengguna listrik prabayar untuk mengetahui kode-kode rahasia sesuai merk meteran listrik, guna mengetahui atau mengecek informasi yang dibutuhkan. Namun, ada juga masalah yang kadang tidak bisa diselesaikan sendiri melalui kode-kode meteran listrik sehingga kalian harus menempuh cara lain, salah satu contohnya adalah saat kehilangan nomor token listrik dan hendak mencari tahu.

Setelah mengetahui cara cek nomor token listrik, kalian tak perlu panik jika kehilangan struk pembelian token listrik yang belum sempat dimasukkan. Namun, alangkah baiknya untuk lebih berhati-hati agar tidak perlu repot-repot untuk melacak nomor token yang hilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.