Setting Hotspot iPhone telkomsel Dengan APN Agar Data Internet Bisa Digunakan

Posted on

Mengubah iPhone Anda menjadi hotspot pribadi untuk perangkat lain itu mudah. Tentu saja, hanya ada satu syarat. IPhone yang dimaksud harus memiliki paket data yang aktif. Jika tidak, Anda hanya perlu mengaktifkan setting hotspot iPhone Telkomsel Anda jika Anda menggunakan provider Telkomsel, seperti fitur tethering yang Anda temukan di Android.

Anda juga dapat berbagi Internet dari iPhone ke perangkat lain, seperti laptop dengan menggunakan kabel data atau hotspot. Namun, jika iPhone Anda saat ini menggunakan paket data internet Telkomsel, Anda mungkin tidak dapat menemukan fitur Personal Hotspot yang dimaksud. Jangan kaget. Itu tidak berarti Anda tidak dapat menggunakan iPhone Anda sebagai hotspot pribadi untuk perangkat lain. Kebetulan penyedia sengaja “menonaktifkan” fitur yang bisa diaktifkan nanti.

Sesuai saran Apple, Anda diminta untuk menghubungi penyedia jika Anda tidak dapat menemukan fitur Personal Hotspot di iPhone Anda. Namun, jika Anda tidak punya waktu untuk mengantri di gerai Telkomsel, Anda bisa mengaktifkan fitur setting hotspot iPhone Telkomsel langsung di iPhone Anda.

Nama Jalur Akses (APN) mendefinisikan jalur jaringan untuk semua koneksi data seluler. Beberapa operator mengharuskan Anda memasukkan pengaturan APN untuk membuat koneksi seluler. Anda dapat mengedit atau melihat APN di iPhone dan iPad hanya jika operator Anda mengizinkannya. Jika Anda tidak dapat mengubah pengaturan APN Anda, hubungi operator Anda.

Melihat dan Mengedit Pengaturan APN iPhone

Setting hotspot iPhone Telkomsel dengan pengaturan APN yang salah dapat mengakibatkan hilangnya koneksi data seluler dan biaya tambahan. Jangan ubah APN Anda kecuali operator atau administrator perangkat seluler Anda mengharuskan Anda melakukannya. Hubungi operator Anda untuk memastikan pengaturan APN Anda sudah benar. Jika operator Anda mengizinkannya, Anda dapat melihat pengaturan APN Anda di sini:

  • Pengaturan > Seluler > Pilihan Data Seluler > Jaringan Seluler
  • Pengaturan > Data Ponsel > Pilihan Data Ponsel > Jaringan Data Ponsel.

Jika Anda tidak melihat opsi ini di perangkat Anda, hubungi operator Anda.

Untuk mengubah aturan, ketuk setiap bidang dan masukkan detail operator Anda. Pengaturan Anda akan disimpan secara otomatis. Tergantung pada operator Anda, Anda mungkin tidak dapat mengubah pengaturan seluler Anda. Jika operator Anda memerlukan pengaturan APN yang berbeda, Anda dapat menggunakan profil konfigurasi dengan pengaturan yang benar.

Memperbarui iOS Anda akan mengatur ulang semua perubahan pada pengaturan APN Anda kecuali Anda menggunakan profil konfigurasi yang telah disimpan. Jika Anda mengedit pengaturan APN sebelum memperbarui iOS, pengaturan nantinya akan kembali diatur ulang ke default. Anda mungkin perlu memasukkan kembali pengaturan Anda setelah memperbarui iOS.

Mengatur Ulang Pengaturan APN iPhone Anda

Untuk kembali ke informasi APN operator default Anda, pilih Pengaturan > Seluler > Jaringan Data Seluler > Atur Ulang Pengaturan. Apabila profil konfigurasi diinstal, informasi profil default akan digunakan.

Jika Anda menggunakan iPhone atau iPad di lingkungan kerja, Anda mungkin perlu menghubungi administrator perangkat seluler Anda untuk mengubah APN Anda. Jika Anda mengubah pengaturan APN yang disetel oleh administrator perangkat seluler di profil konfigurasi Anda, berikut cara untuk mengubahnya:

  • Untuk iPhone: Buka Pengaturan > Seluler > Jaringan Data Seluler, lalu ketuk Atur Ulang Pengaturan.
  • Untuk iPad: Hapus profil konfigurasi dan tambahkan lagi.

Administrator perangkat seluler dapat menggunakan Apple Configurator, macOS Server Profile Manager, atau solusi manajemen perangkat seluler lainnya untuk mengubah APN dan pengaturan lanjutan lainnya.

Cara Setting Hotspot iPhone Telkomsel

APN adalah tautan antara pengaturan Internet ponsel Anda dan jaringan operator Anda. Di iPhone, APN digunakan untuk mengaktifkan menu hotspot pribadi. Sebelum Anda dapat mengaktifkan hotspot di iPhone Anda, Anda perlu mengatur APN seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Namun untuk yang menggunakan provider Telkomsel, bisa menggunakan cara berikut ini:

  1. Masuk ke menu “Pengaturan” iPhone Anda.
  2. Untuk mengatur hotspot pribadi, pilih menu “Seluler” dan buka “Jaringan data seluler”.
  3. Masuk ke jendela Personal Hotspot, lalu geser ke posisi On.
  4. Pada bagian Personal Hotspot terdapat menu “APN”. Masukkan data dari APN “Telkomsel”.
  5. Pada bagian Nama Pengguna dan Kata Sandi, biarkan kosong.
  6. Saat selesai mengisi data, Anda akan kembali ke halaman beranda iPhone.
  7. Aktifkan data internet.
  8. Aktifkan menu baru “Personal Hotspot” ketika muncul di halaman awal.
  9. Penyiapan hotspot Telkomsel untuk iPhone selesai dan hotspot diaktifkan.

Anda bisa mencoba mengaktifkan hotspot dan membagikan koneksi internet Anda ke perangkat lain baik itu ke telepon seluler lain, iPad, atau laptop Anda. Namun sebelum mulai membagikan data internet. Setelah setting hotspot iPhone Telkomsel selesai, coba untuk melakukan refresh jaringan terlebih dahulu. Anda bisa mengaktifkan mode pesawat kemudian menonaktifkannya kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published.