Cara Mengecek Resi Shopee Hingga Solusi Jika Barang Tak Bisa Dilacak

Posted on

Berbelanja online di Shopee semakin menjadi pilihan, tidak perlu ribet datang ke toko dan pilihannya relatif banyak. Demi kenyamanan pelanggan, salah satu fitur yang disediakan salah satu marketplace ternama di Indonesia ini adalah cara mengecek resi Shopee dengan mudah.

Dengan adanya fitur tersebut, Anda dapat dengan mudah mengetahui dimana posisi barang pesanan saat ini. Mulai sejak dikirim oleh penjual, hingga tiba di alamat penerima. Penasaran seperti apa caranya?

cek resi shopee akan memudahkan tracking produk pesanan

Apa itu Resi Shopee

Sebelum lebih dalam mengetahui cara mudah untuk melakukan pengecekan resi, Anda perlu tahu bahwa resi merupakan identitas barang yang sudah di order oleh pembeli. Kemudian akan masuk di sistem, sehingga mudah bagi penjual untuk mengidentifikasinya begitu juga dengan pembeli.

Resi merupakan deretan huruf dan angka yang menjelaskan beberapa informasi, mulai dari lokasi pengiriman hingga nomor registrasinya di sistem marketplace tersebut.

Identitas ini akan muncul di akun pengguna, setelah penjual mengirim produk pesanan dan barang masuk ke halaman pengiriman.

Begini Cara Mengecek Resi Shopee

Untuk bisa melacak posisi barang pesanan Anda, ada dua cara mudah melakukannya. Bisa melalui aplikasi Shopee itu sendiri atau pakai aplikasi lain yang bekerjasama dengan marketplace dengan warna identik yaitu orange tersebut.

Menggunakan Fitur Pada Aplikasi

Ini adalah langkah standar biasa digunakan pengguna Shopee, tinggal memanfaatkan fitur didalam aplikasi untuk mengetahui sudah dimanakah produk pesanan Anda. Berikut ini tahapan penggunaan fitur tersebut.

  1. Pastikan terlebih dahulu produk sudah di order dan sudah dikirim oleh penjual. Buka akun Shopee, pilih ikon wajah di pojok kanan bawah
  2. Klik pada menu kirim dengan logo mobil truk berwarna putih
  3. Akan muncul data dari barang, mulai dari nomor resi lalu ada detail waktu pesan, bayar, dan kirim. Ada juga data detail produk dan toko yang mengirimkannya untuk Anda
  4. Klik resi untuk melihat sudah sampai dimana pesanan tersebut. Biasanya, mulai dari barang diantar ke pihak cargo. Lalu sortir dilakukan oleh pihak cargo, dikirim melalui jalur tertentu hingga terakhir sampai di lokasi Anda.

Cara ini terkadang tidak update, sehingga informasi terbaru tidak didapat oleh pembeli. Alhasil, mereka memilih untuk menggunakan cara kedua.

Menggunakan Situs Pihak Ketiga

Ada juga langkah berikutnya yaitu melalui situs pihak ketiga, sudah bekerjasama dengan marketplace dan berbagai ekspedisi. Sehingga mempermudah Anda mengidentifikasi keberadaan sebuah produk.

Apakah masih di gudang ekspedisi lokasi kirim, atau sudah menuju lokasi pengantaran sesuai alamat.

  1. Buka akun Shopee Anda, lalu copy nomor resi pada fitur kirim
  2. Buka browser pada perangkat, ambil tab baru dan ketik situs tracking Bisa menggunakan cekresi.com, spx.co.id, anteraja.id, atau situs lainnya.
  3. Klik pada box searching, paste nomor resi yang sudah didapat sebelumnya lalu pilih tombol searching
  4. Tunggu beberapa saat sampai sistem memberikan informasi valid tentang keberadaan pesanan Anda.

Menggunakan cara ini memang ada kalanya juga tidak berhasil, ketika ternyata nomor resi yang diberikan salah atau ternyata tidak terdeteksi oleh sistem akibat berbagai alasan. Tapi, pada umumnya sangat mampu membantu memastikan lokasi terkini dari sebuah barang.

Bagaimana Solusi Jika Resi Tidak Bisa Dilacak

Ada keluhan dari penggunaan marketplace, dimana product order ternyata tidak bisa dilacak. Alhasil, mereka hanya bisa menduga-duga kapan sampainya di lokasi pengantaran.

Namun, Anda bisa menggunakan beberapa solusi berikut ini jika khawatir terhadap pengiriman dari kurir.

Hubungi Penjual

Ketika informasi saat melakukan pelacakan resi tidak berubah sejak awak pengiriman, Anda bisa konfirmasi langsung kepada penjual. Buka saja fitur kirim di akun Shopee, lalu klik pada pilihan chat penjual dan langsung pertanyakan soal masalah informasi tracking.

Penjual yang baik, akan membantu Anda untuk langsung datang ke kantor kurir pengiriman dan menanyakan langsung kendala para proses kirim. Selanjutnya, penjual akan memberikan informasi lagi kepada Anda.

Tapi, memang tidak semua penjual seperti itu. Ada yang tidak memberikan respons sehingga tidak ada informasi apapun yang didapat.

Hubungi Shopee

Langkah selanjutnya dapat dilakukan dengan chat langsung dengan pihak marketplace tersebut. Melalui fitur chat pada bagian fitur profil pengguna, sampaikan keluhan dan data resi barang pesanan.

Selanjutnya, pihak pengelola aplikasi akan melakukan investigasi dan mencari solusi jika memang terjadi keterlambatan atau hal-hal buruk lainnya.

Fungsi dan Manfaat Resi Saat Berbelanja Online

Kalau saat belanja langsung di toko, struk belanja merupakan hal paling penting ketika terjadi masalah saat pembelian. Maka untuk online shopping, resi adalah salah most important things untuk diketahui dan didapat. Ada berbagai fungsi serta manfaat, berikut ini penjelasannya.

Tracking Order

Ini adalah fungsi utama, karena setiap yang membeli online dapat dengan mudah melakukan pengecekan product. Sudah sampai dimana barang tersebut, kapan estimasi sampai, hingga adalah kendala dalam proses pengiriman atau tidak.

Makanya, semua marketplace hingga ekspedisi kirim barang menyediakan dokumen identitas ini.

Bagaimana Kondisi Barang

Biasanya sebelum pengiriman akan muncul pilihan bagi pembeli, apakah mau menambah asuransi kirim atau tidak. Bagi yang tidak, informasi kondisi terkini dari barang Anda dapat diakses secara online dengan mengandalkan resi tersebut. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya.

Tingkatkan Kepercayaan Pembeli

Untuk penjual, fungsi utamanya adalah membuat jumlah pembeli meningkat dari kondisi sebelumnya. Alasannya, mereka puas dengan product impian karena kemudahan tracking dengan informasi yang valid. Sejak barang dikirim sampai tiba di lokasi tujuan, tanpa masalah apapun.

Kemudian akan belanja kembali di lapak online penjual termasuk merekomendasikan toko tersebut kepada orang lain.

Kepastian Pengiriman

Pengiriman menjadi lebih pasti, terjadwal dengan baik. Membuat pembeli puas, tidak perlu cemas. Ditambah pula, ada layanan konsultasi untuk memastikan bahwa barang sampai sesuai estimasi waktu.

Kalaupun ada keterlambatan, melalui cek resi akan diberikan informasi alasan keterlambatan tersebut.

Bukti Untuk Pengajuan Komplain

Jika ingin melakukan komplain terkait pengiriman barang, resi bisa dijadikan bukti valid. Sebagai bukti bahwa Anda sudah melakukan order dan barang sudah dikirim oleh penjual.

Dengan bukti tersebut, jika barang tidak sampai atau mengalami kerusakan maka akan lebih mudah melakukan investigasi terkait dimana akar masalah untuk dicarikan solusi terbaiknya.

Masalah yang Sering Terjadi Seputar Pengecekan Resi

Ada beberapa masalah yang pernah dirasakan para pembeli produk di toko online marketplace. Pertama, resi tidak keluar sehingga mereka tak bisa melakukan tracking. Solusinya adalah langsung komplain pada pihak penjual atau marketplace.

Kedua, ketika dilakukan pengecekan melalui situs pihak ketiga ternyata data update posisi produk tidak keluar. Maka solusinya adalah, konfirmasi kembali kepada penjual untuk mendapatkan informasi yang valid. Bisa juga langsung bertanya kepada pihak Shopee melalui layanan tersedia.

Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda yang baru pertama kali ingin bertransaksi di Shopee. Selama sistem marketplace dan penjual memberikan data yang benar, maka cara mengecek resi Shopee dapat dilakukan dengan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.