Spesifikasi dan Review Samsung Galaxy Tab S6 Lite 2022!!

Posted on

Tertarik dan ingin membeli Samsung Galaxy Tab S6 Lite 2022 tapi masih ragu? Sebaiknya kamu simak spesifikasi dan review lengkapnya yang akan disampaikan pada artikel ini. Baca sampai akhir, ya, supaya semua informasinya bisa kamu terima dengan baik.

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S6 Lite 2022

Samsung Galaxy Tab S6 Lite 2022

Tabel yang ditampilkan di bawah ini menunjukkan spesifikasi lengkap dari Samsung Tab S6 Lite 2022 yang akan dibahas lebih lengkap.

KeluaranMei 2022
Platform
RAM4GB
ChipsetQualcomm Snapdragon 720G (8 nm)
Penyimpanan64GB/128GB
CPUOcta-core (2 x 2.3 GHz Kryo 465 Gold dan 6 x 1.8 GHz Kryo 465 Silver)
Sistem OperasiAndroid 12 (One UI 4.0)
Kamera Belakang
Single Camera8 MP (wide) 
Video1080p@30 fps
FiturPanorama, HDR
Kamera Depan 
Single Camera5 MP (wide)
Video1080p@30fps
Fitur
Bodi
Dimensi244.5 x 154.3 x 7 mm
Berat465 gram
WarnaOxfoed Gray, Angora Blue, Chiffon Pink
Layar10.4 inch
ResolusiTFT LCD (1200 x 2000 pixels)
BateraiLi-Po (7040 mAh)
Konektivitas
Jaringan2G, 3G, 4G, 5G
SIMSIngle nano SIM
DukunganStylush
Bluetooth5.0 A2DP
GPSAGPS, GLONASS, BDS, GALILEO, QZSS
NFCTidak
USBUSB Type C

Review Samsung Galaxy Tab S6 Lite 2022

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S6 Lite 2022

Samsung kembali merilis Galaxy Tab S6 Lite pada 2022. Sebelumnya, tipe yang sama sudah dihadirkan pada tahun 2020.

Dua tahun berlalu, tentu ada beberapa upgrade yang diberikan Samsung untuk salah satu produk tablet mid range ini. Kalau dilihat dari tampilan dan bahasa desainnya, tidak ada banyak perbedaan antara edisi 2020 dengan 2022.

Hal ini terjadi karena Samsung lebih fokus melakukan perombakan dan pembaruan pada sektor dapur pacu. Di edisi terbaru ini, Samsung menanggalkan SoC Exynos 9611 dan menggantinya dengan Snapdragon 720G. SoC ini memang lebih tanggung dibanding sang pendahulu.

Kelebihan Samsung Galaxy Tab S6 Lite 2022

Kelebihan Samsung Galaxy Tab S6 Lite 2022

  • Sudah Support S Pen

Samsung Tab dan S Pen sudah seperti pasangan yang tidak bisa dipisahkan. Hal ini menjadi keunggulan bagi Tab S6 Lite 2022. 

Fungsi tablet menjadi lebih maksimal ketika penggunanya memakai S Pen. Ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan S Pen seperti menggambar, menulis notes, dan lain sebagainya.

Berdasarkan data terbaru, Galaxy Tab S6 Lite 2022 merupakan gadget Samsung dengan harga termurah yang support S Pen. Menarik, bukan?

  • Desain Menarik dan Build Quality Kokoh

Meski harganya lebih murah dan berada di kelas mid range, Samsung tidak ingin membuat produk yang receh. Hal ini dibuktikan dengan pemilihan material aluminium untuk seluruh bodi dan rangka Samsung Tab S6 Lite 2022.

Build quality produk ini menjadi sangat baik berkat pemilihan material tersebut. Desainnya tipis dan minimalis dibalut dengan warna-warna yang manis. Finishing bergaya matte juga bertujuan untuk mengurangi sidik jari menempel di body tab.

  • Performa Sudah Cukup Baik

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Samsung Galaxy Tab S6 Lite edisi 2022 ini sudah menggunakan SoC yang lebih bertenaga. Snapdragon 720G sudah memiliki 8 inti atau core dengan clock speed tertinggi di angka 2,3 GHz.

Untuk menunjang performanya, Snapdragon 720G juga dilengkapi dengan GPU Adreno 618, prosesor AI Hexagon 692, serta prosesor gambar Spectra 350L. Tidak lupa ditambahkan RAM 4GB untuk menjalankan aplikasi.

  • Layar Jernih 

Layar Samsung Galaxy Tab S6 Lite edisi 2022 menggunakan PLS TFT dengan ukuran 10,4 inci. Ukuran yang ideal, tidak terlalu besar tapi tidak terlalu kecil juga.

Resolusinya berada di antara FHD+ dan 2K, lebih tepatnya ada di angka 2000 x 1200 pixels. Untuk refresh ratenya sendiri ada di angka 60 Hz. 

Dengan konfigurasi layar seperti ini, gambar yang dihasilkan sudah cukup jernih dan tajam. Hanya saja kurang smooth karena refresh ratenya belum terlalu tinggi.

  • Lengkap dengan Stereo Speaker

Di sektor audio, Samsung membekali tablet yang satu ini dengan speaker stereo. Ada dua speaker yang terletak di bagian atas serta bagian bawah tab.

Suara yang dihasilkan tentu lebih lantang dan terasa lebih nyata. Sangat cocok untuk menonton film atau video lainnya.

  • Baterai Tahan Lama

Samsung Galaxy Tab S6 Lite edisi 2022 dibekali dengan baterai berkapasitas 7040 mAh. Baterai ini bisa bertahan sampai seharian dengan pemakaian normal. 

Untuk mengisi daya, kamu harus puas dengan kecepatan 15 Watt saja. Jadi, untuk charging dari 0% hingga 100% membutuhkan waktu yang cukup lama.

  • Sensor Lengkap

Hal terakhir yang menjadi keunggulan dari Samsung Tab S6 Lite 2022 adalah sensornya lebih lengkap. Sensor yang ada antara lain giroskop, genggaman, cahaya, proximity, akselerometer, dan sensor magnetik.

Karena sensornya lengkap, kamu bisa main game seperti CODM atau PUBGM dengan lebih nyaman menggunakan tablet ini.

Kekurangan Samsung Galaxy Tab S6 Lite 2022

Kekurangan Samsung Galaxy Tab S6 Lite 2022

  • S Pen Terkadang Lag

Salah satu kendala yang kerap dialami oleh para pengguna Samsung Tab S6 Lite 2022 adalah lag saat menggunakan S Pen. Hal ini terjadi karena tablet tersebut menggunakan SoC kelas menengah, yaitu Snapdragon 720G.

Performa SoC tersebut masih belum sekencang SoC flagship seperti Snapdragon 8 Gen 1 atau 8+ Gen 1. Selain itu, palm rejection juga tidak bekerja dengan baik ketika pengguna memakai S Pen.

Jadi, sentuhan-sentuhan yang tidak diinginkan terkadang terjadi. Padahal saat menggunakan S Pen, seharusnya palm rejection berguna untuk mengabaikan sentuhan jari pengguna.

Kalau ingin mencari tab yang nyaman untuk kebutuhan menggambar, apalagi menggunakan S Pen, sepertinya Samsung Tab S6 Lite masih belum cocok.

  • Posisi Kamera Depan Kurang Ideal

Hal selanjutnya yang kurang bagus di tab murah milik Samsung ini adalah posisi kamera depannya yang kurang ideal. Kamera tablet ini diletakkan di sisi atas layaknya smartphone. 

Sedangkan kebanyakan tablet lain meletakkan kamera di sisi terpanjangnya. Karena posisi kamera ini, pengguna jadi kurang nyaman ketika melakukan video call atau online meeting.

Apalagi ketika tablet ini dioperasikan dengan posisi landscape. Posisi wajah dan mata pengguna menjadi tidak ideal karenanya.

  • Belum Support USB Display Out

Tablet Samsung kelas flagship sudah mendukung fitur Samsung DeX. Fitur tersebut memungkinkan pengguna memproyeksikan display dari tablet ke layar monitor.

Sayangnya, USB Display Out masih belum didukung di Samsung Tab S6 Lite 2022. Pasalnya, teknologi USB C di tablet ini masih belum memadai untuk kebutuhan tersebut. Kalau ingin memproyeksikan tablet ke layar lain, satu-satunya opsi adalah menggunakan jaringan Wi-Fi.

Harga Samsung Galaxy Tab S6 Lite 2022

Kurang lengkap rasanya kalau sudah mereview gadget tapi tidak memberi tahu harganya. Samsung Galaxy Tab S6 Lite edisi 2022 dijual dengan harga resmi Rp 6.299.000.

Harga ini lebih murah kalau kita bandingkan dengan Tab S6 Lite edisi 2020. Saat itu, Samsung membanderolnya dengan harga 7,3 juta rupiah.

Bagaimana, apakah kamu sudah paham apa saja poin plus dan minus dari Samsung Galaxy Tab S6 Lite 2022? Sangat menarik untuk dimiliki, bukan?

tokopedia buttonlazada buttonblibli button

Video Promosi Official Samsung Galaxy Tab S6 Lite 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published.