Spesifikasi dan Review Advan Tab A8 2022!!

Posted on

Advan merupakan salah satu brand gadget lokal yang terkenal akan produk-produknya yang punya harga terjangkau. Kali ini yang akan dibahas adalah Advan Tab A8. Kalau kamu sedang mencari tablet dengan harga terjangkau, ini bisa menjadi solusinya.

Spesifikasi Advan Tab A8

Advan Tab A8

Sebelum masuk ke review, sebaiknya kamu simak dulu spesifikasi lengkap yang dimiliki oleh Tab A8 dari Advan ini.

KeluaranMaret 2020
Platform
RAM3GB
ChipsetUNISOC SC9832E
Penyimpanan32GB
CPUQuad-core 1,4 GHz Cortex A53
Sistem OperasiAndroid 11 Go
Kamera Belakang
Single Camera5 MP (wide)
Video
FiturLED Flash
Kamera Depan 
Single Camera2 MP (wide)
Video
Fitur
Bodi
Dimensi211 x 124 x 9.7 mm
Berat465 gram
WarnaBiru, Abu-abu
Layar8 inch
ResolusiIPS (800 x 1280 pixels)
BateraiLi-Po (4.000 mAh)
Konektivitas
Jaringan2G, 3G, 4G
SIMDual nano SIM card
Dukungan
Bluetooth4.2
GPSAGPS
NFCTidak
USBUSB Type C 2.0

Review Advan Tab A8

Spesifikasi Advan Tab A8

Tab A8 dari Advan merupakan salah satu produk yang dirilis pada masa awal pandemi. Gadget yang satu ini seperti menjadi solusi untuk para mahasiswa, murid sekolah, bahkan guru yang membutuhkan gadget untuk belajar mengajar dari rumah.

Tablet Advan ini lebih fokus pada fungsionalitasnya dibanding estetika. Itulah mengapa tampilannya terlihat biasa saja dan tidak ada yang spesial.

Meski begitu, “jeroan” yang dimiliki tablet ini mampu mengakomodir berbagai kebutuhan pengguna. Misalnya untuk membuat catatan, berkomunikasi melalui online meeting, browsing, chatting, dan sebagainya.

Tidak hanya sampai di situ, masih ada banyak keunggulan lainnya yang dimiliki. Untuk tahu lebih lengkap, sebaiknya baca artikel ini sampai habis, ya.

Kelebihan Advan Tab A8

Kelebihan Advan Tab A8

  • Dapur Pacu Cukup Oke

Tablet ini ditenagai oleh UNISOC SC9832E quad core dengan clock speed maksimal di angka 1,4 GHz. Untuk mendukung performanya juga ada GPU Mali T820 MP1.

Untuk aktivitas ringan seperti browsing, online meeting, mencatat, atau streaming, dapur pacu di Tab A8 sudah sangat mumpuni. Apalagi ditambah dengan RAM sebesar 3GB.

Performanya jauh lebih baik karena dari segi software didukung oleh Android 11 Pure. Artinya, Advan tidak menambahkan UI miliknya sendiri pada produk ini.

  • Dukungan Dual SIM

Tab A8 dari Advan ini memiliki slot kartu SIM yang jumlahnya ada dua. Jadi, kamu bisa menggunakan 2 nomor sekaligus.

Hal ini sebenarnya sangat jarang dijumpai pada sebuah tablet. Umumnya, tablet high end hanya mendukung Wi-Fi. Jika mendukung kartu SIM juga hanya satu.

Dukungan dual SIM ini benar-benar menguntungkan pengguna karena tidak perlu bergantung pada Wi-Fi. Saat listrik padam, pengguna masih punya jaringan mobile untuk internetan.

  • Tampilan Layar Cukup Bagus

Advan menggunakan panel IPS untuk produk tabletnya yang satu ini. Ukurannya memang tidak terlalu besar, hanya 8 inci.

Ukuran ini sudah cukup baik apalagi didukung dengan resolusi HD+ atau 1280 x 800 pixels. Warna yang ditampilkan sudah cukup tajam. Selain itu, sudut pandangnya juga sangat baik.

Layar ini juga sudah support multitouch hingga 5 jari. Fitur ini tentu mempermudah pengguna ketika mengoperasikan tablet. 

  • Desain Ergonomis

Jika dilihat sekilas, sebenarnya tidak ada yang spesial dari Advan Tablet A8 ini. Bezel layarnya cukup tebal dan seluruh bodi serta framenya terbuat dari plastik.

Meski begitu, desainnya masuk dalam kategori ergonomis. Pengguna bisa menggenggam gadget satu ini dengan nyaman karena lengkungan di setiap sisi. Backdoor juga didesain bergaris agar memberikan grip yang lebih kuat.

  • Dukungan Port Lengkap

Tablet murah meriah ini sudah dilengkapi dengan USB C 2.0. Tidak lagi menggunakan microUSB. Selain itu, kamu juga akan menemukan audio jack 3,5mm di tablet ini. Dukungan port yang lengkap ini mempermudah pengguna untuk melakukan berbagai hal.

  • Harga Murah Meriah

Keunggulan ini mungkin nggak akan bisa kamu temukan pada produk tablet mid range dari brand lain. Bayangkan saja, hanya dengan uang 1 jutaan kamu sudah bisa membawa pulang tablet.

Inilah yang menjadi keunggulan bagi Tab A8 serta lini produk Advan lainnya. Artinya, produk ini bisa terjangkau oleh semua kalangan.

  • Dijual dengan Paket Komplit

Tidak cuma harganya yang murah, tablet ini juga dijual dengan paket komplit. Dalam paket penjualannya, kamu akan mendapatkan screen protector, flip case, kartu perdana Smartfren, SIM tray ejector, kabel USB C, dan adaptor charger.

Kekurangan Advan Tab A8

Kekurangan Advan Tab A8

  • Tidak Support Stylush Pen

Hal pertama yang cukup disayangkan dari Tab A8 milik Advan adalah tidak support stylus pen. Jadi, pengguna hanya bisa mengoperasikan tablet ini menggunakan jari.

Sebenarnya akan jauh lebih menyenangkan kalau Advan membuat tablet yang support stylus pen. Sekalipun dijual secara terpisah, pasti akan sangat membantu.

Tapi kalau mengingat harganya yang cuma 1 jutaan, kekurangan ini masih bisa dimaafkan. Tab Samsung termurah yang mendukung stylus pen saja ada di harga 6 juta. Jadi, bisa dimaklumi bukan?

  • Posisi Tombol dan Kamera Depan Kurang Ideal

Hal kedua yang cukup mengganggu adalah posisi tombol serta kamera depan yang kurang ideal. Kamera depan pada tablet ini diletakkan di bagian atas, mirip seperti smartphone. Hal ini membuat pengguna lebih repot memposisikan dirinya agar masuk frame saat meeting online.

Sejatinya, tablet lebih sering digunakan pada posisi landscape seperti laptop. Akan lebih ideal kalau kamera depan diletakkan pada sisi yang panjang dari tablet. 

Nggak hanya kamera, posisi tombol di tablet ini juga seperti kurang diperhatikan. Tombol volume dan power diletakkan di sisi kiri dalam posisi potrait. Letaknya juga saling berjauhan.

Saat pengguna menggunakan case, akan sangat repot ketika harus mengatur volume menekan tombol power.

  • Sensor Minim

Layaknya smartphone entry level, tablet Advan A8 ini juga sangat minim sensor. Hanya ada dua jenis sensor yang dimiliki tablet ini yaitu proximity dan akselerometer.

Kamu nggak akan menemukan sensor sidik jari, giroskop, atau kompas di tablet ini. Untuk keamanan, tablet ini menggunakan sensor pengenalan wajah atau face recognition.

  • Kurang Cocok untuk Gaming

Kalau kamu mencari tablet yang bisa mendukung hobi bermain game, sebaiknya jangan pilih Tab A8 dari Advan. SoC Unisoc yang ditanam pada gadget ini hanya mampu menjalankan aplikasi-aplikasi ringan dengan lancar.

Contoh aktivitas ringan yang dimaksud antara lain chatting, streaming video atau musik, browsing, dan membuka media sosial. Jangan harap tablet ini mampu memainkan game seperti PUBG atau Genshin Impact.

Harga Advan Tab A8

Dari penjelasan di atas sebenarnya sudah beberapa kali disinggung tentang harga tablet A8 dari Advan. Tablet low end ini dijual dengan harga Rp 1.399.000 untuk varian RAM 3GB dan internal storage 32GB.

Bisa disimpulkan bahwa Advan Tab A8 punya kualitas dan fitur yang sesuai dengan harganya. Kalau kamu sedang mencari tablet untuk kebutuhan sehari-hari dan aktivitas yang ringan, ini bisa menjadi pilihan terbaik.

tokopedia buttonlazada buttonblibli button

Video Promosi Official Advan Tab A8

Leave a Reply

Your email address will not be published.