Spesifikasi dan Review Vivo iQoo Neo6 2022!!

Posted on

Kamu yang hobi gaming wajib banget tahu tentang Vivo iQoo Neo6. Salah satu smartphone gaming Vivo dengan harga yang masih ramah di kantong. Yuk, kita simak bareng-bareng untuk tahu bagaimana review lengkapnya.

Spesifikasi Vivo iQoo Neo6

Vivo iQoo Neo6

Pertama, mari pahami spesifikasi smartphone Vivo iQoo Neo 6. Tabel berikut ini akan menjelaskan seluruh hal yang berhubungan dengan teknis, mulai dari platform hingga konektivitas.

KeluaranMei 2022
Platform
RAM8GB/12GB
ChipsetQualcomm Snapdragon 870 5G (7 nm)
Penyimpanan128GB/256GB
CPUOcta-core (3.2 GHz Kryo 585 + 3 x 2.42 GHz Kryo 585 + 4 x 1.80 GHz Kryo 585)
Sistem OperasiAndroid 12 (FunTouch 12)
Kamera Belakang
Triple Camera64 MP (wide) f/1.9
8 MP (ultrawide) f/2.2
2 MP (macro) f/2.4
Video4K@30 fps
1080p@30 fps
FiturPanorama, HDR, LED Flash
Kamera Depan 
Single Camera16 MP (wide) f/2.0
Video1080p@30fps
FiturHDR
Bodi
Dimensi163 x 76.2 x 8.5 mm 
Berat190 gram
WarnaCyber Rage, Dark Nova
Layar6.62 inch
ResolusiAMOLED (1080 x 2400 pixels)
BateraiLi-Po (4700 mAh)
Konektivitas
Jaringan2G, 3G, 4G, 5G
SIMDual nano SIM
Dukunganfingerprint, compass, proximity, gyro, accelerometer
Bluetooth5.2 A2DP
GPSAGPS, GLONASS, BDS, GALILEO, QZSS
NFCTidak
USBUSB Type C 2.0

Review Vivo iQoo Neo6

Spesifikasi Vivo iQoo Neo6

Vivo meluncurkan salah satu smartphone gaming bernama iQoo Neo 6 pada Mei 2022 lalu. Smartphone ini termasuk dalam kelas menengah atau mid range.

Sayangnya, peluncuran ini diwarnai kekecewaan karena Vivo tidak meluncurkan iQoo 6 yang sama seperti versi Cina. Justru iQoo Neo 6 ini merupakan rebranding dari iQoo Neo 6 SE versi Cina.

Terlepas dari itu, iQoo Neo 6 tetap layak mendapatkan perhatian. Harganya terbilang masih terjangkau kalau dibandingkan dengan detail yang dibawanya.

iQoo Neo 6 versi global membawa layar AMOLED yang luar biasa, dapur pacu yang gahar, kamera yang lumayan bisa diandalkan, dan pengisian daya super cepat. Smartphone ini pun siap bersaing di pasar mid range.

Kelebihan Vivo iQoo Neo6

Kelebihan Vivo iQoo Neo6

  • Performa Gahar

Dapur pacu iQoo Neo 6 ditenagai oleh Snapdragon 887 5G dengan fabrikasi 7 nm. Memang bukan SoC terbaik dan terbaru dari Qualcomm, tapi performanya bisa diadu dengan HP kelas mid range lainnya.

Untuk memaksimalkan performa, SoC ini didukung oleh GPU Adreno 650. Nggak heran kalau performanya hampir sama dengan smartphone flagship.

Setelah dites menggunakan Antutu 9, iQoo Neo 6 menghasilkan skor 730.223. Jauh melampaui Samsung Galaxy A52s 5G.

  • Garansi Sampai 2 Tahun

Kalau kebanyakan smartphone cuma memberikan garansi 1 tahun, Vivo berani memberikan garansi sampai 2 tahun untuk iQoo Neo 6. Hal ini membuktikan bahwa kualitasnya memang sudah teruji. Hal ini merupakan kabar baik buat kamu yang menggunakan HP untuk jangka panjang.

  • Layar Jernih dan Tajam

Smartphone gaming wajib hukumnya punya layar yang jernih dan tajam. Itulah kenapa iQoo Neo 6 menghadirkan layar AMOLED berukuran 6,62 inci. Resolusinya sudah Full HD Plus (1080 x 2400 pixels).

Refresh ratenya juga tinggi, yaitu 120 Hz dan adaptif atau bisa menyesuaikan dengan aplikasi yang sedang dibuka pengguna. Untuk memenuhi kebutuhan dan kenyamanan pengguna, ada 3 mode warna yang bisa dipilih, yaitu Standar, Profesional, dan Bright.

Untuk aplikasi streaming seperti Netflix dan Youtube, iQoo Neo 6 punya fitur Visual Enhancement yang aktif otomatis. Fitur ini berguna untuk memaksimalkan kontras dan warna gambar.

  • Kamera Mumpuni

Kamera utama iQoo Neo 6 menggunakan sensor 64MP dari Samsung yang dipadukan dengan lensa 25mm f/1.9. Selain itu, masih ada 2 kamera lain yaitu ultrawide 8MP dan lensa makro 2MP.

Untuk kamera depannya ada sensor Samsung 16MP dengan lensa 28mm f/2.0. Kualitas gambar yang dihasilkan oleh kamera depan dan belakang sudah cukup bagus untuk kebutuhan media sosial dan mobile photography.

  • Speaker yang ‘Benar-benar’ Stereo

iQoo Neo 6 membawa speaker stereo khas smartphone gaming. Namun speaker ini berbeda dengan HP pada umumnya.

Kedua speaker memiliki volume dan kekuatan yang seimbang meskipun posisi dan ukurannya berbeda. Speaker utama ada di bagian bawah bodi dan mengarah ke bawah. Sedangkan speaker kedua berada di posisi earpiece dan mengarah ke depan.

Karena volume dan kekuatannya seimbang, pengguna jadi lebih nyaman saat menonton video, mendengarkan musik, atau bermain game. Tidak seperti smartphone lain yang speaker keduanya hampir selalu tenggelam.

  • Fast Charging 80 Watt

Satu hal lagi yang patut dibanggakan dari Vivo iQoo Neo 6 adalah teknologi fast charging, Tidak tanggung-tanggung, fast chargingnya mencapai 80 Watt.

Lebih hebatnya lagi, Vivo menyertakan charging adaptor 80 Watt dalam paket penjualan. Dengan begitu, pengguna nggak perlu keluar uang lagi untuk membeli charger yang kompatibel.

Kekurangan Vivo iQoo Neo6

Kekurangan Vivo iQoo Neo6

  • Berbeda dengan Versi Cina

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Vivo menjual iQoo Neo 6 yang berbeda untuk pasar Cina dan pasar global. Di Cina, iQoo Neo 6 dijual dengan Snapdragon 8 Gen 1. Tentu ada perbedaan yang cukup signifikan dari segi performa.

Sedangkan iQoo Neo 6 yang dipasarkan untuk global ditenagai Snapdragon 870 5G. Artinya, sama dengan versi iQoo Neo 6 SE yang dijual di pasar Cina.

Hal ini cukup mengecewakan, terlebih untuk orang-orang yang sudah antusias dan menantikan kehadiran Vivo iQoo Neo 6. Ternyata unit yang dipasarkan tidak sesuai dengan ekspektasi. 

  • Belum Masuk Indonesia

Smartphone yang satu ini memang sudah dijual di pasar global. Sayangnya, sampai artikel ini ditulis, belum ada pernyataan resmi dari Vivo Indonesia tentang  iQoo Neo 6.

Tech enthusiast di Indonesia juga pesimis karena Vivo Indonesia belum pernah memasukkan iQoo series secara resmi. 

  • Tidak Ada Slot MicroSD

Hal berikutnya yang cukup mengecewakan dari smartphone gaming ini adalah absennya slot MicroSD. Bagi sebagian pengguna, slot MicroSD memegang peran penting untuk memperluas storage. Mengingat ukuran aplikasi game juga cukup besar.

Sedangkan Vivo iQoo Neo 6 ini hanya dibekali dengan internal storage 128GB atau 256GB. Ini dirasa masih kurang, apalagi untuk pengguna yang menyimpan file dan dokumen di HP.

  • Banyak Aplikasi Pre-Installed

Aplikasi pre-installed atau bloatware memang cukup sering dijumpai pada smartphone Android. Tapi di iQoo Neo 6 ini, jumlahnya terbilang cukup banyak. Terlebih pengguna tidak diberi opsi untuk uninstall aplikasi tersebut.

Hasilnya, sebagian internal storage terpaksa disisihkan untuk menampung aplikasi tersebut. Hal semacam ini memang cukup menyebalkan.

Harga Vivo iQoo Neo6

Kalau bicara soal harga, kita cuma bisa membandingkannya dengan pasar global atau negara tertentu. Kali ini, yang digunakan untuk perbandingan adalah harga di India. Detail harganya bisa kamu lihat di bawah ini.

  • Varian RAM 12GB + ROM 256GB: 33.999 Rupee atau setara Rp 6,3 juta
  • Varian RAM 8GB + ROM 128GB: 29.999 Rupee atau setara Rp 5,6 juta

Bagaimana, apakah review Vivo iQoo Neo6 yang sudah dijelaskan di atas menarik? Mari kita tunggu sampai dirilis secara resmi di Indonesia.

tokopedia buttonlazada buttonblibli button

Video Promosi Official Vivo iQoo Neo6

Leave a Reply

Your email address will not be published.