Review realme 8i (HP terakhir realme di 2021)

Posted on

Review realme 8i (HP terakhir realme di 2021)

Realme 8i! Jadi ini adalah HP terakhir realme buat tahun 2021 ya. Sepanjang tahun ini, realme kayak punya 2 kepribadian gitu. Kadang mereka ngeluarin HP yang sesuai sama apa yang diharepin orang dari mereka. Spek tinggi, harga rendah, Seru banget!

Tapi kadang realme juga bisa tiba tiba ngeluarin HP yang speknya biaaasa banget, lebih jual gaya, jual gimmick, kayak HP dari brand lain yang namanya udah lebih kuat. Saya sih jelas, lebih seneng sama sifat mereka yang pertama ya. Yah, biar lebih konsisten gitu kan? Lebih ada karakternya. Pengennya pas orang denger realme nggak harus nebak nebak, HP-nya tu bakal kayak gimana. Pengennya udah ada jaminan dari nama lah.

Misalnya kayak realme 8i ini pas saya pertama kali denger namanya langsung mikir. Ini apa lagi sih? Realme 8i… Kan realme 8 sama 8 Pro udah keluarnya lumayan lama, kenapa baru ada yang “i” gitu. Maksa ya? Curiga saya.

Tapi pas udah tau spek yang ada di dalemnya, dan harga yang dia minta, ini realme sejati sih. Jadi penutup yang berkesan lah buat tahun 2021. Atau… Jadi awal yang bagus buat nyambut tahun 2022 nanti? Supaya tahun depan itu lebih konsisten? Ya, bebaslah cara liatnya gimana. Yang pasti, dengan harga 2.4 juta, realme 8i ini bisa jadi salah satu pilihan menarik buat kelas HP 2.5 juta ke bawah.

RAM & DESAIN

realme81-ram

Unit yang kita bahas sekarang, harganya 2.4 juta ya Punya RAM 4 GB dan internal 64GB. Kalau misalnya anda pengen varian yang lebih tinggi, ada juga yang RAMnya itu 6GB dan internalnya itu 128GB. Harganya 2.9 juta. Kita bahas versi yang basicnya aja. Mulai dari desainnya dulu, yang keliatan lumayannn… Mantul ya, maksudnya cahayanya mantul mantul, karena dia pake backdoor polikarbonat yang dikasih finishing glossy. Mengkilat.

Mau anda milih varian warna space purple kayak unit yang kita bahas sekarang, atau ada satu lagi varian warna space black, pantulan cahayanya sama sama berkilau. Cuma, kilaunya ini harus lumayan kita jaga lah, karena sidik jari mudah banget nemplok ke bagian belakangnya.

Harus sering dilap, atau kalau nggak, bisa pake casing bawaan yang udah sepaket sama HPnya, walaupun kilaunya jadi agak kefilter ya sama warna casingnya yang agak gelep. Pilihanlah! Kalau diliat dari bentuk kameranya sendiri, yang disusun 2×2 ala dadu begini, HP ini memang pantes lah dikasih nama 8i, soalnya sodaranya si realme 8 sama 8 Pro, kalau nggak salah juga punya susunan yang sama.

Jadi ada ciri khasnya. Di sebelah kanan HP ini, kita bakal nemuin tombol power, yang kerja rangkap sebagai sensor fingerprint juga, di atas nggak ada apa apa, di sebelah kiri ada SIM tray triple slot yang bisa nampung dua kartu Nano SIM dan 1 kartu microSD, terus ada tombol volume juga. Di bagian bawah ada headphone jack, mickrofon, port USB type C, dan speaker mono.

Kualitas speakernya standar aja, suara highnya lumayan oke, tapi bass nya tipis banget. Realme udah harus mulai fokus buat ngasih speaker stereo lah buat tahun depan. Pasti lebih joss. Kalau soal NFC, HP ini nggak punya, tapi ya masih termasuk wajar buat harga 2.5 juta ke bawah. Jadi ya, nggak usah terlalu dipermasalahin, walaupun memang bakal jadi dealbreaker buat sebagian orang.

Di depan HP ini sendiri… Nah, disini nih, Realme ada nyetak rekor baru. Realme 8i jadi HP dengan layar 120Hz yang paling murah yang bisa kita dapetin sekarang. Kenceng! Buat yang belum tau teknologi 120Hz itu apaan: Jadi layar di HP kita itu bakal nampilin 120 frame per detik ya, lebih banyak dibanding HP standar yang layarnya nampilin 60 frame per detik. 60 gambar per detik.

Bedanya bakal terasa banget pas kita lagi scrolling sosmed, atau lagi main game yang support layar sekenceng itu… Lebih mulus! HP berasa lebih kenceng, ada ilusi lebih smooth lah. Soalnya dulu, teknologi beginian cuma bisa dinikmatin di HP HP flagship ya, tapi setahun dua tahun terakhir ini, udah mulai nular ke HP yang lebih murah.

LAYAR

Sampe ke sekarang, realme 8i ini jadi yang megang rekor paling terjangkaunya. Tapi yang harus diinget layar di realme 8i ini nggak bisa dibilang 100% sempurna. Saya bukan lagi ngomongin soal panel IPSnya, yang pasti banyak yang komen: “Ih, kok belum AMOLED ya?” Karena kayaknya kita belum sampe kesana, ya AMOLED 120Hz 2.5 juta kebawah, IPS 120Hz aja udah keren, apalagi kualitas warnanya juga bagus, cerah.

Ukuran layarnya juga kedengeran wajar, di 6.66 inci. Resolusinya pun udah tajem di Full HD+. Yang harus diinget dari layar HP ini, antigores bawaannya jangan dilepas kayak saya. Karena kacanya lumayan mudah kegores. Ini saya ada coba gores layarnya kuat-kuat pake gunting, dan ada sedikit bekas gitu. Biasanya nggak ada. Antigoresnya nggak usah diapa apain lah, kecuali anda pengen ganti yang lebih bagus, ya monggo aja.

Kalau saya kan, memang biasanya harus lepasin antigores biar shootingan-nya itu lebih cakep, sekalian tes ketahanan layarnya juga. Biar anda nggak ngulangin kesalahan yang sama. Dan ini juga HP pinjeman jadi bodo amat. Ya itu sih yang harus diinget. Sisanya, layar realme 8i, mantab lah.

CHIPSET

Review Xiaomi 11T Chipset
Review Xiaomi 11T
Chipset

Salah satu faktor yang bolehin realme pake teknologi layar kayak gitu, ada di chipsetnya. Dan ini juga jadi salah satu bagian yang hebat dari realme 8i ini ya. Dia pake chipset MediaTek Helio G96. Kenapa hebat? Soalnya sekarang, di pasaran, baru ada satu HP lain yang pake Helio G96, dan harganya itu 4 jutaan. Tau nggak HP apaan? Liat aja video kemaren, 1 video sebelum HP ini, ada.

Sementara realme bisa jual di 2.4 juta. Antara realme memang banting harga, atau HP yang satunya ketinggian, ya itu entahlah. Itu kalau kita lihat dari chipsetnya aja. Helio G96 ini punya speed yang sebenarnya lebih lambat dari G95, terutama GPUnya, yang angkanya itu lebih kecil kalau kita lihat dari angka benchmark di AnTuTu. Jadi penginget kalau sebenarnya yahm angka chip yang lebih tinggi, belum tentu ngasih performa yang lebih tinggi juga. Pusing ya? Nggak tau harus patokannya dari mana gitu. Cuma ya, MediaTek nggak asal ngeluarin nama produk juga lah G96 ini punya angka yang lebih tinggi dari G95, karena dia ini punya keunggulan lain.

Misalnya, nih chipset support layar 120Hz tadi. Kalau realme 8i ini nggak pake G96, pakainya G95, dia nggak bakal bisa punya layar yang kenceng. Sama satu lagi, G96 juga udah support kamera 108MP, walaupun Realme 8i ini nggak sampai 108MP. Performanya pun, pas saya pake, nggak kerasa jomplang dibanding Helio G95, yang biasanya itu dipake di HP yang sekitar 3 juta lah.

Buat scrolling udah lancar banget, pindah-pindahapp udah ngebut, main game juga lancar jaya. Buat main Mobile Legends, di settingan mentok kanan, aman. 60fps udah pasti diamanin sepanjang game. PUBGM juga lancar di smooth ultra, bisa dapet 40 fps konstan dan suhunya tetep adem juga. Kalau buat main Genshin ya sampe sekarang saya masih belum nemu HP 2.5 juta kebawah yang bisa lancar main Genshin ya.

Kalau di realme 8i juga sama aja, buat main sih bisa, nggak sampe patah patah gimana. Di settingan lowest rata rata masih bisa dapet 30an fps. Cuma arti rata rata itu kan gabungan atas sama bawah. Kalau lagi main nyantai, jalan doang, HPnya bisa kena 40 fps. Tapi kalau titik bawah, lagi rame, berantem gitu, dia dapetnya 20fps aja. Kurang oke buat dihajar keras. Lancarnya buat game yang levelnya di bawahnya aja.

BATERAI

realme8i-baterai

Buat daya tahan baterenya sendiri, di realme 8i ini dia pake batu yang kapasitasnya 5000 mAh ya, lumayan gede, dan staminanya juga oke. Buat dipake main ML setengah jam, butuh 6% doang, buat main PUBGM setengah jam, 8%, dan buat main Genshin setengah jam, dia butuh 12%. Lumayan hemat. Kalau urusan ngecas, realme ngasih kita charger 18 Watt, yang kecepatannya sih standar aja ya, 30 menit dia ngisinya 29%, sejam dia 58%, dan buat penuh, kurang lebih 2 jam lah. Berarti kurang lebih semenit itu dia ngisinya 1%.

KAMERA

realme8i-kamera

Nah, sementara soal kualitas kameranya Realme 8i ngandelin resolusi yang lagi hits ya, 50MP buat kamera utamanya, ditemenin sama kamera makro 2MP dan kamera black and white. Di bagian depannya, ada kamera 16MP. Buat hasil fotonya, di luar ruangan udah bagus buat HP yang harganya 2 jutaan. Di mode auto HDR, dynamic rangenya bisa ketangkep dengan baik, cuma kalau kita ngomongin soal warna, ini memang khas realme banget sih, yang processingnya tu agak berlebih sampe warnanya lebih kuat dari aslinya.

Cuma memang banyak lah, orang yang seneng sama model foto yang cerah cerah gini. Pas kita masuk ke dalem ruangan, motret ngandelin cahaya lampu, detilnya bakal agak turun, dengan warna yang masih enak buat diliat. Jatuhnya masih okelah. Kalau udah masuk low light, baru kameranya kelihatan berusaha keras buat kombinasiin hardware sama software. Soalnya disini keliatan banget kalau fotonya ditajemin lewat software biar detilnya nggak ilang. Di kondisi kayak gini kameranya juga rentan goyang, rentan blur. Jadi pastiin, tangan kita harus stabil pas megang HPnya.

KESIMPULAN

Secara keseluruhan, kamera realme 8i ini buat saya bagus sih. Buat kamera depannya Dia bisa di 1080p, kalau dibawa jalan, agak sedikit bergetar kalau misalnya nggak pelan-pelan. Cuma kalau pelan-pelan kalau saya lihat sih kamera selfienya bagus ya, sama kayak kamera belakangnya tadi. Jadi kamera depan belakang sama-sama oke sih.

Kesimpulannya, realme 8i HP ini jelas nggak bisa dibilang sempurna ya, fitur yang dikasih nggak bisa dibilang super lengkap nggak ada cela. Realme 8i, dia masih pake satu speaker aja, nggak ada NFC. Terus saya juga belum nyebutin kalau mesin geternya ini ala ala HP entry level yang agak kasar. Terus dia nggak punya kamera ultrawide juga. Pasti ada aja yang bisa diprotes dari sebuah HP.

Untungnya, realme 8i ini bisa adu mekaniklah sama kelemahannya, pake keunggulan yang jauh lebih banyak. Desainnya cakep, kilau kilau gini, ada ngasih kesan mewah sedikit lah, terus layarnya nggak usah ditanya lagi, ngebut, tajem, warnanya juga bagus, performanya aman buat main banyak game, kameranya juga termasuk bagus. Next, saya bakal bikin artikel rekomendasi HP akhir tahun, dan realme 8i ini jelas bakal masuk ke pertimbangan saya buat jadi pilihan atau nggak.

Nah, kalau udah nggak bagus-bagus banget, pasti dari awal nggak bakal dipikirin sih. Tapi ini, masuk! Demikian review saya buat realme 8i.

Leave a Reply

Your email address will not be published.