Cara Reset Printer Epson L360

Posted on

Printer Epson L360 adalah printer yang bagus dan awet. Namun meskipun demikian kerap kali printer L360 mengalami error sehingga tak dapat dipakai lagi. Jika anda mengalami masalah error pada printer Epson L360, maka salah satu cara mengatasinya adalah dengan melakukan reset. Dengan melakukan reset pada printer Epson L360 maka printer akan kembali sedia kala.

Cara Reset Printer Epson L360

Sekilas Tentang Printer Epson L360

Printer Epson L360 adalah salah satu jenis printer yang paling sering digunakan di Indonesia sebab printer ini memiliki keunggulan bisa melakukan print, scan, dan mencopy dokumen hanya dengan menggunakan satu perangkat saja. Selain itu dengan ink tank atau tangki tinta yang terintegrasi menjadikan printer Epson L360 ini sangat ideal untuk dipakai di perkantoran atau juga penggunaan individu.

Untuk harganya sendiri cukup murah jika dibandingkan dengan banyaknya fitur yang tersedia. Dalam pengoperasiannya juga cukup mudah sekali. Dan dalam hal perawatan, pemiliknya tak perlu terlalu direpotkan sehingga printer Epson L360 ini sangat diminati segala kalagngan dan sangat diandalkan untuk mencetak dokumen.

Namun semakin banyak dokumen yang diproses oleh printer Epson L360 ini maka sebagaimana juga kebanyakan printer akan mengalami menurunan dalam peforma sehingga tak dapat melakukan proses pencetakan sebagaimana mestinya.

Cirinya adalah printer Epson L360 ini tak merespon perintah untuk mencetak dokumen. Namun tenang, ini bukanlah keadaan printer anda rusak namun hanya perlu dilakukan reset ulang. Ini umum terjadi pada printer dengan merek Epson dan juga Canon.  Setelah proses ini maka printer akan kembali berjalan normal sebagaimana biasanya.

Masalah yang Kerap Dihadapi Printer Epson L360

Biasanya masalah pada printer Epson L360 lebih sering disebabkan oleh perlakuan penggunanya yang salah sehingga menyebabkan error pada printer. Padahal seharusnya printer senantiasa dijaga dan dirawat secara rutin agar tahan lama.

Eror pada Epson L360 ditandai dengan lampu yang berkedip yang memberi tanda terdapat masalah pada perangkat keras atau perangkat lunaknya. Jika sudah seperti itu maka segeralah atasi sesuai masalah yang dialaminya.

Lampu berkedip adalah tanda bahwa Epson L360 mengalami waste ink full sehingga pipa pembuangan tinda menjadi penuh terisi. Jika sudah seperti itu maka Epson L360 harus segera direset kembali agar menjadi seperti baru dan bekerja secara normal.

Cara Reset Printer Epson L360

Printer merek Epson biasanya mengharuskan penggunanya untuk melakukan reset ulang saat printer telah mencapai jumlah tertentu pencetakan agar sistem kembali menjadi normal.

Melakukan reset Epson L360 tak boleh sembarangan sebab jika salah maka akan menimbulkan masalah yang jauh lebih besar nantinya. Namun anda tak perlu membawa printer Epson L360 anda ke tukang servis saat printer Epson L360 anda mengalami error. Anda hanya pelru memperbaikinya sendiri dengan sanngat mudah. Itulah mengapa anda membutuhkan panduan bagaimana cara reset printer Epson L360.

Dibawah ini kami akan jelaskan bagaimana cara memperbaiki Epson L360 dengan lengkap. Namun perlu diingat bahwa terdapat dua cara utama untuk melakukan reset printer Epson L360 yaitu dengan cara manual dan dengan bantuan software resetter.

Pada dasarnya baik secara manual maupun dengan bantuan resetter, tak ada perbedaan. Anda hanya perlu melakukan salah satunya saja.

Reset printer Epson L360 Secara Manual

Melakukan reset printer Epson L360 secara manual artinya melakukan konfirugasi langsung pada perangkat printer Epson L360 tanpa adanya bantuan dari aplikasi apapun.

Cara melakukan reset printer Epson L360 sangatlah mudah sekali, anda hanya perlu menekan tombol-tombol tertentu dengan cara tertentu dan dengan durasi tertentu.

Sebetulnya untuk reset printer Epson L360 telah dijelaskan dalam buku manual printer Epson L360 yang anda peroleh saat baru membeli printer Epson L360 ini. Jika perlu, anda dapat membuka manual dari printer ini.

Jadi jika printer Epson L360 anda menjadi berkedip maka lakukanlah reset sebagai berikut:

  1. Pertama, nyalakan printer dengan cara menekan dan menahan tombol power.
  2. kemudian, selanjutnya tekan dan tahan tombol resume dan power selama lima menit.
  3. Setelah itu ulangi kembali dengan menekan lalu tahan selama 3 detik lalu lepaskan.
  4. Selanjutnya printer akan melakukan reset secara otomatis. Diamkan printer selama beberapa menit.

Jika proses sudah selesai dilakukan maka dengan sendirinya printer sudah berhasil tereset. Jika sudah begitu maka printer Epson L360 sudah kembali ke pengaturan awal/ default. Setelah proses reset ini maka segala macam masalah printer dapat hilang.

Namun jika seandainya dengan cara manual tetap tak mampu mengatasi masalah yang anda hadapi maka cara terakhir untuk mengetahuinya adalah dengan bantuan software untuk meresetnya.

Cara Reset Printer Epson L360 Menggunakan Software

Cara yang dapat ditempuh untuk melakukan reset printer Epson L360 adalah dengan menggunakan software khusus yang dirancang untuk melakukan reset printer.

Software tersebut bernama

. Software ini harus dipasangkan ke komputer atau laptop yang sesuai dengan tipe printer. Jika tak sesuai maka akan ada hambatan komunikasi.

Ini dapat menjadi alternatif bagi ada apabila ketika melakukan reset printer Epson L360 secara manual tak membuahkan hasil.

Langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk reset printer Epson L360 adalah sebagai berikut:

  1. Download terlebih dahulu software yang dibutuhkan yaitu Epson Ajusment Program melalui link berikut ini: https://www.printresetter.com/epson-adjustment-programs-resetters/
  2. Setelah itu install aplikasi tersebut.
  3. Jalankan aplikasi dengan mengklik sebanyak dua kali pada ikon.
  4. Pilih tipe printer yang anda gunakan dan bagian model name silahkan pilih L360 setelah itu klik OK.
  5. Selanjutnya klik Particular Adjustment Mode
  6. Setelah itu akan muncul jendela baru kemudian pilih Waste Ink Pad Counter lalu pilih OK.
  7. Berikan checklist pada Main Pad Counter setelah itu klik Check.
  8. Nanti akan kembali muncul jendela baru. Klik OK pada jendela yang muncul.

Jika proses telah dilakukan maka akan muncul jendela yang meminta agar printer Epson L360 segera dimatikan. Setelah dimatikan, hidupkan kembali printer Epson L360 tersebut.

Penggunaan software ini sangat mudah dan sederhana. Tak dibutuhkan waktu terlalu lama dan tak begitu sulit. Setelah melewati proses tersebut maka lampu akan berhenti berkedip sebagai tanda masalahnya sudah selesai. Printerpun sudah dapat digunakan kembali dan sudah dapat bekerja normal seperti sedia kala.

Namun jika seandainya anda telah melakukan dua cara diatas namun tidak mendapatkan hasil sebagaimana mestinya dan lampu indikator tetap berkedip itu berarti masalah bukan berada di perangkat lunaknya melainkan di perangkat kerasnya atau hardware.

Jika masalah terdapat pada perangkat keras atau hardware maka satu-satunya cara yang harus anda lakukan adalah dengan mengunjungi teknisi atau tukang servis printer terdekat untuk dilakukan pengecekan dan penanganan lebih lajut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *