Review Infinix Hot 11S NFC

Posted on

Infinix Hot 11S NFC. HP 2 juta yang kalau dilihat dari speknya, bener-bener menang banyak! sampai mereka pakai tagline, “Bikin Lawan Kena Mental“. Dari tagline-nya aja udah kelihatan lah ya, siapa target pasar mereka. Anak-anak sosmed, anak-anak meme, anak-anak gaul, anak gamer juga pastinya! Sampai di cover kotaknya ini pakai gambar Miya dengan skin Moon Priestess. Edisi spesial ulang tahun kelima Mobile Legends. Udah lama juga ya? Mobile Legends udah 5 tahun. Ada game yang bisa relevan sampai 5 tahun itu hebat sih.

Review Infinix Hot 11S NFC

Ya intinya target Infinix Hot 11S ini jelas. Buat anda yang bener-bener mentingin bagian spek dengan nekan biaya serendah mungkin. Mentingin value lah istilahnya. Mirip Tokopedia juga sih, barang-barang di sana harganya udah kompetitif, ditambah sering ada promo juga. Jadi tambah worth it lagi kalau belanja di sana. Kayak sekarang lagi ada Selalu Official Store, yang ngasih kita flash sale diskon hingga 90% dan juga cashback, dan gratis ongkir hingga 100% buat barang-barang yang ada di Official Store di Tokopedia.. Sekarang kita langsung mulai aja, proses unboxingnya.

UNBOXING

Infinix Hot 11S NFC Unboxing

Ya, selain Hot 11S NFC ini, kemarin-kemarin juga ada Hot 11, ada juga yang Note 11, semuanya keluarnya hampir nggak jauh beda sih durasinya, jadi rentetan angka 11-nya tuh banyak, di sini ada gambar Miya, terus ada logo Infinix, ada Mobile Legends, ini udah kolaborasi yang ketiga atau keempat gitu, terus ada logo Mobile Legends Anniversary kelima! Ada Hot 11S dan… dia sudah support NFC.

Kayak pingin dikasih tau banget gitu di kotaknya kalau HP ini udah punya NFC, dengan harga 2 juta! 1.950 apa gitu lebih tepatnya, jadi… kalau ada orang curang mau bilang “HP sejutaan!” ya bisa juga sih, tapi ya… Di sini kita bilangnya 2 juta, buat varian yang 4GB, RAM 4GB sama internal 64GB. Kalau yang kita unbox kali ini sendiri, dia yang varian internalnya 128GB + RAM 6GB.

Ya ini ada WiFi, terus baterainya 5000mAh, pakai Android 11, kameranya 50… Eh? Ini front camera 8MP, kamera belakangnya 50MP, terus chipsetnya Helio G88, networknya 4G belum 5G pastinya kalau G88, di sini displaynya 6,78 inch, Full HD, dan resolusinya… ya resolusi ini Full HD+. Sekali lagi ditunjukin. Jadi langsung kita buka aja!

Infinix Hot 11S NFC Warna

Ini kalau… pas saya terima kemarin, saya agak bingung sih, ini… pas dia dibungkus sama plastik hitam gitu, saya goncang-goncang gini, kok HPnya kayak bisa digoncang ya? Ini HP baru atau bukan gitu. Ternyata pas saya udah buka, ternyata ini HPnya masih baru. Dibungkus pastik tadi, cuma… Kenapa bagian dalamnya kayak bisa digoncang gitu? Kayak kurang… Apa? Kurang jejek gitu, kurang pas di dalam kotaknya. Ini salah satu PR Infinix sih…

PACKAGING

Infinix Hot 11S NFC Packaging

Dari packagingnya, dari dulu… Pas saya unbox memang sering saya omongin, kenapa kayak nggak terlalu oke gitu. Kayak nggak terlalu meyakinkan padahal speknya udah oke banget. Di sini ada lagi… Wah ini keren sih… Bagian depannya ada spek kuncinya, ini charging 18 Watt, terus ya 18 Watt, supercharged ya bebas mau disebut apaan, ini layarnya juga punya refresh rate 90Hz ya, jadi secara spek… Bisa dibilang ini lebih bagus daripada Redmi 10.

Dari sisi NFC-nya, soalnya Redmi 10 nggak punya NFC, sementara sisanya mirip. G88, 90Hz… terus FullHD, 5000mAh, 18 Watt, 50MP, semuanya hampir bisa disamain kayak si Redmi 10 salah satu HP 2 juta yang saya suka banget. Cuma soal pilih-pilih pilih kayak gini, itu udah tergantung kepercayaan ya. Atau ya senang sama brand apa, sama service yang kayak gimana, dan itu jadi PR Infinix buat mereka sih, kalau bisa nanganin bagian itu bakal keren banget.

Nah kayak bagian dalamnya, coba mereka lebih niat dikit ya? Makanya bisa digoncang-goncang gitu. Kalau HP-HP lain kan basanya ada sekat-sekatnya gitu biar lebih mantep, tapi ini kayak… Plek, plek, plek, udah masuk semuanya. Ini chargernya ini ya 18 Watt, terus konektornya harusnya sudah USB Type-C, semoga, yep, ini udah pake USB Type-C, di sini ada SIM Ejector, ada uh!

Ada screen protector, entah kenapa nggak langsung dipasang aja, harusnya kalau dipasang ya lebih oke lah, soalnya… Orang pasti pingin pasang screen protector. Karena nggak ada ruginya. Kalau misalnya nggak suka ya tinggal lepas aja, kalau misalnya suka ya udah kepasang, itu enak.

Petunjuk penggunaan, terus ini lambang tang dan kunci, ini harusnya kartu garansi sama service centernya, hmmm di sini 3 tempat doang… Oh ada service center lainnya di sini jadi tinggal scan aja, OH! Banyak di belakang, ya cuma 3 doang? Terus di sini ada… Dollarnya Infinix lagi, “Welcome to Join XCLUB” Sama sekali belum dibenerin dari yang kemaren.

Karena atasannya kelihatan aneh, dan ini plastik-plastikan kayak begini. Mungkin saya protesnya ketinggian ya, karena… Dengan harga 2 juta, ya orang nggak bakal banyak protes lah sama apa yang didapetin dari packagingnya. Selama kotaknya bagus, terus isinya lengkap lho! Dapet case, dapet protector, dapet SIM Ejector, dapet kabel, dapet charger, semuanya dapet, ya yang saya lebih kasih masukan lebih ke rapinya aja sih.

Sisanya sih sudah oke. Ini kita cabut… Fuhh! Ini desain yang lumayan baru buat Infinix, Infinix X6812 Base dari kode teknisnya. Rapet uga nih!

DESAIN

Kalau dari bahannya, ya ini jelas berasa plastik banget. Dari pantulannya juga ya nggak terlalu oke-oke banget, cuma ya lumayan lah ya? Nggak bisa dibilang mewah juga sih… Kalau dilihat dari sini, dari feelnya, atau dari looksnya, ya ini jelas berasa plastik sih… Ini salaah satu yang menurut saya si Redmi 10 lebih oke dari pada si Infinix dari desainnya.

KAMERA

Infinix Hot 11S NFC Camera

Tapi kalau dari kameranya, ini kamera utamanya gede banget, ini 50MP, tapi ya ini kameranya… Bener-bener gede di bagian hitamnya aja ya. Tapi kalau yang bisa dipake ya yang kecil ini. Terus ini ada kamera 2MP, depth camera, dan satu lagi kamera AI katanya… Kamera yang buat ngebaca suatu… apa? Suatu scene, suatu suasana, dan dia bisa nentuin itu gambar apa.

Tapi sebenarnya itu nggak perlu kamera khusus sih… Kamera utama aja, dia bisa nentuin tergantung dari chipsetnya pinter atau nggak. Jadi Infinix bilang salah satu kamera di sini ada kamera AI-nya itu lebih ke… Biar mereka bisa bilang kalau ini triple camera aja. Terus di sini ada tulisan 50MP apa ini? Kesilauan… Ultra Night Camera! Ini kelihatannya kameranya banyak banget, tapi sebenarnya yang bisa dipake 1 aja. Dan di sini ada LED Flash-nya. Ini ada tulisan Infinix.

Di sebelah kanan ada tombol power yang rangkap sebagai tombol fingerprint, ada tombol volume, terus sini… Nggak ada apa-apa, tapi cakep juga, di sini ada dikasih garis gitu, kayak HP-HP yang lumayan mahal, dan sebenarnya ada tulisan… Apa ya ini? Agak susah dibaca. Mantul banget, cuma ini tulisannya, “The Future is Now”. Di sini ada SIM Tray, SIM Tray yang bisa nampung 2 Nano SIM dan 1 Micro SD, Triple Slot, dan di bawah ada Headphone Jack, ada mikrofon, ada USB Type-C, dan ada speaker.

Ini kamera depannya 8MP ya. Ya Infiniz, tiap saya ngebahas Infinix, pasti ada aja orang yang bilang, “Wah bang, nggak niat ya?” Ngeuboxing Infinix, saya nggak tahu maksudnya apa, apakah saya ada ngasih kritik dibilang nggak niat, padahal kalau Infinix saya semangat sih, soalnya dia ini salah satu brand, yang konsisten bisa ngelawan Xiaomi. Dari dulu saya kayak… mikir gitu, ini Xiaomi kok… Ada lawan, Realme, tapi Realme kayak kurang konsisten, kadang bisa bagus banget, tapi kadang ya bisa nggak bagus, nggak bisa saingan, tapi Infinix ini, kayak nggak pernah ngecewain dari sisi spek.

Makanya saya selalu singgung-singgung soal kotaknya, soal packagingnya, kayak kalo dibikin lebih niat dikit, itu bakal bisa kayak setara kayak Xiaomi sih. Dan itu PR Infinix yang bisa mereka kelarin kalau mereka lihat video ini. Sekarang kita install-install dulu. Sep, jadi ini adalah penampilan paling awal dari Infinix Hot 11S NFC. Hmm, nggak ada… wallpaper spesial atau icon spesial yang nunjukkin kalau dia ini isinya ada Mobile Legends atau gimana ya.

Jadi dia Mobile Legends-nya ada di bagian kotaknya aja, cuma tadi pas saya mau install aplikasi atau game, ini memang Mobile Legends-nya udah ke-install dari sananya. Jadi mungkin bisa hemat sedikit data, kalau misalnya anda main Mobile Legends buat awal-awal. Kalau dari looks aplikasi, App UI-nya sendiri sih pakai XOS 10, yang iconnya memang gede-gede gini, terus di bagian settingnya dia kayak gini, kelihatan lumayan simpel sebenarnya, cuma karena saya nggak pernah ngulik Infinix lama, dengan lama, mungkin anda bisa ceritain di kolom komen buat yang sering pake Infinix, atau yang lagi pake Infinix, gimana experience dari XOS ini.

Soalnya kan kalau Xiaomi, MIUI mereka sering dikritik tuh, kalau XOS, saya sendiri belum pernah dengar, kalau mereka tuh lebih sering dikritik atau malah dipuji. Jadi buat saya XOS itu masih lumayan netral lah.

Ini saya banyak bandingin sama Xiaomi ya, karena posisinya memang kayak gitu. Dari spek udah kece banget, si Infinix Hot 11S ini, saya juga setelah megang-megang HP ini selama setengah jam tadi, selama install-install tadi, ternyata… Ya Bodinya ini enak-enak aja sih. Cuma penampakannya memang… Nggak kelihatan terlalu oke, tapi pas dipegang ya ini oke lah buat harga 2 juta.

GAMES

Infinix Hot 11S NFC Games

Kalau dari games sendiri, coba kita speaker dulu. Soalnya speaker itu salah satu bagian yang… lumayan lemah di Infinix dari kemarin sih. Kalau nggak salah terlalu kecil ya? Ini saya udah download lagu andalan, yang anda senang dengar, ini lumayan ini… Ini tapi udah full. Lumayan lah ya?

Coba, tapi kalau setengah ini jauh banget. Ini jadi kecil banget. Ini 50% lho. Ini 0%, ya nggak ada suara pasti. 50% setengah, dia kayak masih bisik-bisik gitu. Ya nggak sebisik itu sih… Tapi kayak ada senyap-senyap gimana gitu. Jadi kita harus full-in kalau misalnya pingin dapetin yang oke. Kalau kenceng, kalau 70… Ini standar, 80-70 itu… Buat denger sendiri masih kurang oke sih… Ya, ini 70-80… 90… 100. Ya memang kurang rame sih, cuma… kesannya nggak separah waktu itu ya? Dulu kayaknya kok parah banget. Sampai full pun agak susah dengernya. Sekarang udah agak mendingan, nah ini maksud saya. Kenapa saya senang poin bagian yang lumayan penting lah.

Speaker itu kan penting banget, dan Infinix yang dulu itu, speakernya yah… kecil. Nah, sekarang udah ada dibenerin, agak GR, kalau itu sebenarnya karena nonton video dari channel ini. Yah pokoknya brand apapun kalau ada yang gituan ya kita kasih tau lah. Dan buat penonton juga sih sebenarnya. Bukan demi brand supaya mereka bisa benerin, tapi buat penonton biar mereka tahu apa yang didapat kalau beli si HP. Jadi brand mau benerin atau nggak, bodo amat, tapi HPnya ya kayak gitu kira-kira.

LAYAR

Ini layarnya bagus, tadi saya udah coba main-mainin dia 6.74 inch kalau nggak salah, terus ini Full HD, terus warnanya bagus, udah 90Hz, Full HD, buat layar, buat 2 juta ini oke banget. Dan dari chipset, kalau Helio G88, harusnya… main game enak sih kalau buat Mobile Legends atau PUBG. Ini Mobile Legends di settingan yang maksimal semua sih. Di Ultra, terus High Frame Rate, HD Mode, semuanya… Yaa… Full-Full!

Ini suaranya kalau kita kencengin buat pamer, yah, memang speakernya nggak sekencang itu, cuma ini lebih mending daripada yang dulu-dulu. Ini kedengaran jelas lah kalau sekarang. Tapi kalau HP lain memang suaranya bakal lebih lantang lagi dari ini. Ini sekedar oke aja.

BATERAI

Cuma performanya buat 2 juta, ini mantep! Udah ada NFC, layarnya mantep, chipsetnya oke, kamera nanti bakal kita tes, terus baterenya juga 5000mAh, fast charging 18 Watt, jadi kalau 2 juta, ini HP yang oke sih. Kalau settingan PUBG Mobile, dia di smooth ultra, ya ini sama kayak Helio G88 yang lain, terus biasa yang ditanya itu si Gyro. Naik, turun, kanan, kiri… Ini lag sih, berarti ini bukan Gyrophysics ya.

Tapi ini Gyro pake software punya. Ya, ini salah satu yang harus dipertimbangin lagi, kalau anda pingin… Kalau anda minat sama Infinix Hot 11S ini. Yang NFC. Kalau dari mainnya sih lancar aja, kalau dari performa, ini Infinix bener sih ngasih tagline “Bikin Lawan Kena Mental” Karena buat harga 2 juta, ini salah satu HP dengan performa paling bagus, yang lumayan paket lengkap, kecuali… di gyro-nya tadi, buat gamer yang… lumayan sensitif main game fps atau game apa yang butuh gyro, ini salah satu yang nggak ada. ¬†Lumayan kencang speakernya.

KESIMPULAN

Wuh, ya, kalau misalnya… Anda nyari HP dengan spek yang tinggi, Infinix hot 11S NFC ini salah satu pilihan yang bagus sih. Karena masih jarang banget ada HP 2 juta, yang nawarin performa kayak gini. Kecilin dulu speakernya, wih… Nawarin performa kayak gini, ini… Ini salah satu yang bisa dipilih kalau anda memang yang masuk ke tipe… user yang masuk ke target HP ini, ya ini salah satu HP yang value-nya tinggi banget sih.

Masih jarang ada HP 2 juta, yang nawarin performa yang mulus kayak gini. Biasanya HP 2 juta, apalagi dari brand-brand gede gitu, masih belum bisa diandalin performanya. Apalagi buat main game, buat lancar-lancaran kayak gini, apalagi ada NFC-nya, itu… dikiit banget!

Kalau mau cari ya agak susah, ini salah satu yang bisa kasih lumayan lengkap lah. Walaupun nggak bisa dibilang lengkap-lengkap banget, dari tadi saya udah jelasin kenapa. Sekarang kita coba tes kamera 50MP-nya. Buat 2 juta, belum ada HP yang kameranya bagus-bagus banget sih.

Kalau misalnya bisa dapat warna yang oke, detail yang oke, itu pun udah keren banget. Dan semoga Infinix bisa kayak gitu ya. Ya, 2 juta nggak ada yang bener-bener oke sih. Standar bagus 2 juta itu beda.

Nanti habis ini bakal saya kasih beberapa sampel foto juga. Dan anda bisa nilai sendiri, gimana kualitas foto dari 11S NFC ini. Kalau saya lihat sementara sih, kalau… Ngelihat gambar si… tanaman hijau ini bagus sih. Dia warnanya nggak kusam-kusam banget, terus detailnya dapet, dan buat 2 juta ini bagus. Nanti kita coba lihat, hasil yang lebih banyak kayak gimana.

Kesimpulan saya buat Infinix Hot 11S NFC, dari unboxing ini, dari ngetes-ngetes sekitar sejam, ini HP paket lengkap sih! Minus gyroscope, terus minus… Minus apa lagi ya? Dia saking lengkapnya buat harga 2 juta.

Kamera ultrawide nggak terlalu lah buat harga 2 juta. Nggak sewajib itu. Kalau buat harga kayak gitu, terus baterenya gede, layarnya bagus, chipsetnya oke. Paling memang lagi-lagi kalau ngomoongin Infinix, ini soal sudah percaya sama brandnya atau belum, harus diakuin dia service centernya dan lain-lain belum segede brand-brand yang jadi saingannya.

Brand-brand yang udah lebih sering kita dengar lah. Cuma dari speknya, dia udah dapetin banyak perkembangan, bagian yang kurang bisa dia benerin di HP ini. Tinggal yang printilan-printilannya doang. Saya sih kagum sih sama HP ini. Ya, gitu aja dulu review dari Infinix Hot 11S NFC.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.