Spesifikasi dan Review Poco C40 2022

Posted on

Sejak awal kemunculannya, merk Poco selalu menarik banyak perhatian. Pasalnya merk yang satu ini selalu berani menghadirkan smartphone berspesifikasi cukup tinggi dengan harga yang relatif murah. Terbaru, mereka punya produk yang diberi nama Poco C40, berikut ulasan selengkapnya.

Spesifikasi Poco C40

Poco C40

KeluaranJuni 2022
Platform
RAM3 GB & 4 GB
ChipsetJLQ JR510 (11 nm)
PenyimpananInternal 128 GB & 256 GB
CPUOcta – Core 4 x 2 GHz Cortex – A55 and 4 x 1.5 GHz Cortex – A55
Sistem OperasiAndroid 11 MIUI 13 (for POCO)
Kamera Belakang
Single Camera13 MP, PDAF, f/1.2 wide

2 MP f/2.4 (depth)

Video1080p 30 fps
FiturPanorama, LED Flash
Kamera Depan
Single Camera5 MP, f / 2.2
Video1080p 30 fps
FiturHDR
Bodi
Dimensi169,6 x 76,6 x 9,2 mm (6,68 x 3,02 x 0,36 in)
Berat7,2 oz (204 gram)
WarnaPearl White, Crystal Blue, Midnight Black
LayarIPS LCD 400 nits 6,71 inch 106,5 cm2 (82% screen to body ratio) + Corning Gorilla Glass
Resolusi720 x 1650 px 268 ppi density
BateraiLi – Po 6000 mAh non-removable Fast Charge
Konektivitas
Jaringan2G, 3G, 4G
SIMGSM, HSPA, LTE.

Review Poco C40

Spesifikasi Poco C40

Seperti biasa, produk terbaru dari Poco ini akan kembali menyasar segmen entry level atau kelas menengah ke bawah. Tapi meski demikian, Poco dikabarkan berani membawa spesifikasi di atas rata-rata smartphone pada kelas yang sama. Penasaran seperti apa? Berikut review-nya :

  • Desain

Untuk mengawali review kali ini, mari kita bahas dulu dari sisi terluar smartphone atau dari desainnya. Jika dilihat dari sisi desain, sebenarnya tidak ada banyak perbedaan dari seri-seri sebelumnya. Terutama dari segi warna dan desain kamera.

Pilihan warna yang mencolok seperti salah satunya kuning masih menjadi senjata andalan Poco untuk tampil fancy dan berbeda. Selain itu di bagian kamera juga tampil dengan frame yang memiliki rasio cukup besar dari bodi belakangnya.

Sedangkan di bagian depan terdapat layar dengan kualitas yang cukup bagus karena menggunakan teknologi IPS LCD. Selain itu, juga sudah  dilapisi menggunakan Corning Gorilla Glass. Bagian atasnya menggunakan model notch tetes air sehingga membuatnya tampak lebih menarik.

Rasio layar terhadap permukaan depan sekitar 82%. Angka yang cukup tinggi untuk membuatnya memiliki bezel yang tipis walaupun tidak bisa juga dibandingkan dengan smartphone-smartphone menengah ke atas. Tapi setidaknya ini sudah bagus untuk smartphone kelas bawah.

  • Performa

Berbicara tentang performa, Poco C40 bukanlah smartphone yang bisa diajak untuk menjalankan program-program yang terlalu berat. Tapi chipset JLQ JR510 setidaknya memiliki kemampuan yang cukup untuk aktivitas sehari-hari dan menjalankan aplikasi ringan hingga menengah.

RAM yang digunakan juga terbatas pada pilihan 3 dan 4 GB. Melihat fakta ini, tidak disarankan buat kamu bermain game berat atau melakukan hal-hal berat lain seperti mengedit video dan membuka aplikasi yang memakan banyak RAM. Itu karena bisa saja HP menjadi sangat lambat dan berpotensi hang.

Namun jika kamu hanya ingin bermain game-game ringan seperti Mobile Legends: Bang Bang, maka itu masih bisa dilakukan dengan lancar. Begitu juga dengan aktivitas harian seperti menonton You Tube, chatting, dan bersosial media.

  • Kamera

Dijual dengan harga murah tentu bukan merupakan jaminan bahwa smartphone ini akan memiliki kamera yang bagus. Harus diakui smartphone ini tidak memiliki kamera yang terlalu bagus, tapi  sudah cukup untuk aktivitas fotografi sederhana.

Kamera belakang smartphone ini memiliki resolusi 13 MP dengan teknologi PDAF sedangkan satu kamera lagi memiliki resolusi 2 MP. Sedangkan untuk kamera selfie, kamu bisa menemukan sebuah kamera di bagian notch layar dengan resolusi 5 MP.

Baik kamera utama maupun kamera depan, Poco seri ini memiliki kemampuan rekam video yang sama yakni resolusi maksimal hingga 1080p dan frame rate 30 fps.

  • Penyimpanan

Dari sisi penyimpanan, Poco C40 dibekali dengan dua varian memori. Pertama yakni pasangan memori internal 32 GB dan RAM 3 GB, dan satu lagi memiliki memori internal 64 GB dan 4 GB RAM. 

Dari penyimpanan ini, tentu saja sangat disarankan buat kamu memilih varian tertinggi. Karena untuk kebutuhan saat ini dimana ukuran file dan aplikasi yang semakin besar, 32 GB relatif kurang untuk kebutuhan sehari-hari. Begitu juga dengan 3 GB RAM yang sangat terbatas untuk beraktivitas.

Kelebihan Poco C40

Kelebihan Poco C40

  • Baterai Berkapasitas Besar

Salah satu yang mengejutkan dari Poco C40 adalah kapasitas baterainya yang sangat besar. Untuk smartphone 2 jutaan, baterai dengan teknologi Li-Po berkapasitas 6.000 mAh adalah sesuatu yang sangat baik.

Apalagi dengan digunakannya komponen yang tidak terlalu mengkonsumsi daya, smartphone ini akan bertahan sangat lama. Selain itu, baterai ini juga didukung dengan sistem fast charging hingga 18 W. Memang dayanya tidak terlalu besar tapi ini sudah cukup cepat untuk ukuran smartphone entry level.

  • Murah

Dengan performa dan review Poco C40, smartphone ini dijual dengan harga yang sangat murah. Jika dibandingkan dengan para pesaingnya, bisa dibilang smartphone ini unggul dalam hal spesifikasi tapi harga yang ditawarkan sangatlah terjangkau.

  • Layar Berkualitas + Corning Gorilla Glass

Kelebihan lain dari Poco C40 ada pada teknologi layar yang digunakan. Dimana smartphone ini sudah menggunakan teknologi IPS LCD yang membuatnya enak dipandang dan memberikan tampilan grafis maksimal dari smartphone.

Tidak hanya sebatas itu, layar smartphone ini juga masih akan diberikan perlindungan dari Corning Gorilla Glass. Sebuah kelebihan yang menarik untuk smartphone yang dijual dengan harga murah.

Kekurangan Poco C40

Kekurangan Poco C40

  • Memori Terbatas

Terutama untuk varian paling rendah, kamu hanya akan mendapatkan pasangan memori internal 32 GB dan RAM 3 GB. Kapasitas ini tentu saja sangat kurang untuk beraktivitas sehari-hari.

Jika kamu memaksa untuk menggunakan kapasitas ini, maka kamu harus benar-benar berhemat agar tidak mudah lag atau kehabisan tempat penyimpanan.

  • Kamera Kurang Bagus

Padahal untuk keluarga Mi lain, di pasar harga 2 juta sudah berani untuk bertarung dari sisi kamera. Sayang sekali sepertinya kamera bukanlah fokus utama dari Poco C40. Jadi kalau kamu mencari smartphone dengan kamera yang ciamik, C40 dari Poco bukanlah pilihan yang bagus.

  • Frame Kamera Terlalu Besar

Sebuah kekurangan yang sama seperti seri-seri Poco yang lain, frame kamera di bagian belakang bodi terlihat terlalu besar sehingga cukup mengganggu desain yang sebenarnya sudah cukup bagus. Tapi sepertinya ini sudah menjadi signature tersendiri dari Poco.

Harga Poco C40

Dengan spesifikasi yang sudah kami jelaskan di atas, smartphone ini dibanderol dengan harga 2,2 – 2,5 juta saja tergantung varian yang kamu pilih.

Poco C40 adalah smartphone yang tepat buat kamu yang sedang punya budget terbatas dan ingin memiliki HP baru dengan spesifikasi yang tidak biasa.

tokopedia buttonlazada buttonblibli button

Video Promosi Official Poco C40

Leave a Reply

Your email address will not be published.