Spesifikasi dan Review Google Pixel 6A 2022

Posted on

Di tengah gempuran smartphone berkualitas terbaru dari berbagai merk, Google terus berinovasi untuk terus turut bersaing. Salah satunya dengan merilis smartphone kelas menengah keatas terbarunya, yang diberi nama Google Pixel 6A. Seperti apakah spesifikasi dan review-nya? Berikut ulasannya.

Spesifikasi Google Pixel 6A

Google Pixel 6A

KeluaranMei 2022
Platform
RAM6 GB
ChipsetGoogle Tensor 5 nm
PenyimpananInternal 128 GB
CPUOcta – Core 2 x 2,8 GHz Cortex – X1 and 2 x 2,25 GHz Cortex – A76 and 4 x 1,8 GHz Cortex – A55 
Sistem OperasiAndroid 12 (dapat diupgrade ke Android 13)
Kamera Belakang
Single Camera12.2 MP, PDAF, f/1.7 27 mm wide, OIS

12 MP f/2.2 17 mm (ultrawide)

Video1080p 30 fps / 60 fps / 120 fps / 240 fps, 4K 30 fps
FiturPanorama, LED Flash, gyro-EIS, OIS, Pixel Shift, Auto HDR
Kamera Depan
Single Camera8 MP, f / 2.0 (wide)
Video1080p 30 fps
FiturAuto HDR, panorama
Bodi
Dimensi152,2 x 71,9 x 8,9 mm (5,99 x 2,83 x 0,35 in)
Berat6,28 oz (178 gram)
WarnaChalk, Sage, Charcoal
LayarOLED HDR LCD 6,1 inch 90,7 cm2 (83,6% screen to body ratio) Corning Gorilla Glass 3
Resolusi1080 x 2400 px 429 ppi density
BateraiLi – Po 4410 mAh non-removable Fast Charge
Konektivitas
Jaringan2G, 3G, 4G, 5G
SIMGSM, HSPA, LTE, 5G.

Review Google Pixel 6A

Spesifikasi Google Pixel 6A

  • Desain Bodi

Selanjutnya mari kita awali rangkaian Google Pixel 6A review ini dari sisi desain bodinya. Seperti biasanya, Google masih memberikan ciri khasnya pada smartphone terbarunya ini dengan sudut-sudut yang hampir siku-siku sehingga membuatnya tampak hampir persegi sempurna.

Di bagian belakang tengah, kamu bisa melihat terdapat logo Google yang diwakili dengan huruf G. Dengan warna yang lebih soft dan bertekstur, logo ini justru membuat smartphone terlihat semakin elegan dan mewah.

Untuk bagian kameranya sendiri, smartphone ini mengusung konsep yang cukup unik. Yaitu menggunakan frame horizontal penuh sehingga terkesan seperti belt. Warnanya pun jauh lebih gelap daripada sekitarnya sehingga membuatnya semakin terlihat tegas.

Di bagian depan tak perlu diragukan lagi layar berkualitas tinggi telah ditambahkan lengkap dengan perlindungan Corning Gorilla Glass 3.

  • Performa Dapur Pacu

Beralih ke bagian dalam smartphone, kini kita akan membahas performa dari Google Pixel 6A. Seperti yang bisa dilihat pada tabel, seri Google Pixel ini menggunakan chipset dari mereka sendiri yang diberi nama Google Tensor. 

Sedangkan untuk CPU-nya sendiri menggunakan komponen berkecepatan tinggi yakni Octa Core dengan tiga komponen utama. Ditambah RAM berkapasitas 6 GB, kamu bisa menikmati setiap penggunaan aplikasi maupun game dengan lancar tanpa kendala.

Tak lupa untuk pengolah grafisnya, Google Pixel seri ini menggunakan Mali-G78 MP20. GPU Mali ini merupakan seri yang cukup tinggi sehingga tidak perlu diragukan kemampuannya untuk mengolah grafis sehingga kamu bisa bermain game atau berkarya dengan maksimal di smartphone ini.

  • Kamera

Buat kamu yang suka foto-foto, kamu akan dimanjakan oleh kamera yang dimiliki oleh smartphone ini. Bagaimana tidak, di sini kamu bisa menemukan dua kamera utama yang masing-masing memiliki resolusi yang sama yakni 12 MP.

Meskipun resolusi ini tergolong kecil dibandingkan dengan para pesaingnya, tapi berbagai teknologi yang disematkan membuatnya mampu menghasilkan foto berkualitas tinggi. Jangan lupakan juga video yang bisa direkam oleh kamera ini.

Bahkan kamu bisa mengatur frame rate videonya hingga 240 fps. Sebuah frame rate yang sangat tinggi untuk ukuran video normal. Dengan frame rate setinggi ini, kamu bisa merekam sebuah video dengan gerakan yang sangat halus atau membuatnya menjadi slow motion yang sangat mulus.

Sedangkan untuk bagian depannya sendiri, terdapat kamera dengan resolusi 8 MP yang kualitasnya juga tak kalah bagus dari kamera utama. Memiliki fitur Auto HDR akan membuat setiap foto selfie yang diambil terlihat maksimal.

  • Memori

Google Pixel 6A hanya memiliki satu varian di bagian memori, yakni produk dengan memori internal 128 GB saja. Memori internal ini akan berpasangan dengan RAM 6 GB. Kapasitas yang cukup untuk penggunaan aplikasi dengan performa menengah hingga yang tidak terlalu berat.

Dengan Google Pixel 6A harga yang cukup terjangkau untuk ukuran smartphone flagship, penyimpanan ini seharusnya sudah cukup worth it untuk dimiliki.

  • Baterai

Untuk baterai sendiri, smartphone ini menggunakan baterai Li-Po dengan kapasitas 4410 mAh yang dilengkapi dengan fitur fast charging. Hal ini membuat ponsel dari Google ini mampu mengisi daya dalam waktu yang sangat cepat.

Kelebihan Google Pixel 6A

Kelebihan Google Pixel 6A

  • Kamera Berkualitas Tinggi

Kamera dari setiap produk Google Pixel selalu di atas rata-rata, tak terkecuali seri Google Pixel 6A ini. Kamera ponsel ini akan sangat memanjakanmu, terutama yang suka mengambil foto estetik menggunakan smartphone.

Hasil yang jernih dan tajam dijamin membuatmu sangat puas menggunakannya. Apalagi untuk videonya sendiri bisa menggunakan settingan fps yang bermacam-macam. Mulai dari 60, 90, 120, dan 240 fps. Frame rate yang sangat tinggi untuk menghasilkan video berkualitas dan slow motion berkelas.

  • Support 5G

Sebagai smartphone baru yang dirilis tahun ini, sudah sepatutnya Pixel 6A support sinyal 5G, apalagi jika melihat segmen pasar yang dituju adalah market menengah ke atas. Nah, buat kamu yang menargetkan smartphone ini, tidak perlu bingung dengan sinyalnya karena sudah support 5G.

  • Performa Tinggi

Rasakan pengalaman menggunakan smartphone dengan performa tinggi yang disajikan oleh produk dari Google ini. Menggunakan chipset produksi mereka sendiri ternyata menjadi formula yang pas untuk menghadirkan performa yang ciamik bagi para konsumennya.

Kekurangan Google Pixel 6A

Kekurangan Google Pixel 6A

  • Tidak Ada Varian Memori

Sangat disayangkan dimana Google tidak memberikan pilihan varian pada produknya kali ini. Kamu dipaksa menggunakan varian dengan memori internal 128 GB dan RAM 6 GB tanpa bisa memilih kapasitas lain. 

Ini cukup disayangkan mengingat smartphone lain di harga yang sama menawarkan lebih banyak varian sehingga konsumen bisa memilih.

  • RAM 6 GB

Meskipun sebenarnya sudah cukup untuk aktivitas yang tidak terlalu berat, namun kapasitas ini terlalu tanggung dan berpotensi menjadi blunder tersendiri bagi Google. Lagi-lagi, ini tak terlepas dari persaingan dimana banyak smartphone lain sudah menawarkan RAM 8 GB.

  • Baterai 4410 mAh

Untuk smartphone harga 7 jutaan dan komponen dapur pacu berspesifikasi tinggi, setidaknya baterai yang digunakan di atas 5000 agar lebih awet.

Harga Google Pixel 6A

Hingga saat ini, tercatat harga smartphone ini masih ada di kisaran 7 juta atau lebih tepatnya 7,2 juta rupiah.

Itulah review selengkapnya dari smartphone Google Pixel 6A. Jadi apakah menurutmu smartphone ini cukup worth it untuk dibeli dengan perbandingan harga dan spesifikasi yang dimiliki?

tokopedia buttonlazada buttonblibli button

Video Promosi Official Google Pixel 6A

Leave a Reply

Your email address will not be published.