Perbedaan Ibox dan Inter yang perlu anda ketahui

Posted on

Anda yang sedang mencari dan berniat membeli iPhone, pasti sudah pernah menemukan iPhone yang dijual dengan keterangan tambahan seperti iBox dan inter. Jika anda masih baru mungkin akan bingung dan apa sih perbedaan ibox dan inter. Perlu anda ketahui bahwa keduanya memiliki perbedaan khususnya terhadap barang yang dijual. Oleh karena itu, agar anda mendapatkan banyak keuntungan ketika membeli dan memilih iPhone maka penting untuk mengetahui perbedaan keduanya. Hal ini penting karena aktivitas perdagangan iPhone cukup rancu sebagian oknum pedagang yang kurang baik menyebut produk mereka original namun faktanya iPhone tersebut termasuk dalam barang black market atau pasar gelap.

Perbedaan Mendasar Ibox dan Inter

Sebelum membahas lebih jauh tentang perbedaan, penting untuk anda tahu bahwa iPhone yang beredar di Indonesia merupakan impor dari luar negri melalui banyak jalur ada yang resmi dan juga tidak. Adapun sebutan iPhone iBox atau disebut juga sebagai TAM dan inter merupakan istilah yang merujuk pada asal muasal iPhone yang masuk ke Indonesia beserta pengurusan garansinya. Adapun untuk iBox merupakan distributor yang menjual produk Apple secara resmi di Indonesia. Karena melalui jalur resmi maka iPhone yang berasal dari iBox ini memiliki banyak kelebihan. Beberapa kelebihan yang bisa didapatkan diantaranya adalah garansi yang mudah didapatkan dan bisa diklaim diseluruh iBox Indonesia. iPhone ini juga bisa menggunakan kartu SIM dengan bebas dan memiliki kualitas produk terjamin dan sudah pasti bisa bekerja dengan baik di Indonesia. Akan tetapi untuk harga barang ini lebih mahal dan iPhone terbaru lebih lama tersedia.

Sedangkan untuk iPhone inter atau internasional maka barang ini masuk tidak melalui jalur resmi atau lebih tepatnya adalah dibawa masuk ke Indonesia entah melalui jalur perorangan atau import tanpa adanya layanan purna jual. Adapun kelebihan yang dimiliki untuk Inter adalah memiliki hara yang sedikit lebih murah dari iPhone iBox dan biasanya produk iPhone terbaru lebih cepat masuk ke Indonesia. Adapun kekurangan dari inter adalah tidak memiliki layanan resmi untuk klaim garansi dan biasanya diurus oleh sipenjual dan juga memiliki proses garansi yang lama. Jika anda memiliki budget pas-pasan maka mengetahui perbedaan ibox dan inter akan bermanfaat karena anda bisa mendapatkan iPhone sesuai dengan budget anda. Jika anda memilih inter karena budget yang pas maka anda juga perlu memastikan bahwa iPhone tersebut memiliki garansi sesuai dengan keinginan. Artinya benar-benar asli, baru, dan kalau perlu cek reputasi sipenjual.

Perbedaan ibox dan inter pada garansi

Pada dasarnya iPhone Inter dibeli seseorang dari luar negri secara resmi namun mereka menjualnya kembali di Indonesia. Biasanya, iPhone ini akan dibeli oleh penjual atau store dan mereka akan memperoleh garansi internasional dan mereka akan menjualnya kembali secara ilegal dengan menjual black market. Karena berasal dari Black market maka untuk mengklaim garansi harus ke negara iPhone tersebut berasal. Berbeda dengan iPhone iBox yang mana anda bisa mengklaim garansi lebih mudah karena iBox adalah distributor resmi Apple yang ada di Indonesia untuk menjual produknya.

Tips membeli iPhone dan mengetahui perbedaan ibox dan inter

Jika anda ingin mendapatkan banyak keuntungan ketika membeli iPhone maka penting untuk mengetahui perbedaan dari ibox serta inter. Tips pertama untuk anda ketahui adalah agar menghindari produk refurbished/ rekondisi abal-abal yang merujuk pada iPhone bekas dan sudah mengalami kerusakan kemudian dijual kembali setelah diperbaiki. Biasanya iPhone jenis ini dilabeli dengan garansi distributor. Akan tetapi tidak semua iPhone Refurbished juga buruk dan salah satunya adlah iPhone CPO (certified pre-owned). Selanjutnya, anda juga perlu mengecek garansi dari ponsel tersebut. Proses pengecekan ini ipenting sehingga anda tidak ragu dan tidak akan repot dalam urusan klaim garansi khususnya jika sewaktu-waktu iPhone rusak.

Oleh karena itu, untuk menghindari segala hal yang tidak diinginkan maka memilih iPhone box adalah pilihan yang tepat. Hal itu disebabkan karena iPhone disini memiliki garansi resmi sepanjang 1 tahun semenjak diaktifkan dan anda bisa mengecek melalui website resmi Apple. Selain itu, anda juga perlu memastikan bahwa iPhone sudah bisa menggunakan jaringan operator apapun. Hal itu disebabkan tidak semua iPhone bisa menggunakan jaringan operator dengan bebas seperti iPhone bunding yang sudah terikat kontrak dengan operator seluler tertentu atau iPhone yang masuk tidak resmi ke Indonesia dan belum membayar pajak IMEI sehingga tidak bisaa menggunakan operator seluleer yang ada di Indonesia. Dengan kata lain, perbedaan ibox dan inter akan memberi anda pengetahuan bahwa iPhone di iBox adalah pilihan yang tepat. Jika kamu ingin membeli iPhone yang ada garansi resminya maka iBox adalah pilihan yang terbaik karena anda juga bisa menggunakan semua provider yang ada di Indonesia dengan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.