Cara Screenshot Samsung A71 Mudah Tanpa Ribet

Posted on

Baru-baru ini Samsung baru saja mengeluarkan produk terbarunya yaitu Samsung A71. Ponsel android satu ini merupakan jenis HP Mid-range dari samsung yang mana memiliki model yang cukup bagus sehingga tidak mudah untuk dilupakan. Selain itu, spesifikasi dari ponsel android satu ini juga cukup bagus sehingga banyak orang yang menyukai produk ini. Akan tetapi, karena produk ini termasuk produk baru maka tidak sedikit juga orang yang belum mengetahui Cara Screenshot Samsung A71. Sebenarnya cara screenshot ponsel android ini tidak begitu sulit jika anda benar-benar memahami spesifikasi dari ponsel satu ini.

Desain Samsung A71

Sebelum kita membahas mengenai cara screenshot maka ada baiknya jika kita membahas sedikit terkait dengan desain. Ponsel android ini memang didesain dengan layar yang cukup bagus dengan bezel tipis dan 4 kamera belakang yang cukup handal. Bukan hanya itu saja karena ponsel ini juga ditenagai dengan prosesor octa-core dan didukung dengan memori dan kapasitas penyimpanan yang cukup besar sehingga anda bisa menikmati performa yang cukup mengagumkan.

Sedangkan pada tampilan fisik dari produk ini cukup mengagumkan yang mana memiliki desain dengan pola dinamis dengan finishing yang berkilau premium. Selain itu, ponsel ini juga hadir dalam 3 warna yaitu silver, hitam, dan biru dengan ketebalan 7,7 mm dan bobot hanya 179 g maka ponsel ini sangat ringan dibawa. Adapun pada sudut ponsel juga sudah didesain dengan lengkungan yang elegan dan halus sehinggga akan menghasilkan tampilan fisik yang indah dan memukau.

Fitur dan spesifikasi Samsung A71

Perlu anda ketahui bahwa Samsung A71 merupakan salah satu lini Galaxy A dengan spesifikasi yang cukup tinggi. Spesifikasi yang cukup tinggi ini membuat nyaris setara dengan HP Samsung yang ada dikelas Flagship. Ponsel ini sendiri telah dirilis sejak tahun 2019 dan sampai sekarang masih diburu oleh banyak orang. Terkait dengan spesifikasi yang dibawa oleh ponsel ini, Samsung A71 telah dibekali dengan Snapdragon 730 yang merupakan seri chipset kelas menengah tertinggi dari Qualcomm. Selainitu, kinerja yang juga didukug dengan RAM 8GB dan internal memori 128GB juga cukup bagus untuk dimiliki oleh banyak orang. Tentu saja kombinasi tersebut cukup baik sebanding dengan harga yang ditawarkan.

Jika kita melihat pada  bagian kamera maka HP satu ini memiliki kemampuan yang cukup menarik. Ponsel ini memiliki Quad Camera yang akan menjadi andalannya. Kamera ini memiliki masing-masing resolusi 64MP, 12 MP, 5 MP dan 5 MP. Adapun pada bagian depan, ponsel ini juga memiliki kamera selfie dengan 32 MP. Tentu spesifikasi kamera ini cukup bagus dan banyak diminati oleh banyak orang. Ponsel ini juga memiliki desain layar Infinity-O khas Samsung dan juga membuatnya terlihat lebih menawan dan mewah. Layarnya yang berukuran 6.7 inci dengan panel Super AMOLED plus tentu dijamin bisa menampilkan gambar dengan kualitas terbaik. Adapun daya tahan yang dimiliki oleh ponsel ini juga cukup bagus karena dibekali dengan baterai kemampuan 4500 mAh yang membuatnya terlihat kecil.

Cara mudah Screenshot Samsung A71

Jika anda pengguna dari Samsung A7 dan masih belum mengetahui bagaimana Cara Screenshot Samsung A71maka berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk screen shoot. Setidaknya ada 3 buah cara yang bisa dilakukan. Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan memilik area yang ingin di screen shot. Setelah itu, tekan tombol power + Volume Bawah secara bersamaan. Jika berhasil maka layar akan berkedip atau mengeluarkan bunyi shutter. Jika anda ingin melihat hasil screenshot tersebut maka anda bisa membuka galery pada ponsel anda. Meskipun pada cara ini hanya menggunakan tombol fisik 2 jari namun sangat mudah dan lebih praktis digunakan.  Akan tetapi, karena menggunakan fisik tentu resiko rusak bisa terjadi khususnya pada tombol pengatur suara dan daya apabila sering digunakan.

Oleh karena itu, untuk menghindari kerusakan pada tombol maka penting bagi anda untuk mengetahui cara lain agar bisa screeen shot yaitu dengan menggunakan metode tanpa tombol berupa usap layar yang sering disebut Palm Swipe. Adapun cara yang bisa dilakukan adalah pertama dengan mengaktifkan model Palm Swipe terlebih dahulu. Tahap ini anda bisa melihat pada menu setting dan pilih advanced features dan ambil motion and gestures. Setelah itu, anda bisa aktifkan “Palm swipe to capture”. Selanjutnya, anda bisa memilih area yang hendak di ambil dan luruskan tangan kemudian usap layar ke arah kanan dan kiri. Ketika proses tangkapan berhasil maka layar akan berkedip dan meengeluarkan bunyi shutter. Terakhir, anda hanya perlu membuka galeri untuk melihat screenshot.

Cara screenshot panjang pada Samsung A71

Jika anda ingin menangkap layar yang panjang karena membutuhkan tangkapan panjang maka anda bisa melakukan beberapa langkah untuk mendapatkan tangkapan panjang. Tangkapan ini sendiri disebut sebagai scroll capture dan fitur ini akan sangat berguna untuk mengambil tangkapan layar yang berisi konten panjang. Adapun langkah-langkah yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut. Pertama, anda bisa membuka menu pengaturan pilih fitur lanjutan dan gerakan serta gestur. Setelah itu, didalamnya anda bisa aktifkan aktif pintar dengan cara menggeser toogle yang ada pada sebelah kanan menjadi on.

Jika sudah aktif, langkah selanjutnya adalah memilih area yang akan discreenshot panjang. Setelah itu, anda bisa screenshot dengan menggunakan cara sebelumnya baik menggunakan tombil fisik 2 jari ataupun usap layar palm swipe. Ketika pop up menu Smart Capture muncul jangan lupa untuk mengetuk icon panah ke bawah. Setelah layar berpindah, maka anda bisa menekan lagi icon panah bawah dan lakukan hal in secara berulang-ulang hingga mencapai batas area yang ingin kalian SS panjang. Jika kalian inign melihat hasil screenshot tersebut maka  anda bisa men-tap cuplikannya disamping kanan layar atau bisa juga melalui menu gallery.

Bagaimana cukup mudah bukan Cara Screenshot Samsung A71. Sebenarnya, cara screenshot ini umum digunakan bukan hanya untuk HP Samsung saja. Khususnya pada penggunaan cara fisik yang mana sering digunakan pula untuk digunakan di smartphone android lainnya. Selain itu, anda juga tidak perlu lagi menggunakan pengaturan tambahan untuk mengaktifkan fitur ini. Akan tetapi jika tombol fisik pada ponsel Samsung A71 yang anda miliki bermasalah maka anda bisa mencoba cara tanpa menggunakan tombol fisik.  Salah satunya adalah dengan fitur palm swipe. Akan tetapi, bedanya dengan fitur ini yaitu anda harus melakukan pengaturan jika ingin mengaktifkan fitur ini. Dengan beberapa pilihan screenshot diatas anda bisa memilih cara yang paling mudah diaplikasikan untuk anda sehingga ketika anda membutuhkan foto hasil screenshot maka anda bisa melakukannya dengan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *